1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

[SHARE]Semua Backlink Tidak Memiliki Bobot yang Sama

Discussion in 'SEO Tips' started by donisugiharto, Jan 11, 2014.

  1. donisugiharto

    donisugiharto HUNTER

    Joined:
    Aug 23, 2012
    Messages:
    1,790
    Likes Received:
    119
    Permisi ane mau sharing nih. Iseng2 browsing di internet nemu ginian.siapa tau bermanfaat. Buat admin kalau repost tolong dihapus aja ya, tadi search di forum ini blm ada yg share sih.sory ya kalau susah dipahami mastah-mastah, agan-agan disini.

    Langsung aja deh

    Search Engine Optimization (SEO) ada 2 yaitu on page SEO dan off page SEO. Salah satu faktor penting dalam off page SEO adalah backlink. Yang perlu diketahui adalah backlink dari suatu website memiliki bobot berbeda-beda. Di tahun 1997, founder Google menciptakan metode algoritma untuk mengukur kepentingan dan popularitas berdasarkan beberapa hal

    Links di web bisa diartikan sebagai vote yang diberikan oleh sumber untuk target semua vote, pada awalnya dianggap sama. Page yang mendapatkan vote lebih banyak akan menjadi lebih penting. Halaman yang lebih penting akan memberikan vote yang lebih penting. Vote page yang bisa memberikan adalah fungsi dari pentingnya suatu page, dibagi dengan jumlah votes/links yang ia berikan.

    Algoritma yang disebutkan tadi, yaitu PageRank, dan itu mengubah jalannya pencarian web, menyediakan value yang luar biasa ke Google pada kualitas dan relevansi di hasilnya. Di saat pengetahuan tentang PageRank menyebar, orang-orang yang memiliki ketertarikan dalam mempengaruhi search rankings (SEO) menemukan cara untuk memanfaatkan informasi ini untuk website dan page mereka.Namun, Google tidak berdiam diri atau beristirahat pada pencapaian mereka di bidang link analysis. Mereka berinovasi, meningkatkan sinyal seperti anchor text, trust, hubs & authorities, topic modeling dan bahkan aktivitas manusia untuk mempengaruhi bobot dari link yang terbawa. Namun, sayangnya, banyak orang di bidang SEO masih tidak menyadari perubahan dan bagaimana mereka mempengaruhi external marketing dan best practices dari link acquisition.

    Postingan ini adalah tentang sepuluh prinsip dari link valuation. Di saat anda membacanya, mohon untuk dicatat ini tidaklah sulit. Sepuluh prinsip ini akurat berdasarkan pengalaman, testing, dan observasi oleh seomoz.org, tetapi dengan semua hal di SEO, ini adalah opini. Kami sangat ingin mendorong pembaca untuk mencobanya sendiri. Tidak ada yang lebih baik belajar SEO selain dengan mencoba dan bereksperimen sendiri.

    1. Link yang berada pada bagian atas HTML code memberikan vote yang lebih powerful. Berdasarkan gambar, link yang berada di atas dari suatu page akan memberikan vote/ranking yang lebih tinggi, artinya “A” mengalahkan ranking “B” begitu juga dengan “C” untuk kata kunci “fuzquatziik”. Banyak test yang lain, begitu juga korelasi dan ranking model data telah menunjukkan bahwa dengan memiliki keyword di depan title dapat menghasilkan ranking yang lebih tinggi. Itu kenapa, “B” seharusnya dapat mengalahkan “A”. Akan tetapi karena kekuatan dari “link yang lebih tinggi memberikan ranking yang lebih baik”, itu sebabnya “A” masih dapat mengalahkan “B” di skenario test di atas.

    2. External links lebih berpengaruh dibanding internal links. Search engine sering berpesan bahwa apa yang orang lain katakan tentang anda itu lebih penting dari apa yang anda katakan tentang diri anda sendiri. Prinsip ini juga berlaku ketika anda membandingkan external links vs. internal links.

    3. Links dari unique domain lebih penting daripada link dari situs sebelumnya. Dari hasil penelitian terkait Serps (Search Engine Result Page), lebih baik untuk memiliki 50 links dari 50 domain yang berbeda dari pada 500 link dari situs yang telah terhubung dengan anda.

    4. Links yang bersumber dari situs yang terpercaya dapat memberikan value yang lebih. Banyak paten aplikasi yang terkait search dan juga catatan dari para search engineers yang berpengalaman menyebutkan bahwa links yang berasal dari domain yang highly trusted dapat memberikan ranking yang lebih baik.

