1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

Cara Bikin Artikel User Intent, Postingan Mudah Naik dan Tahan Banting Dari Update Google!

Discussion in 'SEO Articles' started by Subaru, Aug 19, 2022.

  1. Subaru

    Subaru Ads.id Pro

    Joined:
    Sep 5, 2016
    Messages:
    445
    Likes Received:
    378
    Jualan mulu, tapi jarang sharing… malu jadinya… wkwk

    Jadi di pagi yang cerah nan dingin ini (13 derajat celcius), saya coba bisikin satu tekhnik membuat konten, namanya User Intent!

    Singkatnya, kalau agan bikin artikel berdasarkan user intent, maka bisa meningkatkan dwell time, mengurangi bounce rate, dan – tentu saja – mudah merangkingkannya di google.

    Tenang, ga perlu geleng-geleng kepala dulu, kita bahas satu per satu secara mendetail ya!

    Tekhnik ini juga dibutuhkan buat agan yang sering menyewa content writer, biar ga salah langkah!

    Jadi, siapkan kopi dan camilan dulu (but no smoking yah! It’s really bad for your health! Haha)

    Soalnya pembahasan kita agak panjang, dimulai dari apa itu dwell time dan bounce rate, jenis user intent, hingga cara membuat artikel yang baik dan benar.

    Without further ado, let’s dive right ads.id in!

    Mitos Membuat Artikel
    Agan sering denger ga pakar SEO bilang seperti ini:
    1. Buat artikel dengan kata yang super banyak
    2. Website harus di-update secara berkala
    3. Artikel naik jika disiram backlink.
    Perlu saya tekankan, di zaman sekarang tiga faktor tersebut sudah bukan penentu keberhasilan kita lagi di dunia internet.

    Debunked Mitos 1

    Nomor satu memang masih bisa digunakan, tetapi ada syarat tambahan… yaitu harus benar-benar dipenuhi dengan informasi. Jadi bukan sekedar filler and fluff aja.

    (buat yang nanya filler and fluff itu apa, silahkan googling sendiri ya… saya juga bingung cara nerjemahinnya ke Bahasa Indonesia).

    Lantas, apa bisa menaikan website atau postingan artikel kurang dari 1000 kata?

    Bisa… bisa banget! Bahkan saya sering lihat banyak yang berhasil nangkring di page 1 hanya dengan bermodalkan 100 kata saja!

    Rahasinya, User Intent!

    Jadi sebelum nenentukan berapa banyak kata yang ingin dibuat, ada baiknya mengenal dulu user intent. Dengan begitu, kita bisa mengurangi budget jasa content writer (seperti saya) secara maksimal.

    (USER INTENT kita bahas lebih mendalam nanti)

    Debunked Mitos 2

    Website harus di-update secara berkala? Ga juga…

    Bahkan menurut Brian Dean di modul pelajarannya yang terbaru berjudul Advanced Content Marketing di Semrush Academy (link: https:// www. semrush. com/academy/courses/advanced-content-marketing-course-with-brian-dean) menyebutkan bahwa justru kita tak boleh melakukan update website secara sering.

    Nah loh!!??!!

    “untuk bisa naik di Google, kita tak boleh melakukan update terlalu sering”, kata si Brian.

    “tapi sekalinya kita ngerilis postingan, maka harus benar-benar super berkualitas”, tambahnya.

    Kuncinya ada di kalimat nomor 2, kita harus bisa menyuguhkan artikel super berkualitas!

    Lantas, caranya bikin artikel berkualitas gimana? Kata yang banyak, gaya bahasa yang gaool, banyak gambar dan video, atau ditulis oleh pria tamfan?

    Nope nope nope…

    Caranya hanya satu, it’s f*cking USER INTENT!

    Ingat, saya sedang TIDAK membicarakan website news gede yang memiliki banyak karyawan yang update-nya hampir setiap menit. Kita sedang membicarakan personal website!

    Not Kumparan, not Voi, not Liputan 6, but YOUR WEBSITE!!!

    Debunked Mitos 3

    Artikel sejudes apapun jika disiram backlink bakal naik ke permukaan?

    Jawabannya, bisa yes bisa no!

    Yes… jika sesuai user intent.

    No… jika tidak sesuai dengan user intent.

    Dan lagi-lagi, user intent menjadi kuncinya.

