1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

(Minta saran & kritik) Startup payment processor, beli sekarang bayar belakangan.

Discussion in 'Bisnis Umum' started by fric dev., Jun 7, 2016.

  1. marketer

    marketer Ads.id Pro

    Joined:
    May 22, 2013
    Messages:
    480
    Likes Received:
    64
    merchant = seller
    konsumen = buyer
    payment processor = alat pembayaran seperti paypal, kartu kredit dll
    di Indonesia payment processor mesti lewat BI atau OJK..UU yang mengatur itu
    payment processor tanpa lewat BI atau OJK..ya kayak bitcoin yg gak diaku BI
    gitu ya
    paypal, bitcoin juga tidak diaku di mall online raksasa di Indonesia..hanya jalur gelap di forum forum atau langsung jual beli (transaksi international)
    silahkan aja gan..jalan terus...siapa tau ada investor yang adopt ide agan..kayaq gojek itu juga dapet angel investor kan
    kalo ane yg punya duit sih..belum tertarik..bagus ane bukan konglomerat gan :lol:
     
  2. Jyu Viole Grace

    Jyu Viole Grace Ads.id Fan

    Joined:
    Apr 2, 2014
    Messages:
    199
    Likes Received:
    72
    Location:
    Floor of Test
    kalo di indonesia sih konsepnya masih baru gan, cuma sistemnya aja yang mirip mirip kartu kredit ....
    sebelum menjudge ane ada beberapa pertanyaan ..
    1. Bisa jelasin agan dapet untungnya dari mana? ane lihat dipage 2 kok gak ada bunga dan sistem non riba? apa cuma dari denda ? fee merchant?
    2. Melihat ini dananya ditalangin duluan emang gimana syarat daftar jadi pemakai (pembeli) di sudahtransfer.com ini ?
    3. Gimana kalo ada pembeli yang gak bayar setelah jatuh tempo?
     
  3. fric dev.

    fric dev. Ads.id Pro

    Joined:
    Jun 13, 2010
    Messages:
    435
    Likes Received:
    128
    Location:
    Amsterdam
    makasih bgt gan soal masukannya, iya sy emang pastinya masih mesti harus memperdalam soal aturan dan undang2nya terutama mengenai aturan BI dan OJK seperti yang agan saranin.

    halo gan, makasih atas feedback en pertanyaannya, lgsung sy jawab aja.
    1. Iya gan untungnya disamping dari fee merchant (4% + rp.4000) per stiap transaksi, juga dari denda administrasi yang dibebankan ke konsumen jika telat membayar. Saya masih gali lagi lebih dalam revenue streamnya biar bisa lebih banyak pompa revenuenya. Misalnya dengan mengenakan biaya pendaftaran bagi agen yang mo daftar jadi agen kita, (mereka ntarnya dapet komisi klo ada pembayaran melalui mereka) seperti konsep tiki/jne yang buka agen di toko2 kelontong.

    2. Ngga langsung di talangin duluan gan, tetep diawal ngeharepin pembayaran dari konsumen dulu. Merchant yang join juga mesti ikut aturan kita dulu yaitu dengan menunggu pembayaran dari konsumen, atau sampe paling lama 12 hari. Jadi kita ga perlu langsung talangin dananya klo sblum jatuh tempo, kebayang klo ada 5000 transaksi senilai 50rb aja sehari klo mesti talangin sendiri. Mesti kita siap dana berapa, Itu ga akan sanggup pastinya.
    Soal syarat daftar jadi pembeli dan antisipasi fraud salah satunya adalah:
    A. Syarat utama user adalah memiliki email dan alamat yang tepat.
    B. Soal pembelian nantinya bakal ada sistem leveling,. dimana pembeli/user baru cm bisa membeli barang senilai misalnya 50rb di level 1, dan setelah ada misalnya 10-15 transaksi yang sukses sebelumnya, dia naik jadi ke level 2, dengan limit pembelian yang naik juga misalnya jadi 100rb dst. disini kita bisa antisipasi bahwa si user A klo udah pesan barang sesuai max limit, tp belum bayar balik, ga akan bisa pesan lagi. Kita bisa deteksi dari alamat dan email dari point A.

    C. Alamat pembeli = alamat penerima. Jadi pembeli ga bisa kirim barang ke alamat yang bukan alamat dia. Ini akan mempermudah untuk nantinya sistem penagihan pembayaran.

