1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

[ARTIKEL RINGAN] Rahasia Dibalik Kesuksesan Soto Lamongan Cak Har Surabaya

Discussion in 'Bisnis Umum' started by dmztc03, May 19, 2015.

  1. dmztc03

    dmztc03 Ads.id Pro

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    280
    Likes Received:
    33
    Location:
    Surabaya
    Jika kawan-kawan lagi berada di Surabaya dan lagi pengen kuliner, maka Soto Lamongan Cak Har di Merr (Jln Soekarno-Hatta) bisa jadi salah satu destinasi makan-makan yang direkomendasikan oleh relasi, saudara, atau teman anda. Soto Cak Har memang sudah dikenal lama sebagai salah satu soto yang enak di Surabaya. Saya yang juga dari lama jadi pelanggan soto ini mengikuti perkembangannya dari mulai satu gerobak hingga sekarang jadi restoran yang ramainya luar biasa.

    Suatu ketika saya ingin mencoba mengobrol dengan Cak Kahar, pemiliknya dan mencoba menghubungi beliau. Alhamdulillah beliaunya ada waktu untuk ketemu. Malam itu Cak Kahar atau biasa dipanggil Cak Har berpenampilan rapi mengenakan baju kotak2 putih dengan celana jeans. Sekian tahun saya nggak ketemu nampaknya nggak banyak berubah dari penampilannya.

    “Apa kabar mas, tambah lemu saiki”

    Saya sempet terkejut apa mungkin masih inget sama saya, memang sih saya sudah jadi pelanggan beliau dari 15 tahun lalu sejak beliau masih berdua saja sama istrinya. Waktu itu saya masih SMP kelas 1 kalau nggak salah. Jadi 50:50 lah antara memang bener orangnya ingat atau nggak :p

    Jam menunjukkan 22.30, dan setelah sedikit bernostalgia maka interviewpun saya mulai

    Saya : Cak, tahun berapa sih mulai jualan soto? Awal mulanya gimana?

    Cak Har : Aku kerja masih ikut orang mas, tahun 84 aku ke Surabaya (masih 13 thn) aku masih ikut orang tua jualan soto. Trus mulai mandiri dari thn 92 jualan nasi goreng sama soto. Tapi karena yang banyak laku soto ya akhirnya fokus ke soto.

    Saya : Brarti dah 23 tahun ya…saya ingat sampean sempat pindah2 lokasi jugaCak Har : Iya mas, ya gimana lagi memang belum punya tempat milik sendiri. Dulu sempet jualan di kedungdoro. Terus pindah ke sekitar klampis ini

    Saya : Apa tantangan paling berat Cak selama ini, mungkin yg pernah bikin Cak Har mikir ganti profesi?

    Cak Har : Apa ya…dulu sempet awal-awal berhenti jualan beberapa hari karena gak laku…dulu 7-8 mangkok saja saya anggap laku, tapi setelah itu terus turun sampai sehari cuma laku 1 mangkok. Saya putus asa dan berhenti jualan. Tapi kemudian saya coba buka lagi dan alhamdulillah hari itu habis dan meningkat.

    Saya : Oh ternyata pernah juga ya seperti itu, kalau sekarang nyampe berapa mangkok Cak sehari?

    Cak Har : Ya kurang lebih antara 800-1000 mangkok lah, kalau ramai bisa lebih

    Saya : Karyawannya brp sekarang?

    Cak Har : Sekarang ada 60 orang untuk 2 tempat, di Merr sama depan Convention Center

    Saya : Wah banyak juga ya karyawannya, nggak susah ngatur orang sebanyak itu Cak?

    Cak Har : Aku sih sistem kekeluargaan aja mas, asal anaknya mau kerja bener tak arahkan.

    Saya : Cak, dalam menjalankan usaha soto ini, apa aja sih prinsip yang nggak boleh dinego?

    Cak Har : Pertama itu kualitas makanan, nggak boleh berubah. Bumbu pakai standar ukuran jadi rasa tetap konsisten. Proses masak setiap hari tetap tak awasi sendiri kualitasnya. Gak cuma makanan tapi juga minumannya harus cocok. Banyak yang makanan enak tapi minuman nggak cocok. Makanya disini porsi minumnya pakai gelas jumbo. Biar pelanggan puas dan nggak perlu nambah lagi.

    Saya : Ada lagi Cak?

    Cak Har : Kedua itu ya kita kerja itu harus benar-benar menjaga pelayanan. Pesan soto disini pelayanan cepat karena tau orang lapar pengen cepet makannya. Disini begitu pesan 2-3 menit sudah datang pesanan. Kemudian kebersihan itu betul-betul diperhatikan. Kalo ngga rajin bersih-bersih bisa hilang nafsu makan pelanggan. Terus anak-anak (karyawan) juga saya perhatikan penampilannya, rambut rapi, nggak pakai lengan panjang, nggak topian atau pakai anting. Kalau pakai akik, jam tangan masih boleh. Pelayanan yang cepat, tempat bersih, ramah, itu yang membuat orang senang dan kembali lagi.