    Saya sedang tak mengada-ngada… Google memiliki data yang bisa mengetahui apakah website kita benar-benar relevan dengan apa yang dicari orang atau tidak, yaitu melalui data Bounce Rate dan Dwell Time (kita bahas lebih detail nanti).

    Lantas, cara memiliki Dwell Time dan Bounce Rate yang bagus gimana?

    It’s USER INTENT again!

    Dari sini agan sudah mulai tahu ya, betapa hebatnya user intent.

    Makanya, kita langsung bahas lebih mendetail tentang Algoritmik Google yang satu ini yah!


    Tapi nunggu biar rame dulu deh. Soalnya pembahasan kita bisa sangat panjang!
    Nantinya kita akan membahas:
    • Apa Itu User Intent dan Jenisnya?
    • Dwell Time dan Bounce Rate, serta Peranannya Terhadap SEO.
    • Cara Membuat Konten Berkualitas Menggunakan Tekhnik Skyscraper dan RLL.
    • Delegation Danger dan Cara Menghindarinya.
    • Nge-test User Intent Sebelum Invest Besar-Besaran.
    Sok, merapat dulu...
     
    Last edited: Aug 19, 2022
  2. Fitris

    Fitris Super Hero

    Joined:
    May 6, 2015
    Messages:
    903
    Likes Received:
    182
    Nyimak hu,

    Sekalian pgn tahu gmn teknik post pagination yg bisa ngeranking.

    Scr logika macem tribun & p-r itu punya bounce rate rendah. Soalnya user dipaksa buka halaman selanjutnya utk baca isi dr artikel & isi artikelnya belum pasti lebih informatif dr blog receh
     
    andrealogi likes this.
  3. bwilly

    bwilly Newbie

    Joined:
    Mar 28, 2018
    Messages:
    24
    Likes Received:
    11
    izin merapat
    biar bisa segera dibahas
     
  4. MrPhaijoE

    MrPhaijoE Ads.id Fan

    Joined:
    Dec 17, 2015
    Messages:
    172
    Likes Received:
    48
    Location:
    public_html
    Ikut merapat dulu gan,ditunggu info menarik selanjutnya :D
    Ane sekarang kalau mau update artikel baru, juga kalau pengen aja sih,hehe
     
  5. guni_105

    guni_105 Super Hero

    Joined:
    Apr 25, 2006
    Messages:
    2,996
    Likes Received:
    193
    ikut merapat juga
     
  6. Admin

    Admin Bersih - bersih forum Banned Permanent

    Joined:
    Mar 8, 2016
    Messages:
    278
    Likes Received:
    339
    Mantap. Ditunggu share nya lg gan :malaikat:
     
  7. subject1996

    subject1996 Ads.id Fan

    Joined:
    Mar 31, 2015
    Messages:
    133
    Likes Received:
    15
    Location:
    bandung
    Ikutan...
     
  8. Subaru

    Subaru Ads.id Pro

    Joined:
    Sep 5, 2016
    Messages:
    445
    Likes Received:
    378
    Ga nyangka banyak para suhu dan pemain lama yang hadir.

    Banyak faktornya kalau bicara tribun dan kawanannya, kayak website authority, gaya penulisan, posisi paragraf untuk mengatur psikologi, dan sebagainya.
    Thread ini juga nantinya saya jadikan post pagination.
    Tapi secara pribadi saya kurang suka dengan UX-nya website besar. bikin pusing.
    Kalau mau lihat contoh terbaik mungkin ada di sini gan.
    backlinko. com/hub/seo/fundamentals

    Terima kasih sudah menyempatkan komen ya suhu.
    :malaikat:
     
  9. Vezuucom

    Vezuucom Hero

    Joined:
    Dec 6, 2016
    Messages:
    524
    Likes Received:
    52
    Location:
    Jawa Timur
    ikut nimbrung :D
     
  10. acim93

    acim93 Newbie

    Joined:
    Aug 27, 2021
    Messages:
    22
    Likes Received:
    7
    makasih hu, ditunggu share kelanjutannya. :malaikat:
     
  11. smanduta

    smanduta Ads.id Pro

    Joined:
    Dec 4, 2014
    Messages:
    403
    Likes Received:
    63
    Location:
    https://www.d-pari.id
    merapat gan ..
     
