1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

[Share] Share Lanjutan: Teknis Menulis HQ Content - Rutin Gajian Bebas Banned Adsense

Discussion in 'Berbagi Pengalaman' started by jazz, Jun 16, 2020.

  1. jazz

    jazz AdSense Fan

    Joined:
    Jan 29, 2007
    Messages:
    112
    Likes Received:
    32
    Location:
    Sleman, D.I. Yogyakarta
    Lanjutan dari Trhead: [Share] 2-4x Posting per Bulan Rutin Gajian Dari Adsense


    [​IMG]

    > TEKNIS-NYA

    Duss,, ini dia teknisnya yang saya aplikasikan saat membuat artikel ber-aliran High Quality Content. Nggak pake rahasia dan saya yakin nggak ada hal baru yang WAH jika teman2 sudah lama mengenal dunia blog.

    1. Senang Dengan NICHE Tersebut.
      Menurut saya ini pondasi yang paling penting, dengan menyukai niche yang akan menjadi tema web/blog kita maka kita bisa mengerti seluk beluk detail yang akan kita bahas. Dan yang penting kita akan menikmati proses pembuatan artikelnya tanpa terpaku terus pada dollar Adsense.

      Yakinlah mikirin earning Adsense tidak akan meningkatkan pendapatan adsense anda. Tapi membuat tulisan yang bermanfaat dan enak dibacalah yang akan meningkatkan earning kita. :nyerah:
    2. Panjang Artikel Minim 1000 kata.
      Ada seorang mastah SEO dari Magetan-Jawa Timur yang saya kagumi, beliau beragumen panjang artikel tidak mempengaruhi posisi di Google, toh orang Indonesia malas baca ngapain bikin aritkel panjang2.

      Ada betulnya, artikel yang panjang memang tidak melulu akan dibaca semuanya sampai habis oleh visitor. Tapi dari pengalaman saya artikel yang panjang dan berbobot sangat disukai Google. Apakah parameter Berbobot di Mata Google itu?... Next di point selanjutnya.

      Lalu bagaimana untuk membuat artikel pilar dengan panjangan artikel lebih dari 1000 kata?
      Mulanya dari tema pembahasan. Misal kita membahas jenis mesin mobil SUZUKI K15B.

      Dulu teknisnya Saya akan menulis dengan mengalir sepanjang yang saya tahu tentang jenis mesin tersebut. Dari tahun produksi-nya, spesifikasinya, digunakan di mobil apa, apa saja kelebihan dan kekurangannya. Baru jika ada kekurangan info saya googling info lebih lengkapnya.

      Sekarang saya berubah dari menulis mengalir menjadi menulis dengan konsep. Konsep struktur/kerangka tulisannya di buat dulu, baru googling bahan tulisannya sesuai sub bahasannya cari di google. Dengan begitu waktu produksi content akan lebih cepat dan lebih sistematis.

      Dari situ setelah jadi kemudian dipoles lagi agar tulisannya dapat... seperti point di selanjutnya di bawah ini.

    3. Artikel Mengalir Enak di Baca.
      Artikel yang dibuat haruslah mengalir dan enak dibaca. Kuncinya adalah Pahami User Intent. Sederhananya User Intent adalah tujuan dari Si Visitor mengunjungi blog anda.

      Misal target visitor adalah mereka yang datang dari Google dengan Keyword: Cara Mengganti Kampas Rem Mobil XYZ. Ya artikel anda harus bisa memenuhi harapan si visitor tersebut. Kemudian pancing harapan(user intent) dari visitor tersebut di paragraf pembuka. Misal:

      "Mengganti Kampas Rem Mobil XYZ - Mobil anda sudah menempuh jarak lebih dari 50.000 kilometer? Dengan jarak tempuh yang sudah cukup tinggi tersebut biasanya kampas rem sudah akan menipis yang ditandai dengan daya pengereman yang sudah berkurang dan yang paling parah adalah rem yang mengeluarkan bunyi saat ditekan. Berikut ini kami jabarkan langkah-langkah cara mudah mengganti kampas rem mobil XYZ agar dapat anda lakukan sendiri di rumah."

      Tujuan dari paragraf pembuka yang sejalan dengan user intent adalah agar visitor merasa sudah berada di tempat yang tepat sesuai dengan tujuannya. Selain itu dengan paragraf pembuka yang align dengan tujuannya maka akan memperpanjang durasi visitor membuka halaman blog kita.