    D. Penerima = pembeli. Jadi siapapun yang menerima barang, akan menjadi pihak tertagih. Klo agan ga merasa pesan suatu, mesti lapor, klo agan ternyata terima/buka paketnya, berarti agan juga yang akan menanggung pembayarannya.

    E. Label verifikasi di setiap transaksi. Untuk mensupport point C diatas. Jadi ntarnya stiap merchant wajib menyelipkan, label atau struk, bahwa jika penerima tidak merasa memesan, harap lapor, jika tidak ingin menanggung pembayarannya.

    F. Digital information dan physical identity recording, misalnya kita data mulai dari email user, ip address, alamat, foto kopi KTP/sim dll, untuk memudahkan dalam track and trace transaksi sbelum2nya dan juga meminimalisir kesempatan fraud.
    User bakal mikir bolak balik dulu sebelum ada rencana melakukan fraud. Walaupun gmn pun juga celah buat fraud itu pasti ada, cuma gmn aja cara kita bikin celah itu agak ribet buat mereka agar mereka mikirnya ngga worth it dilakukan.

    dan kesananya masih banyak lagi gan, yang ga bisa sy share disini, alias ane masih harus sisain sisa peluru ane buat investor ntar.:D

    3. Klo pembeli ga membayar setelah jatuh tempo, ga apa2, justru main revenue kita disana, kita kenakan denda administrasi yang akan terus meningkat setiap minggu dan bulannya. kalo tetep ga membayar, kita masukan tipe user tersebut menjadi fraudster/penipu yang pastinya akan ada upaya2 selanjutnya. ini masuk kebahasan selanjutnya mengenai how to act against fraudsters.

    sekali lagi makasih atas pertanyaannya, bagusnya syshare disini, pikiran sy jadi lebih terbuka, en bisa untuk sambil buat ngasah otak en latihan buat pitch ntar. :D
     
  4. Jyu Viole Grace

    Jyu Viole Grace Ads.id Fan

    Joined:
    Apr 2, 2014
    Messages:
    199
    Likes Received:
    72
    Location:
    Floor of Test
    halo gan, makasih atas feedback en pertanyaannya, lgsung sy jawab aja.
    1. Iya gan untungnya disamping dari fee merchant (4% + rp.4000) per stiap transaksi, juga dari denda administrasi yang dibebankan ke konsumen jika telat membayar. Saya masih gali lagi lebih dalam revenue streamnya biar bisa lebih banyak pompa revenuenya. Misalnya dengan mengenakan biaya pendaftaran bagi agen yang mo daftar jadi agen kita, (mereka ntarnya dapet komisi klo ada pembayaran melalui mereka) seperti konsep tiki/jne yang buka agen di toko2 kelontong.

    iya gan, kalo cuma dari itu aja tetep investor akan lebih mikir2 buat nanem modal ..
    Saya juga belum melihat nilai lebih dari startup agan ini .. Apalagi ini membebankan fee merchant yang lumayan menurut saya . Sebagai pemilik web e-commerce sekala menengah kebawah, saya mending kasih opsi pembayaran melalui tokopedia/bukalapak yang semua orang sudah paham betul tingkat keamanan dan kemudahan nya. Bahkan tokopedia bisa bayar lewat indomart dengan fee 2500 saja. Dan sebagai pemilik web e-commerce besar sepertinya lebih baik handle sendiri dengan menambah sdm.


    2. Ngga langsung di talangin duluan gan, tetep diawal ngeharepin pembayaran dari konsumen dulu. Merchant yang join juga mesti ikut aturan kita dulu yaitu dengan menunggu pembayaran dari konsumen, atau sampe paling lama 12 hari. Jadi kita ga perlu langsung talangin dananya klo sblum jatuh tempo, kebayang klo ada 5000 transaksi senilai 50rb aja sehari klo mesti talangin sendiri. Mesti kita siap dana berapa, Itu ga akan sanggup pastinya.


    berarti saya salah tangkep soal post dibelakang yang saya kira bakal ditalangin dulu.
    terus terang gan, sistem yang terlalu ribet (limit dan level) sangat tidak cocok buat tipikal orang indo kebanyakan , agan bisa survey/buat quisioner online untuk memastikan hal ini , dan dari yang saya tangkep sistem agan malah memandulkan peran para dropshiper yang notabene juga ujung tombak penjualan.
     
  5. fric dev.

    fric dev. Ads.id Pro

    Joined:
    Jun 13, 2010
    Messages:
    435
    Likes Received:
    128
    Location:
    Amsterdam
    makasih atas masukannya gan. seperti yang sy mungkin udah bahas sebelumnya, targer pasar merchant sy ini bakal cukup spesifik, walaupun masih bisa cukup luas.

