1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

[ASK]Seputar Subdomain dan Multi-Language

Discussion in 'SEO' started by Phonecompi, Feb 14, 2016.

  1. Phonecompi

    Phonecompi Super Hero

    Joined:
    Apr 18, 2010
    Messages:
    856
    Likes Received:
    290
    Location:
    Medan
    Halo mas bro2 yang lagi nyantai sambil baca2 di ads.id (atau lagi dagang, lagi belanja, dsb). :D

    Mau tanya seputar subdomain dan multi-language targetting, bagi yang udah punya pengalaman mungkin bisa di sharing.

    Jadi ceritanya begini, saya punya domain utama "hxxp://www.example.com" berbahasa Indonesia (misal topiknya hape). Di Google Search Console (dulu Google Webmasters tools) saya sett target country-nya Indonesia. ini blog udah tua dan udah authority.

    Nah, saya pengen bikin satu subdomain "hxxp://specifications.example.com", bahasa Inggris isinya spesifikasi hape (misalnya). Sub-domainnya ini gak saya sett country-nya di Webmasters Tools karena targetnya emang untuk global/internasional (seluruh dunia).


    Tadi saya udah testing2: coba posting dengan judul "Samsung galaxy s7" (misalnya), dan cek SERP pake proxy US ternyata di SERP Google.co.id itu posting nangkring di page 3 dari 24.100 hasil.

    Saya lalu cek di Google.com, dari 23.900 hasil, posting saya gak ada nongol di 300 besar, padahal saingannya kecil gitu.

    Saya cek juga di Google.co.uk pake proxy EU, dari 23.800 hasil, nasibnya sama kayak di Google.com. Begitu pula dengan Google.ca yang juga sama2 ngenes.

    Nah, pertanyaannya: Apa domain utama yang udah di sett target Indonesia, terus dibikin subdomain buat Go internasional itu tepat? Soalnya dalam contoh kasus diatas, pas coba di posting yang lebih "welcome" dengan subdomain saya itu Google.co.id.


    Soalnya takutnya kerja saya percuma ngembangin subdomain buat Go internasional, ehh... ternyata malah gak bisa bersaing di Google global.
     
  2. richirich

    richirich Super Hero

    Joined:
    May 4, 2010
    Messages:
    850
    Likes Received:
    46
    Belum punya pengalaman gini gan. nyimak aja dulu.
    Tapi dari ilmu2 yg pernah diajarin, kalau subdomain katanya diperlakukan terpisah dg domain utama. jadi harusnya nggak terkait dg target domain utama. Mungkin, dugaan ane, karena agan bikin subdomain & akses subdomain tsb untuk pertama kali pakai IP Indonesia, jd dianggap sbg targetnya Indonesia, mungkin lho ya gan.
     
  3. jshikamaru

    jshikamaru Banned

    Joined:
    Sep 16, 2015
    Messages:
    1,202
    Likes Received:
    67
    Location:
    Bondowoso, Indonesia
    sama, punya saya juga gitu
    malah, begitu ganti bahasa, malah deindex
     
  4. reignar

    reignar Newbie

    Joined:
    Feb 2, 2016
    Messages:
    31
    Likes Received:
    2
    hmm izin nyimak dl gan.. saya jg blum ada pengalaman siapa tau nambah ilmu
     
  5. Phonecompi

    Phonecompi Super Hero

    Joined:
    Apr 18, 2010
    Messages:
    856
    Likes Received:
    290
    Location:
    Medan
    Terimakasih pendapatnya mas gan, tadi udah dapet wejangan langsung dari mbah google lewat email. Wejangannya tersaji disini:
    hxxps://support.google.com/webmasters/answer/62399?utm_source=wnc_807103&utm_medium=gamma&utm_campaign=wnc_807103&utm_content=msg_915201&hl=id


    Kalo punya mas gan blog awalnya bahasa Indonesia, terus diganti bahasa lain ya gak nyambung. Kalo dari awal udah Bahasa Indonesia jangan diganti ke bahasa lain lagi.

    Kalo pun mau dicampur pake bahasa lain, bisa dipisah pake folder (ex: hxxp://www.example.com/en) atau subdomain (ex: hxxp://en.example.com)

    Soal deindex itu, kayaknya bukan karena ganti bahasa deh. Kalo cuma bahasa campur gak bakal deindex, tapi kalao "power" menurun di SERP mungkin aja, tapi gak sampe deindex. Mungkin penyebabnya optimasi berlebihan.
     

Share This Page