      Tapi jika paragaraf pembuka terlalu dibuat basa-basi(bahasa jawa-nya Mbulet) maka visitor justru akan skip dan screening ke paragraf dibawahnya untuk mencari jawaban dari tujuannya datang ke halaman web kita.

    4. LSI(latent semantic indexing) Keyword.
      LSI lagi? Lagu lama ah. Memang Gan, tapi ini yang menurut saya powerfull di mata Google. Tadi kita sempat menyinggung parameter apa yang membuat halaman "Berbobot" di Mata Google. Salah satunya LSI ini.

      Contoh Kita membahas Toyota Avanza. Masukkan LSI yang berkaitan dengan Toyota Avanza yaitu: Toyota Astra, mesin, MPV, Low MPV, VVTI, mobil bekas, Suzuki Ertiga, Mitsubishi Xpander(pesaingnya), dll.

      Ada beberapa tool yang dapat menampilkan LSI dari sebuah keyword, sudah banyak yang bahas termasuk di ADS.id, tapi saya sendiri tidak memakai tool tersebut.

      Kenapa? Jika kita suka dan menguasai niche yang kita bahas(Dlm hal ini saya fokus di Otomotif) kita sudah tau kata kunci terkait KW Utama(LSI) yang dibutuhkan. Lalu yang terpenting bukanlah list dari daftar LSI itu!! Melainkan, bagaimana Keyword LSI itu bisa melebur dalam artikel dan tidak terkesan dipaksakan. :knuddel:

    5. Internal Link dan External Link
      Internal link ke artikel lain di website kita adalah mutlak. Misalkan ada kata "Teknologi mesin VVTI" di sebuah artikel, dan kita sudah pernah membahasnya dalam artikel tersendiri maka wajib di tautkan ke artikel tersebut. Dalam satu artikel sepanjang kurang lebih 1000 kata baisanya saya memasukan 3-4 internal link ke artikel lain. :ok:

      External Link ini tidak mutlak namun saya berusaha untuk menyelipkan satu atau maksimal dua external link ke website lain. Loh kan menguntungkan website lain tersebut? Iya tapi demi satu tujuan, supaya Google mengasosiasikan web kita dengan web yang kita rujuk dng external link tsb. Saya ngasih exkternal link pasti ke web official(Misal: Pabrikan mobil Suzuki, Toyota, atau pabrikan spare part) yang sdh punya Domain Authority tinggi, bukan ke sembarang blog dng DA rendah apalagi blog spam. :nyerah:
    6. Durasi
      Salah satu parameter penilaian yang membuat halaman berbobot di Mata Google menurut saya adalah Durasi atau kalau di google analytic disebut Average Time on Page. Singkatnya sebut saja Durasi aja ya. :ciao:

      [​IMG]

      Pentingnya Durasi ini saya dapat saat mempelajarai Youtube di tahun 2015. Salah satu penilaian utama sebuah video di Youtube akan patut direkomendasikan adalah jika Durasi tontonnya panjang. Percuma thumbnail video dan judul click bait tapi jika setelah di tonton hanya dalam hitungan detik sudah langsung ditutup oleh Viewer.

      Begitu juga dengan Website, halaman dengan waktu durasi dibuka yang bagus(diatas 1 menit) akan lebih bernilai di mata Google. Entah gimana caranya, anda mau nambahin gambar cewek sexy kek(otak black hat) yang penting durasi orang membuka halaman website kita setelah datang dari Google search engine bisa bertahan lebih lama.

      Tentu sesuai "mindset menanam pohon Nangka" yang benar caranya adalah dengan membuat pargaraf pembuka yang memancing visitor, gambar unik terkait pembahasan, artikel yang dibuat mengalir sesuai tema dan enak di baca namun berbobot.

      (Walaupun tidak semua pembaca akan bertahan dengan tulisan yang panjang. Termasuk anda, apakah membaca sampai bagian ini?) :D :D

    7. Pemilihan Gambar
      Ini tidak mutlak karena saya tidak mengandalkan pencarian dari Google seacrh image(tapi tetap ada aja visitor yang datang dari sana). Image Unik dan HARUS sesuai dengan teman tulisan.

