1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

Optimasi SEO di website anda --- A-Z guide

Discussion in 'SEO Articles' started by parlenk, Oct 27, 2009.

  1. khoid

    khoid Super Hero

    Joined:
    Aug 18, 2008
    Messages:
    3,380
    Likes Received:
    256
    Location:
    depok
    om klo hasil dari "keyword site:domain.com" yg muncul di urutan pertama adalah homepage na gmn? bikin post baru ato kita pake hasil yg urutan ke dua aja??

    trus, muuv balik ke page pertama tentang hitung KEI. cotoh dipage satu, buat keyword "free money" hasil perbulan (SV) = 53100, n of competitor = 187,000,000

    KEI = SV kuadrat / of competitors = 2819610000 / 187000000 = 15,078xxxxx

    ko aku dapet hasil na 15 koma sekian ya? itu hasil diatas yg 156.6 itu ente itung bener ato cuma perumpamaan? muuv pertanyaan na sepele, tapi dari pada ane sesat dijalan, mending nanya kan :hmm:
     
  2. parlenk

    parlenk Super Hero

    Joined:
    Oct 26, 2009
    Messages:
    849
    Likes Received:
    264
    Location:
    Jakarta
    Kalo hasil yang halaman awal adalah halaman utama, ya gpp make halaman utama, kan?..landing page itu biasa nya salah satu adalah halaman utama web kita sendiri(1 dari 5 landing page kalo dalam contoh)..gitu..hmm apa keyword nya ga cocok di halaman utama? kalo itu yang jadi pertimbangan, langkah terbaik ambil yang nomer 2 serps.

    soal KEI iyah itu 15.5 ..mangstab kang :p :kacapembesar:

     
  3. khoid

    khoid Super Hero

    Joined:
    Aug 18, 2008
    Messages:
    3,380
    Likes Received:
    256
    Location:
    depok
    halaman homepage n keyword na cocok, mungkin karena keyword yg ane incer ane jadiin title blog na jga :swt2:

    wah, berarti ane ga salah ngitung, coz aku coba ngitung KEI blog ku hasil na banyak yg ratusan n ribuan ,., kirain ane yg salah ngitung na :hmm:

    oc,., tingkiu,.,., ditunggu lanjutan na :silau:
     
  4. GenthonX

    GenthonX Super Hero

    Joined:
    Feb 27, 2008
    Messages:
    806
    Likes Received:
    92
    Dipancing dulu baru keluar penjelasan detailnya, mantaf. Dari penjelasannya keliatan kalau anda udah paham betul di bidang ini. Semoga ilmu yang dishare bermanfaat bagi member forum tercinta ini....:gembira:
     
  5. hxh90

    hxh90 Newbie

    Joined:
    Jan 3, 2009
    Messages:
    26
    Likes Received:
    0
    Wah...selama ini aku cuman tebak2 aja kiwod nya...
    gak mikirin keyword efisiency and lainnya :)
     
  6. parlenk

    parlenk Super Hero

    Joined:
    Oct 26, 2009
    Messages:
    849
    Likes Received:
    264
    Location:
    Jakarta
    On page opt (lanjutan)..ayo kita tune up landing page nya

    Page title

    Memberikan title yang baik adalah salah satu point critical yang anda tidak boleh lewatkan begitu saja..kenapa? karna seo yang baik adalah mampu menarik bagi viewers dan bagi spider..
    karna title page kita akan muncul di gugel SERPs, maka ini adalah salah satu point paling awal dari tujuan kita untuk menarik viewers, yap..para pengguna search engine, setelah mereka mengetik kan keyword yang hendak di cari di kotak search, mereka pasti akan membaca title anda..dan apabila title page anda tidak menarik, tidak informatif atau bahkan tidak ada..kecil kemungkinan website address anda kena click. demikian juga bagi SE, tujuan utama search engine menggunakan algorithma dalam pendisplay an SERPs adalah untuk membantu pengguna search engine mendapat kan hasil se dekat mungkin dengan atau se relevan mungkin dengan apa yg mereka ketikkan di SE search box..karna itu, salah satu yang di nilai adalah title page website anda.

