1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

SURAT TERBUKA untuk Rully Evans Cht yang Merugikan Project Sosial

Discussion in 'Pemrograman Web' started by iwidhy, Aug 22, 2017.

  1. iwidhy

    iwidhy Newbie

    Joined:
    Jul 28, 2015
    Messages:
    10
    Likes Received:
    0
    Kepada yth,

    Bapak Rully Evans Cht/ revans69 / Rully Evan S
    Yang mengatasnamakan dari PT. Xanoco Digital Indonesia
    dan Beralamat di Komp. AL Benda, Jatirasa, Jatiasih /
    Komp. Duta Merlin Harmoni Blok E No.5-6, Jakarta Kota.
    Dengan nomor Handphone: 085330003311

    Foto:
    [​IMG]

    KASUS:

    Perkenalkan, saya Imam (mewakili teman-teman dari Salah satu Pondok Pesantren di Tasikmalaya).
    Saya berdomisili di Bekasi,
    Dengan surat terbuka ini, saya bermaksud untuk memberikan informasi dan meminta pertanggungjawaban dari Rully Evans Cht / Rully Evan S/ revans69 atas KEKECEWAAN dan KETIDAKJELASAN terhadap KINERJA dan KOMITMEN dari Rully Evans Cht(revans69) yang kini tengah menangani project sosial kami, yaitu Aplikasi Mobile Informasi Berita, Kegiatan dan Pembinaan Santri Pesantren.
    Kini sudah memasuki Bulan ke-3 (kontrak sudah habis /tanggal 16Agustus) sejak kami transfer Downpayment sebesar 85% Sama Sekali Rully Evans Cht / Rully Evan S/ revans69 Tidak Memberikan Informasi Progress Pekerjaan,Tidak Konsisten, Komunikasi Buruk dan Memberikan Informasi Palsu.

    KRONOLOGIS:

    Kami ingin membuat project sosial, yaitu Aplikasi Mobile Informasi Berita, Kegiatan dan Pembinaan Santri Pesantren.
    Pada tanggal 15 MEI 2017, Kami memposting project tersebut di situs bernama Projects.co.id, yaitu sebuah situs marketplace tenaga lepas, jasa dan produk digital yang mempertemukan pihak pencari jasa dengan para tenaga lepas (freelancer).


    Hingga pada akhirnya, Rully Evans Cht dengan username revans69, memberikan bid dengan harga 3,500,000 ..
    Awalnya kami curiga, karna harga terlalu murah dibanding dengan para freelancer lain yang saat itu juga menawarkan diri, tapi karena keterbatasan dana dan adanya kesanggupan Rully Evans Cht mengerjakan project kami, akhirnya kami memutuskan untuk memilih Rully Evans Cht / Revans69 sebagai tenaga ahli yang kami percaya mengerjakan proyek sosial kami.

    Awalnya komunikasi berjalan dengan baik via whatsapp, bahkan dalam chat tersebut RULLY EVANS Cht terlihat sangat friendly (suatu kondisi wajar dimana seseorang menginginkan sebuah feedback yang baik). Mulai dari rencana ketemuan untuk membahas brief, harga, hingga KOMITMEN mengenai detail teknis pengerjaannya.

    Berikut point kesepakatan kami:

    1) Aplikasi dibuat secara manual (coding), bukan pake app maker dan sejenisnya
    2) Bersedia memberikan laporan progress /2minggu
    3) Pelunasan dibayarkan saat project selesai tanpa revisi
    4) Pak Revans menyatakan dari PT. Xanoco Digital dan menyatakan bahwa aplikasi yang berada
    di akun playstoer Xanoco Gani merupakan portofolionya.
    5) Bersedia melakukan komunikasi secara intens terkait progress
    6) Pak Rully Evans meminta untuk deal dilakuakan di luar projects.co.id


    Setelah kesepakatan itu terjadi, saya meminta untuk bertemu dengan beliau untuk mendeliver brief flow aplikasi yang kami inginkan, karna untuk mengerti alur tersebut mesti dengan tatap muka, karna alurnya cukup rumit jika hanya memahami melalui powerpoint.

    Beliau menyanggupi untuk bertemu, tapi sayangnya karna kami sama-sama memiliki keterbatasan waktu, akhirnya kami sama sekali tidak bisa bertemu. Walaupun awalnya dia menyanggupi dan menawarkan untuk bertemu di tempat saya tinggal (tawaran yang saya rasa wajar, memang harusnya begitu, namanya orang mau menjemput project, pasti kita sebagai client selalu dilayanin dan mendapat respon yang cepat dan baik).