    1. saya rasa agan membayangkannya dari sisi perseorangan penjual di marketplace yang saya rasa agan memang bukan target konsumen (merchant) saya.
    2. Ini juga sama, sy ngga akan mentargetkan merchant yang memiliki sistem dropshipping karena pastinya, seperti kata agan bakal ribet urusannya karena terlalu banyak pihak terkait. En soal limit/level itu hanya untuk konsumen gan bukan merchant. Ini untuk alasan keamanan dan finance saya.

    intinya kedua tipe merchant diatas (dropshipper & penjual lapak marketplace) belum menjadi pasar yang sy mo coba tawarin sebagai merchant dalam waktu dekat ini, melainkan lebih ke pengusaha web ecommerce perseorangan, (butik, travel agent, clothing, toko buku, toko elektronik, toko akssesoris, dll.) karena secara resiko akan terlalu besar buat saya jika bekerja sama dengan merchant seperti dropshipper & penjual lapak marketplace, yang masih banyak blum jelas status badan usaha, lokasi usaha dan posisi hukumnya. Klopun bisa itu pun mesti ada kerja sama langsung dari si marketplacenya. Yg pastinya prosedurnya akan berbeda dengan standarnya.

    Setelah sy dapet masukan kiri kanan, sy smakin sadar bahwa metode ini perlu pondasi legal dan hukum yang kuat agar bisa berjalan lancar. Sistem credit provider mesti kita pelajari lebih dalam lagi. urusan teknis & administrasinya justru ga begitu menemui banyak masalah berarti. Soal rate fee dsb. itu bagian finance dan marketing ntarnya masih bisa di sesuaikan, agar tetap menarik dan tetep untung.

    Makasih skali lagi buat feedbacknya gan.

     
  6. Guruhss

    Guruhss Super Hero

    Joined:
    Oct 3, 2014
    Messages:
    753
    Likes Received:
    20
    ane pikir idenya terlalu unik dan "mungkin" kurang bisa diterima orang
    sekarang jamannya rekber gan

    klo kaya gini pasti perlu verifikasi ktp npwp dsb ya, apa ga ribet
     
  7. 4roka

    4roka Super Hero

    Joined:
    Mar 9, 2012
    Messages:
    1,110
    Likes Received:
    49
    Location:
    demak
    "- konsumen lakukan pembayaran dengan SudahTransfer dalam itungan detik akan terverifikasi "

    ini yang ane bingung case 1 dan 2
    ada di list ke dua
    itu maksudnya gmn ?
     
  8. fric dev.

    fric dev. Ads.id Pro

    Joined:
    Jun 13, 2010
    Messages:
    435
    Likes Received:
    128
    Location:
    Amsterdam
    sistem rekber mnurut saya udah cukup bagus, cuma saya masih liat ada celah yang bisa saya optimasi lagi di metode saya ini.
    saya inginya bikin metode yang lebih nyaman en aman lagi buat konsumen.

    perbedaan signifikan rekber dengan metode sy adalah:
    - konsumen mesti punya rekening bank/ebanking. metode ini ga usah. bisa bayar tunai nantinya.
    - konsumen mesti tetep keluarin uang pembayarannya sebelum membeli. metode ini ga usah, bisa membeli walaupun belum membayar.
    - merchant mesti tetep tunggu uang dari si konsumen masuk ke rekber sebelum memproses pesananya yang kadang uangnya baru masuk ke rekber bisa makan waktu berjam2 atau hari2 (tergantung bank atau jam2 tertentu). metode sy ini ga usah, jika konsumen telah sukses terverifikasi, berarti artiannya si konsumen "sudah transfer" so merchant bisa langsung kirim barang bahkan semenit setelah menerima pesanan.

    dan mungkin agan bisa bantu cari perbedaanya lagi.:)

    Saya masih mencari alasan atau kerugian kenapa konsumen dan merchant ga mau menggunakan metode ini.

    mungkin step jelasnya bisa di cek di webnya gan. hxxp://sudahtransfer.com/how-it-works/
    intinya kan konsepnya pascabayar, jadi klo pesanan udah masuk ke si merchant menggunakan metode ini, artinya adalah konsumen "sudah transfer". Ntar urusan pembayarannya belakangan, yang penting barang sampe dl.
    Verifikasi yang dimaksud adalah, pengecekan bahwa konsumen telah memenuhi persyaratan untuk melakukan pembayaran menggunakan metode kita apa tidak, salah satunya bahwa email dan alamat pengiriman sudah tepat dan sesuai dengan apa yang di isi di form pemesanan si merchant. karena itu ntarnya jadi acuan, dan persyaratan untuk mengantisipasi fraud agar pemesanan bisa terverifikasi dan dilanjutkan ke merchant.

    makasih gan buat pertanyaanya.
     