    title yang baik adalah singkat,padat dan informatif, dan unik, arti nya unik adalah jgn ada title yang sama untuk beberapa page, tiap page harus punya title tersendiri--but yang paling penting adalah informatif td, jgn hanya gara2 biar unik atau beda di tiap page nya, anda membunuh nilai informatif nya..pls dont :p. Hal lain nya adalah: Usahakan memasukkan satu atau 2 keyword anda kedalam title dan baik nya kalo boleh di awal, baru mengikut info yang memikat tentang apa page tersebut. anda dapat menggunakan tanda koma (,), hyphen(-) atau pipe sign(|) (lebih baik urutan nya begini-well ngga ngaruh ke spider sih but ngaruh ke viewers)..err jgn pula di gunakan yang aneh2 seperti ,,|,, (lol) atau (*)(*) dubrak!! ok intermezzo..lanjut gan..

    contoh:

    HTML:
    <title>Wedding ideas, wedding dresses, accessories, flowers — free delivery in Sydney</title> 
    
    <title>Wedding Planning — Wedding Dresses — Wedding Gifts — Wedding Website</title> 
    
    <title>Indonesian Publisher Community - Adsense-ID</title>
    
    Jadi kalau boleh urutan nya "keyword,keyword-informasi-informasi"

    Meta description tags
    Tag yang satu ini di gunakan untuk memberikan deskripsi singkat tentang website anda atau tentang satu page di webstie anda. Hasil gogel SERPs biasanya nya menampilkan meta desc ini di halaman SERPs (walau nggak selalu),

    Ada 2 hal basic yang harus kita ingat ketika membuat meta desc, yakni meta desc ini di pakai oleh ke 2 target kita yakni search engine dan viewers :p..hampir serupa dangen penjelasan title, search engine menilai title anda untuk relevansi SERPs, so make sure u describe your web/page briefly.:p
    sedangkan ke viewers..hmm ini menarik, karna di sini skill untuk kata2 marketing yang singkat,padat,informatif, dan menggoda harus di padukan..(bukan menggoda dalam arti negatif ya-butt more likely irresistible invitation to your web page).udehh consol ajah langusung kita :D

    contoh dalam meta:
    HTML:
    <meta name="description" content="Get fantastic wedding ideas, best wedding gifts, nice cards, all kinds of wedding flowers and any wedding accessories for weddings all over Indonesia.">
    contoh dalam gambar:


    Nah sekarang ke meta keywords.

    ini adalah tag khusus yang harus nya menjadi brief list dari topic yang anda bahas di suatu page..biasanya di sini kita memuat list keywords dari website kita.walau SE udah tidak terlalu memberikan value yang tinggi buat tag ini, dengan membuat nya, anda dapat membatu robot/spider contoh nya ketika listing ke directory ntar (link building section), seperti da di bilang di atas, ini mungkin tidak terlalu penting lagi sekarang ini..tp tetep ajah ada nilai nya dan it's not harm you to make it :)

    contoh:

    HTML:
    <meta name="keywords" content="wedding, weddings, wedding gifts, wedding ideas, wedding cards, wedding flowers, wedding indonesia">
    
    OK, lanjut tune up nya ke bagian gmn baik nya content suatu page..

    Writing a Fantastic, gripping, irresistible invitation content di landing page anda.
    Oke seperti yang udah di bilang berkali2, design webpage anda untuk 2 target, yakni human (pengunjung) dan juga robot/spider search engine.. yang mana kita proses lebih dahulu? tentu nya buat spider, karna high traffic bisa terjadi ketika anda ada di halaman 1 SERPs untuk kata kunci anda...so make SE fall in love ama website anda, meet you on the top (jieee hihihi)

    jadi landing page harus perpaduan antara search engine friendly, and call for action viewers
    thumb rule nya adalah "Fantastic and Natural" pada waktu yang bersamaan..arti nya webpage anda harus menarik bagi human dan robot, dan juga harus natural ( karna itu sering di sebut in kalo SEO itu butuh waktu untuk nge gem di website anda..kalo anda terburu2 dan jor jor an, ini akan mengundang tanda tanya dari SE, yang bisa mengakibatkan kena deindex, or worst di banned.), NAH, setelah fantastic dan natural..tugas terakhir tentu nya meng convert traffic jadi sales..ini inti dari semua ini, karna ga ada guna nya high traffic tp ga ada sales :D,

