1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

LESS, SCSS, dan CSS

Discussion in 'Desain Web & Grafis' started by M4SONIC, May 18, 2015.

  1. M4SONIC

    M4SONIC Newbie

    Joined:
    May 8, 2015
    Messages:
    37
    Likes Received:
    2
    Location:
    Yogyakarta
    Bagi beberapa orang masih belum tahu tentang apa itu LESS,SCSS,dan CSS serta perbedaan secara mendasar, kali ini saya akan memberikan gambaran singkat ttg perbedaan ketiganya. awalnya LESS adalah preprosesor berbasis CSS yang dibuat untuk pembuatan framework CSS, seperti yang selama ini digunakan oleh bootstrap. kegunaannya selain untuk kinerja lebih cepat, teknologi ini bisa terbilang efektif, karena dalam pembuatannya dibuat secara modular. sehingga tidak semua css yang ditulis akan terload secara utuh, melainkan hanya yang dipanggil saja. jadi, sama persis dalam pengkodingan bahasa desktop. selain itu modularisasi ini bisa dikombinasikan dengan fungsi2 aritmatik. SCSS juga sama seperti LESS, hanya saja SCSS di dukung oleh beberapa preprosesor yang lain yang siap install seperti misalkan paket responsive design, grid, dll. akan tetapi bagi yang masih awam..perbedaan yang paling mencolok adalah pada LESS tidak menggunakan bracket dalam penulisannya. misalkan saja :

    LESS :
    body
    head
    color:red;
    title
    font-size:12px;
    ......



    SCSS :
    body{
    head{
    color:red;
    title{
    font-size:12px;
    ......

    dengan CSS itu sendiri, seperti yang sudah banyak di jelaskan, bahwa CSS bahasa stylesheet yang masih menggunakan metode manual. perbedaan dengan 2 teknologi di atas adalah tata cara penulisannya, tidak bisa ditulis secara bersarang, melainkan ditulis secara terpisah satu persatu.

    Jika anda pernah mendengar compress css, pada teknologi SCSS anda bisa melakukannya dengan mudah, tanpa harus menata satu persatu seperti pada CSS.

    Semoga penjelasan singkat ini bisa membantu.
    untuk freebies, DVD tutorial, dan informasi terbaru, silahkan subscribe channel saya dan fanspage octopusk yang bisa anda lihat di signature saya di bawah ini.
     
  2. dhitiacahya

    dhitiacahya Ads.id Fan

    Joined:
    Apr 29, 2015
    Messages:
    112
    Likes Received:
    0
    ilmu baruuuu.. LESS dan SCSS perkembangan dari CSS ya..?
     
  3. M4SONIC

    M4SONIC Newbie

    Joined:
    May 8, 2015
    Messages:
    37
    Likes Received:
    2
    Location:
    Yogyakarta
    less itu sebenarnya sudah lumayan lama. less itu bebarengan ketika munculnya twitter bootstrap. dan teknik yang digunakan oleh bootstrap skr ini adalah pakai less. sedangkan SCSS itu teknologi terbaru saat ini. dia full modular. sama halnya seperti MVC pda programming desktop atau php.
     

Share This Page