      Dapetin Image Unik yang belum ada di google seacrh image? Pake cara lama, Flip+Crop+atur brighnest/contrast. Maka jadilah image unik. Masih kurang? Screen shoot video youtube, jadilah image unik. :party:

      Tapi unique image itu tidak mutlak ya! Yang mutlak adalah image yang mendukung artikel. Sehingga image menjadi "bunga penghias" text. Misal artikel yang kita buat membahas Suzuki Escudo Bekas, ya jangan pajang gambar wallpaper Suzuki Escudo tipe baru yang baru keluar pabriknya/gambar brosur,, ya Gak match. :chicken:

      Di bawah sadar pembaca sebenarnya akan merasakan kok antara gambar dan text kalau nggak match. Tujuan dari image yang cocok/match adalah untuk menguatkan text, dengan begitu pembaca semakin tertarik dan bertahan lebih lama di halaman web kita. Ujung2nya DURASI. :nyerah:
    8. Google Analytic
      Kalau kita bermain bersih jangan takut terbuka, persilahkan Google supaya dapat dng mudah akses statistik/data kunjungan web kita.

    9. Plugin STT2
      Saat band ST12 sudah bubar lama namun plugin Wordpress lawas STT2 (SearchTerms Tagging 2) karya orang Indonesia masih ampuh sampai hari ini. :D

      Tapi setingnya jangan "kebangetan" juga Gan kalau nggak mau di kick Si Mbah. Linknya jangan diaktifkan, kalau saya cukup set 5 query pencarian populer tempatkan di akhir artikel. 5 tahun aman hingga hari ini. :pcguru:
    Dengan teknik yang di jabarkan di atas maka hasilnya sangat mungkin untuk mengalahkan situs-situs besar dengan modal DA(Domain Authority) hanya sekitar belasan saja.
    Wasalamualaikum, semoga bermanfaat.
    :bye: :lovekiss:
     
  2. shuneo

    shuneo Super Hero

    Joined:
    Jan 9, 2015
    Messages:
    1,030
    Likes Received:
    94
    Location:
    Mau Tahu?
    Mantap gan
     
  3. SyamsQ

    SyamsQ Hero

    Joined:
    Jan 6, 2015
    Messages:
    702
    Likes Received:
    39
    Location:
    Jakarta
    Keren,
     
  4. radex78

    radex78 AdSense Pro

    Joined:
    Jun 21, 2013
    Messages:
    260
    Likes Received:
    23
    Terimakasih telah berbagi pengalaman untuk menemukan LSI dapat menggunakan tool apa ya om
    gaptek nih apa bisa menggunakan keyword.io atau yang lain.
     
  5. piratehunter26

    piratehunter26 AdSense Fan

    Joined:
    Mar 10, 2019
    Messages:
    183
    Likes Received:
    48
    Location:
    goo.gl/gG1H1B
    Terimakasih banget atas tulisannya, sangat memotivasi!
    dan sepertinya "Relevansi" jadi poin utama di tulisan ini.
     
  6. BruceLee

    BruceLee Super Hero

    Joined:
    Nov 15, 2010
    Messages:
    2,170
    Likes Received:
    228
    Location:
    Kangean
    st12... jadi inget plugin andalan ane pada jamannya...
    ternyata masih ada yg make sampai saat ini...
    sungkem hu...blogger lawas...
     
    jazz likes this.
  7. bisnissun

    bisnissun AdSense Fan

    Joined:
    May 4, 2012
    Messages:
    115
    Likes Received:
    15
    Location:
    Bondowoso
    1000 kata terbukti memang ampuh, punya saya ada yg 2000

    Sent from my ASUS_X00ID using Tapatalk
     
    jazz likes this.
  8. jazz

    jazz AdSense Fan

    Joined:
    Jan 29, 2007
    Messages:
    112
    Likes Received:
    32
    Location:
    Sleman, D.I. Yogyakarta
    Bisa pakai LSIGraph Gan.

    You got the point Gan :D

    @All terima kasih Komennya gan,, semoga ilmunya bisa berguna.
     
    radex78 likes this.
  9. noahpeter

    noahpeter AdSense Fan

    Joined:
    Oct 16, 2012
    Messages:
    159
    Likes Received:
    52
    Mantul Gan..!!
    Terimakasih sharingnya.. Daging semua...
    EsTehTeh2...plugin andalan waktu jaman ane masih maen AGC hehe...
     
    jazz likes this.
  10. jazz

    jazz AdSense Fan

    Joined:
    Jan 29, 2007
    Messages:
    112
    Likes Received:
    32
    Location:
    Sleman, D.I. Yogyakarta
    Sama-sama Gan,, STT2 masih ampuh sampe hari ini :D :D

    Btw sekarang nge-blog pake aliran apa gan setelah pensiun main AGC?
     
