1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

[SHARE] Konten is king? BullShit!

Discussion in 'SEO' started by Phonecompi, May 12, 2014.

  1. Phonecompi

    Phonecompi Super Hero

    Joined:
    Apr 18, 2010
    Messages:
    856
    Likes Received:
    290
    Location:
    Medan
    BACA | PAHAMI | RESAPI | KASIH PENDAPAT

    DISCLAIMER:
    Ane sadar gak sepenuhnya pendapat ane benar, tapi ane yakin pendapat ane juga ada benarnya. Mohon maaf buat yg pada reply trit gak ane bales, bukan sombong bukan sok pinter, tapi menghindari yang namanya "debat kusir". Kebiasaan orang di forum kalo nulis trit pendapat dan pandangan pasti ada yang pro dan kontra sampe tonjok2an yang berujung pada debat kusir. Trit ini bukan untuk debat, tapi untuk berbagi pandangan dan pendapat. Syukur2 kalo bermanfaat.
    ============================================================================
    =============================================================


    Tujuan trit ini: Mau mencerahkan mata para IMers sekalian aja (yg baru mengenal IM). Kalo content itu gak sepenuhnya jadi raja. tetap dibutuhkan yang namanya "faktor lain" dan "Faktor X" untuk bisa menaklukan mbah G. Jadi yang baru mengenal IM, jangan tertipu sama trit-trit yang sudah ada, yang menuliskan kalau content itu raja. :-B


    Soalnya gak jarang ada IMers baru, baca trit "PENCERAHAN" kalo konten itu KING, jadi dia nulis konten yang oke punya dengan rumus P x L = L x T tanpa memikirkan dan melakukan "faktor lain" dan "Faktor X" itu. Capek-capek nulis 2000 kata tapi gak dapet pejwan. uda nulis se-"readable" mungkin gak ada yang baca.

    Maaf buat yang sharing di ads-id yang memang isinya berkaitan dengan kata2 bijak webmaster "konten = king". bukan maksud mencela. hanya mencerahkan
    ============================================CONTOH KASUS===============================================

    1. Langsung aja ke contoh kasusnya. Buka Google.co.id. Kali ini contoh kasus kita ambil KW "Desain Rumah". Liat dan buka blog Posisi SERP sbb:
    #1 = hxxp://sensoooorrrrrrrrrr
    #11 = hxxps://www.emporiohouse.com
    #12 = hxxp://sensoooorrrrrrrrrr

    KENAPA DISENSOR???????????????
    - Berhubung foundernya ngontak ane supaya sampel blog nya di delete, jadi maaf nih ane delete aja ya... yang penting kan inti dari trit ini. bisa dong dimengerti apa aja intinya.
    - blog kedua belum ngontak ane. tapi kayaknya bukan anak ads-id. ntuh kayaknya blog punya perusahaan deh. jadi kagak tau kalo blognya masuk di trit ini :D


    2. Buka ketiga blog diatas. Mana menurut anda yang isi blognya (konten) paling "SEO Friendly" sekaligus "User Friendly"? Mana yang navigasi blognya bagus? /:)


    sudah jelas, blog dengan posisi kesebelas dan dua belas. Kenapa? Artikelnya panjang x lebar. Yang punya tuh blog jelas bener2 merawat tuh blog dengan baik, dikasih makan (posting) tiap hari. :D


    Sementara blog pertama? Dia dapet #1. Uda gitu dapet "sitelink" lagi dari si mbah. Itu berarti, tuh blog uda lama menempati singgasana kekuasaannya di kerajaan "Desain Rumah" dan dapet upeti terus. Padahal blog yang dapet #1 kontennya dikit. Parahnya lagi, tuh konten bukan tulis tangan. Palingan cuman upload2 gambar doang. :))


    =====================================================================================================


    itu baru satu contoh kasus aja. Lah soalnya ane juga punya blog dengan navigasi super oke. Tulis manual 500+ kata. Umur blog hampir 1 tahun. SEO Onpage oke. dengan hasil Analytics sbb:


