1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

[SHARE] Sudah 2-5 Tahun Menekuni IM, Tapi Karir Anda Belum Jelas?

Discussion in 'Diskusi Umum Internet Marketing' started by traderman11, Feb 1, 2018.

  1. traderman11

    traderman11 Ads.id Fan

    Joined:
    Jun 5, 2011
    Messages:
    231
    Likes Received:
    270
    Location:
    Bandar Lampung
    Telah habis 2-5 tahun belajar dan mempraktekkan ilmu Internet Marketing, namun sampai hari ini belum juga terlihat hasil yang diharapkan.

    Kenyataannya, ratusan member di forum ini mengalaminya. Belum lagi pengunjung forum yang tak terdaftar (non-member). Gak percaya? Silahkan lihat hasil Polling di Thread saya yang judul awalnya: "(Back to Start) . . . . "

    Namun begitulah dunia bisnis. Selalu ada kompetisi dan seleksi. Ada yang bertahan, ada yang mundur. Ada yang melejit, ada yang tumbang.

    Oke, pertanyaan saya, "Apakah anda termasuk dari ratusan pelaku IM yang mengalami seperti pada judul Thread ini?"

    Jika iya, mungkin tulisan ini bisa membuka cakrawala baru anda dalam mencari jalan keluar.

    Saya ingin membuka bahasan ini dengan sebuah pertanyaan berikut,

    Apa definisi masing-masing dari 4 istilah ini:
    1. Bisnis
    2. Manajemen Bisnis
    3. Marketing
    4. Internet Marketing

    Sadarkah kita, bahwa salah satu faktor terbesar kesalahan para Internet Marketer yang GAGAL, adalah karena tidak mampu membedakan ke-4 istilah tersebut, sehingga mereka bekerja dengan cara sangat KACAU dalam mendirikan/menjalankan bisnis.

    Mungkin anda masih bingung, maksudnya bagaimana . . .

    Tenang, saya akan jelaskan secara detail maksud, arah dan tujuan pertanyaan tersebut. Simak baik-baik dengan teliti!

    Saya akan jawab satu-per-satu definisinya.

    1. Bisnis
    Adalah kegiatan menjual barang atau jasa demi mendapat keuntungan sebanyak-banyaknya. Jadi, anda membangun bisnis dengan bentuk dan pola apapun, pasti konsep utamanya tidak menyimpang dari makna tersebut.

    Artinya, seluruh kegiatan/pekerjaan kita dalam menghasilkan keuntungan, mulai dari produksi, promosi, penjualan dan seterusnya adalah bagian dari roda bisnis.


    2. Manajemen Bisnis
    Adalah kegiatan perencanaan, pengelolaan dan operasional sebuah bisnis. Manajemen bisnis terbagi dalam 5 cabang, yaitu manajemen keuangan, marketing, produksi, distribusi dan SDM.

    Artinya, ketika kita memulai dari tahap Nol sampai tahap2 seterusnya dalam mendirikan dan menjalankan bisnis, itu semua merupakan hasil dari manajemen bisnis, baik kita paham atau tidak istilah tersebut, yang jelas kita telah melakukannya secara praktik, meskipun dengan cara, bentuk dan pola yang sederhana.


    3. Marketing
    Adalah salah satu cabang dari manajemen bisnis, yaitu serangkaian kegiatan memasarkan produk/jasa ke publik, mulai dari perencanaan, menyusun strategi, target, dan seterusnya, demi tercapainya penjualan secara berkesinambungan. Di dalam marketing, terdapat banyak strategi dan taktis, salah satunya adalah internet marketing.

    Artinya, segala kegiatan yang berkaitan dengan mengenalkan dan menawarkan produk, serta kegiatan transaksi jual-beli, merupakan bagian dari marketing. Dan marketing adalah bagian dari manajemen bisnis. Di samping itu, internet marketing adalah bagian dari strategi/taktis marketing.