  12. Subaru

    Subaru Ads.id Pro

    Joined:
    Sep 5, 2016
    Messages:
    445
    Likes Received:
    378
    Thanks buat agan-agan yang sudah ikut meramaikan thread ini.

    Kita lanjutkan ya… Jadi…

    Apa Itu User Intent?

    User Intent, atau dikenal juga dengan istilah Search Intent ini merupakan kata kunci yang diketikan sama seseorang di Google, terus mereka mendapatkan konten yang sesuai dengan apa yang mereka cari.

    Tebak sendiri, jika misalnya agan menemukan konten yang sesuai dengan apa yang agan inginkan, biasanya akan betah berlama-lama di sana.

    Di sinilah, “pengalaman pengguna” bisa tercipta!

    Nah, aktivitas ini bisa tercatat oleh Google dan dijadikan sebagai sinyal mereka dalam menilai apakah website itu berkualitas baik atau nggak.

    Google sendiri membagi Search Intent atau User Intent ini ke dalam 4 kategori, yaitu:
    • Informasional
    • Navigasional
    • Komersial
    • Transaksional
    Dari sini, pembahasan kita tambah seru karena agan bakal mulai tahu target keyword yang dibidik cocok dimasukan ke website/blog atau tidak!

    Sudah siap kopi dan camilannya? oke ... kita langsung sja bahas satu per satu secara lebih mendetail ya!

    kita mulai dulu dari informasional!

    Keyword Informasional

    Sesuai namanya ya, keyword Informasional itu berarti kata kunci yang menyuguhkan informasi tertentu.

    Biasanya, para netizen yang terhormat selalu mengetikan kata kunci yang diawali dengan “cara ...”, “apa itu ...”, “… adalah”, dan sebagainya.

    Para pemain Google Adsense biasanya selalu berkutat di bidang ini.

    Menariknya, keyword informasional itu bisa dibilang paling fleksibel, karena bisa dilanjutkan ke navigasional, komersional, dan transaksional.

    Tapi cara penyuguhannya ini yang bisa mempengaruhi tingkat konversi dari konten agan. Jadi mesti hati-hati dalam melakukannya.

    Jadi jika misalnya agan menarget “cara menurunkan berat badan”, maka ga bisa ujug-ujug jualan obat pelangsing, karena ada tahapan dan strateginya tersendiri.

    (Strategi membuat keyword informasional menjadi transaksional kita bahas di pembahasan depan ya, tepatnya di “cara pembuatan konten”).

    Keyword Navigasional

    Mungkin keyword ini cukup tabu ditarget oleh kita, soalnya tingkat konversinya bisa sangat rendah, sekalipun sudah berhasil nongkrong di pejawan.

    Contoh keyword navigasional diantaranya:
    • Ads.id
    • Facebook
    • Twitter
    • Youtube
    Pasti sudah tahu dong, saat kita mengetikkan keyword-keyword di atas, maka niatnya untuk masuk ke website bersangkutan.

    Jadi jika misalnya ada keyword muncul seperti “Blu-ray Amazon”, sepintas memang nampak menggiurkan karena orang sudah siap membeli melalui link affiliate kita.

    Namun nyatanya, para pencari tersebut sudah memantapkan hatinya untuk langsung masuk ke website amazon dan membeli blu-ray di sana, sekalipun kita membuat judul yang clickbait, kayak “blu-ray amazon review”, “want to buy blu-ray, read here first”, dan sebagainya. Toh, informasi berupa review dan detail produk sudah disediakan di website Amazon itu sendiri.

    Contoh lainnya...

    misalnya si Brian Dean pernah membidik keyword “Google Search Console” dan websitenya berhasil berada di urutan top 10 di Google.

    Sayangnya, karena keyword tersebut berupa navigasional (orang akan langsung masuk ke GSC), maka secara otomatis tingkat CTR si Brian ga terlalu menggiurkan.

    [​IMG]

    Ini akibat salah langkah dalam memilh sebuah keyword!

    Untungnya, website backlinko sudah punya otoritas tinggi. Beda lagi kalau website saya, pasti sudah tenggelam sekalipun kontennya berisi 5000 kata.

    Keyword Komersial

    Keyword Komersial ini biasanya berupa review produk, detail produk, perbandingan, dan sebagainya.

    Biasanya ada campuran antara informasi dan gaya penulisan persuasif.

