1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

Pembelajaran untuk yang Punya Toko Online (Asli No Edit Kejadian Nyata Hari ini)

Discussion in 'Berbagi Pengalaman' started by dedisuparman, Oct 3, 2015.

  1. Afrialdi.com

    Afrialdi.com Ads.id Fan

    Joined:
    Nov 7, 2012
    Messages:
    169
    Likes Received:
    13
    Location:
    Kampung "STM"
    ini apaan sih?
    maklum msh balita :D
     
  2. dedisuparman

    dedisuparman Super Hero

    Joined:
    Mar 27, 2011
    Messages:
    2,350
    Likes Received:
    280
    Location:
    Indramayu
    Bisa jadi

    Hahaha kalau saya paling risih di BC, kalo ping 1-2 kali sih no problem apalagi dia custumer kita

    Balita ko 2012 mas gan, penghilang stress aja mas gan
     
  3. Putaran.com

    Putaran.com Newbie

    Joined:
    Jun 21, 2015
    Messages:
    28
    Likes Received:
    3
    Menurut pandangan dan pengalaman saya begini gan yang baru saja malang melintang di dunia olshop indonesia 5 tahun terakhir :)),
    Mari kita lihat dari dua sisi permasalahan ini buat pembelajaran bersama demi kemajuan ecomerce indonesia, saya memandang customernya bukan dari Ts sendiri ya tapi dari seluruh Customer indonesia yang kebanyakan bersifat sama.

    Dari sisi Seller :
    1.Tindakan seller tersebut tidak dapat dibenarkan menggunakan kata-kata kasar kepada pembeli apalagi sampai mengajak berdebat. Tidaklah penting memarahi pembeli yang belum ada kabar beberapa menit / jam setelah sms terakhir.
    2. Dari kata-kata seller tadi patut diduga seller lagi sepi pembeli (mungkin karena lagi perlambatan ekonomi global)karena kalau tokonya ramai pasti tidak akan ada waktu mengajak berdebat ke pembeli.
    3. Seller seperti ini saya yakin belum memahami ilmu komunikasi dan ilmu marketing dengan baik sehingga berprilaku begini. Padahal Service yang baik itu kunci sukses menaikkan omset jualan dan peluang order ulangnnya besar jika kualitas produknya memuaskan.
    4. Bisa jadi sellernya lagi pusing tagihan distributor :)) sudah jatuh tempo jadi lagi dikejar target cicilan bon sehingga setiap pertanyaan yang masuk bersikap "ngotot" harus terjual.

    Dari sisi buyer (kebanyakan customer) yang saya temukan :
    1. kebanyakan buyer malas membaca "cara beli / pemesanan" dan deskripsi produk, kadang semua yang sudah sangat jelas seperti harga dan ongkos kirim serta warna sering ditanyakan.
    2. Buyer kadang tidak sabaran dan kalau telat respond langsung beberapa menit saja langsung berpikiran negatif, kadang pernah ada yang baru transfer sore hari posisi di luar pulau sangat jauh pagi-pagi sudah ngamuk barang belum sampai.
    3. Malas Checkout di website.
    4. Basa-basinya kurang seperti : di BB suka PING setelah dijawab abis itu diem aja :)), seperti siang mas, sore mas, malam mas, langsung nanya harga dan minta dikirim gambar satu satu ke hpnya padahal diweb sudah di pajang complete.
    5. Kebanyakan belanja berawal dari iseng, karena memang begitulah dunia belanja yang di pakai emosi ingin memiliki melihat display dan spek keren, kadang lupa itu duit cicilan bayar kreditan kendaraan belum dibayar :)).

    Kalau secara umumnya ini bukan soalnya toko mall gede atau olshop kecil, banyak kok olshop kecil yang dikelola dengan profesional dan on time. Yang jelas begini gan kalau investasinya sudah Puluhan milyar atau pun trilyunan dipastikan ada jasa pelayanannya baik karena kan perusahaan ada biaya rekrut orang profesional. Ya kalau olshop kecil kebanyakan pengelolanya "Rambo" kadang jadi kurir, kadang jadi cs, kadang jadi akunting kadang jadi packing kadang juga jadi quality qontrol ..:))

    Ya ibarat ente makan diwarteg lah 29rb dapat 5piring +gratis air putuh sepuasnya, tapi ya itu pelayannya kurang, yang jual juga mungkin gak dandan lagi. Beda dengan di mall beli 29rb baru dapat nasi sepiring cuma tempat full ac, full music, parkir bayar lagi.


