1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

Budi Uangnya 3,5juta bisa menjadi 7jt. Gimana ceritanya? Yuk baca

Discussion in 'Chit Chat' started by danuakbar, Jul 17, 2013.

  1. mogarich

    mogarich Ads.id Pro

    Joined:
    Jan 5, 2012
    Messages:
    284
    Likes Received:
    8
    Mantaf bener...
    Jadi terinspirasi mudah2an bsa kayak gitu aamiin...
     
  2. Tities

    Tities Ads.id Fan

    Joined:
    Dec 12, 2012
    Messages:
    170
    Likes Received:
    18
    Location:
    Jember jatim
    Mohon maaf sebelumnya, saya ingin sedikit berkomentar ttg trit ini...
    1. Mengenai kebaikan dari bersedekah,,,tidak ada keraguan bagi saya sebagai muslim bahwa Allah bakal membalas dengan balasan yang tak terhitung...konsep ini dalam Islam berkaitan dengan syukur...selain itu, ada nash yang shahih mengenai ini seperti yang sudah agan TS paparkan..
    2. sedekah dan zakat adalah 2 hal yang berbeda...zakat adalah sebuah hukum yang mengikat mengingat ada rincian perhitungan yang harus diperhatikan...jika harta (terkait penghasilan) sudah masuk kriteria wajib dizakatkan (zakat maal)...maka harus dikeluarkan...jika belum masuk kriteria,,,tidak wajib dikeluarkan zakat tersebut, zakat juga dikeluarkan dengan ketentuan yang mengikat mengenai jumlah dan waktu/periode, zakat fitrah hanya berlaku pada bulan ramadhan, sendangkan zakat maal tidak (akan tetapi, zakat maal memiliki ketentuan yaitu periode..misalnya, penghasilan kita dalam setahun)...mengenai sedekah, kriteria, besaran dan waktu tidak ditentukan secara pasti....
    3. Dalam Islam,,siapa yang berhak menerima zakat dan sedekah juga sudah dijelaskan (terutama zakat)...satu hal yang paling penting adalah penerimanya juga beragama Islam...artinya, sedekah yang dikeluarkan/diterima dari dan oleh non-muslim tidak termasuk kriteria sebagai sedekah apalagi zakat...
    4. Konsep yang disampaikan oleh TS saya akui bagus sebagai pendorong kepada sesama untuk saling berbagi...tapi, melihat perkembangan dari trit ini, konsep yang ditawarkan sepertinya hanya cocok untuk muslim (ini terkait dengan pernyataan saya di no. 3 jg)....selain itu, ada kelemahan kalkulasi yang ditawarkan oleh agan TS yaitu pada point "Nabung"..tabungan tersebut berasal dari sisa pengeluaran...tapi, di akhir kalkulasi, sisa pengeluaran dan tabungan sama2 dihitung dan berpengaruh pada angka akhir yaitu 7 juta....silahkan dicek kembali....harusnya, tabungan sudah tidak perlu ditulis disana karena sudah include di sisa pengeluaran....
    5. Saya kurang setuju tentang komentar yang mengatakan bahwa pernyataan agan TS bisa menyesatkan...saya lebih cenderung berpendapat bahwa konsep ini bias....
    6. Saya masih belum pernah membaca/menemukan dalil mengenai berapa kali lipat yg akan kita dapatkan dari bersedekah..jadi, jika digambarkan bahwa dari sedekah sebanyak 500 rb dapat berlipat menjadi 1 juta, saya melihat itu sebagai sebuah judgement...saya khawatir ini akan mengarah kepada mendahului ketentuan Allah....

    :::mungkin itu dulu, semoga pendapat saya ini tidak dianggap sebagai pendapat anti sedekah...jika reply ini dianggap kurang pantas, saya mohon maaf dan harap diingatkan...
     
    danuakbar likes this.
  3. danuakbar

    danuakbar Super Hero

    Joined:
    Oct 11, 2009
    Messages:
    3,138
    Likes Received:
    2,044
    Nah, cara yang seperti ini yang saya sukai... Menjawab dengan penuh keyakinan dan yang dikritikpun merasa terbangun.
    Ternyata benar ada kesalahan di kalkulasi.. Kan kritik yang kayak gini sifatnya membangun.. :)

    Mengenai 500 jadi 1juta, itu hanyalah perkiraan saja. Tidak ada maksud untuk takabur. Tetapi Allah berjanji dalam Al-Qur'an:

    "Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan." (Al-Baqarah ayat 245)

    "Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui." (Al-Baqarah ayat 261)

    Tujuan saya bikin thread ini tidak lain untuk mengajak berbagi ke sesama. Gimana dengan thread ini? Kalo emang sekiranya tidak berguna, silahkan dihapus saja.
     