    TAPI NYATANYA, setelah saya melakukan pembayaran DP dan sampai surat ini dibuat, sama sekali TIDAK ADA IKTIKAD BAIK dari RULLY EVANS / REVANS untuk menghubungi saya maupun ajakan untuk bertemu membahas progress pekerjaan aplikasi. Cara komunikasinya berubah 180 derajat ketika DP sudah saya transfer ke Rekening CIMB Niaga: 703374327700 an. Rully Evan S (lihat sendiri nanti chatnya). Dari yang mulai pake emot-emot yang terlihat asik, respon cepat, sampai akhirnya hanya membalas chat seperlunya seperti orang yang yang memakai HP Esia hidayah, singkat dan tidak memberikan informasi yang jelas. Kalaupun Rully Evans Cht Sibuk dengan alasan menangani client lain, apakah saya sebagai clientnya tidak mendapatkan pelayanan yang sama?



    Berikut chat awal kami:
    [​IMG]
    [​IMG]



    Setelah tidak ada titik temu untuk melakukan pertemuan, dan Rully Evans Cht / revans69 merasa sangat mengerti dengan alur programnya, akhirnya saya putuskan untuk langsung membuat kontrak by email. Dari mulai penandatanganan kontrak hingga pembayaran DP, berikut bukti chatnya:



    [​IMG]
    [​IMG][​IMG]




    Lalu pada tanggal 21 Juni 2017, saya menanyakan progressnya (sebuah pertanyaan yang saya pikir sangat lumrah dari seorang client), Namun sayangnya respon yang saya terima dari Rully Evans Cht / Revans69 sangat TIDAK MEMUASKAN.
    Dan chat saya mulai diabaikan dari tanggal 4 - 23 Juli 2017 (selama hampir 20hari tidak mendapat respon, padahal disisi lain, teman-teman saya juga menanyakan progress pekerjaanya kepada saya).. Bayangkan bila itu terjadi pada diri anda yang menjadi client Rully Evans Cht.



    Berikut Bukti Chatnya:

    [​IMG]
    [​IMG]





    Dan tiba-tiba, pada tgl 24 Juli, Rully Evans Cht / Revans69 mulai merespon chat saya, isinya sebuah permintaan, PERMINTAAN YANG ANEH DAN TIDAK MASUK DIAKAL.
    Tiba-tiba Rully Evan S, Meminta saya membayar atau melunasi pekerjaannya. Padahal, saya pun belum menerima gambaran pekerjaan maupun hasil pekerjaan yang dia kerjakan, jelas ini bertentangan dengan kontrak yang sudah dibuat. Semakin aneh lagi, Rully Evan mengancam akan menunda pekerjaannya kalau saya tidak melunasi project tersebut, Katanya, pelunasan tersebut untuk "Perbaikan"... Perbaikan apa? Saya saja belum tau apa yang dikerjakannya.
    Sekarang, saya tanya kepada para pembaca, Bila anda berada di posisi saya? Maukah anda melunasi pekerjaan yang belum sama sekali anda lihat progressnya? (silahkan jawab didalam hati)




    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]




    Dari permintaannya untuk melunasi sebelum dia mengirim hasil progressnya, saya berusaha cari solusi untuk mengatasi kekhawatiran saya, dari mulai saya minta dikirimkan dokumen kontrak asli hingga menggunakan rekber, tapi beliau selalu berkelit dengan alasan sibuk. Padahal tujuanya adalah sama-sama mengindari resiko, baik di saya, maupun di dia. Hingga akhirnya kita deal kalau dia kirim fc ktp dan dokumen kontrak ke tempat saya, maka saya bisa trf. Tapi nyatanya, hanya dokumen saja yang dikirim, tidak ada KTP, tentu itu sudah tidak sesuai kesepakatan.


