1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

Minta pendapat jujur kawan-kawan

Discussion in 'Chit Chat' started by offliners, Feb 8, 2020.

  1. offliners

    offliners AdSense Fan

    Joined:
    Jan 4, 2012
    Messages:
    167
    Likes Received:
    26
    Ini chat dengan calon klien.
    Minta pendapat jujur kawan-kawan, gw salah dimana. Ke depan gw perbaiki.

    Konteks: Sebelum chat ini, si calon klien minta mengerjakan sesuatu untuk percobaan ... gw selesaikan sampai doi puas.

    Gw sebenarnya udah iffy karena si doi sangat anal dan nyuruh ini itu.
    Kalo ketemu orang model gini, gw biasa minta harga lebih dari standar ... untuk biaya menutupi makan hati.

    [​IMG]
     
    Rozhid likes this.
  2. piratehunter26

    piratehunter26 AdSense Fan

    Joined:
    Mar 10, 2019
    Messages:
    165
    Likes Received:
    36
    Location:
    goo.gl/gG1H1B
    pemahaman ane, ente disitu $75 per 1000 products kata si klien. (11:09 AM)
    mungkin chat diatas-atasnya lagi bisa ngejelasin,
    kalo cuma menurut screenshot itu, si klien ngerasa agan nyebutin harga kayaknya kurang kongkrit deh.
    dia sudah nyebutin dia mau ngasih 1000 produk dalam sekali transaksi...(11:05 AM)
    jadi agan ngerjain 1000 produk dia bayar, kalo bagus bakal terus projeknya.

    nah 11:17 dia bilang jelas, kalo dia cuma punya waktu 4 hari untuk pengerjaan proyek itu.
    jadi agan dalam waktu 4 hari sanggup ga?

    jadi sampe tahap ini sepemahaman ane, agan disuruh 1000 post produk dalam waktu 4 hari.
    dan agan disuruh tentukan kapan post produk itu bisa selesai?

    disini ane rasa masih wajar, jika ane sebagai konsumen.
    ane cuma pengen KEPASTIAN kapan selesainya.
    dan butuh bayaran berapa.

    kalau misal agan sanggup ngerjakan post 1000 produk dalam waktu seminggu,
    ya bilang aja seminggu.
    kalo si klien butuh cepat, agan bisa naikkan harga jasanya untuk menekan waktu.
    misal tambah VA lagi atau tambahan waktu kerja.

    kalau agan gabisa 4 hari untuk post 1000 produk, jujur aja.
    kalau agan YAKIN bisa ngerjain 7 hari, Bilang dengan TEGAS.
    gue rasa, bikin konsumen jadi lega.

    maaf kalo ada salah kata.. nih yaa
     
    offliners likes this.
  3. offliners

    offliners AdSense Fan

    Joined:
    Jan 4, 2012
    Messages:
    167
    Likes Received:
    26
    Terima kasih udah baca chat yang super panjang gan.

    Anda bener semuanya ... saya mau tanya satu hal, yakni jaminan/guarantee.

    Contoh:
    1. "We will finish it in 4 days"
    2. "I can guarantee that we can finish it in 4 days"

    Misal anda jadi saya, anda berani ngomong yang #2? Soalnya, kalo gagal akan ada konsekuensi ... kemungkinan besar dalam bentuk $$$

    Dalam jasa beginian, saya ga bisa kasi jaminan 100% ... kalo gagal, dan saya musti balikin dana sebagian, sama aja kerja rodi.

    Yang ngerjain sakit 1 hari aja, udah pasti gagal itu.

    Dalam dunia online, orang normal juga minta kepastian kapan jasa X dikirim ... tapi bisa maklum kalo telat 1-2 hari (namanya manusia).

    Saya rasa ini orang yang bakal bentak-bentak kalo telat 1 hari aja ... mending ga usah aja.
     
