1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

Viral Marketing, Sistem Marketing yang Unik, Mudah dan Menjanjikan

Discussion in 'Bisnis Umum' started by Haseen, May 2, 2009.

  1. Haseen

    Haseen Newbie

    Joined:
    May 2, 2009
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Jika kita merasakan sesuatu hal entah itu hal positif atau negative, kita akan meneruskan bercerita lagi kepada orang lain.Alasannya adalah agar orang lain minimal juga bisa ikut merasakannya. itulah ide viral marketing.

    Apa Program Viral Marketing
    Tidak ada definisi yang tepat tentang viral marketing, sebab viral marketing berawal dari Kehidupan sehari-hari.

    Viral marketing juga sering dikenal dengan istilah V-marketing, sharing marketing ,tell your friends reward program (TYF program), digital word of mouth marketing, word of mouse marketing dan yang paling dikenal adalah viral marketing.

    Sharing marketing juga sering dikutip orang untuk menjelaskan program ini. Alasannya adalah karena perusahaan membagikan sebagian keuntungan pada konsumen. Program marketing ini muncul dan menjadi terkenal setelah era internet dengan e-commerce nya sebab viral marketing memang bermula dari dunia maya.

    Kasus viral marketing paling dramatis terjadi pada perusahaan penyedia free web base email, yakni hotmail hanya dalam waktu 1,5 tahun sejak berdiri, member hotmail bisanya mencapai US$ 0,5 juta! Pendapatan tersebut adalah pendapatan perusahaan media tradisional selama 10 tahun.

    Pada saat seseorang melakukan sign up sebuah account email baik di hotmail ,yahoo atau lainnya dan mulai berkirim-kirim email maka di tag line paling bawah body mail,kita akan mail,kita akan menerima “injeksi” sebuah kallimat atau penawaran secara tidak langsung,itulah yang disebut viral marketing.

    Bukan MLM, lebih dari sekedar member
    Banyak orang menganggap bahwa viral marketing adalah MLM. Tidak! Viral Marketing bukan MLM termasuk MLM era internet. Malahan sangat bertolak belakang dengan MLM Dalam MLM seorang member harus membeli starter kit, kita wajib mengikuti seminar atau acara-acara yang dilangsungkan oleh perusahaan dan harus menjual. Tidak demikian dengan viral marketing. Ketiga alasan itulah yang paling nyata disamping perbedaan–perbedaan lainnya.

    Viral marketing berbicara mengenai cara berbelanja.Ya cara berbelanja seperti halnya
    perusahaan memberikan bonus atau reward kepada konsumennya. Bukan cara cepat jadi kaya raya seperti MLM, yang manipulatif, meski peluang ini juga terbuka di program viral Marketing. Ini dilakukan secara urut ajak yang dinamis. Apakah ini MGM? Bukan! Viral marketing lebih dari sekedar MGM.

    MGM (Member Get Member) yang selama ini kita ketahui hanya memberikan bonus kecil berupa hadiah-hadiah dan itu hanya satu tingkat (satu level) dan terjadi hanya satu kali. Viral marketing bukan hanya memberikan bonus kecil seperti hadiah-hadiah tersebut melainkan bonus uang buat konsumennya dan ini didesain berjenjang dan bersifat residual. Bonus ini bisa mencapai nilai yang besar sekali.

    Bagaimana dengan e-commerce? Viral marketing juga bukan e-commerce meski bisa saja terjadi karena ada sisi e-commerce yang bisa terjadi. Kalau dalam e-commerce kita hanya berbelanja tidak demikian dalam program viral marketing,viral marketing melebihi sebuah e-commerce karena viral marketing memberikan bonus berjenjang. Lalu ,apakah kalau e-commerce memberikan bonus berjenjang otomatis disebut viral maketing? Tidak juga .Alasannya karena e-commerce sudah pasti online sedangkan viral marketing bisa online dan offline. Program viral marketing tidak membutuhkan tenaga kerja langsung seperti perusahahan konvensional yang memerlukan tenaga sales atau telemarketing. Jelas bisa menghemat biaya dalam hal ini. Dalam program viral marketing dikenal dengan istilah ”Let’s your customer do your marketing”. Jadi konsumen yang akan mereferensikan temannya sendiri untuk berbelanja diperusahaan kita. Sama persis dengan seperti perusahaan MGM dan MLM.Jika ada perusahaan perusahaan yang prcaya dengan kehebatan program MGM, maka sudah pasti mereka harus percaya dengan program viral marketing. JIka ada perusahaan yang menggunakan program MGM,sangat disayangkan kalau tidak mencoba program viral marketing.