    Beberapa tips yang harus di inget td..
    *we set up our web for both..human and spider
    *Pikirkan baik2 kalimat pertama anda di tiap landing page..karna sama seperti human, spider juga meng anggap kalimat pertama begitu berarti (kek iklan!!!), biasanya ini di taro di H1.
    * Buat keyword anda "catch eyes" hmm maksud nya noticeable-- menarik perhatian--err..mungkin lebih masuk akal kalo dalam analogi "cewe cakep"..ok ini karna gw cowo..bagi yg cewe..analogi nya berarti "cowo cakep"--yang ini gw banget dahhh.. nah back to topick..anda pernah masuk suatu ruangan dan pandangan anda langsung tertuju ke seorang "cewe cakep" atau "cewe anggun" ? saya kira pernah..atau jgn2 anda tertarik ke setiap "cewe" di ruangan itu?--err ini ruangan apa nih? showroom? " hahha duh gw ngetik nya sambil lapar nih jadi bawaan nya aneh..ok lanjut..let say dalam keadaan normal--anda berjalan masuk ke suatu ruangan, dan pandangan anda langsung tertuju ke seorang gadis anggun, apa yang anda lakuin biasanya?..well biasanya kita akan tetap memperhatikan dia-kemana dia bergerak, apa yg dia lakuin, pengen tahu siapa namanya, intinya kita jadi pengen tau segala sesuatu yang berhubungan dengan dia..nah dalam hal ini..anda adalah pengunjung/viewer, ruangan itu adalah webpage yg di kunjungi..:D

    nah itu dia..keywords yang catch eye bisa mendrive kita untuk banyak hal, seperti untuk meng click ke halaman selanjut nya, atau untuk memfocus kan perhatian viewers ke suatu hal yang kita ingin kan.(hoho inget perumpamaan "kerbau di cucuk idung")

    Ayo lebih detail lg soal headings atau biasanya di sebut H1-H6 tags, ini adalah ukuran dari heading anda.Jadi ada 6 lvl..H1 adalah yg terbesar dan H6 adalah yang terkecil. tag heading yang paling substansial/paling penting atau yang paling di pay attention ama spider (dan juga human) adalah H1, kemudian ke H2 seterus nya hingga ke H6. tags ini lebih di perhatikan oleh search engine dan human tentunya lebih daripada perhatian ke text biasa.

    jadi baik nya anda menempat kan salah satu keyword utama anda di H1, trus taroh salah satu keyword alternatif anda di H2.

    Bold and Italic
    sama dengan heading tags, spider dan human juga terpengaruh oleh bold and italic text..jadi jangan lupa..gmn posri nya? yang ini balik lagi ke kompetitor anda..at least anda harus bisa menyamai komposisi kompetitor anda :D.

    Search engine do not read image...so??
    Penggunaan image sangat di anjur kan, karna image sangat berpengaruh ke "eyes-atau pandangan" manusia..ini enak nya seo..salah satu dari 2 target kita (spider dan human) tidak menyukai satu hal..kita bisa men trik nya di sana sini :p..contoh nya soal image..ok lah search engine ga bisa baca isi nya..tp kita masih bisa meng akali dengan menggunakan text link, dan juga ALT text (lihat gambar di bawah post ini sebagai contoh).. anda dapat melihat nya di suatu web yang punya picture, trus anda disable picture dari web browser anda, yang kelihatan adalah alt text nya (seperti gambar A dan B)..and believe me, zaman sekarang orang udah nggak hanya dari pc atau laptop ajah browsing, dari Hp,Blackberry, smartphone juga udah banyak..dan banyak dari browser yang beginian memilih untuk men disable image di browser nya..apabila anda tidak meletak kan alt text, mereka nggak akan mengerti apa yang ada di web anda..jadi penggunaan ALT text ini penting, di samping akan membawa traffic ke anda, nilai seo anda juga nambah apabila anda menggunakan keywords anda di ALT text.so do it now!