  4. piratehunter26

    piratehunter26 AdSense Fan

    Joined:
    Mar 10, 2019
    Messages:
    165
    Likes Received:
    36
    Location:
    goo.gl/gG1H1B
    iya panjang gan..

    saya berangan-angan jadinya...
    kalo saya bisa 4 hari kenapa tidak, tapi tidak akan saya katakan 4 hari.
    sebelum memberikan orang kepastian, saya juga ragu, dengan 4 hari, karena
    kalau saya full ngerjakan 4 hari, mungkin bisa.
    untuk jaga-jaga saya katakan 7 hari, untuk sesuatu hal tak terduga.

    kalau telat atau enggak, sebenernya bukan poin utama,
    kalau itu customer bener, pasti dia maunya melihat progress, sudah sampai mana,
    ibarat orang mau jual-beli online, customernya bisa tracking lewat resi, barangnya dimana.
    kan jadi lega.
     
    offliners likes this.
  5. Rootnesia

    Rootnesia Super Hero

    Joined:
    Sep 30, 2016
    Messages:
    3,000
    Likes Received:
    835
    Location:
    Wonogiri
    Agan baca dr chat yg jam 11:13 deh
    Justru disitu doi nanya, kira2 kelarnya brp hari ya?
    Nah dibawahnya TS ngasih estimasi, kurang lebih 3-4 hari
    Makanya di chat selanjutnya doi mastiin lagi, berarti bisa kelar ya di hari ke-4?
    Yg bkn doi ragu dan minta garansi tuh chatnya TS di jam 11:16
    Karena disitu TS bilang gini: dia bisa ngasih garansi utk kualitas, tp nggak bisa ngasih garansi utk masalah waktu.
    Dan menurut saya pribadi sih, itu emg agak kontradiksi sama estimasi yg TS tawarin sendiri.
    Sampe akhirnya mundur ke 5 hari kan di chat selanjutnya, karena TS bilang, nggak bakal sampe double time, paling lama 5 harian lah
    Makanya doi mastiin lagi, klo gitu garansi ya 5 hari kelar?

    Mestinya, klo menurut saya sih gini .
    Dr awal estimasinya tuh jangan dibuat mepet 3-4 hari. Sekalipun agan yakin bisa ngelarin dalam 3-4 hari
    Bilang aja 2 minggu sekalian.
    Kalo dia minta lebih cepet, ya suruh bayar lebih (kalo saya, langsung saya tembak 2x normal price)
    Kalo dia OK utk bayar lebih, lanjut...
    Kalo dia tetep kekeh di harga segitu dengan deadline mepet yg mustahil utk saya garap
    Dan nggak ada untungnya jg andaikata saya nyewa jasa org lain utk bantu saya ngerjain
    Ya saya jujur aja, nggak bisa. Dan saya kelarin sampe disitu chatnya

    Kalo pendapat saya sih gitu gan...
     
    offliners likes this.
  6. offliners

    offliners AdSense Fan

    Joined:
    Jan 4, 2012
    Messages:
    167
    Likes Received:
    26
    Terima kasih udah baca chat yang panjang :D

    Konteks: Klien ini dari awal memang pingin cari yang bisa selesai dalam 3-4 hari. Jadi 7 hari aja doi ga mau.

    Yang gw ga ngerti kok tiba-tiba bentak gw ... emang orangnya gitu kali ya.
     
  7. Rootnesia

    Rootnesia Super Hero

    Joined:
    Sep 30, 2016
    Messages:
    3,000
    Likes Received:
    835
    Location:
    Wonogiri
    Oh gitu, berarti agan ngasih estimasi 3-4 hari karena nyesuain permintaan dia ya awalnya
    Makanya agan gk bisa ngasih garansi utk waktunya, karena utk jasa tsb normalnya bkn utk pengerjaan 3-4 hari
    Saya jg nggak ngerasa ada yg salah sih dr kata2 agan di chat tsb.