    Perusahaan juga tidak harus bertatap muka denga konsumen. Mungkin pada awal program ini diperkenalkan perlu melakukan sedikit promosi barang kali dalam arti tatap muka memperkenalkan program baru ini.Akan tetepi ini hanya promosi awal mengeluarkan biaya besar hanya untuk promosi. Karena viral marketing adalah program bisnis pemasaran jaringan ,sudah pasti bersifat net working. Jaringan program viral marketing ini didesain secara unik dalam sebuah fasilitas internet yang akan menghubungkan semua membernya.

    Jadi, setiap member bisa saling berinteraksi dan saling berkomunikasi karena tau siapa saja yang ada dalam jaringan mereka. Karena menggunakan fasilitas internet maka maka bisa dipastikan jangkauannya jauh lebih luas dari pada bisnis konvensional.

    salah satu alamat website perusahaan viral marketing yaitu disini
     
    Last edited: May 3, 2009
  2. Vcunkerz

    Vcunkerz Ads.id Pro

    Joined:
    Apr 7, 2010
    Messages:
    328
    Likes Received:
    17
    ko sepi ya? pada kmn ni?:hmm2:
     
  3. arifudin

    arifudin Super Hero

    Joined:
    Dec 20, 2009
    Messages:
    2,016
    Likes Received:
    148
    Location:
    Arifudin.wordpress.com
    kok ada lip linknya :omg: , wah parah ni! :hahaha2:
     
  4. blogaddict

    blogaddict Super Hero

    Joined:
    Jan 23, 2010
    Messages:
    1,344
    Likes Received:
    48
    Location:
    klaten
    Iki trit marai emosi tok. Wis dowo bgt, mbulet, akhire lip link. . . Langsung di liburin aja om momod
     
  5. agust83

    agust83 Newbie

    Joined:
    Dec 26, 2009
    Messages:
    49
    Likes Received:
    0
    Location:
    aremania 87
    nunggu momod bawa pentungan
     
  6. domianita

    domianita Super Hero

    Joined:
    Oct 27, 2009
    Messages:
    1,701
    Likes Received:
    90
    status inactive pake liplink, moga nanti liburannya menyenangkan bro
     
  7. renogen

    renogen Super Hero

    Joined:
    Jan 4, 2010
    Messages:
    1,999
    Likes Received:
    109
    Location:
    Blora
    LIPE LINK buat yang punya Gunting :omg:
     
  8. blinknet

    blinknet Ads.id Pro

    Joined:
    Mar 25, 2010
    Messages:
    412
    Likes Received:
    17
    Location:
    mau tau aja loe..
    galak amat Gan:megaphone:
     
  9. extraldonary

    extraldonary Pejuang Blog

    Joined:
    Jan 19, 2008
    Messages:
    2,660
    Likes Received:
    480
    Location:
    Sleman
    panjang amat...
    ujung2nya nyari referral
    :swt:
     
  10. rushan

    rushan Rushan.my.id

    Joined:
    Nov 10, 2009
    Messages:
    1,206
    Likes Received:
    251
    Location:
    Yogyakarta
    Exsekusi aja dah momod..:megaphone:
     
  11. Tresno Wibowo

    Tresno Wibowo Newbie

    Joined:
    Feb 28, 2012
    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    jadi banyak tahu nih :senyum:thanks mastah semua
     

Share This Page