    4. Internet Marketing
    Seperti yang sudah dijelaskan tadi, bahwa internet marketing adalah bagian dari strategi/taktis marketing, yaitu segala upaya yang dilakukan untuk melakukan pemasaran produk/jasa melalui media elektronik atau internet. Internet marketing sendiri memiliki banyak cabang, seperti Website, Media Sosial, Marketplace, Email Marketing, Iklan Online, dst.

    Artinya, internet marketing bukanlah sebuah bisnis, namun ia adalah salah satu organ kecil dari sebuah bisnis. Internet marketing bukanlah sebuah tujuan, tetapi ia hanyalah sarana dalam mencapai tujuan bisnis, yaitu KEUNTUNGAN.


    Nah, kesalahan terbanyak yang dilakukan para pelaku IM adalah menjadikan Internet Marketing sebagai sebuah Bisnis. Anda tahu dampaknya?

    Dampaknya adalah mereka menjadikan IM sebagai tujuan, padahal ia hanyalah sarana. Ketika IM dijadikan sebagai tujuan, maka mereka akan secara otomatis melupakan seluruh organ-organ lain dalam bisnis.

    Padahal sebuah bisnis tidak akan bisa berdiri dan berjalan tanpa adanya kolaborasi antara organ-organ penting di dalamnya, baik organ besar seperti manajemen bisnis beserta cabang-cabangnya, maupun organ kecil seperti internet marketing beserta cabang-cabangnya.

    Alhasil, karena mereka hanya menjalankan organ kecil (yaitu: internet marketing) tanpa organ lainnya, serta menjadikan itu sebagai tujuan, maka sampai kapanpun mereka tidak akan pernah memiliki sebuah bisnis.

    Jadi, siapa saja yang melakukan itu, baik sadar atau tidak sadar, sebetulnya mereka sedang bekerja menjadi tenaga pemasar/sales, BUKAN menjadi pengusaha/pebisnis/owner sebuah bisnis.

    Seorang pengusaha adalah mereka yang mendirikan dan menjalankan bisnis secara benar, yaitu memenuhi seluruh kelengkapan organ besar + kecil beserta cabang-cabangnya. Baik ia melakukannya dengan pemahaman teoritis, maupun tidak sama sekali (yg penting praktek).

    Yang jelas, mereka para pengusaha telah memenuhi kelengakapan tersebut walaupun dalam bentuk dan pola yang sederhana. Sehingga pada akhirnya nanti, mereka akan memiliki sebuah bisnis beserta aset-asetnya, yang akan menghasilkan keuntungan secara berkelanjutan dan jangka panjang.

    Sedangkan tenaga pemasar/sales, inti kegiatan mereka adalah jualan.... jualan.... dan jualan.... Yang penting barang terjual, rekening bertambah. Masalah bisnisnya milik sendiri atau nebeng bisnis orang, mereka tidak peduli, yang penting jualan dan dapur ngepul... selesai!

    Tapi yg namanya sales, pada umumnya nebeng bisnis orang. Mereka mengharapkan bisa ikut menikmati profit dari bisnis orang lain, walaupun nilainya kecil. Beberapa contoh yang umum terjadi, seperti bisnis affiliasi, dropshipping, publishing (seperti google adsense), MLM dan seterusnya.

    Sadarkah kita, bahwa orang2 yang bermain di sektor tersebut, sejatinya mereka sedang menjalankan peran sebagai SALES....???

    Artinya, mereka sedang menjadi pekerja lepas (freelance) bagian pemasar/penjualan untuk perusahaan/pemilik bisnis yang membuka program affiliasi, dropshipping, publishing dan MLM tersebut.

    Bagi mereka yang terjun di sektor tersebut, mungkin sekarang baru sadar, bahwa selama ini mereka bukanlah pengusaha/pebisnis/owner, tapi lebih tepatnya sebagai SALES yang tidak di gaji dan tidak memiliki ikatan apapun dengan perusahaan2 tersebut, baik ikatan dalam organisasi perusahaan maupun hukum.

    Dulu saat pertama kali saya menyadarinya, bagi saya itu adalah kenyataan pahit yang sangat menyedihkan. Saya sendiri baru sadar hal itu ketika saya betul2 frustasi dengan dunia IM dan ingin memutuskan keluar total dari IM.