    Tujuannya hanya satu, yaitu membantu pembaca kita memutuskan sesuatu, bisa membeli barang (review), menonton trailer film (promo), dan sebagainya.

    Contoh keywordnya bisa kayak “seragam sekolah terbaik”, “best nikon camera”, “hp samsung terbaik untuk para jomblo”, dan sebagainya.

    Intinya, keyword komersial ini biasanya selalu menambahkan judul atau merk yang sudah terkenal dan terbranding (meskipun ada beberapa yang nggak), jadi cocok dimainkan oleh para affiliate marketer.

    Keyword Transaksional

    Keyword ini biasanya membutuhkan effort yang super tinggi karena saingannya gila banget!

    Misalnya, “beli baju”, “beli HP samsung”, “buy playstation 5”, dan sebagainya.

    Salah satu keuntungan narget keyword ini karena si pencari sudah siap beli barang.

    Tapi, Keyword ini membutuhkan duit gede dan persaingan saling menjatuhkan lazim terjadi.

    Apalagi di zaman sekarang, rata-rata website yang berhasil memenangkan keyword ini para ecommerce besar.

    Misalnya untuk Indonesia ada Tokopedia, Shoppe, Lazada, dan sebagainya.

    Untuk website luar ada Alibaba, Amazon, Ebay, dan sebagainya.

    Alhasil, website mini seperti punya saya ga punya ruang untuk bermain di keyword gila semacam ini.

    Makanya, kalau agan mau bakar uang, silahkan target keyword transaksional saja, dan rasakan sensasinya. Ahhahaha…

    Antara Jumlah Kata dan User Intent

    Dari sini sudah mulai jelas ya, bahwa tidak semua artikel panjang itu bisa nangkring di pejawan.

    Buktinya, keyword transaksional biasanya tak perlu bikin artikel panjang-panjang! Bahkan beberapa diantaranya bisa mejeng hanya dengan bermodalkan detail produk yang copy paste.

    Kalau ga percaya, silahkan coba sendri!

    Ketikan misalnya keyword “jual baju anak”, maka yang muncul itu biasanya hasil pencarian produk dari website ecommerce gede.

    Pas diklik masuk misalnya ke Tokopedia, eh yang muncul berupa listing produk yang – boro-boro ada artikelnya – isinya cuman display gambar dan judul-judul produk saja.

    [​IMG]

    Jadi jika misalnya agan menarget keyword “jual baju anak” tapi malah kontennya berisi informasi baju anak, jangan harap bisa bersaing di Google sekalipun memuat 10 ribu kata.

    Google juga enggan menurunkan Tokped dari pejawan sekalipun tanpa adanya satu paragraf kalimat di dalamnya. Soalnya Google tahu betul bahwa listing produk inilah yang dicari oleh banyak orang.

    So, buat agan-agan yang memang berencana untuk menarget keyword transaksional, maka harus siapkan dua modal, yaitu:
    • Authority website
    • UX yang mudah dinavigasi
    Saya gak bakal ngebahas cara menaikan authority website ya, soalnya panjang banget penjelasannya. Tipsnya dimulai dari memasukan alamat yang jelas, nomor telepon, meta tag, dan modal backlink yang bikin begidik.

    Search aja deh di Google... hehehe

    Cara Mengecek Suatu Keyword

    Jadi, kita ga bisa sembarangan dalam memilih suatu keyword untuk dibuat konten, karena harus ditentukan dulu “segmentasi pasarnya” melalui user intent.

    Untungnya, menentukan suatu keyword masuknya ke kategori mana cukup mudah dilakukan.

    Caranya, tinggal ketikan saja keyword yang agan targetkan di Google, lalu lihat minimal 3 teratas hasil pencarian tersebut.

    Sebagai contohnya, saya ketikan kata “backlink checker” di Google. Maka Google menunjukkan hasil software atau tool untuk mengecek backlink suatu website. Jadi KW ini masuknya ke kategori “transactional”.

    [​IMG]

    Jadi kalau agan mau menarget KW tersebut, maka harus bikin tool backlink checker yang siap dijual, dan pastinya bersaing dengan pemain besar kayak ahref, smallseotools, neilpatels, dan sebagainya.

    Sekalipun halaman tersebut tak memuat banyak artikel, tapi Google masih tetap menyimpannya di urutan pertama karena sesuai dengan user intent.