    Jujur, saya malah nggak ngerti kenapa doi langsung nge-gas gitu hahaha
    Kalo emg dia butuh yg bisa ngerjain cepet, ya cari org lain aja sih
    Nggak perlu marah2 ke agan jg :D
    Emg udh wataknya sih kayanya

    Kalo saya jd agan, dr jam 11:25 udh gk bakal saya bales LOL
     
    offliners likes this.
  8. offliners

    offliners AdSense Fan

    Joined:
    Jan 4, 2012
    Messages:
    167
    Likes Received:
    26
    Kita pasti berusaha-lah supaya selesai 4 hari ... tapi kalo sakit, kan telat jadi 5 hari.

    Takutnya gw dibentak-bentak kalo telat sehari aja. Balik jaman sekolah donk kalo dibentak-bentak lol.
     
  9. tanpamoney

    tanpamoney AdSense Pro

    Joined:
    Mar 20, 2013
    Messages:
    346
    Likes Received:
    71
    Gak salah 100% sih klientnya, gw juga sering minta garansi selesai berapa hari ke jasa service.
    Tentu tujuannya jelas kalau lewat dr itu maka gw berhak mengajukan banding.

    Klau emang sanggupnya 1 tahun y bilang 1 tahun, garansi 1 tahun kelar.

    Jangan copywriting sales bilang 4 hari kelar pas diminta kepastian ternyata ragu dengan kemampuan.

    Gw juga memberikan hal yang sama ke klient gw sih, klau service yg gw kasih lewat dr hari yg dijanjikan maka gw juga siap menerima konsekuensinya. Tentu gw dah hitung peluang sakit dll. Andaikan sakit tentu langsung info ke klien apakah dia mau menerima atau banding. Dan itu sangat wajar dalam bisnis.

    Apa lagi klau dapat klient corporate, mereka harus punya timeline yang jelas, klau gak berani kasih timeline yg jelas y betul tindakan agan, mundur.
    Klau klient minta 4 hari kelar dan agan cuma ngayal2 4 hari kelar, ya betul tindakan agan, mundur.
    Klient kayak gitu kudu cari jasa yang lebih cepet dan lebih professional lagi dan sudah tentu lebih mahal.
     
    offliners likes this.
  10. Tiki-Taka

    Tiki-Taka Super Sekali

    Joined:
    May 2, 2013
    Messages:
    508
    Likes Received:
    340
    Setelah saya baca dari awal, sepertinya kliennya sih kooperatif untuk diajak kerjasama. Hanya saja cara komunikasinya gan, kalau saran saya yang perlu diperbaiki. Dia sebetulnya minta kepastian jadwal. Karena jobnya banyak, sebaiknya memang dijelaskan kemampuan menyelesaikan job per harinya. Misalnya Maksimal 100 atau 200 post perhari. Sehingga klien juga bisa mengukur, oh ya kalau kemampuannya segitu, berarti memang butuh waktu pengerjaan yang lebih. Sehingga mungkin tidak perlu sampai berselisih. Semoga bisa diselesaikan secara baik.
     
    offliners likes this.
  11. Oby_One

    Oby_One Banned

    Joined:
    Jul 11, 2007
    Messages:
    5,011
    Likes Received:
    218
    Location:
    |Pulau Sabang - Aceh|
    Kalo kerja dengan client bulek, emang kek gitu..kalo lewat dr waktu yg udah deal..pasti marah marah..

    Kalo ane karna di bidang bukan kita yg tentuin..kyk youtube, instagram, twitter..

    Jadi bisa kasih alasan seperti ada recwnt update dri google, youtube atau ig..
    Pokoknya gitu lah.. alasan yg masuk akal

    Btw, itu screenshot bisa panjang kyk gitu pake apa nangkapnya..
     
    offliners likes this.
  12. linkcluster

    linkcluster Hero

    Joined:
    Jan 6, 2011
    Messages:
    537
    Likes Received:
    38
    Location:
    under contruction
    fiver yh itu?
    idem jg ss nya bisa pnjng pake ap
     
  13. offliners

    offliners AdSense Fan

    Joined:
    Jan 4, 2012
    Messages:
    167
    Likes Received:
    26
    Skype web + potosop gan.
     
    Oby_One likes this.

Share This Page