    - Pageviews +/-3x lipat dari jumlah uv/day
    - Bounce rate 23% (bayangin aja tuh, bounce rate segitu! itu artinya kualitas blog ane di mata visitor "Top Markotop". ente ada gak yang punya bouce rate segitu? kalo ada pun paling gak banyak. karena sulit banget ngedapetin BR segitu)


    Blog ane dapet posisi berapa? gak keliatan di 10 halaman pertama Google. ane cari di 20 halaman pertama Google juga gak nongol. I-)


    =====================================================================================================


    Terbukti, konten bukanlah segalanya. Okelah kalo konten itu memang penting. Ane akuin kok. Banyak pula orang yang bilang kalo konten itu yang harus di utamakan. Tapi gak selalu konten itu yang utama dan pertama. Ingat! Ada "faktor lain" dan "faktor X". :-B


    "Faktor lain" itu apa? faktor lain itu:
    - SEO Onpage
    - SEO Offpage
    - De el el


    Selama ini ane cuman pake SEO Onpage aja buat "faktor lain". Tanpa make SEO Offpage. tapi baru-baru ini ane pake SEO Offpage, langsung dah melejit ke page 3. hebat bukan? Bukan ane yg hebat, tapi "The Power of SEO Offpage" yang hebat! :D


    "Faktor X" itu apa? Faktor X itu faktor yang hanya diketahui matt cutt dan bawahannya. Kita sebagai webmaster / IMers hanya bisa meraba. Para SEO Expert tentu udah tau sebagian dari "Faktor X" itu. Jadi kalo mau tau, tanya aja ama SEO Expert. jangan tanya ane, soalnya ane cuma SEO Mampet, bukan SEO Expert. Faktor X itulah yang sering dipake sama tukang / service jasa SEO. Mereka berani kasih garansi dapet pejwan dalam sekian bulan. 8-|


    Tapi ane yakin, kalo gak banyak dari SEO Expert itu mau ngasih tauh ente2 (terutama yg bukan kenalannya). Karena buat ngedapetinnya butuh kerja keras dan uji coba. ya gak mungkin mereka ngasih gratis gitu aja. Kalo dalam hati mereka "susah di gue, enak di 'eloe" :))


    Jadi urutan yang paling penting itu:
    1. Offpage
    2. Onpage
    3. Konten


    Tapi jangan ketipu. meski ane bilang offpage itu yang nomor 1 dan merupakan faktor yang paling penting, bukan berarti ente harus ngeduluin optimasi offpage dari pada konten. Untuk memulai building blog, urutan pengerjaan diatas harus dibalik menjadi:
    1. Konten
    2. Onpage
    3. offpage


    TAMBAHAN
    Google juga sering kali nulis di blognya, atau ngupload video di Yutup yang memberikan penjelasan dan memberikan saran kepada webmaster gimana caranya agar Google memberikan #1 miliknya kepada situs tertentu. Jangan percaya sepenuhnya. Ingat:
    Mereka itu munafik!
    Mereka itu cuma mau untung!
    Mereka cuma mau duitnya!
    Mereka itu mau memonopoli
    mereka itu sama kayak pejabat negara Indonesia yang cuma membual aja kerjanya, sementara yang dibawah kurang dihargai


    Mereka kasih tips buat para webmaster agar "nulis" untuk pengunjung, bukan untuk google". mereka juga sebutkan bahwa PR tidak berpengaruh buat SEO, mereka juga sebutkan bahwa posisi BL sebagai penentu posisi di SERP google tidak lebih baik dari kualitas konten (ya gak salah sih, tapi gak semuanya juga benar). Semua itu Bullshit! /:)


    itu aja. smoga mencerahkan.

    NB:
    gak lagi marah kok. stay cool aja. cuma emang bawaannya kalo nulis emang gini :))



    =============================-oO UPDATE Oo-=================================


    Offpage yang paling ane tekankan disini adalah BACKLINK. Tapi tentu aja sebenarnya bukan hanya BL yang menentukan (dalam hal offpage). Tapi ane ngerasain bener besarnya pengaruh BL dari pada sekedar konten.