  11. Sony091

    Sony091 AdSense Starter

    Joined:
    Jan 29, 2014
    Messages:
    57
    Likes Received:
    7
    Location:
    Makassar
    Di tunggu next trit nya gan
     
  12. newbiefans

    newbiefans Super Hero

    Joined:
    Sep 5, 2009
    Messages:
    1,614
    Likes Received:
    228
    Location:
    DKI JAKARTA
    Thread yg sangat mencerahkan gan dan saya sudah sejak 5 tahun lalu minimal untuk artikel di tulis minimal 1000-8000 kata, memang walau beberapa kali google update sampai saat ini website aman walau memang terkadang visitor naik turun, tapi penjelasan agan sangat mendetail sekali dan bisa berguna untuk strategi saya ke depannya untuk memperbaiki lagi
     
  13. destin.anggraini

    destin.anggraini AdSense Pro

    Joined:
    Jul 23, 2016
    Messages:
    443
    Likes Received:
    110
    Location:
    Indonesia
    Sebenarnya sudah banyak yang membahas yaa kurang lebih seperti ini.. Dan saya pribadi pun juga kurang lebih paham. Tapiiii.... Lapangan yang terus membuat sesek. Padahal tiap post artikel juga sudah 1000 kata lebih. Nyatanya, tetep saja engga provit sesuai harapan. Entah karena ada yang salah atau apa, akhirnya jadi muak.. Hehe.. Mungkin rezeki belum di situ sih.. Hehe
     
  14. Sony091

    Sony091 AdSense Starter

    Joined:
    Jan 29, 2014
    Messages:
    57
    Likes Received:
    7
    Location:
    Makassar
    Udah berapa lama gan build blog 1k kata?
    Kalau ane liat2 penjelasan trit lain ts. Emang method 1k kata lama baru kerasa khasiatnya
     
  15. bisnissun

    bisnissun AdSense Fan

    Joined:
    May 4, 2012
    Messages:
    115
    Likes Received:
    15
    Location:
    Bondowoso
    Ada target keyword?

    Sent from my ASUS_X00ID using Tapatalk
     
  16. bisnissun

    bisnissun AdSense Fan

    Joined:
    May 4, 2012
    Messages:
    115
    Likes Received:
    15
    Location:
    Bondowoso
    Mungkin saya kurang teliti baca.
    Menjadi pertanyaan saya, bagaimana agar berada di page 1 ?

    Ini minimal search volume 1000, berkebalikan dengan Golden Keyword yang nyari SV rendah dg persaingan rendah.

    Pikir saya, meskipun bagus, kalau tidak muncul di page 1 atau page 2, siapa yg akan menemukannya? apakah perlu diperhitungkan juga jumlah/density keyword (keyword utama+relted keyword) dalam artikel tersebut? Atau menalir aja nulisnya?

    Mohon luruskan kalo saya salah paham.
    Kalo GK saya pernah berhasil, cepat naik visitornya
     
    Last edited: Jun 21, 2020
  17. jazz

    jazz AdSense Fan

    Joined:
    Jan 29, 2007
    Messages:
    112
    Likes Received:
    32
    Location:
    Sleman, D.I. Yogyakarta
    Bagaimana caranya bisa page one?
    Yang anda baca barusan adalah detail langkah supaya artikel bisa page 1.
     
  18. usr

    usr AdSense Fan

    Joined:
    Mar 15, 2017
    Messages:
    116
    Likes Received:
    5
    Saya juga punya pengalaman gan, tahun 2017 lalu bikin 1 artikel yang HQ untuk blog, sisanya artikel spin semua.
    Sampai sekarang itu artikel nongkrong di page one, masih pakai domain blogspot. Saingannya TLD semua.
    Dari analytic, 1 artikel itu aja yg bikin rame pengunjung. Posting artikel blog kadang 1 -2 bulan sekali, itupun hasil spin. :))
    Tapi gajiannya setahun sekali :D
     
  19. irtonsun

    irtonsun New Comer

    Joined:
    Jan 15, 2019
    Messages:
    21
    Likes Received:
    1
    Location:
    Medan
    Terima kasih informasinya gan, memotivasi untuk pengguna baru.
     
  20. destin.anggraini

    destin.anggraini AdSense Pro

    Joined:
    Jul 23, 2016
    Messages:
    443
    Likes Received:
    110
    Location:
    Indonesia
    Sudah hampir satu tahun ini
    Ada om.. Yaa emang pernah sih Page one, tapi tergeser :bosan:
     

Share This Page