1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

(ask) menghadapi buyer indonesia yang tololnya ga ketulungan

Discussion in 'Berbagi Pengalaman' started by sayaorangkaya, Dec 16, 2012.

Tags:
Thread Status:
Not open for further replies.
  1. bill_gates

    bill_gates Bismillah

    Joined:
    Dec 19, 2010
    Messages:
    1,507
    Likes Received:
    43
    Location:
    Redirect 301
    jangan gitu mas bro, masa orang banyak nanya dibilang tolol O:-)
    justru pembeli yg kayak gitu kalo udah percaya biasanya loyal
     
  2. andyrodick

    andyrodick Ads.id Pro

    Joined:
    Nov 19, 2010
    Messages:
    328
    Likes Received:
    10
    Kalo dikontak agan berarti peluangnya lebih besar ke sales. Nah cara menjawab pertanyaannya yang harus diperjelas. Selalu memberikan jawaban yang memilih itu lebih baik daripada memberikan jawaban yang membuat konsumen menyampaikan pertanyaan baru lagi. Mungkin mas perlu belajar cara closing yang baik.
     
  3. neobyadver

    neobyadver Super Hero

    Joined:
    Apr 22, 2010
    Messages:
    1,323
    Likes Received:
    119
    Location:
    Taman Dayu Pandaan
    Intinya sabar banget selama awal jualan sampe sekarang, buat diskrispi yang bagus mudah di pahami dan bila perlu buat page tanya jawab selama ini yang pernah di ajukan by buyer. Karena orang indo masih blum terbiasa dengan belanja online.
     
  4. extraldonary

    extraldonary Pejuang Blog

    Joined:
    Jan 19, 2008
    Messages:
    2,660
    Likes Received:
    480
    Location:
    Sleman
    ada tipe pembeli yg reseknya luar biasa, tp belinya cuma dikit, tapi ada juga pembeli yang gak banyak tanya, tapi belinya lumayan banyak.
    nah dua tipe pembeli ini klo diperlakukan sama, malah gak adil, jd jgn habiskan banyak waktu buat ngeladenin yg resek itu, ngabisin tenaga dan pikiran, malah dampaknya pembeli2 yg lain yg lebih baik malah kita cuekin.
     
  5. Faddas

    Faddas Super Hero

    Joined:
    Jun 1, 2011
    Messages:
    1,204
    Likes Received:
    74
    Location:
    Surabaya
    sabar aja mas gan.. itu cobaan, wekekeke
     
  6. reza.suryadilaga

    reza.suryadilaga Sunda Wani

    Joined:
    May 13, 2012
    Messages:
    627
    Likes Received:
    56
    Location:
    Samudera Hindia
    resiko customer service harus seperti itu om
    mau beli atau enggak yang penting pelayanan kita maksimal :)
     
  7. shireishou

    shireishou Super Hero

    Joined:
    Mar 22, 2007
    Messages:
    1,309
    Likes Received:
    197
    Location:
    Pondok Cabe
    Oh iya,CS service nentukan laku engganya sebuah toko. meski ajaib ajaib yg beli,kdg justru pembeli ajaib yg dilayani dg sabar akan menjadi.pembeli paling loyal #pengalaman
     
  8. northpole

    northpole Hero

    Joined:
    Dec 5, 2012
    Messages:
    693
    Likes Received:
    141
    Ane jualan di web dan fb (fanpage) juga twitter..dapet calon customer jadi nambah list di bbm
    Suka dapet sms..tp ane alihin/coba alihin ke email atau msg fb..hanya 2 itu yang ane mau
    karena:
    - karakter bisa panjang/dibanding sms yang makan pulsa :p
    - kalo terjadi knapa napa/ email dan msg fb bisa jadi bukti..sms? masaq ane mesti nyimpen bejibun sms..gak mungkin banget