    Sampai saat inipun bahkan walau dengan bounce rate rendah, navigasi bagus, page session lama, jangankan pejwan, sitelink pun belum nyantol :))

    =============================================================================================


    Mungkin ada yang pro kontra dengan pendapat ane. Tapi kalo gak percaya, bisa mas bro buktikan sendiri.

    "Blog dengan Konten Berkualitas" VS "Blog dengan Backlink Berkualitas"

    Coba buat 2 blog. Keyword yang ditembak sama, dimana blog 1 dengan kotent berkualitas. 1 posting 500 kata, SEO di artikel ditekankan (tapi jgn berlebihan juga), nulis untuk visitor. Tanpa nyari Backlink secuilpun. Jadi cuman "build blog>Posting>posting>posting"

    Sementara blog kedua tulis aja 200-300 an kata, beberapa posting cukup (50-100 posting). gak usah mikirin SEO saat nulis artikel. tulis aja seadanya (tapi yang readable juga dong, jangan sampe gak kebaca) :D . Terus cari deh BL dari blog lain yang high PR dan niche-nya sama. liat siapa yang juara pertama

    ya kemungkinan hasil bisa berviariasi. Tapi dari beberapa orang yang menguji, coba dihitung berapa persen yang menang antara "blog dengan konten berkualitas" VS "blog dengan BL berkualitas"




    ============================================



    Kalo pun ane gak pernah main di luar, coba deh dibuktikan. Blog ente yang gak pernah disiram BL. terus tiba2 kontennya masuk ke situs besar kayak ubergizmo, cnet, atau techcrunch (misalnya), atau gak usah situs besar, dijiplak aja ama blog lain yang punya BL segudang dengan kemiripan konten 98%. Padahal jelas2 blog ente yang nulis. Siapa kira2 yang dapet pejwan? ya ane juga tau situs besar gak mungkin njiplak. tapi tetep ada kemungkinan dong, La wong situs sekelas Detik.com aja pernah njiplak blog lain 100% identik :lol:

    Perusahaan sekelas RCTI aja sinetron "kau berasal dari planet Mars"-nya bisa njiplak drama korea:lol:


    =============================================

    Konten berkualitas, kalo gak dapet pejwan gak bakal ada "human" yang baca. Paling yang baca "hucuzin" aka "Alien" (bot). ya tentu ada aja sih human yang baca. tapi tentu efek visitor bejibunnya bakalan lama kita rasakan. bertahun2 mungkin.



    =============================================



    Reply trit bagus pilihan redaksi :lol:
    [​IMG]
    Maaf pake gambar spoilernya. soalnya kena limit jumlah karakter trit

    Buktinya tuh yang dapet pejwan dengan KW "Desain Rumah" uda kena banned Adsense.


    ======================UPDATE LAGI (14 MEI 2014)======================

    Nyesel kalo gak baca lanjutannya :D
    Sory. kena "limit" 10.000 kata. BACA aja lanjutan/UPDATENYA DISINI


    [​IMG]

    kalo aja dapet pejwan di Google semudah ini :lol:
     
    Last edited: May 14, 2014
    jumpboo, danker88, malik008 and 40 others like this.
  2. Dwipangga

    Dwipangga Super Hero

    Joined:
    Mar 25, 2010
    Messages:
    3,142
    Likes Received:
    297
    Location:
    Home
    Kalem, Komandan
    Adem adem.......
     
    cakdono likes this.
  3. Trinitroz

    Trinitroz Super Hero

    Joined:
    Dec 15, 2013
    Messages:
    971
    Likes Received:
    44
    Location:
    Makassar
    BLnya fotodesainrumah lebih banyak + powerfull gan. Lagipula konten yang panjang lebar lebih berguna untuk narget long tail keyword puluhan atau bahkan ratusan bukan untuk fokus ke 1 kw doank. Kalau untuk posting banyak2 ya logika aja gan makin banyak konten makin banyak keyword yang kemungkinan ditarget, makin banyak kemungkinan hasil pencarian muncul.
     