  9. marketer

    marketer Ads.id Pro

    Joined:
    May 22, 2013
    Messages:
    480
    Likes Received:
    64
    kalo tetep gak bayar gimana caranya?
    kalo cc kan tinggal lempar ke debt collector
    ini? lempar ke debt collector?
    mau debt colectornya ngejar? misal transaksi recehan..misal 50ribu yg berbunga bunga? pembagian hasil dengan debt collectornya gmana?
    debt collector itu ada uang operasional..kalo ngejar cuman 100 ribu misalnya..ya gak nutup uang operasionalnya donk
    kalo bank penerbit cc dari awal yg bisa punya cc hanya karyawan dengan slip gaji atau pengusaha dengan NPWP/SIUP atau profesional dengan surat ijin praktek (dokter misal) atau pemilik dana yang bersedia dananya di lock (tidak bisa diambil)
    kalo ini...hanya modal ktp bisa apply..ktp scan kan ya..bisa edit photoshop buat yang jago olah digital hehe..
    o ya karena hanya kelas 50ribuan.dan nanti jika ia naik kelas...limit nya tinggi..baru ia ‘ngemplang’ gmana caranya..bukankah malah bahaya?
    mall online besar bisa tuh yang pesan A yg terima B dan alamatnya jelas berbeda..banyak juga kan orang pesan, buat hadiah pacarnya, anaknya (misal lagi kost), temannya dll
    ane lihat penjelasan agan diatas..berarti ini tidak bisa (terbatas) hanya bisa pesan sendiri sendiri saja..tidak bisa sebagai gift/hadiah


    merchant gak mau karena gak tau agan itu siapa..kecuali agan sebesar toped/BL..itu mereka percaya
    ini siapa ? siapa dibaliknya? tidak diketahui (just unknown/ no body)
    kalo dia (baca: agan) ngemplang/tidak bayar, gw (baca: merchant) rugi donk
    itu pasti ada di otak merchant
     
  10. fric dev.

    fric dev. Ads.id Pro

    Joined:
    Jun 13, 2010
    Messages:
    435
    Likes Received:
    128
    Location:
    Amsterdam
    1. yang ini kayanya udah sy jelasin di halaman sblumnya gan. kita bakal punya team debt collecting sendiri dengan aktifitas yang berbeda dengan debt collector dari bank2 atau credit provider. so kita ngga ada lempar ke debt collector pihak ke 3, karena ya emang bener kata agan, ga akan ketutup operasionalnya. karena kita fokusnya di mikro payment aja. (50ribu-2jutaan)

    2. klo pun konsumen ngemplang pas di level teratas misalnya level 5 yang udah bisa belanja sampe 2 juta,. kita mesti udah untung sebelumnya dari transaksi2 dia sebelumnya yang pastinya udah berjumlah puluhan bahkan ratusan, jadi kerugian bisa ke cover dari keuntungan sebelumnya. en mnurut sy konyol aja klo udah reputasi bagus yang dibangun bulanan atau tahunan masih mau fraud, ngebelain nama jelek dan bermasalah ntarnya cm gara2 duit 2 juta. Sy udah siapin action2 apa aja yg akan dilakukan bagi user yang fraud, biar mereka akan mikir bolak balik dulu sebelum melakukan, en dibikin gmn caranya biar terasa ga worth it klo mnurut orang yang berakal.

    3. betul gan metode ini ngga bisa pesan untuk orang lain, ini untuk alasan keamanan dimana agar pembayaran juga ngga bisa di oper2.