    Sampai akhirnya saya menelusuri SIAPA RULLY EVAN S ini? Ternyata dia adalah:
     
    Last edited: Aug 27, 2017
  2. iwidhy

    iwidhy Newbie

    Joined:
    Jul 28, 2015
    Messages:
    10
    Likes Received:
    0
    Sampai akhirnya saya menelusuri SIAPA RULLY EVAN S ini? Ternyata RULLY EVANS Cht / REVANS69 BUKAN BAGIAN dari PT. Xanoco Digital Indonesia, Portofolio yang ditunjukan juga bukan buatan RULLY EVAN S. (Data Ini Valid, Karna saya langsung menanyakan ke Founder PT. Xanoco Digital Indonesia langsung, lihat chatnya dibawah), Rully Evans Seorang Hipnotherapy Certified makannya ada nama Cht dibelakanngnya, Rully Evans Juga jadi Marketing Jual Beli property, Emas, Kapal Tongkang maupun Pom Bensin (pernah saya lihat dari WA Story dan Beranda Line)... Apalah arti 500rb bagi dia jika bisnisnya saja begitu? Berbeda dengan kami yang 500rb itu sangat berharga karena dana sosial.



    Berikut bukti percakapan saya dengan pemilik PT. XANACO DIGITAL INDONESIA / http://xanoco.com/
    [​IMG][​IMG][​IMG][​IMG]




    Dengan segala pertimbangan akan resiko, Akhirnya saya putuskan dengan tegas untuk Tidak Melanjutkan Kerjasama kepada Rully Evans Cht / Revans69. Kekhawatiran kami adalah,

    1) Jika uang dilunasi sebelum aplikasi selesai: ada kemungkinan aplikasi memang belum dikerjakan, dan Kalaupun sudah dikerjakan kedepannya komunikasi dan revisi akan sangat sulit (ujung-ujungnya akan diabaikan karena alasannya sibuk dll).
    2) Rully Evans mengoper project ini kepada pihak lain
    3) Berkaca dari komunikasi sebelumnya, kepercayaan kami sudah hilang terlebih dahulu.



    [​IMG]



    Diakhir percakapan, RULLY EVANS meminta nomor rekening saya, YAITU sebuah harapan kami bisa menerima uang kami kembali dan mempercayakannya kepada orang lain yang dapat membantu kami secara proffesional, TAPI NYATANYA, sudah lebih dari seminggu tidak ada respon dari Rulky Evans, bahkan whatsapp saya di block.

    Maka dari itu, KAMI SEBAGAI ALUMNI DAN PARA SANTRI meminta tolong dengan sangat kepada RULLY EVANS Cht / REVANS69untuk merespon surat terbuka ini sebagai tanda adanya IKTIKAD BAIK terhadap clientnya. Dan sadar bahwa uang yang kini diamanahkan kepada anda belum menjadi hak anda sepenuhnya. Ingat, ini adalah project sosial dimana ada ratusan bahkan ribuan umat yang akan terbantu dengan adanya aplikasi ini,

    Dengan bisnisnya yang besar, seorang Rully Evans tentu tidak ingin namanya buruk hanya perkara uang 3juta. Saya yakin Rully Evans adalah figur yang baik di mata keluarganya, menjadi ayah yang baik bagi tiga orang anaknya.
    TAPI Jika niat baik ini disalahgunakan ataupun dianggap remeh, maka Kami Sebagai Alumni dan Santri MENDOAKAN RULLY EVANS Cht / RULLY EVAN S / REVANS beserta keluarga diberikan kesehatan yang sempurna dan Lekas disadarkan oleh kejadian-kejadian yang mampu membuat Rully Evans Cht / Revans Cht SEGERA Bertanggung Jawab atas tindakannya selama ini.

    Tentu dari surat ini, saya berharap teman-teman yang ingin melakukan transaksi ataupun yang sifatnya kerjasama kepada Rully Evans Cht, maka ada baiknya LEBIH BER HATI-HATI dengan RULLY EVAN S / RULLY EVANS / REVANS69.

    Bila sampai tanggal 1 September 2017 tidak ada iktikad baik dari Rully Evans Cht, maka Rully Evans Cht/ Revans69 mengizinkan saya untuk memanggilnya dengan sebutan Rully Evans Cht PENIPU.

    Bila disini ada teman-teman yang mengenalnya, silahkan dibantu untuk meneruskan surat terbuka ini kepadanya.

    Terimakasih.
     
  3. antoterong

    antoterong Super Hero

    Joined:
    May 23, 2012
    Messages:
    893
    Likes Received:
    93
    Dimasukkan ke subforum chit chat aja gan biar lebih banyak respon, subforum pemrograman agak sepi.

    Edit:
    Itu klo saya baca-baca dapat bid dari Freelancer? Dilaporkan juga gan di sana, biar dia di blok di sana.
     
  4. kiyaiganteng

    kiyaiganteng ░░▒▓ ✯✯✯✯✯ ▓▒░░

    Joined:
    Jan 2, 2015
    Messages:
    1,829
    Likes Received:
    162
    Location:
    palembang
    Wah besar dosa tu orang, untuk program sosial pesantren lg, bahaya bgt tega ya dia.