    Namun, setelah saya sadar dan putar haluan, akhirnya mulailah saya membangun bisnis saya sendiri.

    Pertanyaan terakhir, bagaimana dengan anda saat ini?
     
    Last edited: Feb 1, 2018
    dikfandy, Deatmaja, mexRomeo and 5 others like this.
  2. Andik Setiawan

    Andik Setiawan Newbie

    Joined:
    Jan 23, 2018
    Messages:
    7
    Likes Received:
    0
    Keren sharingnya gan


    Sent from my iPhone using Tapatalk
     
  3. odoy609

    odoy609 Ads.id Fan

    Joined:
    May 29, 2010
    Messages:
    182
    Likes Received:
    7
    hehe... nice..
    mo sales kek mo keles kek nyang penting jangan lupa bahagia om. :D
     
  4. ritaelan123

    ritaelan123 Ads.id Fan

    Joined:
    Apr 4, 2016
    Messages:
    199
    Likes Received:
    14
    Location:
    sumedang
    skrg pertanyaanny bagaimana jd pebisnis bukan sales?gitu kan?
     
  5. dedisuparman

    dedisuparman Super Hero

    Joined:
    Mar 27, 2011
    Messages:
    2,350
    Likes Received:
    280
    Location:
    Indramayu
    Setiap Perjalanan orang berbeda-beda
     
  6. Rootnesia

    Rootnesia Super Hero

    Joined:
    Sep 30, 2016
    Messages:
    3,437
    Likes Received:
    1,118
    Location:
    Wonogiri
    Ditunggu lanjutannya um :)
    Terutama dibagian "cerita awal ngediriin bisnisnya"
     
  7. dadada

    dadada Super Hero

    Joined:
    Dec 10, 2013
    Messages:
    2,514
    Likes Received:
    999
    Kayaknya mereka semua sadar gan, dan sudah merasa nggak salah dalam memilih jalannnya masing2. Menurut ane tiap orang datang dengan passionnya masing2, dan nggak semua orang punya bakat mengurusi sebuah bisnis meskipun dia ahli dalam satu bidang teknis tertentu.

    Semoga kita semua di forum ini segera mendapatkan " hidayah" sehingga bisa segera menjadi juragan kayak om ts,,, amiinnn....
     
  8. hendriprastio

    hendriprastio Super Hero

    Joined:
    Mar 22, 2012
    Messages:
    1,668
    Likes Received:
    239
    Location:
    Ads.id
    Masih tetap sales gan, pernah mengalami kenyataan pahit yg menyedihkan, tetapi belum sampai pada tingkatan betul2 frustasi. . jadinya masih tetap sales..
     
  9. traderman11

    traderman11 Ads.id Fan

    Joined:
    Jun 5, 2011
    Messages:
    231
    Likes Received:
    270
    Location:
    Bandar Lampung
    Membangun bisnis online kita secara real dan jangka panjang adalah SEBUAH KEMAJUAN BESAR.

    Kenyataannya, hampir semua internet marketer berharap / INGIN melakukannya. Hanya saja, sebagian besar mereka tidak tau BAGAIMANA caranya.

    Padahal, CUKUP dengan sedikit sentuhan pada beberapa ASPEK saja, kita sudah mampu membangun bisnis online kita sendiri dengan konsep dan cara-kerja yang sederhana, sebagai langkah awal. Setelah bisnis berhasil berdiri, maka langkah selanjutnya adalah meningkatkan konsep dan cara-kerja yang lebih lengkap lagi, sehingga bisnis semakin maju dan berkembang.

    Thread ini dibuat sebagai materi pembuka sebelum memasuki materi inti tentang BAGAIMANA mendirikan bisnis online milik kita sendiri, yang diharapkan mampu beroperasi jangka panjang, minimal untuk 5 tahun kedepan.