    --intermezzo tips: never put "My dracula face" sebagai ALT text pic istri/pacar anda :p

    hmm wah kepanjangan nih jadi harus di bagi 2..langsung lanjut deh.:senyum:
     
    Last edited: Oct 30, 2009
  7. parlenk

    parlenk Super Hero

    Joined:
    Oct 26, 2009
    Messages:
    849
    Likes Received:
    264
    Location:
    Jakarta
    Ok kita balik lagi ke Anchor text lebih jauh..karna tips berikut nya adalah interlink your pages..yap..jadi ini adalah aplikasi dari anchor text..sekedar review, kenapa kita butuh interlink? hmm budi?, acong?..poltak? bah ngga ada yg tau?..oke wati?..nah iyah bener..:p wati emang tops markotops..jawaban nya adalah 1.buat spider supaya bisa jalan2 ke banyak page dari satu page,.juga buat human viewer--remember the landing page tugas nya adalah menarik dan meng encourage pengunjung untuk melanjutkan ke page lain--nah internal link ini adalah jalan mereka salah satu nya.

    Creative anchor text...keyword rich and logical anchor text.
    Penulisan;
    HTML:
    <a href="http://www.wati-markotop.com">wati emang hebrings</a>
    , 'wati emang hebrings" ini yang di maksud dengan anchor text, ini sangat bermanfaat..buat spider, bisa bisa menambah nilai seo kita (karna kita bisa memasukkan keywords kita sebagai anchor text, dan buat human viewers, ini bisa jadi undangan tertulis yang memikat agar mereka mau meng click anchor text tersebut, yang ujung2 nya jadi traffic ke website kita. contoh

    Nah penggunaan anchor ini bisa di webkita sendiri, dan juga bisa di website orang lain..apabila kita menggunakan nya di web orang lain, kita bisa memilih ke halaman mana di web kita yang menjadi tujuan viewers..banyak orang yang menanyakan, apa dan gmn keuntungan nya anchor text? apa harus di tulis itu2 ajah atau ber variasi? ..nah itu dia kegunaan nya disamping anda bisa memasukkan keywords anda (menambah value seo anda untuk serps, anda bisa juga membuat nya jadi undangan yang menarik ke page tertentu di website anda--nggak harus ke halaman utama--biasa nya ke landing page, dan landing page itu nggak cuma halaman utama.), dan sebaik nya di tulis ber variasi, karna 1.biasanya kita masukkan keyword kita, dan yg menjadi keywords di tiap landing page itu kan beda2. 2. kalo kita buat sama terus anchor nya..search engine akan menilai ini negatif dan terkesan spammer..and kita bisa kena penalti karna ini.

    Ok..over all udah kita bahas banyak hal mengenai on page opt, dari keyword research, serba2 di on page, landing page, gmn menyebar keywords di content, bold, h1-h2 etc etc..sekarang yang kita butuh kan adalah REPORT on page opt..yap..kita analisis ulang semua yang udah kita kerjain di satu page..untuk report biasanya bisa kita menggunakan tools, baik yang free atau yang bayar..baik yang partial on page element, atau yang full on page element.. contoh nya anda bisa menggunakan firefox add on SenSeo (integral dengan firebugs)-- bisa juga menggunakan seo seo tools ( ada banyak kan? di forum ini ajah juga bisa di temui), cara penggunaan nya: anda menggunakan tool itu hanya untuk mencek "udah benar nggak komposisi density nya "sekian" ("sekian" nya ini anda yang atur, bukan tools, karna angka "sekian" ini anda dapat dari kompetitor-kalo anda menggunakan standar tools, biasanya di buat 5-7%, dan ini nggak benar, trus cara pengunaan lain nya adalah, udah pas nggak title, meta desc dan cara penulisan keywords nya--length nya brp..gitu..jgn anda harapin tools yang men set secara otomatis..semua nya value seo tehnik nya anda yang atur pokok nya..tools hanya di gunain untuk membantu melihat yang salah tulis lah, ngasih informasi ini itu lah..

    huah :D ini udah selesai on page opt, berikut nya kita masuk off page opt..mengenai link building strategy..hmmm saran, kritik pertanyaan etc etc are most welcome as always..lebih welcome lagi diskusi di antara semua nya..bukan cuma diskusi ke TS nya..Cmonnn!
     
  8. diemughni

    diemughni Super Hero

    Joined:
    Jun 8, 2009
    Messages:
    1,212
    Likes Received:
    12
    mangstab gan...

    thanks...
     