    Sbenarnya poin kesalahan ada di bpk knapa di transfer sedangkan portofolio serta identitas belum jelas, khususnya dpt job dr freelance dan dia ngajak transaksi diluar itu, dsini aja harusnya udh curiga. Tp ya namanya musibah kt gak bisa hindari,,

    Saya bantu doa pak semoga ada rejeki lain dan dia bisa disadarkan dengan apa yg sdh dilakukan.
     
  5. kuncah

    kuncah Ads.id Pro

    Joined:
    Aug 31, 2011
    Messages:
    435
    Likes Received:
    16
    Location:
    Yogyakarta - Batam
    semoga tuh orang tobat nipu deh.

    cuma mau ngasih masukannya aja pak. saya selama ngerjain project via freelance, tntunya harus tatap muka sama client. dan selain itu, bisa saja bermain curang yang ngerjainnya.

    kecuali, di bidang design tok. yang bisa langsung dikasih ke client tnpa tatap muka.

    Sent from my A37f using Tapatalk
     
  6. slametpurwanto

    slametpurwanto Ads.id Pro

    Joined:
    Jul 5, 2011
    Messages:
    468
    Likes Received:
    72
    Location:
    www.slametpurwanto.com
    Moga lekas kelar masalahnya.

    Sent from my Infinix X510 using Tapatalk
     
  7. Sky_Walker

    Sky_Walker Ads.id Pro

    Joined:
    Jan 18, 2016
    Messages:
    281
    Likes Received:
    23
    Location:
    City of Heros
    Semoga cepat selesai gan masalahnya
     
  8. aladiw

    aladiw Ads.id Pro

    Joined:
    Nov 25, 2010
    Messages:
    275
    Likes Received:
    12
    Location:
    Jakarta
    Semoga diberikan ketabahan dan kesabaran pak..dan yang telah hilang digantikan yang lebih baik dari Allah..Aamiin..

    Sent from my iris 870 using Tapatalk
     
  9. teazos

    teazos Ads.id Pro

    Joined:
    Oct 11, 2015
    Messages:
    396
    Likes Received:
    30
    Astaghfirullah...!!!
    Ayo kita doakan rame rame biar si revans69 mendapat hidayah atau azab yg setimpal...
    Yg bisa/jago coding apps mungkin bisa membantu menyelesaikan project sosial tsb dengan sukarela..
     
  10. hardinalz

    hardinalz Super Hero

    Joined:
    Mar 8, 2010
    Messages:
    2,395
    Likes Received:
    1,420
    Location:
    /var/www/html
    Mudah2an sebagai pelajaran kita semua, untuk stick pada SOP (payment via projects.co.id).
    Kang TS mudah2an dana yang sdh disalurkan bisa diganti berkali2 lipat.
     
  11. dedisuparman

    dedisuparman Super Hero

    Joined:
    Mar 27, 2011
    Messages:
    2,350
    Likes Received:
    280
    Location:
    Indramayu
    Transaksi di luar sistem, fix banyak penipuan kalau di luar sistem. coba di laporin banknya itu atau bisa di lacak di bank kalau alamat dia palsu.
     
  12. bunganajwacom

    bunganajwacom Super Hero

    Joined:
    May 17, 2013
    Messages:
    1,002
    Likes Received:
    253
    Location:
    PT. ALHIDA CYBER INSIDE
    Uang pesantren aj dimakan amit2 [emoji51][emoji51][emoji51] sabar kang, tapi saya saranin terus selidiki apabila ada unsur penipuan.

    Sent from my 2014811 using Tapatalk
     
  13. nuryat

    nuryat Ads.id Fan

    Joined:
    Oct 25, 2009
    Messages:
    248
    Likes Received:
    24
    Laporkan yg berwajib aja Gan, cuma ya itulah bahayanya kalo bertransaksi di luar platform (dalam hal ini projects.co.id) , riskan penipuan.
     
  14. Si Git

    Si Git tokobajukita.com

    Joined:
    Oct 3, 2012
    Messages:
    2,933
    Likes Received:
    128
    Location:
    Bandung
    semoga cpet kelar urusannya...
     