    Tapi…

    Lain lagi jika agan ketikan KW “best backlink checker”, maka yang muncul biasanya berupa konten campuran berupa informasional dan komersial.

    [​IMG]

    Ada pula KW berupa “backlink checker ahref”, maka masuknya navigasional.

    Atau “ahref backlink checker review”, maka masuknya komersial.


    So, sekarang jangan sembarangan lagi bikin artikel ya!

    Jangan ngasal juga ngasih keyword ke content writer, karena tidak semua KW itu harus berisi artikel! hohoho


    Pentingkah User Intent untuk SEO

    Penting banget gan!

    Bahkan jika agan beli backlink maha dahsyat dan berhasil menaikan website ke atas, tapi user intent-nya ga kena, paling posisi pejawan itu cuman sementara.

    Inilah alasan kenapa banyak website yang kena gibas hingga penalti setiap kali ada update-an.

    Untuk lebih jelasnya, kita bahas di postingan selanjutnya tentang Dwell Time dan Bounce Rate ya!


    Sok ramaikan lagi threadnya! hehe
     
    Last edited: Aug 19, 2022
    andrealogi, Rootnesia, qeini and 9 others like this.
  13. kuningantech

    kuningantech Ads.id Pro

    Joined:
    Feb 21, 2017
    Messages:
    253
    Likes Received:
    38
    Location:
    <STYLE TYPE="text/javascript">an</STYLE>
    daging daging, thanks gan

    "Saya gak bakal ngebahas cara menaikan authority website ya, soalnya panjang banget penjelasannya. Tipsnya dimulai dari memasukan alamat yang jelas, nomor telepon, meta tag, dan modal backlink yang bikin begidik."

    ada rujukan bacaan gan cara menaikan authority website? khususnya untuk Transaksional Intent
     
  14. rinirina

    rinirina Aged Domains Seller

    Joined:
    Nov 17, 2014
    Messages:
    1,380
    Likes Received:
    142
    Location:
    Rivendale
    super, menarik nih, ditunggu kelanjutannya
     
  15. Mhs

    Mhs Ads.id Fan

    Joined:
    Apr 13, 2019
    Messages:
    197
    Likes Received:
    47
    Terima kasih banyak gan ilmunya , sangat mengapresiasi sharing yang demikian bermanfaat , sekaligus waktu yang agan didedikasikan untuk membuat threads yang sangat keren ini. Semoga bisa kita aplikasikan bersama dalam merancang konten yang lebih baik.
     
  16. Enjoy2Trip

    Enjoy2Trip Super Hero

    Joined:
    Apr 1, 2015
    Messages:
    869
    Likes Received:
    143
    jarang banget ada hidangan daging kyk gini... ijin nitip sendal gan
     
  17. yulius lumban tobing

    yulius lumban tobing Hero

    Joined:
    Jan 27, 2017
    Messages:
    514
    Likes Received:
    95
    Mantap gannn.... Lanjut gan ke Dwell Time dan Bounce Rate, serta Peranannya Terhadap SEO.



    Like untuk agannya

    Sent from my 2201117TY using Tapatalk
     
  18. newbiefans

    newbiefans Super Hero

    Joined:
    Sep 5, 2009
    Messages:
    2,087
    Likes Received:
    365
    Location:
    DKI JAKARTA
    Thread yang sangat daging banget ini, jika berkenan dan tidak keberatan tolong agan @Tyan sticky thread ini agar banyak orang termasuk newbie seperti saya bisa tercerahkan dan bisa mengatur budget yg bisa puluhan hingga ratusan juta dalam sebulan untuk hanya membayar CW saja karena salah pengaturan di strategi User Intent selama ini
     
    Last edited: Aug 20, 2022
  19. Admin

    Admin Bersih - bersih forum Banned Permanent

    Joined:
    Mar 8, 2016
    Messages:
    278
    Likes Received:
    339
    sudah saya sticky dr kmrn ini hu..
    semoga agan @Subaru banyak pahalanya sering2 share daging disini.
     
    newbiefans likes this.
  20. hatta

    hatta Super Hero

    Joined:
    Mar 9, 2011
    Messages:
    913
    Likes Received:
    48
    Location:
    onmyheart
    engga terasa baca dari awal sampai post paling akhir...makasi hu
     

Share This Page