  9. khoid

    khoid Super Hero

    Joined:
    Aug 18, 2008
    Messages:
    3,380
    Likes Received:
    256
    Location:
    depok
    om unatuk meta keyword yg diatas itu
    Code:
    <meta name="keywords" content="wedding, weddings, wedding gifts, wedding ideas, wedding cards, wedding flowers, wedding indonesia">
    apa ga terlalu banyak pengulangan kata "wedding" na n bisa diaggap spam ma SE? trus penggunaan H1 pada content menurutku, mungkin untuk spider ini menarik, tapi bagi pengunjung kaya na malah bikin jengah ngeliat tulisan sebagian gede, sebagaian kecil gitu.

    o iya satu lagi,,., klo yg buat image itu, bagus na image na ngelink ke content, url image ato ga usah ada link na? tapi klo ane baca tulisan diatas berarti image na ngelink ke content ya?
     
  10. parlenk

    parlenk Super Hero

    Joined:
    Oct 26, 2009
    Messages:
    849
    Likes Received:
    264
    Location:
    Jakarta
    Halo mas Khoid,

    Untuk meta keywords nya nggak, karna itu semua beda kan ketika di analisis.. wedding yang pertama di anggap 1kw yang terdiri dari 1 kata, "wedding flowers" dianggap 1 kw yang terdiri dari 2 kata.

    H1 baik nya di title post bisa, iyah kalo di buat di isi post kadang ama viewers nya di anggap aneh, jadi penggunaan nya harus cerdik, misal nya untuk kalimat berita di dalam post nya..atau mending H1 di title post, H2, bold italic kw di dalam post..bisa gitu juga pemakaian nya.

    iyah image baik nya ke content dan baik nya selalu ada link..karna image ini biasanya menarik perhatian viewers..jadi hal ini harus kita optimal kan agar satu content kita, bisa di akses dari banyak jalan..salah satu nya image itu...jgn lupa kasih ALT text.

    hope it helps

     
  11. avianto

    avianto Super Hero

    Joined:
    Oct 24, 2009
    Messages:
    3,112
    Likes Received:
    467
    mak nyus tutorialnya
     
  12. parlenk

    parlenk Super Hero

    Joined:
    Oct 26, 2009
    Messages:
    849
    Likes Received:
    264
    Location:
    Jakarta
    hmm udah normal nggak update PR nya :p hmm PR is not that biggie suppose, tp hmm tetep ajah segambreng orang yang menanti :senyum:
     
  13. khoid

    khoid Super Hero

    Joined:
    Aug 18, 2008
    Messages:
    3,380
    Likes Received:
    256
    Location:
    depok
    huaaa,.,. berarti yg ane baca selama ini kurang maksimal dunk ya,.,. ada yg bilang jangan ngulang keyword yg sama lebih dari 3 kali,., contoh na kya diatas :hmm:

    berarti misal na keyword yg kita incer wedding, di meta ketword kita kasih kaya diatas (kata wedding na ada lebih dari 3) ga apa2 ya?

    oc, coba ane benerin meta keyword blog2 ane :komunis:
    lanjut gan :senyum:
     
  14. andr3_8112

    andr3_8112 Ads.id Fan

    Joined:
    Oct 31, 2009
    Messages:
    215
    Likes Received:
    1
    Location:
    http://www.resepenak.com
    bos gimana sih cara memaksimalkan SEO di website online store?
    coz di detail produk kan juga ada minta diisi meta keyword dsb...
    mohon pencerahannya....
    kalo misal meta keyword diisi sama antara produk yang satu dengan yang lain dalam 1 kategori, gimana??

    maaf kalo merepotkan :hmm:
     
  15. caldenni

    caldenni Super Hero

    Joined:
    Nov 27, 2007
    Messages:
    903
    Likes Received:
    246
    Location:
    Pangkalpinang, Babel
    Sebagai tambahan aja, mungkin thread ini bisa membantu sedikit soal title tag:
    http://www.adsense-id.com/forums/showthread.php?t=24242
     
