1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

Dominasi India di Pucuk Pimpinan Perusahaan Dunia

Discussion in 'Chit Chat' started by TheLord, Jan 31, 2016.

  1. TheLord

    TheLord Ads.id Starter

    Joined:
    Nov 4, 2015
    Messages:
    80
    Likes Received:
    31
    Location:
    Indonesia
    [FONT=Arial !important]Tahukah Anda apa yang sama dari nama Google, Microsoft, PepsiCo, Mastercard, Adobe, NetApp, dan Oracle? Ya, semuanya dipimpin oleh orang keturunan India. Kisah hidup mereka pun relatif mirip: berasal dari keluarga bersahaja, berkesempatan kuliah di AS, lalu berkarier cemerlang di perusahaan tempat mereka bekerja.[/FONT]


    [FONT=Arial !important]
    Sundar Pichai (CEO Google)
    Quote:
    [​IMG]
    Asal: Chennai, India
    Usia: 43 tahun
    Fun fact: Sundar Pichai dibesarkan di apartemen dua kamar bersama orang tua dan adik lelakinya. Jangankan TV atau mobil, kamar sendiri aja Sundar nggak punya. Alhasil, sehari-harinya, ia musti tidur di ruang tamu bareng adiknya.

    Sundar Pichai lahir dari keluarga sederhana di Tamil Nadu. Karena tinggal di rumah yang mungil, Sundar kecil harus melewatkan malam-malamnya tidur di ruang tamu. Namun cerita sang ayah yang berprofesi sebagai teknisi di General Electric menginspirasi Pichai untuk mencintai dunia teknologi.

    Sundar pun kemudian mengambil jurusan Teknik Metalurgi di Indian Institute of Technology (IIT) sebelum akhirnya mendapat beasiswa di Stanford University untuk belajar ilmu material dan semikonduktor.

    Karier Pichai di Google dimulai pada tahun 2004. Kala itu ia bergabung dalam tim Google Toolbar yang berhasil mengarahkan hasil pencarian ke Google. Kerja cemerlang Pichai berlanjut ketika ia membawa Google Chrome menjadi browser paling populer.

    Kecemerlangan Sundar bahkan pernah membuat Microsoft tertarik merekrutnya sebagai CEO. Namun nasihat sang istri—dan kenaikan kompensasi finansial dari Google yang takut kehilangan karyawan terbaiknya—membuat Sundar akhirnya memutuskan tetap di Google. Kesetiaan itu pun berujung pada diraihnya posisi CEO Google per Agustus kemarin.

    Sampai Google punya Chrome itu berkat jasa Sundar, Chrome sekarang jadi browser paling banyak digunakann. Sundar kepilih jadi CEO mengantikan Larry and Sergey.
    [/FONT]

    Satya Nadella (CEO Microsoft)
    [FONT=Arial !important]
    Quote:
    [​IMG]

    [FONT=Arial !important]Asal: Hyderabad, India
    Usia: 48 tahun
    Fun fact: Satya Nadella adalah penggemar olahraga kriket dan pernah menjadi atlet kriket di masa muda

    “You are the eagle, to soar is your destiny. There are other worlds to discover, other horizons to explore”. Itulah cuplikan puisi yang tertempel di sebuah sekolah negeri di kota Hyderabad, India. Dan salah satu muridnya berhasil membuktikan puisi itu. Dia adalah Satya Nadella, yang ditunjuk menjadi CEO Microsoft sejak Febuari 2014 lalu.

    Setelah lulus dari sekolah tersebut, putra dari seorang pegawai negeri itu mengenyam pendidikan di Manipal University jurusan teknik elektro. Setelah itu ia meneruskan kuliahnya di AS dan menerima gelar master dari University of Wisconsin Milwauke dan University of Chicago.

    Berbeda dengan Steve Ballmer (CEO Microsoft sebelumnya), Satya terkenal karena pembawaannya yang kalem. Memo pertamanya setelah resmi menjadi CEO Microsoft dibuka dengan kalimat “today is very humbling day for me”. Namun rekam jejak Satya di Microsoft menunjukkan ia layak berada di posisinya sekarang.