    Demikian pandangan saya ya gan, mudah-mudahan di balik kejadian ini ada pembelajaran di kedua belah pihak.
     
    wirja and Neng Vanya like this.
  4. BurgerKiLL

    BurgerKiLL Ads.id Pro

    Joined:
    May 29, 2013
    Messages:
    476
    Likes Received:
    46
    Location:
    Just BurgerKill Fans
    super sekali, saya setuju sama om putaran. ane mau tambahin juga

    itu si seller:
    - kata2 nya terlalu "cadas". emang benar. tidak belajar bagaimana mengatur sop yang baik. lebih bagus dibuat tahap2 nya seperti:
    1. follow/ notice pertama
    2. notice kedua
    3. notice ketiga/ cancelled

    buat buyer:
    - kenapa harus tinggi hati? dan benar kata si seller kenapa harus wasting time yah? hmm
    klo ga salah ada gambar yang mengatakan seller udah notice pertama tapi no respon.

    maaf om, pertimbangkan klo olshopnya berjalan sendiri > packing sendiri > kirim sendiri > dst. kasian juga kan

    anyway, dijadiin pengalaman aja om :D
     
  5. Agus Pian

    Agus Pian Blogger Super Ngeraos

    Joined:
    Apr 19, 2013
    Messages:
    3,355
    Likes Received:
    130
    Location:
    NTB
    wkwkwkwk,,, Kocak mas pembicaraannya, yang punya toko online siapa sih, wkwkwkwk

    Baru maen toko online atau gimana? Costumer pesen 1000 barang juga gak masalah, kan cuma mesen :D kan gak musti bayar.... gubrak nih si tukang penjualnya
     
  6. dhapenk

    dhapenk Ads.id Fan

    Joined:
    Mar 8, 2014
    Messages:
    186
    Likes Received:
    3
    hehehhe....
    ane juga pernah ngalami yg begini gan.
    padahal niat banget ane beli produknya, gara2 pelayanan nya jadi gak jadi :D
     
  7. nftftr

    nftftr Newbie

    Joined:
    Oct 3, 2015
    Messages:
    16
    Likes Received:
    0
    maka dari itu harus hati-hati kalau ada toko online spt itu :D
     
  8. idayiduy

    idayiduy Hero

    Joined:
    Nov 26, 2011
    Messages:
    557
    Likes Received:
    49
    wkwkwkwk ... ngakak ane bacanya ... ternyata ada yang seperti itu :)
     
  9. midereng

    midereng Ads.id Fan

    Joined:
    May 17, 2012
    Messages:
    208
    Likes Received:
    14
    Karena ane belom pernah OL shop, cuma sebatas nuker balance PP aja. Dulu suka ada yang bilang mau beli, terus ane tungguin lom masuk-masuk transferan. Padahal di belakang orang ini udah banyak banget yang sms, tapi ane tahan karena merasa bertanggung jawab ama janji yang pertama itu.

    Gak pernah sampe maki2 buyer yang janjiin sih, abisin pulsa juga wkwkwk.... Tapi jadi pelajaran buat ane kalo jualan nggak boleh pake booking. Kalo ada yang model janji2, ane langsung bilang "no booking ya gan, kalo agan belom transfer dan ada yang mau beli dan transfer langsung maka perjanjian kita batal"

    Disini gak dijelasin apa agan ada janji ke sellernya atau gimana. Tapi tu seller sewot banget ya, kayaknya beneran cewek hehehe

    Sent from my Lenovo S650 using Tapatalk
     
  10. chikomotor

    chikomotor Super Hero

    Joined:
    Jan 2, 2012
    Messages:
    2,362
    Likes Received:
    254
    Location:
    Tetanggamu
    lagian sebagai costumer kalo emang niat beli yang fast respon donk, itu kan chat fotonya pas sellernya marah2.

    coba di history chat ente pas mulai tanya2 di SSin juga, biar sama sama tau siapa belangnya :komunis:
     
  11. imoral

    imoral Ads.id Pro

    Joined:
    May 29, 2011
    Messages:
    291
    Likes Received:
    7
    Location:
    jogja barat
    menurut saya bisa jadi online shopnya baru,atau malah cs nya yang baru :D
     