    4. betul pastinya kita ga asal launch tanpa pondasi en modal yang kuat. Kita pastinya bakal adain brand marketing en sosialisasi dulu buat merchant, en kita bakal mulai dari merchant2 yang deket2 dl yng percaya ma kita secara personal. En merchant juga punya kebebasan jika mau membatasai atau disable metode kita dari webshopnya. Ini mungkin lebih ke alasan keraguan/ketidak percayaan yang masih kita bisa cari solusinya, tapi bukan soal kerugian. Karena kita bakal garansi 100% atas pembayarannya.

    makasih byk gan atas waktuny

     
  11. marketer

    marketer Ads.id Pro

    Joined:
    May 22, 2013
    Messages:
    480
    Likes Received:
    64
    ini kan gak orang 1 yang fraud gan
    jika ada 100 orang fraud level terendah..dengan berbagai alamat
    yakin debt collector agan mau bergerak?
    50ribu per orang (ini tentunya diluar bunga) utk 100 alamat..operasionalnya nutup?
    ya kalo 100..kalo 1000?
    sedikit kelemahan agan..ini gak bisa buat hadiah/gift..karena hanya bisa utk orang yang sama /1 alamat
    kelebihan kartu kredit di toko online raksasa juga agan kurang bisa imbangi deh
    anggep calon customer mau beli hp 2 jutaan..spek menengah.anggap spek yang diincer : RAM 2 giga..harga 2 juta kebawah..itu banyak kan yang mau..seperti supir UBER dll..
    dengan kartu kredit cicilan 0% setahun/12 bulan..cicilannnya sangat ramah dikantong (gak sampe 200 ribu sebulan)
    start up agan bisa compete dengan tawaran seperti ini ?
    moga dapet investor..gitu aja dari ane
     
  12. blethu

    blethu Hero

    Joined:
    May 5, 2013
    Messages:
    666
    Likes Received:
    259
    Location:
    tuxtheme.com
    cuma 2 kata kl menurut ane : HIGH RISK!
     
  13. fric dev.

    fric dev. Ads.id Pro

    Joined:
    Jun 13, 2010
    Messages:
    435
    Likes Received:
    128
    Location:
    Amsterdam
    1. iya betul gan, klo kita ngomongin rugi sih, bakal bisa aja jika diliat dari segala sisi, cm poinnya kita mesti berusaha gmn caranya agar krugian itu bisa tercover dari keuntungan. kita mesti berbanding juga dengan persentase user yang lancar pembayarannya. klo ada 100 yang fraud, kita mesti punya 900 yang lancar biar jadi krugian bisa ke cover dari keuntungan 900 transaksi yang lancar tesebut., klo ada 1000 fraud, brarti mesti ada 9000 yang lancar.
    Estimasi sy sih klo udah softlaunch, target metode ini bisa di integrasi ke 500 merchant. dimana jika 2 sales aja dalem sehari per merchant tsb menggunakan metode tsb, udah bikin 1000 transaksi = 30.000 transaksi sebulan.

    En sy anggep klo fraud itu udah masuknya ke tahapan yang lebih tinggi, dengan waktu yang cukup lama, ga bisa kita anggep baru seminggu 2 minggu telat bayar kita anggep fraud.
    sbelum itu kita bakal beranggapan kredit macet dulu, karena mungkin awal2 user mungkin niat fraud karena udah nikmati barang yang dipesan, tapi klo mereka sadar tagihannya akan terus membengkak, alamat dan identitas dia tercatatet dengan resiko akan membuat dia bermasalah dengan hukum, Mungkin niat yang asalnya mo fraud, ngga jadi. En bayar balik berikut denda yang jadinya keuntungan buat kita. Nah case seperti ini yang mnurut sy harus dimasukan juga kedalam potensi keuntungan.
    jadi intinya sih mesti itung2an lebih detail lagi. en sy masih ada harapan klo hal fraud ini masih bisa kita tekan semaksimal mungkin dengan antisipasi2 yang kita bakal bikin.

    2. Kita gmn pun juga ga bisa compare atau langsung nyaingin payment processor yang udah berdiri puluhan taun. Mesti apple to apple. Klo pun mau dibandingin mesti kita drop down secara detail menurut kelebihan dan kekurangannya. baru kita bisa nemu apa celah yang kita bisa manfaatin untuk bikin suatu produk yang berbeda dan baik dari produk2 sebelumnya,. itu yang saya selama ini pelajari, makanya kluar ide/konsep metode ini.

    Dan keduanya, metode ini kan sebagai optional aja, konsumen ntarnya bebas memilih apakah akan menggunakan pembayaran menggunakan kartu kredit, transfer, atau metode sy ini. Mknya sy jelasin di poin nomer 1, jika 1 merchant punya 20 sales sehari, dan 2 user pake metode ini, berarti 18 transaksinya menggunakan metode lain. jadi rasio konsumen kita disitu adalah 10%.
    En dari salah satu misi awal sy (beli online bayar tunai) memang saya mau nembak target konsumen yang emang sama sekali ngga mau menggunakan atau tidak punya kartu kredit, bank.