    Satya adalah tokoh sentral di balik kesuksesan Microsoft menghadirkan layanan cloud seperti Azure dan Office 365. Pada tahun 2013, layanan cloud yang ia pimpin meraih pendapatan US$20,3 miliar, naik signifikan dibanding awal kepimpinannya di tahun 2011 (yang hanya US$16,6 miliar). Ketika dunia TI mengarah ke cloud-first, Satya diperkirakan akan mengembalikan kejayaan Microsoft.[/FONT]
    [/FONT]
    [/COLOR]

    [FONT=Arial !important]Ajay Banga (CEO Mastercard)

    Quote:[​IMG]
    [FONT=Arial !important]Asal: Pune, India
    Usia: 56 tahun
    Fun fact: Adiknya M S Banga juga merupakan CEO

    Ajay Banga adalah CEO MasterCard, perusahaan keuangan Amerika yang memproses pembayaran lewat kartu kredit. Banga ditunjuk sebagai CEO pada Juli 2010. Sebelum bergabung dengan MasterCard pada Agustus 2009, Banga merupakan CEO Citigroups wilayah Asia Pasifik.

    Ajay Banga lahir di Khadki, luar kota Punai, Maharashtra, India. Ayahnya jendral tentara India lho. Dia merupakan sarjana ekonomi dari St. Stephen's College, Delhi University dan MBA dari Indian Institute of Management, Ahmedabad.
    [/FONT]
    [/FONT]
    [/COLOR]


    [FONT=Arial !important]Indra Nooyi (CEO PepsiCo)​

    Quote:[​IMG]
    [FONT=Arial !important]Asal: Chennai, India
    Usia: 60 tahun
    Fun fact: Dia bekerja sebagai resepsionis asrama hanya agar ia bisa mendapatkan uang tambahan 50 sen .

    Indra Krishnamurty Nooyi dilahirkan di Chennai, India, 55 tahun silam. Nooyi bergabung dalam tim olahraga kriket wanita semasa kuliah. Ia bahkan bermain gitar di sebuah band wanita semasa menuntut ilmu di perguruan tinggi Madras Christian College. Setelah mendapatkan gelar sarjananya dalam bidang kimia, fisika, dan matematika di universitas tersebut, ia melanjutkan mendaftar di Indian Institute of Management di Calcutta. Nooyi merupakan mahasiswi yang amat cemerlang. Ia memperoleh gelar MBA dari Indian Institute of Management di Calcutta, dan Master of Public and Private Management dari Universitas Yale.

    Setelah malang melintang di beberapa perusahaan di India. Nooyi memutuskan untuk menuntut ilmu lagi di luar negeri. Maka berangkatlah ia ke Amerika pada tahun 1978, dan diterima di universitas bergengsi Yale University Graduate School of Management di New Haven, Connecticut.

    Nooyi benar-benar bekerja keras selama tahun-tahun awalnya di Amerika. Ia membiayai sendiri kuliahnya dengan bekerja sebagai resepsionis di malam hari. Nooyi selalu mengenakan sari (baju khas India) selama bekerja, bahkan di musim panas sekalipun. Hal ini karena dirinya tidak memiliki uang untuk membeli baju. Bahkan ketika dirinya melakukan wawancara untuk sebuah perusahaan telekomunikasi bergengsi Boston Consulting Group, Nooyi tetap mengenakan sari.

    Namun kecemerlangannya membuat pihak perusahaan telekomunikasi tersebut menerimanya bekerja. Hal itu terjadi pada tahun 1980. Sejak saat itu, karirnya kian menanjak. Pada tahun 1986 ia bekerja di Motorola dan menjabat sebagai eksekutif senior. Kepemimpinannya membuat ia dilirik oleh Kepala General Electric Jack Welch dan CEO PepsiCo Wayne Calloway. Dari dua perusahaan besar ini, Nooyi akhirnya memilih PepsiCo sebagai tempat kerja barunya.

    Dia akhirnya masuk dalam daftar 100 Wanita Paling Berpengaruh di Dunia. Pada 2014 dia berada di posisi ke-13 100 Wanita Paling Berpengaruh di Dunia versi Forbes.[/FONT]
    [/FONT]


    [FONT=Arial !important]Shantanu Narayen (CEO Adobe)​

    Quote:
    [​IMG]
    [FONT=Arial !important]Asal: Hyderabad
    Usia: 52 tahun
    Fun fact: Shantanu adalah atlet layar jempolan. Ia pernah menjadi atlet layar India di Asian Games tahun 1981.