    Semoga bermanfaat. Terimakasih
     
  10. dodoo

    dodoo Super Hero

    Joined:
    May 9, 2010
    Messages:
    1,292
    Likes Received:
    104
    kami tunggu mastah... :) semoga mastah diberi kesehatan dan rejeki melimpah agar dapat share ilmu disini..
     
  11. Langnusa

    Langnusa Super Hero

    Joined:
    Jun 12, 2016
    Messages:
    767
    Likes Received:
    186
    Keren mas, lebih mudah dicerna pola pikir pembahasannya
     
  12. shibawi

    shibawi Ads.id Fan

    Joined:
    Apr 15, 2011
    Messages:
    226
    Likes Received:
    9
    Location:
    jogja
    banyakin yg kayak ginian, biar nggak bosen posting mulu
     
  13. maseman

    maseman Ads.id Pro

    Joined:
    Mar 23, 2017
    Messages:
    382
    Likes Received:
    45
    Location:
    Jawa barat
    Bagi saya kalau belum ketemu jalanya sukses. Itu menjadi sebuah tantangan bagi saya. Tapi saya yakin dengam sungguh - sungguh pasti kita menemukan jalan menuju kesuksesan.[​IMG]

    Sent from my GL-Smooth using Tapatalk
     
  14. iphincow

    iphincow Ads.id Fan

    Joined:
    Oct 1, 2011
    Messages:
    142
    Likes Received:
    3
    Location:
    Solo
    Belajar hal baru yang sebelumnya tidak kita mengerti memang butuh tekad, perjuangan dan komitmen. Jadi lawanlah perasaan malas, bingung, mau menyerah dll.
     
  15. fajarpagi

    fajarpagi Hero

    Joined:
    Nov 10, 2014
    Messages:
    646
    Likes Received:
    32
    Location:
    Jakarta
    ane sendiri udah memasuki tahun ke-5 (full time bisnis online). ane sering amburadul di manajemen bisnis nya. penghasilan berapapun sering habis diluar kebutuhan bisnis. soal profit bulanan sbnrnya udh Mayan banget lah..

    Skr ane lg belajar di manajemen bisnisnya & masuk bisnis baru juga. krna di bisnis lama ane bakal outsource orang aja. secara seluk-beluk udah paham banget.

    ingat mati, lakukan yg terbaik
     
  16. Enjoy2Trip

    Enjoy2Trip Super Hero

    Joined:
    Apr 1, 2015
    Messages:
    871
    Likes Received:
    144
    Biar aja dibilang SALES, yg penting kerja cuma 3-5 jam perhari, hasil berjeti2..

    Bahkan banyak pebisnis REAL di sekitar ane yg ingin belajar jadi SALES...

    [emoji16][emoji16]


    Sent from my iPhone using Tapatalk
     
  17. dhendhie

    dhendhie Newbie

    Joined:
    Feb 21, 2017
    Messages:
    42
    Likes Received:
    1
    Nice sharing gan...
    Bangga jadi SALES, rasanya hidup ini mudah bisa berjualan apapun di internet, gk khawtir kalo sudah punya keahlian ini. So internet marketing dll bagi ane jg bukan tujuan melainkan tools.

    Sent from my Redmi Note 4 using Tapatalk
     
  18. string

    string Newbie

    Joined:
    Mar 2, 2011
    Messages:
    46
    Likes Received:
    7
    Kalau saya sendiri jika gagal terus ganti bisnis lain tapi tetap msh dunia online
     
  19. BasoKuah

    BasoKuah Newbie

    Joined:
    Jul 30, 2016
    Messages:
    10
    Likes Received:
    0
    sbnernya kesalahan utama orang2 menurut saya lebih karena mereka menjadikan bisnis online sebagai sampingan gan. harus mikirnya ini primary business, jgn dijadiin sampingan
     
  20. R. Nanda Yulan Alfian

    R. Nanda Yulan Alfian Hero

    Joined:
    Jan 11, 2017
    Messages:
    725
    Likes Received:
    83
    Terus kalau yang main adsense itu sales.berarti web2 berita besar itu sales kelas perusahaan? :3
     

Share This Page