    5. Links yang berasal dari “dalam” unique content memberikan value yang lebih dibandingkan links dari footers/sidebar/navigation. Tentunya, links yang berasal dari unique/relevant content dapat memberikan ranking yang lebih baik, impact yang positif, dan juga menghindari spam daripada link yang berasal dari footer, sidebar, dan navigation.

    6. Keyword di HTML text memberikan value yang lebih daripada yang ada di Alt Attributes dari linked images. Berdasarkan ujicoba oleh Moz.com, anchor text yang ada di HTML dapat memberikan potensi dan value yang lebih besar dibandingkan alt attributes di dalam image links. Ini tidak berarti bahwa kita harus membuang/tidak menggunakan image links, badges ataupun alt attributes.

    7. Links yang berasal dari situs yang lebih penting, lebih terpercaya, dan popular memberikan value yang lebih (bahkan dari pages yang kurang penting). Kita mungkin sering mengalami perasaan sedih melihat competitor yang terhubung dari page yang kurang kuat (mis.random un popular page dari situs CNN) dapat mengalahkan kita. Ini mungkin bisa dijelaskan oleh value dari domain untuk memberikan link tersebut. Ini juga bisa membantu search engine untuk melawan spam dan menyediakan hasil yang lebih terpercaya (trusted).

    8. Links yang berada di No Script Tags memberikan value yang lebih rendah (dan mungkin tidak ada value). Selama bertahun-tahun, fenomena ini dilaporkan dan bertentangan berkali-kali. Hasil testing kami : noscript link tidak memberikan value, tetapi ini mungkin tidak benar dalam setiap kasus.

    9. Munculnya sejumlah besar dari backlink-backlink yang baru mungkin dapat membuat website Anda (atau link Anda) memenangkan kompetisi yang ketat di search engine secara sementara (atau juga secara bertahap). Ketika sebuah page mendapatkan sejumlah baclink yang relatif banyak dalam waktu pendek, algoritma search engine dapat mengartikan ini sebagai sinyal bahwa halaman atau URL tersebut baru dan sangat berguna/menarik/updated. Links yang trending secara sementara ini, bahkan dapat memberikan dorongan yang menempatkan page di posisi Serps yang baik.

    10. Page yang memiliki outbond link ke Web Spam mengkin dapat mendevaluasi link lain yang ada di halaman tersebut Link yang dikenal spam (bahkan dengan mengimplementasikan rel=nofollow) dan jumlah keyword beracun yang tinggi atau anchor text yang termasuk niche yang terlalu komersial/agresif (mis.viagra) dapat menurunkan kemampuan halaman URL tersebut (dalam contoh di atas : seomoz.org) untuk perform dengan baik di ranking dan menurunkan link value yang diberikan.



    ane bukan mastah, point diatas ane cuma copas aja. ane nemu, kemudian ane share disini tujuan nya ya mari kita bersama-sama menganalisa point2 diatas. ya intinya semoga bermanfaat lah. :silau: maap ya kalau point2 diatas agak susah dimengerti, ane aja belum semua paham point diatas :peace:

    oiya sumbernya disini silahkan buka gan biar langsung baca artikel aslinya.hehehehe, hxxp://id.berita.yahoo.com/semua-backlink-tidak-memiliki-bobot-yang-sama-10-033225238.html
     
    Last edited: Jan 16, 2014
  2. abifirasy

    abifirasy Ads.id Fan

    Joined:
    Dec 27, 2012
    Messages:
    107
    Likes Received:
    0
    Location:
    SwarnaDwipa
    lanjut gan dengan contoh kasus contoh kasus webnya
     
  3. bsunardho

    bsunardho Ads.id Fan

    Joined:
    Sep 9, 2011
    Messages:
    194
    Likes Received:
    2
    Location:
    Bogor
    Ane ikut nyimak aja gan.. gelar tiker dulu.. nyimak petuah para suhu... :)
     
  4. begywahyuanggara

    begywahyuanggara Ads.id Pro

    Joined:
    Oct 3, 2013
    Messages:
    261
    Likes Received:
    5
    eh kepencet like :D
    makasih mastah sharenya....
     