  12. dedisuparman

    dedisuparman Super Hero

    Joined:
    Mar 27, 2011
    Messages:
    2,350
    Likes Received:
    280
    Location:
    Indramayu
    Mantap Thanks sharingnya

    Yup

    Yup wajar kan pesen terus saya minta total dan reknya supaya enak kalo mau transfernya, jadi males belinya kalo digituin

    hahahaa

    Saya malah mules mas

    Iya cewek lagi datang bulan atau belum sarapan

    Di atas SS Total Pembelian dan Rekening dia, kalo di SS kasian saya tidak bisa menjaga privasi dia, kan wajar minta total dan rekening dia supaya enak tinggal transfer doang, eh malah dia engga sabaran

    iya mungkin masih baru jadi terlalu semangat :D
     
  13. Indry

    Indry Hero

    Joined:
    Mar 11, 2015
    Messages:
    626
    Likes Received:
    51
    Location:
    Bandung
    Sellernya galak banget! Kenapa gak bilang aja klo mas mau transfernya ntar siang, pst gak akan galak tu seller.. Tp lucu jg bacanya hehehe
     
  14. guntur9090

    guntur9090 Ads.id Pro

    Joined:
    Nov 11, 2014
    Messages:
    421
    Likes Received:
    23
    Location:
    tangerang
    itu karena anda adalah buyer yang telah ia tunggu sejak lama , wkakwkawa
    Toko nya sepi makanya ngarep transferan dari buyer
     
  15. Bugeast

    Bugeast Super Hero

    Joined:
    Jul 14, 2015
    Messages:
    1,765
    Likes Received:
    133
    Location:
    Makassar, Sulawesi Selatan
    hahahahaha asli ngakak:lol: pembahasannya disitu2 aja berputar. dari gaya bahasanya sih kyknya cewek tuh

    mungkin baru buka toko online tuh jd ngga tahu cara hadapi pelanggan.
     
  16. e-stored

    e-stored Super Hero

    Joined:
    Apr 8, 2011
    Messages:
    1,246
    Likes Received:
    44
    Location:
    Indonesia
    benar bgt gan :lol::lol:
     
  17. e-stored

    e-stored Super Hero

    Joined:
    Apr 8, 2011
    Messages:
    1,246
    Likes Received:
    44
    Location:
    Indonesia
    :lol::lol::lol:
     
  18. Jacksoul

    Jacksoul Ads.id Pro

    Joined:
    Oct 10, 2010
    Messages:
    250
    Likes Received:
    6
    Location:
    Lubang Buaya, Jaktim
    Dia mulai lelah...
    Yg sabar ya mas gan, kalo jd CS online shop, hrs terbiasa & usahakan tetap ramah.
     
  19. dedisuparman

    dedisuparman Super Hero

    Joined:
    Mar 27, 2011
    Messages:
    2,350
    Likes Received:
    280
    Location:
    Indramayu
    Dimaklumin aja dia lagi Datang bulan

    Lama berapa tahun mas gan :D

    Iya enak gan muter2 Keliling Dunia perut sampe mules :D

    Yup ramah
     
  20. khalimandor

    khalimandor Ads.id Pro

    Joined:
    Aug 18, 2012
    Messages:
    343
    Likes Received:
    46
    Location:
    Semarang Jawa Tengah
    kalau aku lihat sih, yang lebih salah itu kamu mas bro

    dilihat dari chat yang kamu screenshot, kamu sudah memesan 1 barang dari dia

    lalu si penjual sudah siap siap ngirim barang (dipikir nya kamu jadi membeli)

    dan si penjual sudah SMS / ngasih tau rekening dia agar kamu mau transfer sejumlah uang

    karena kamu niat dari awalnya cuman PHP iseng iseng gangguin bisnis orang

    kamu langsung cancel di tempat, padahal kamu sudah order

    dan penjualnya ya naik darah wajar lah, rakyat indonesia tukang PHP kayak LO

    ya meskipun kita sebagai seller, memang sebaiknya, amarah nya itu di tahan tahan terussss (sebisa mungking jangan di curahkan ke pembeli)

    sukses aja bro, bisnis mu, semoga aja gak kena PHP banyak banyak, atau bahkan kena yang lebih parah daripada apa yang kamu lakukan

    ingat dosa juga bro gak baik PHP in orang :)
     

Share This Page