    Sejak awal, pilihan kuliah Shantanu Narayen muda sudah mantap. Kala itu pilihannya cuma insinyur dan dokter, dan karena Shantanu takut darah, ia memutuskan untuk berkuliah di Teknik Elektro Universitas Osmania. Dan kemudian seperti banyak pemuda India di zamannya, Shantanu melanjutkan kuliah di AS dan mendapatkan gelar master dari Bowling Green State Ohio dan HaaS School of Business, Universitas Berkeley.

    Setelah lulus kuliah, Shantanu memulai karier di Apple sebelum kemudian mendirikan perusahaan sendiri bernama Pictra. Pictra sendiri bisa dibilang merupakan layanan berbagi foto pertama di internet. Namun dunia belum siap menyambut layanan seperti itu, sehingga Shantanu pun mencoba menjual Pictra ke Adobe. Adobe menolak membeli, namun justru merekrut Shantanu bergabung.
    Di sana, karier Shantanu melejit berkat keberhasilannya mendapatkan kerjasama dengan berbagai perusahaan besar seperti CBS, PBS, dan Viacom.

    Ia juga menjadi tokoh sentral saat Adobe mengakuisisi Macromedia (pembuat Flash) dan Omniture (web analytics).
    Karier profesional Shantanu pun tidak cuma di Adobe. Ia juga tercatat sebagai anggota dewan perusahaan farmasi Pfizer serta almamaternya, HaaS School of Business.[/FONT]
    [/FONT]


    sumber: kaskus
     
    Last edited: Jan 31, 2016
  2. firmantanggang

    firmantanggang Ads.id Fan

    Joined:
    May 16, 2014
    Messages:
    154
    Likes Received:
    13
    Location:
    Tanjung Morawa
    Pada dasarnya semua bisa, Kembali lagi kepada pribadi masing masing bisa FOKUS untuk KONSISTEN atau tidak /:)
     
  3. Ole94

    Ole94 Banned

    Joined:
    Sep 17, 2014
    Messages:
    111
    Likes Received:
    1
    Location:
    Demak, jawa tengah
    ini mungkin efek film 3 Idiots :lol:
     
  4. Sukses Dunia Akhirat

    Sukses Dunia Akhirat Hero

    Joined:
    Jul 26, 2015
    Messages:
    617
    Likes Received:
    37
    Kalau menurut ane wajar india punya orang2x hebat..penduduknya aja 1,5 milyar gan,harusnya yg pintar2x itu bangun perusahaan dinegaranya,agar India jadi negara makmur.
     
  5. aka_omerta

    aka_omerta Hero

    Joined:
    Feb 4, 2012
    Messages:
    722
    Likes Received:
    61
    Location:
    Bekasi - Subang - Yogya
    Hebat namun bekerja buat perusahaan negara lain...entah kenapa CEO CEO hebat tsb malas mengembangkan perusahaan di negaranya sendiri...Apa karena prestise, alasan kuliahnya di amerika atau karena sdm dan fasilitasnya di India yang kurang
     
    Last edited: Jan 31, 2016
  6. memegila

    memegila Newbie

    Joined:
    Apr 17, 2016
    Messages:
    16
    Likes Received:
    0
    berarti memang asia suatu saat akan menguasai dunia
    mudah2an indonesia segera menyusul :)
     
  7. tanpa nama

    tanpa nama Noob or Newb?

    Joined:
    Oct 18, 2012
    Messages:
    1,055
    Likes Received:
    1,243
    mimpi, menikahnya di usia dini
     
  8. mikatagahara

    mikatagahara Newbie

    Joined:
    May 2, 2016
    Messages:
    22
    Likes Received:
    3
    pimpinan perusahaan ane dulu juga orang india gan. orang nya ngirit dan keras. :D
     
  9. megaman

    megaman Newbie

    Joined:
    May 2, 2016
    Messages:
    31
    Likes Received:
    0
    Orang Indonesia juga banya yg sukses jadi CEO di beberapa startup kok gan
     
  10. Boy'z

    Boy'z Super Hero

    Joined:
    Dec 31, 2009
    Messages:
    2,106
    Likes Received:
    47
    Location:
    Bandung - Tanah Karo
    Ga heran org india tu emg pekerja keras + harga murah, mereka pada bersaing dlm kualitas dan harga... kalo agan ada org link sales + seo pasti tahu org mana yg "ancurin pasar" wehehe
     
