1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

Pengertian SEO Dan Definisi Apa Itu SEO

Discussion in 'SEO Articles' started by aguzzt, May 31, 2015.

  1. aguzzt

    aguzzt Newbie

    Joined:
    Dec 31, 2014
    Messages:
    12
    Likes Received:
    3
    Bagi seorang blogger wajib baginya untuk mengetahui apa itu SEO, pengertian SEO, jenis optimasi SEO, jenis teknik SEO menurut aliranya dan tujuan dari dilakukannya optimasi SEO pada blog. Karena mempelajari SEO banyak sekali manfaatnya, salah satunya adalah kita bisa mendapatkan pengunjung dari mesin pencari melalui optimasi SEO pada artikel kita agar menempati posisi pertama di hasil pencarian Google.
    1. Pengertian SEO
    Search Engine Optimization, yang biasa disingkat SEO adalah suatu usaha yang dilakukan pada sebuah blog yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju website atau blog tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut yang biasa dikenal dengan istilah optimasi SEO.


    2. Jenis Optimasi SEO
    Optimasi SEO dibagi menjadi dua, yaitu optimasi SEO on page dan optimasi SEO off page. Apa itu optimasi SEO on page? Pengertian dan definisi optimasi SEO on page adalah sebuah optimasi mesin pencari yang dilakukan dari dalam blog itu sendiri. Lalu apa itu optimasi SEO off page? Pengertian dan definisi optimasi SEO off page adalah kebalikanya dari optimasi SEO on page yaitu sebuah optimasi mesin pencari yang dilakukan dari luar blog itu.


    3. Jenis Teknik SEO
    Jenis teknik SEO juga terbagi menjadi dua yaitu teknik white hat SEO dan teknik black hat SEO. Apa itu teknik white hat SEO? Teknik white hat SEO adalah suatu teknik optimasi SEO yang bersih, teknik optimasi SEO yang dianjurkan dan yang aman apabila digunakan. Sedangkan pengertian dari teknik black hat SEO adalah suatu teknik optimasi SEO yang kotor, yang apabila dipergunakan akan mendapatkan hukuman yang fatal dari Google dan teknik black hat SEO ini juga sangat dibenci oleh Google. Karena melanggar TOS Google dan merupakan suatu teknik optimasi SEO yang curang, dan instan.


    4. Tujuan Optimasi SEO
    Tujuan dari dilakukannya optimasi SEO on page maupun optimasi SEO off page memiliki tujuan yang sama yaitu menempatkan sebuah situs web atau blog pada posisi teratas hasil pencarian, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan keyword (kata kunci) tertentu yang dibidik atau ditargetkan dan perbedaannya terletak di cara optimasinya. Karena website atau blog yang menempati dan berada di teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih yang besar untuk mendapatkan pengunjung dari mesin pencari, karena pengunjung pasti akan lebih mengutamakan blog yang paling atas terlebih dahulu, lalu mengkliknya dan mengunjungi website atau blog tersebut. Untuk cara menaikan posisi artikel di Search Engine Result Page (SERP) kalian bisa membaca artikel tentang cara meningkatkan posisi artikel di SERP dengan blog dummy ini.


    5. Kesimpulan
    Jadi, optimasi SEO ini merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh blogger manapun yang ingin blognya menempati dan berada di posisi teratas dan mendapatkan banyak pengunjung dari mesin pencari. Optimasi SEO on page dan optimasi SEO off page ini juga merupakan sebuah optimasi yang harus dilakukan dan tidak boleh dipisahkan ibarat sebuah 'pasangan' yang saling melengkapi satu sama lain. Jika hanya salah satu saja optimasi SEO yang dilakukan entah optimasi SEO on page ataupun optimasi SEO off pagenya saja maka akan kurang optimal pula hasil yang akan didapatkan nantinya.
     
    ihsanmoeslim and w712era like this.
  2. gendut54

    gendut54 Ads.id Fan

    Joined:
    Apr 9, 2015
    Messages:
    103
    Likes Received:
    4
    tambah ngerti ane gan
     
    ihsanmoeslim likes this.
  3. thereds10

    thereds10 Newbie

    Joined:
    Mar 20, 2014
    Messages:
    33
    Likes Received:
    0
    Location:
    surabaya
    sharing yang bagus nih buat ane yang mau mendalami seo harus ngerti basic dulu
     
  4. Dzimar

    Dzimar Ads.id Pro

    Joined:
    Jun 21, 2015
    Messages:
    401
    Likes Received:
    2
    Location:
    Jawa Barat
    Top gan
     
  5. Aldisa

    Aldisa Newbie

    Joined:
    Jun 9, 2014
    Messages:
    21
    Likes Received:
    1
    nambah ilmu gan:D
     
  6. Ade thiaz

    Ade thiaz Ads.id Pro

    Joined:
    Sep 17, 2015
    Messages:
    332
    Likes Received:
    10
    Location:
    BATANG
    wah ..bermanfaat banget infonya mastah
    terimakasih:D
     
  7. w712era

    w712era Newbie

    Joined:
    Nov 30, 2015
    Messages:
    44
    Likes Received:
    2
    Location:
    Bandung
    Menurut Om Tito Yulianto dalam blognya SEO adalah sebuah proses.
    Serangkaian proses dalam upaya untuk mempengaruhi otoritas mesin pencari agar memprioritaskan websitenya atau halaman websitenya dalam hasil pencarian secara natural, bukan sekedar terindex, tetapi optimasi tersebut diusahakan hingga berhasil menempatkan posisi website atau halaman di ranking pertama. Proses itu sendiri bertujuan menciptakan peluang lebih besar terhadap website atau halaman web untuk dikunjungi orang yang menggunakan search engine dalam mencari informasi tertentu.
     
  8. dudev

    dudev Super Hero

    Joined:
    Feb 13, 2013
    Messages:
    750
    Likes Received:
    20
    nambah ilmu lagi. thx gan
     
  9. micheleher

    micheleher Ads.id Fan

    Joined:
    Jun 13, 2016
    Messages:
    226
    Likes Received:
    1
    belum paham nih gan
     
  10. masbay_kecila

    masbay_kecila Newbie

    Joined:
    Jun 25, 2016
    Messages:
    21
    Likes Received:
    0
    Oke, bisa dipahami gan
     

Share This Page