    Sama seperti metode yang agan bilang biaya 0% dengan kartu kredit, pembayaran dengan metode saya ini ga dikenakan biaya apapun juga buat konsumen, tapi jika telat membayar kartu kredit juga bakal kenain biaya tambahan/bunga kan? sama berarti dengan metode sy ini, selain itu dengan metode ini resiko konsumen ketipu 0% juga karena barang bisa sampai duluan, bisa bayar tunai dan bisa bayar belakangan. Apakah kartu kredit menyediakan tawaran seperti ini?

    3. Sy rasa setiap payment processor pasti ada batesan2 tersendiri, ada kekurangan dan kelebihannya masing2. Sekarang pertanyaannya adalah dari segala payment processor yang ada saat ini (kartu kredit, transfer bank, cod, rekber) processor mana yg bisa terima barang sebelum membayar, beli barang tanpa perlu registrasi kartukredit/bank, tanpa perlu upload fund dulu, jaminan keamanan konsumen 100% bakal menerima barang, bisa membayar balik secara tunai/transfer belakangan? Nah ini kelebihan metode yg sy coba bikin untuk compete metode payment processor yang lain. Klo soal batesan/kekurangan soal ngga bisa kirim ke beda alamat itu mungkin batesan kita, sebagian dari upaya untuk keamanan kita dalam meminimalisir risk.

    begitu aja gan penjelasan saya, semoga cukup meyakinkan. makasih atas feedbacknya. :)




    And if we want to be great, we’ve got to risk it too. "Steve Jobs"
     
    Last edited: Jun 11, 2016
  14. logistik

    logistik Ads.id Starter

    Joined:
    Jun 24, 2016
    Messages:
    93
    Likes Received:
    25
    Location:
    indonesia
    anyway busway, satu yang saya tangkap dalam pemikiran saya tentang ts ini orangnya optimis dan tetap semangat tidak mudah putus asa setelah dihujani statement kurang sedap. oke secara kepribadian bisalah, tapi dari segi bisnisnya kurang menarik masgan.
    tetap semangat masgan, semoga ketemu jodohnya
     
  15. ReadyKredit

    ReadyKredit Newbie

    Joined:
    Aug 8, 2015
    Messages:
    45
    Likes Received:
    2
    Location:
    Jakarta
    Plan nya mau nasional?agan punya orang untuk survey konsumen secara offline ?kalau ngga siap2 dana ilang buat fraud tuh.
    lebih bagus yah sekalian buat seperti uangteman aja jelas.
    siapkan surveyor.

    saran ane ada kalau agan mau main seperti itu.
    agan buat marketplace seperti tokopedia/bukalapak.
    beda nya setelah ada orderan merchant di bayar
    tetapi merchant2 kerjasama wajib yg bisa di verifikasi jelas untuk offline nya.

    atau payment processor yg bekerjasama dengan kartu kredit lengkap untuk cicilan dan program cicilan dari finance2 yg ada.
     
  16. fric dev.

    fric dev. Ads.id Pro

    Joined:
    Jun 13, 2010
    Messages:
    435
    Likes Received:
    128
    Location:
    Amsterdam
    baru cek lagi threadnya, thanks atas masukannya gan.

    justru sy lagi coba bikin satu yang beda dari yang lain gan. klo sama2 aja dgn yang udah ada, saingannya terlalu berat en resiko ilang dana lebih gede.


    btw, thanks buat respondnya,
    di halaman depan sy update lagi, silahkan di cek. Skrg kita sedang dalam fase development, yang mudah2an bakal lancar kedepannya. amin.
     
  17. be_honest

    be_honest Super Hero

    Joined:
    Jun 2, 2009
    Messages:
    1,836
    Likes Received:
    246
    Location:
    cockpit
    Saran sya sih, coba gantikan paypal mas gan, walau sudah ada yg sejenis seperti dokuwallet, namun integrasi dan kemudahannya masih kurang. Biar kita tdk terus bergantung sama paypal dalam urusan dollar.

    Sent from my A0001 using Tapatalk
     
  18. fric dev.

    fric dev. Ads.id Pro

    Joined:
    Jun 13, 2010
    Messages:
    435
    Likes Received:
    128
    Location:
    Amsterdam
    thanks mas,
    klo sampe banting setir ke konsep lain sih kayanya ngga bisa gan, udah tanggung basah sama konsep skrg yang ada, mesti nyebur skalian.:D
     

Share This Page