  11. Bugeast

    Bugeast Super Hero

    Joined:
    Jul 14, 2015
    Messages:
    1,765
    Likes Received:
    133
    Location:
    Makassar, Sulawesi Selatan
    penduduk india mmng 1,5 miliar. 6 x lipat dri kita. jadi wajar bnyk talenta-talenta dunia yg muncul dari sana. termasuk Ulama paling rasional dan bnyk jd rujukan serta tokoh india paling favorit saya, dr.zakir naik Ph.D :D
     
  12. thedoc412

    thedoc412 Ads.id Pro

    Joined:
    Jun 1, 2010
    Messages:
    397
    Likes Received:
    11
    Location:
    Manado - The Light City
    Org india mmg hebat2 gan, yang ane suka dari mereka itu cara berpikir secara logikanya itu simple namun cepet banget buat mengartikan sesuatu.

    Waktu ane kuliah dulu, dosen ane ada 2 org dari India. Mereka kalo bikin program (C dan C++) hanya tulis di kertas. Hebatnya, bahkan dosen lokal yg bikin program langsung di komputer bahkan kalah cepet dalam mendeteksi error, padahal udah ada keterangan errornya di line berapa. Yg india tadi cuman pake bolpoin, nunjuk dari atas kebawah, bolak-balik kerta yang hampir 5 lembaran ukuran F4 langsung nemu errornya tanpa balik lagi ke halaman sebelumnya. Hahahahha....

    Parahnya, bahasa mereka itu bahasa english tapi pake logat india. Bayangin aja sendiri, bahkan nanya nama ente aja ente pasti bingung jawabnya. Jadi gini nih: "haoutu kollie yuu" intonasinya agak nyanyi dikit di tengah 8-}

    Dan ini merupakan salah satu pengalaman terbaik dan termenarik ane selama kuliah dulu :-B
    Yang benci algoritma langsung pada cinta algoritma gan gara2 hampir setiap hari dihadapin masalah kayak diatas :))
     
    Last edited: May 3, 2016
  13. BHWKing

    BHWKing Ads.id Fan

    Joined:
    Sep 26, 2015
    Messages:
    205
    Likes Received:
    8
    Main ke BHW, banyak bgt org india
     
  14. Hizrah

    Hizrah Newbie

    Joined:
    Sep 19, 2014
    Messages:
    27
    Likes Received:
    1
    india skrg sudah berkembang gan.
     
  15. redfoc

    redfoc Ads.id Fan

    Joined:
    Apr 16, 2016
    Messages:
    150
    Likes Received:
    29
    Location:
    localhost
    anu gan, ninggalin jejak doloh
     
  16. Alfiant

    Alfiant Super Hero

    Joined:
    Jul 3, 2014
    Messages:
    1,515
    Likes Received:
    147
    Location:
    Indonesia
    Org2 indo sebenernya juga bisa. Cuman mindset nya itu yg perlu diubah.
     
  17. theluthfi

    theluthfi C# Addict

    Joined:
    Dec 9, 2015
    Messages:
    668
    Likes Received:
    281
    Location:
    127.0.0.1
    di digital marketplace populasi orang india juga bejibun, keren,
    toko serba ada di pasar baru juga india punya tu :D
    ane sering beli disitu, murah soalnya wkwkwk
     
  18. masbayu22

    masbayu22 Super Hero

    Joined:
    May 18, 2011
    Messages:
    1,288
    Likes Received:
    95
    Location:
    Kulivps.com
    Wkwkwkkwkw gitu ya gan?
     
  19. rifkyadi

    rifkyadi Super Hero

    Joined:
    Sep 5, 2011
    Messages:
    1,523
    Likes Received:
    173
    orang indonesia kapan ya? apalgi kalau dibiografinya dia bisa sukses karena banyak belajar dari Ads.id...:silau:
     
  20. omarborkan

    omarborkan Ads.id Pro

    Joined:
    Dec 15, 2013
    Messages:
    366
    Likes Received:
    51
    Location:
    Jakarta
    Pasti ada, entah kapan itu kita pandang optimis aja :)
     

Share This Page