    “halo…ol shop agan terpercaya gak”..langsung deh ane emosi..eh gini gini fans page ane dah sekian puluh ribu like..trus kalo ente masih gak percaya juga..ini dipesan ama corporate A,B, C dll (lengkap dengan link dokumentasi..ane taro di flickr) ..trus ane dah diliput tv nasional 1, tv nasional2, tv nasional 3 (lengkap dengan link youtube nya..bahkan ada yang langsung link ke tv tersebut)..trus ane tambahin lagi..”setau ane emang kalo yg beli corporate, bulk order gak pake banyak ribet, yang recehan emang banyak nanya/negative thinking -> abis itu gak beli” terserah mau tersinggung ato enggak..ane emang gak terlalu harapin yang banyak nanya/remehin ol store ane sih
    Kalo nanya baik baik sih pasti ane ladenin.
    Sepengelaman ane..kalo dia udah negative thinking..mau dijelasin baik baik/ maupun ‘nyolot’ tetep aja gak beli..jadi mending jawab nyolot aja sekalian..ngabisin waktu jawab baik baik yang pertanyaan kayaq gitu
    Motto ane utk pertanyaan seperti itu “take it or leave it” simple! :cerutu:
    Kalo pertanyaan model gitu posting di wall fp ane…males jawab jawab..langsung delete
    Bikin jelek fp aja
    Posting lagi (dengan pertanyaan yang sama/mirip)…banned :silau:
    ol store ane…foto foto nya ekslusive + watermark/ jadi bukan ambil dari internet..kalo dia pinter…kopi foto foto produk ane..paste dan search di google images…gak akan ada di produk lain/sejenis/kompetitor
    ane gak pake chart
    web jarang update..update hanya di fp dan twitter
    karena ane pake fb ads..ya bener bener targeted..jadi gak pakai chart..karena produk ane customized..susah dibikin chartnya hehe
    dan utk toko online ane….formula/yang ane jalanin ini udah pas/ gak mau dirubah lagi :ok:
     
    esagelo likes this.
  9. aleydoank

    aleydoank Super Hero

    Joined:
    Jun 6, 2009
    Messages:
    1,897
    Likes Received:
    43
    Location:
    Bandung
    Kalau saya nih gan, pertama yang dilakukan adalah memposisikan diri sebagai pembeli tersebut, #empati, saya coba mengerti apa yang dia mau dan butuhkan, saya mencoba untuk mengerti apa mau dari calon pembeli tersebut, dengan begitu kita bisa menyikapinya dengan baik.

    Apapun mereka, siapapun itu, dari golongan atas bawah tetap calon pembeli, perlakuan kita selaku penjual harus sama.
    Menyebalkan, menyenangkan dls tetap kita harus menyikapi dengan adil, kita bukan siapa-siapa tanpa mereka, (y)
     
  10. readmore

    readmore Newbie

    Joined:
    Oct 18, 2012
    Messages:
    22
    Likes Received:
    3
    Pengalaman saya berbelanja online, seringkali cs2 online kita kurang sabar, saya pernah bertanya sedetail-detailnya produk malah disuruh browsing di toko online-nya, tapi karena saya konsumen yang cukup sabar, terus bertanya (tentunya dengan sopan). sampai csnya bosen kali ya....tapi setelah itu saya deal untuk membeli laptop seharga 12 jt.

    Mungkin biar lebih fair dilihat juga dari sisi konsumen/calon pembeli:

    1. Konsumen berhak bertanya sedetail-detailnya, dari spesifikasi hingga bonus yang didapatkan.
    Seringkali konsumen yang berbelanja online lebih kritis, karena dia bisa membandingkan dengan cepat produk yang sama
    atau produk sejenis yang speknya sama cukup dengan browsing.

    2. Konsumen online amat sangat sensitif dengan harga, sama halnya dengan spek barang itu sendiri dengan mudah memperoleh info harga dari browsing.
    Jadi konsumen akan berusaha memperoleh barang semurah-murahnya dengan memilih toko online yang menurutnya dapat dipercaya.

    3. Terkadang konsumen lebih senang diterangkan oleh sales online dibandingkan harus membacanya sendiri semua spek barang yang ingin dibeli.
    Jika memang kita profesional, jawablah semua pertanyaan sampai konsumen puas. jika memang ada keterangannya di website berikan linknya pada konsumen.
    Justru ini bisa menjadi peluang jika sales online kita kuat, bisa menjadi influence (memberi pengaruh) dalam membimbing calon pembeli untuk menentukan pilihan
    barang (sering kali konsumen membutuhkan referensi).

    4. Selain sms, sebaiknya gunakan bb dan YM akan lebih irit dibandingkan menggunakan SMS dalam hal pulsa. Siapkan minimal 2 CS online berjenis kelamin yang
    berbeda 1 lelaki 1 perempuan. Biasanya konsumen lelaki lebih senang dilayani oleh CS perempuan dan sebaliknya. Browsing gambar (free) cs yang cantik
    dan ganteng untuk dipajang agar konsumen tertarik. Catat dan dokumentasikan detail konsumen, baik yang membeli maupun sekedar bertanya: Nama, No Hp -
    SMS, No BB, YM dan data lainnya untuk digunakan saat kita akan berpromosi (list calon konsumen).

    5. Uji coba kehandalan cs online yang kita miliki dengan cara anda sebagai pemilik toko online berpura-pura menjadi konsumen/calon pembeli...seberapa handal
    cs online anda dalam menghadapi "konsumen rewel".......