    Saya : Wah, berarti depot ini sudah menerapkan standar seperti restoran berbintang atau hotel ya Cak?

    Cak Har : Ya mengarah kesana mas, walaupun belum seperti mereka

    Saya : Dengar-dengar bisa di franchise ya?

    Cak Har : Iya mas, yang franchise sudah ada. Di Surabaya di wiyung, kemudian ada di Kediri, Solo, Jakarta, Makassar, Palu juga ada?

    Saya : Sekarang Soto Cak Har kan sudah jadi icon kuliner, apa rencana pengembangan ke depan?

    Cak Har : Saya sih mengalir saja mas, gak ada planning2an kedepan. Yang penting saya masih kuat kerja ya saya kerja.

    Saya : Ada tips nggak Cak untuk pengusaha dan PKL kuliner supaya bisa sukses seperti Cak Har?

    Cak Har : Yaa..pertama kualitas masakan harus ditingkatkan dan dijaga. Minumannya juga sama harus cocok dengan makanannya. Kedua perhatikan betul kebersihan tempat makan dan peralatan makan serta masakan. Ketiga anggaplah pelanggan seperti saudara, perhatikan betul mereka apakah sudah dilayani, kurang apa dll. Pelayanan harus cepat, orang lapar nggak mau nunggu lama jadi ini penting. Keempat buka tempatnya ya di lokasi yang bagus, yang ramai. Keempat harus sabar dan konsisten buka walaupun sepi..sehingga pelanggan kita nggak kecewa jika ingin makan. Kalau makanan enak, pelayanan bagus, lokasi bagus insyaAllah pasti bisa berhasil.

    Saya : Wah terimakasih tipsnya Cak sangat bagus sekali, kapan-kapan kalau diundang ngisi acara seminar kuliner mau nggak Cak?

    Cak Har : Waduhhh…saya dah kapok, pernah dulu sekali diundang jadi tamu…keringetan sampai basah kuyup..soalnya yang datang orang pinter-pinter semua lha saya ini cuma lulusan SD hahaha

    Saya : Hahaha…iso ae cak (bisa aja)

    Interview pun saya akhiri namun diselingi obrolan ringan ngalor-ngidul mulai dari obrolan tentang keluarga beliau, perkembangan kota Surabaya, kondisi politik,…termasuk Cak Har yang pernah ditawari jadi caleg tapi ditolak oleh beliau :DDari obrolan saya bersama Cak Kahar, saya memiliki kesan yang positif tentang beliau ini.

    Menurut saya Cak Har ini SANGAT LAYAK untuk sukses karena beliau fokus, konsisten, dan telaten dengan usahanya selama 23 tahun. Justru karena beliau lulusan SD, Cak Har memiliki mental untuk terus belajar dari pengalaman. 15 tahun saya menjadi pelanggan Cak Har, tidak ada tempat makan soto lain seperti tempatnya Cak Har yang membuat pelanggannya merasa dekat dengan pemilik tempat tersebut. Hal ini nggak berubah sama sekali walaupun sudah sukses seperti sekarang, Cak Har tetap menyapa dengan hangat dan mengucapkan terimakasih kepada setiap pelanggan yang selesai makan.

    Tidak percaya, silakan datang ke Soto Cak Har diatas jam 10 malam maka rekan-rekan akan mengerti apa yang saya tulis dalam artikel ini :)

    sumber: hxxp://dimaspribadi.com/rahasia-dibalik-kesuksesan-soto-lamongan-cak-har-surabaya
     
    Last edited: May 19, 2015
    newbieinadsense and rexcarnation like this.
  2. lawas

    lawas Ads.id Pro

    Joined:
    May 6, 2012
    Messages:
    356
    Likes Received:
    36
    waduh pagi2 inget soto jadi laper nih :D sukses selalu buat cak kahar dan cak ts
     
  3. dmztc03

    dmztc03 Ads.id Pro

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    280
    Likes Received:
    33
    Location:
    Surabaya
    sarapan dulu gan sebelum beraktipitas :)
     
  4. riefqi

    riefqi Love CloudMILD

    Joined:
    Nov 25, 2011
    Messages:
    612
    Likes Received:
    19
    boleh di cba nih klo mampir surabaya :D
     
  5. pembacaberita

    pembacaberita Ads.id Pro

    Joined:
    May 13, 2015
    Messages:
    273
    Likes Received:
    1
    sangat memotivasi banget, malu rasanya kalo bermalas2an ,,,
     
  6. jakasembung

    jakasembung Super Hero

    Joined:
    Oct 8, 2010
    Messages:
    1,737
    Likes Received:
    44
    Location:
    Bumi Allah SWT
    keren, sering lewat merr tp blom pernah mampir di Cak har, smoga kapan2 bisa :D secara ane kurg favorit sama soto, tp kapan2 bolehlah......
     
  7. aliridho310

    aliridho310 Ads.id Fan

    Joined:
    Apr 30, 2015
    Messages:
    174
    Likes Received:
    3
    Location:
    Indonesia
    Wah, makan soto enak
     

Share This Page