  5. donisugiharto

    donisugiharto HUNTER

    Joined:
    Aug 23, 2012
    Messages:
    1,790
    Likes Received:
    119
    contoh kasus web nya ga ada gan belum riset :))

    silahkan gan, mari kita tunggu suara dari para mastah disini,hehehe

    hahahahaha, sama-sama gan :D
     
  6. T4m3n6

    T4m3n6 Ads.id Fan

    Joined:
    Apr 7, 2013
    Messages:
    207
    Likes Received:
    6
    Manteb om sharenya...
     
  7. murwalistyo

    murwalistyo Hero

    Joined:
    Dec 4, 2013
    Messages:
    641
    Likes Received:
    28
    Location:
    Semarang - Depok
    Yak, manteb dijadiin point-point. Lebih enak bacanya.
    Makasih sharenya :D
     
  8. habeebee

    habeebee Ads.id Pro

    Joined:
    Feb 20, 2012
    Messages:
    260
    Likes Received:
    2
    Location:
    kediri
    :pusing: Kalau boleh saran nih Mastah, kalau copas dari luar forum tolong jangan asal di copas disini. Tolong di atur dulu titik,koma dan lainnya. Biar saya serta teman-teman di sini gak pusing memahaninya. Tread mastah ini setelah saya baca harusnya ada gambarnya juga, tapi disini ga ada. Jadi sulit memahaminya. :pusing:
     
  9. kalila

    kalila Super Hero

    Joined:
    Jan 13, 2011
    Messages:
    837
    Likes Received:
    100
    intinya..kekuatannya masih tetap pada backlink..
     
  10. donisugiharto

    donisugiharto HUNTER

    Joined:
    Aug 23, 2012
    Messages:
    1,790
    Likes Received:
    119
    iya gan, soalnya kemarin posting dari hp. susah bener kalau mau edit2. nanti kalau sempat tak perbaikin. thanks gan,hehehehe
     
  11. hariri

    hariri Super Hero

    Joined:
    Aug 30, 2010
    Messages:
    1,764
    Likes Received:
    26
    Location:
    /wp-admin/your-heart
    wah boleh juga nih dipelajari lebih lanjuut,,, makasih yaa gan udah mau berbagi. Moga earning nya makin lancar
     
  12. Charly

    Charly Newbie

    Joined:
    Jan 15, 2014
    Messages:
    16
    Likes Received:
    0
    Makasih mastah, Ajib Bener :tepuktangan:
     
  13. donisugiharto

    donisugiharto HUNTER

    Joined:
    Aug 23, 2012
    Messages:
    1,790
    Likes Received:
    119
    dipelajari habis itu sharing disini ya.hehe
    thanks amin gan

    sama-sama gan.
     
  14. jasa_spg

    jasa_spg Newbie

    Joined:
    Feb 23, 2015
    Messages:
    11
    Likes Received:
    0
    Location:
    jakarta
    bagaimana cara cek outbond link yang tidak di inginkan atau yang di taruh tanpa ijin,mohon pencerahan nya yah mastah2
     
  15. kiyaiganteng

    kiyaiganteng ░░▒▓ ✯✯✯✯✯ ▓▒░░

    Joined:
    Jan 2, 2015
    Messages:
    1,829
    Likes Received:
    162
    Location:
    palembang
    Keren banget om ane sampe berulang2 kali bacanya.
     
  16. robertkambo

    robertkambo Newbie

    Joined:
    Mar 27, 2015
    Messages:
    20
    Likes Received:
    1
    emang bakal dapet beda2 bobot?
     
  17. si emen

    si emen Netpreneur

    Joined:
    Feb 14, 2015
    Messages:
    439
    Likes Received:
    18
    Location:
    Kroya, Cilacap
    wah terimakasi gan,, ngak repot nyari sendiri :v
     
  18. icefireberg

    icefireberg Newbie

    Joined:
    Oct 11, 2014
    Messages:
    21
    Likes Received:
    0
    Location:
    Cimahi
    bener nih gan, backlink itu bukan sekedar nanem link terus tinggalin :p
    ada banyak value yang mesti dipertimbangkan :D
     
  19. yuzar

    yuzar Ads.id Pro

    Joined:
    Apr 28, 2015
    Messages:
    377
    Likes Received:
    13
    yaps benar gan harus milih2 dengan cermat
     
  20. sathreea

    sathreea Super Hero

    Joined:
    Jun 13, 2011
    Messages:
    7,719
    Likes Received:
    1,001
    Location:
    Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia
    bisa jadi patokan backlinking nih :D
     

Share This Page