    Sebagai konsumen online tentunya ingin memperoleh info yang detail dan tentunya trust (kepercayaan) dengan siapa dia bertransaksi. oleh karena itu yuk kita sama-sama membangun pasar online Indonesia, agar saling percaya antara konsumen dan penjual online terbangun

    Selamat berbisnis online......
     
    nurmuhammad and ahmed99 like this.
  11. nadytkj

    nadytkj Ads.id Fan

    Joined:
    Jul 6, 2010
    Messages:
    145
    Likes Received:
    4
    Location:
    Karawang
    kalo menurut ane nih gan, mendingan agan melayani yang menggunakan cart ataupun tidak..
    karena ya begitulah gan, mungkin belum pada terbiasa dengan yang menggunakan cart :D
     
  12. nurzaga

    nurzaga Adsense Contra

    Joined:
    Apr 12, 2012
    Messages:
    1,491
    Likes Received:
    214
    duhhhh bahasanye kagak enak banget ngatain customer tolol....

    jual via online = jual trust..

    pelangan nanya2 sebenernya dalam hati pengen beli tapi masih ada keraguan..

    itu lah napa dia nanya2.. di lagi mencoba gain trust..

    kalo kita ramah trust dapet.. kita gk ramah.. yasudah.. pelanggan hilang..


    harus diapain pelanggan kayak gitu? ya seyogyanya kita penjual, dia pembeli.. ya dilayani..

    kalo gk mau melayani? yg jangan jualan.. keep it simple..
     
  13. kemal07

    kemal07 Super Hero

    Joined:
    Nov 1, 2009
    Messages:
    1,135
    Likes Received:
    52
    kalo saya paling males itu sama buyer yang yang ga percayaan,
    pernah saya dapet pembeli yang seperti itu
    saya sudah bilang kalo no resi itu dikirimnya malam atau besok paginya karena kami mengurusi ratusan pembeli, eh baru beberapa jam langsung tanya no resi lewat sms lewat telp, terus setelah malemnya saya kirim no resi, pembelinya tanya lagi no resi itu apa terus ngeceknya bagaimana
     
  14. mr.tongpez

    mr.tongpez Newbie

    Joined:
    Dec 17, 2012
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    setuju banget ..........
     
  15. doremi

    doremi Super Hero

    Joined:
    Jul 3, 2012
    Messages:
    769
    Likes Received:
    93
    Mantabb..ane setuju
    Pembeli adalah raja..tapi apakah yang nanya itu bener bener pembeli?..jangan jangan kompetitor..apakah mesti dilayani sebagai raja :p
    Kalo gak suka ama toko online kita..masih banyak koq toko online atau offline…ane udah gak suka sama situ (calon pembeli yang reseh ini) kalo mau, ikut peraturan kami (ol store ini)
    gak puas?? Banyak koq yang beli disini :lol:
     
    bonyonk likes this.
  16. cahmawang

    cahmawang Newbie

    Joined:
    Dec 29, 2011
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Location:
    Tulungagung
    pembeli adalah raja mas, sing sabar wae
     
  17. kemal07

    kemal07 Super Hero

    Joined:
    Nov 1, 2009
    Messages:
    1,135
    Likes Received:
    52
    itu si jelas gan emang harus ramah
    tapi ada pembeli yang kebangetan banget tanyanya, kalo tanyanya masih lumrah si penjual juga senang ngelayaninnya
    pasti semua taulah yang punya ol shop
     
  18. rainforest

    rainforest Super Hero

    Joined:
    Aug 15, 2012
    Messages:
    1,155
    Likes Received:
    140
    Sepertinya ada 2 tipe ol store disini


    Ada yang udah kebanjiran order…kalo udah sampai taraf ini..tentu bisa pilih customer
    Customer yang tidak disukai/ gak bakal bisa beli hehe


    Ada yang masih dalam merintis/rindu order :malu:
    Kalo masih ditaraf ini…saran ane layani calon pelanggan sebaik baiknya..tapi tetap mesti punya rules, agar agan (ol store agan) tidak dirugikan/bahkan ditipu


    Kalo yang udah taraf kebanjiran order…susah ditipunya..tipe customer yang gak disukai (walau bayar ) aja ditolak :komunis:
     
  19. penyendiri

    penyendiri Super Hero

    Joined:
    Mar 28, 2011
    Messages:
    2,027
    Likes Received:
    208
    Location:
    tidak dimanapun
    jangan lihat cuma dari satu sisi saja, coba kalau agan berada diposisi buyer bagaimana perasaan agan? apa yang akan agan lakukan?
     
  20. kuadal

    kuadal Hero

    Joined:
    Jan 18, 2011
    Messages:
    554
    Likes Received:
    4
    memang harus sabar gan, karena pembeli membutuhkan sebuah informasi yang jelas dan terpercaya, mungkin point2 untuk tersebut dibuat dalam format sms maupun jawaban jadi ga capek jawab ulangnya .. gitu ya mungkin
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page