    Avelin666 and bukanscam like this.
  4. az4net

    az4net Super Hero

    Joined:
    Jul 1, 2010
    Messages:
    1,340
    Likes Received:
    34
    Location:
    Di zona oksigen
    Setuju om memang konten yang berkualitas doang tidak cukup. Butuh faktor lain diantaranya doa.

    Kesimpulannya mulai skrg berkawan baiklah dengan para tukang servis seo agar kecipratan ilmunya, caranya dengarkan keluhan mereka apa, kalo lapar belikan nasi padang yang paling enak dikotamu, kalo mereka minta cewek berikan si mongol aja :D
     
  5. hariri

    hariri Super Hero

    Joined:
    Aug 30, 2010
    Messages:
    1,764
    Likes Received:
    26
    Location:
    /wp-admin/your-heart
    top markotop, btw enak juga tuh yg punya web diatas bisa dikunjungi beberapa warga ads-id :silau:
     
  6. koplo

    koplo Hero

    Joined:
    Jan 28, 2014
    Messages:
    521
    Likes Received:
    9
    ahahahaa...kalo di pikir ada bnernya juga.
    nda boleh percaya 100% ama si mbah
    karna mreka juga pengen untung
     
  7. Daeng Aco

    Daeng Aco Super Hero

    Joined:
    Jul 1, 2012
    Messages:
    1,146
    Likes Received:
    329
    banyak"in trial aja masbro yg rajin, ntar pasti ketemu jg kok faktor X nya :komunis:
     
    bagoezt likes this.
  8. iidbae

    iidbae Super Hero

    Joined:
    Nov 12, 2012
    Messages:
    2,314
    Likes Received:
    168
    Location:
    Pusdai-Bandung
    Gak sabar sata mau bikin Trit "Cara saya bertahan selama 2 tahun di halaman 1 urutan 1 google" :lol:
    Nati tapi mau bikin tugas kampus dulu :D
     
  9. dadada

    dadada Super Hero

    Joined:
    Dec 10, 2013
    Messages:
    2,514
    Likes Received:
    999
    Ane punya web(bukan blog) nganggur selama 2 tahun, kemaren habis expired selama 3 bulanan dan index sudah habis di SE google. Setelah ane fix kembali dan bisa diakses full konten seperti semula, Index google beserta sitelinknya kembali normal lagi hanya dalam 1 hari saja setelah fetching.

    Dulu ketika masih jaya-jayanya, menempati top#1 dg KW "premium" , saingannya web-web/blog yg udah bertahun-tahun.

    Jenisnya web minisite, kontennya cuma sedikit dg page (home,contact, about, privacy, order, FAQ), dan tentu saja tak pernah tambah artikel seperti halnya blog.

    Tapi web ane tersebut bounce ratenya juga rendah sekitar 20 - 30 %. BLnya tidak banyak, tapi hanya dari web yang relevan dan ber PR (ane waktu itu beli link sidebar dan beberapa dummy).

    Kenapa Bounce rate web ane rendah?, Tentu saja, karena pengunjung rata-rata penasaran karena membaca kata-kata marketingnya, sehingga kemudian menavigasi seluruh halaman yg ada :D

    Jadi Mungkin pada intinya yg berperan bagus adalah Bounce rate rendah, struktur halaman, dan BL relevan ber PR,, . Biar kayak apapun konten web kita, asalkan lebih banyak dinavigasi visitor, durasi visit nya lama - bounce rate rendah, dan relevan BL, kemungkinan besar akan dapat sitelink dan Bagus posisinya ! . Cuma Kalau blog dg kontent yg lebih panjang, tentu akan menambah kekayaan sub -sub -sub KW, dan berpotensi dapat pengunjung nyasar lebih besar, lumayan,,

    Yg paling sulit memang mempertahankan Bounce rate
     
    Last edited: May 12, 2014
  10. msugeng

    msugeng Ads.id Fan

    Joined:
    Oct 18, 2011
    Messages:
    183
    Likes Received:
    34
    Konten sampai kapanpun akan tetap jadi jadi raja kalo konten tersebut dibuat ditujukan untuk manusia.