  15. bayunur

    bayunur Banned

    Joined:
    Oct 24, 2015
    Messages:
    354
    Likes Received:
    26
    semoga lekas kelar problemnya
     
  16. dadada

    dadada Super Hero

    Joined:
    Dec 10, 2013
    Messages:
    2,514
    Likes Received:
    999
    Rupanya modusnya nyari nama orang lain yg sama dengannya dari perushaan yg kompeten supaya orang bisa yakin... Memang udah ada niatan nipu sejak awal, polisiin aja biar tercyduk

    Ini pelajaran berharga supaya nggak mudah percaya sama orang walaupun mengaku dari perusahaan bonafid, masih perlu cek ricek..

    Semoga TS mendapatkan ganti yg lebih baik dan pelaku mendapatkan balasan atas perbuataannya menggelapkan dana sosial....
     
  17. andipujianto

    andipujianto Ads.id Pro

    Joined:
    Dec 8, 2013
    Messages:
    481
    Likes Received:
    28
    Location:
    Republik Indonesia
    Semoga dapat solusi yg terbaik
     
  18. siijo

    siijo Super Hero

    Joined:
    Apr 8, 2013
    Messages:
    1,141
    Likes Received:
    162
    Location:
    Jogja - Purworejo
    Sudah bnyak temen2 yg memberi respon.. Memang seharus'a pmbyaran dilakukan di system _projects.co.id itu lebih aman dan nyaman...

    Saran tmbahan, mungkin bisa ditelusuri lbh lanjut rekening'a, di blok atau langsung ke pihak berwajib..

    Semoga cepet selesai masalah'a mas :)

    Sent from my INFINIX-X551 using Tapatalk
     
  19. hayatokurokawa

    hayatokurokawa Ads.id Pro

    Joined:
    Jun 3, 2011
    Messages:
    447
    Likes Received:
    67
    Location:
    Jakarta
    Setahu saya, klo mau beli program tuh harganya mahal. untuk buat program ecek2 untuk skripsi IT saja paling murah 5 juta. dan itu wajib disertai diagram2nya, alur data dsb. ngak bisa main kasi program jadi. Harus ada testing blackbox whitebox nya. Prototypenya juga harus ada.

    3,5 juta sepertinya program ntar dibuat asal jadi, program cocoklogi. Program yang sudah ada (program orang lain) diubah2 agar pas dengan aplikasi yang ts inginkan. Jadi bukan dibuat dari awal. kayak aplikasi sewa dvd dibuat jadi aplikasi sewa buku.
     
  20. Rootnesia

    Rootnesia Super Hero

    Joined:
    Sep 30, 2016
    Messages:
    3,433
    Likes Received:
    1,117
    Location:
    Wonogiri
    Dr chatnya aja banyak yg janggal sebetulnya:

    1. Deal-nya minta di luar projects.
    2. Client cm minta android apps (dan akun google developernya jg udh ada), tp dianya malah ujuk2 masukin biaya regist apple dev. Buat apa jal? Dia mau ngasih bonus ios apps jg?
    3. Ditanya buildnya pake? Jawabane malah singkat jelas padat gak berisi... "Coding". Baca chat yg ini aja saya udh gak yakin dia paham sm apa yg mau dia bikin mas... Apalagi klo di cocokin sm biaya regist apple dev yg dia bebankan td, asumsi kita dia jg bkn apps ios kan brarti... Klo sampean tanya dia paham objective c atau gak pun saya ragu dia bakal jawab chatnya... Misalpun dia pake xamarin yg bsa multiplatform... Normalnya kayanya gak bakal ada yg mau ngerjain dgn budget 3.5jt mas
    4. Bahkan dummy aja dia nanya apaan?
    5. Dan itu pentingnya apa coba tabel excel schedule yg dia kirim?
    6. No. Invoice beda antara kwitansi ama yg sebelumnya
    7. Sesibuk2nya tuh org. Even yg bukan muslim pun pasti bakal jawab: iya mas sama2, minal aidzin wal faidzin jg... Klo denger ada org ngucapin minal aidzin ke kita. Ini kok malah terus aja maksa transfer...
    8. Dan ternyata setelah di telusuri dia hipnoterapis ya? Makin janggal dan makin cocok sm chatnya yg seolah mau nggiring kita ke semua kata2nya dia....

    Semoga msh dikasih waktu utk tobat ama Yang Maha Kuasa deh tuh org... Dan utk TS, klo sampe 1 sept gak ada respons jg mending bawa ke jalur hukum aja... Min. Supaya gak ada org lain yg kena tipu sm dia

    Maaf jd kepanjangan reply komennya... Gregetan abisan ama nih org
     

Share This Page