  16. parlenk

    parlenk Super Hero

    Joined:
    Oct 26, 2009
    Messages:
    849
    Likes Received:
    264
    Location:
    Jakarta
    Hmm, boleh tau jenis e-store nya? dulu sih gw make xcart,joomla,dan os commerce juga.. karna kalo nggak tau jenis cart nya susah ngasih jawaban nya :p.. and biasanya e-store ngga cuma seo doang..harus ada sem (search engine marketing) nya biar bisa jalan.

    gambaran umum nya sih kalo seo di e-store adalah anda butuh ngerjain 2-3 hal.

    pertama biasanya adalah rewrite url, karna biasanya estore itu pake tanda y,x gitu deh untuk url product nya dan hasil nya panjanggggg banget hihiih..dan biasanya solusi adalah module tambahan dari vendor atau pihak ketiga, baik yg gratis atau pun bayar..

    yang berikut nya adalah soal meta tags nya.. default setting biasanya nya penggabungan dari meta homapage (halaman utama)+meta tags "category"+ sub category+meta tags "product".. ini bisa kepanjangan sampe kemana hihihi, jadi kalau bisa yang di gunain hanya meta tags dari homepage+ meta tags product..

    berikut nya adalah image: karna e-store biasanya bejibun gambar nya, dan untuk beberapa software, nggak menyediakan tools untuk nambahin ALT text nya, jadi pusing deh..ini sih harus berharap dari coder kalo udah gini..

    overall sih seo untuk e-store kadang rumit, rumit nya terletak gmn software itu di build, karna biasanya yang ada strategy biar para pengguna product software itu harus beli add on segala hihih..bagian dari bisnis sih..jadi toko online baik nya review software yang mau di pake, dari keamanan nya, dari loading nya, dari seo on page nya dan dari module tambahan nya..gitu om.pengalaman make xcart and joomla sih memang harus rajin2 baca2 di sana sini :D

    soal meta keyword di 1 kategori, anda liat dulu..pas anda isi data di bagian product, itu namanya meta keyword atau search keyword.. kalo meta sih itu untuk seo, sedangkan search keyword itu untuk pelanggan yang menggunakan fitur seacrh di toko mas..jadi jangan asal di kosongin hihiih..

    note: seo nggak hanya optimasi di page kok..jadi kalo optimasi di page susah di lakuin, ya cara lain nya masih banyak, dari link building atau meng optimasikan SEM nya..bisa dari group FB, atau forum atau blog, atau review artikel terhadap satu jenis barang trus sumbit ke mana2..kalo ada yg bilang seo estore itu susah, kadang emang iya..tp nggak berarti toko online ga bisa jalan..jadi jgn khawatir :p.





     
  17. nunuaza

    nunuaza Super Hero

    Joined:
    Nov 2, 2008
    Messages:
    1,322
    Likes Received:
    222
    wah, baru tau nih ts ini. gelar tiker dulu ah, sambil liat old post dsini:gembira:
     
  18. parlenk

    parlenk Super Hero

    Joined:
    Oct 26, 2009
    Messages:
    849
    Likes Received:
    264
    Location:
    Jakarta
    :hmm: sorry belum bisa update ke tut selanjut nya..:p sabar ya..thx all..
     
  19. zizot05

    zizot05 Super Hero

    Joined:
    Nov 1, 2009
    Messages:
    1,478
    Likes Received:
    61
    Location:
    Plat F
    gak ngerti maksud'y yg ane kutip apaan???:pusing:
     
  20. parlenk

    parlenk Super Hero

    Joined:
    Oct 26, 2009
    Messages:
    849
    Likes Received:
    264
    Location:
    Jakarta
    Hmm, gini maksud nya: kan contoh yang saya kasih di post itu adalah cara menghitung density kw di CONTENT, nah setelah itu anda harus cari density kw di bagian title dengan metode yg sama ketika cari density kw di content td, trus lanjut cari density kw di bagian H1-H3 nya, trus cari juga density kw untuk yang bold dan italic..

    jadi densty kw yang harus kita teliti/cari ada di beberapa abgian..yakni di -content (isi yang berupa tulisan di page kompetitor yg sedang di spy)
    -title page nya (title page kompetitor yang sedang kita spy)
    -di content yang bentuk tulisan nya bald
    -di content yang bentuk tulisan nya italic
    - Hi-H3 di page

    hope it helps


     

Share This Page