    Yang pasti yang namanya raja juga butuh pelengkap. Harus ada ratunya, pengawal, pembantu, dan lain sebagainya.
     
    jlabjleb, saidqb and cbpartner like this.
  11. herunoise

    herunoise Ads.id Pro

    Joined:
    Oct 24, 2011
    Messages:
    278
    Likes Received:
    14
    Location:
    Semarang
    Inget bro, seo itu sekarang lebih condong ke memanusiakan pencari informasi (real human). Selama kita menyediakan apa yg dibutuhkan manusia dan memudahkan manusia maka hadiahnya #1 google.

    Itu contoh yg bro kasih site memiliki konten memang tidak 100% unik kl dilihat dr copyscape tp coba lihat tanggal post dengan site yg menyerupai isi konten. Bisa aja isi kontennya di copas sama blog laen.

    Seo memang tidak hanya konten yg unik tp ttp "konten is king" karena yg dicari pengguna google adalah konten bukan backlink.

    Itu kl menurut sudut pandang ane dan selama ini web ane udh dikinjungi puluhan ribu uv tiap harinya padahal BR cuma 70%.
     
  12. azf81

    azf81 Ads.id Pro

    Joined:
    May 20, 2012
    Messages:
    328
    Likes Received:
    35
    Location:
    jakarta
    Setuju sama mastah ini... btw semangat bgt nulisnya ya
     
  13. Aprilia88

    Aprilia88 Super Hero

    Joined:
    Dec 26, 2013
    Messages:
    2,127
    Likes Received:
    87
    Dan jangan lupa posisi keyword di artikel juga nentuin

    Sent from my C6602 using Tapatalk
     
  14. 4gatha

    4gatha Ads.id Fan

    Joined:
    May 12, 2014
    Messages:
    115
    Likes Received:
    4
    Location:
    Jakarta Selatan
    teman saya seorang spammer tanpa begitu memperhatikan kontennya asal buat blog dgn blogspot secara geriliya/kuantitas bisa jg dpt penghasilan konsisten di atas 2K usd per bulannya gan
     
  15. norwafa

    norwafa Ads.id Starter

    Joined:
    Dec 17, 2011
    Messages:
    67
    Likes Received:
    2
    ikut mantau aja dah,kayaknya bakalan rame,
    siap2 nampung elmunya aja ^_^
     
  16. koplo

    koplo Hero

    Joined:
    Jan 28, 2014
    Messages:
    521
    Likes Received:
    9
    slanjutnya mgkin bisa di share dong..
    cara paling ampuh buat nulis konten bule sndri tanpa perlu pake jasa writer
    nda perlu sempurna caranya asal yg baca paham maknanya...
     
  17. the_cimcisz

    the_cimcisz Ads.id Starter

    Joined:
    Apr 19, 2013
    Messages:
    70
    Likes Received:
    1
    gelar tikar dimari,nunggu mastah turun gunung memberi pendapatnya masing2
     
  18. laguboti

    laguboti Ads.id Fan

    Joined:
    Jul 21, 2007
    Messages:
    151
    Likes Received:
    2
    Location:
    Jakarta
    Sepertinya pendapat TS ini ada benarnya, ane dah hire ghostwriter bule menulis konten unik ke blog ane, tanpa optimasi seo offpage hasil google serp nya buruk, alhasil kagak ada yg baca, padahal ane bayar mahal tuh ghostwriter
     
    ithoib likes this.
  19. aka_omerta

    aka_omerta Hero

    Joined:
    Feb 4, 2012
    Messages:
    722
    Likes Received:
    61
    Location:
    Bekasi - Subang - Yogya

    Kontent is king...
    Tapi seorang king/raja tidak bisa "berkuasa" sendirian... :jahat:
     
  20. Febriyan Cahya Yudha

    Febriyan Cahya Yudha Kicot Pink

    Joined:
    Sep 6, 2013
    Messages:
    1,802
    Likes Received:
    179
    Location:
    Kulon Progo
    ikutan pantau aja deh gan

    kagak mudeng sama seo masalahnya :hmm: :swt:
     

Share This Page