  4. ekykereen

    ekykereen Ads.id Starter

    Joined:
    Nov 21, 2011
    Messages:
    85
    Likes Received:
    1
    Location:
    SAMARINDA
    Mantap mas ...
    Uang itu ibarat Air yang mengalir ..... :D
     
  5. Tities

    Tities Ads.id Fan

    Joined:
    Dec 12, 2012
    Messages:
    170
    Likes Received:
    18
    Location:
    Jember jatim
    Yups, thanks atas reply nya gan...dari dalil yang agan sampaikan,,mungkin buat saya akan lebih enak klo dari sedekah 500 rb tanda panahnya mengarah ke ??? atau tak terhingga atau wallahu a'lam atau tak terduga...apa harus dihapus,,,saya pikir jangan gan....insyaAllah ntar ada masukan lain yang baik terkait trit ini....mari kita saling mengingatkan dan saling meluruskan agar ujung dari topik ini benar-benar pas, klop, dan joss....selanjutnya, saya ngetik dulu,,,banyak order...mudah2an inget untuk bersedekah walopun gak nyampek 500 ribu...hehehehehe....
     
  6. danuakbar

    danuakbar Super Hero

    Joined:
    Oct 11, 2009
    Messages:
    3,138
    Likes Received:
    2,044
    hihihi.. nanti saya benerin Insya Allah...
    saya juga banyak kerjaan ini, ya sempet2in buat mampir kesini.
    Soalnya saya takut banget kalo yang saya share itu salah..
    Makasih buat masukannya :)
     
  7. EllysDirectory

    EllysDirectory Ads.id Pro

    Joined:
    Jan 19, 2012
    Messages:
    497
    Likes Received:
    39
    sebelumnya anda tahu mengapa saya bilang bisa menyesatkan? karena fakta2 yg anda kutip tidak anda sertakan. jadi bagi 40% mungkin mengerti , dan 40% lagi mungkin menyakininya dgn pakta yg berbeda. 20% lagi biasanya no-comment.

    Jadi ada baiknya jikalau meyampaikan sesuatu itu menyertakan Data2 yg anda Kutip.
     
  8. van_arista

    van_arista Konsultan Toko Online

    Joined:
    Aug 22, 2009
    Messages:
    3,336
    Likes Received:
    1,235
    Location:
    Surabaya
    mantabs... Aamiin... moga tambah sukses ya bro... :)
     
  9. Alib16

    Alib16 Super Hero

    Joined:
    Mar 17, 2010
    Messages:
    887
    Likes Received:
    38
    Location:
    Indonesia Bagian Timur
    Teori sedekahnya basic bisnis, gimana yg basic religi?
    Haruskah kita sedekah utk berharap lipat ganda?
     
  10. wahib

    wahib Ads.id Fan

    Joined:
    Jul 26, 2013
    Messages:
    133
    Likes Received:
    0
    Mantap. Amin gan
     
  11. jaspis

    jaspis Ads.id Fan

    Joined:
    Nov 19, 2011
    Messages:
    212
    Likes Received:
    1
    Location:
    Bandung
    wah cerita singakat yang sungguh menarik nih.
    thanks om :)
     
  12. TuanBeruang

    TuanBeruang Cuma Beruang Biasa

    Joined:
    Apr 20, 2012
    Messages:
    556
    Likes Received:
    383
    Location:
    South East Asia
    cuma mau share :
    1. Bersedekah dengan mengharapkan imbalan itu BOLEH. Allah paling tahu makhlukNya, klo Allah merasa hambaNya bisa berbuat baik tanpa diberikan "imbalan", maka Allah ga akan membuat Surga dan Neraka. Allah paling suka dimintai tolong, Allah suka kepada hambaNya yang mengharapkan bantuanNya, termasuk pamrih. Apa itu Ikhlas ?, Ikhlas adalah tidak mengharapkan apapun kecuali RIDHO ALLAH, dan jika Allah udah ridho, yah rejeki pasti ditambah.

    2. Bersedekah itu membersihkan harta, benar. tapi bukan berarti mengHALALkan harta yang HARAM. trus klo orang korupsi dia bersedekah gimana ?, tetap diganti oleh Allah dengan harta yang lebih banyak, tapi dosa dia korupsi ga akan hilang. Mau orang kafir, mau orang korupsi, klo sedekah akan dibalas oleh Allah berlipat2. kenapa ?, karena itu janji Allah, karena yang disedekahi mungkin adalah hamba Allah yang taat. Lalu ?, harus korupsi trus sedekah biar hartanya bersih ?, kan udah dibilang, hartanya bersih tapi tidak halal. intinya, Allah akan tetap memberi rejeki yang berlipat untuk orang yang bersedekah, tapi dosanya ya ga akan hilang.

    gampangnya gini deh, sedekah itu sama aja dengan bisnis sama Allah. klo orang baik bisnis dengan Allah (sedekah), Allah akan kasih profit + senyuman (diridhoi), klo koruptor atau orang non-muslim bisnis dengan Allah, Allah tetap kasih profit tapi ga dapet senyuman, bahkan di kasih muka kesel.

    just IMHO

    sama aja, sedekah untuk mengharapkan perlipat gandaan dari Allah itu boleh kok setahu saya. Allah suka kok dimintai tolong dan dimintai bantuan. Apa guna manusia klo bukan untuk taat, menyembah, meminta tolong kepada Allah ?, klo cuma untuk taat aja tanpa mengharapkan apapun, bukannya udah ada Malaikat yang selalu dzikir dan ibadah 24 jam tanpa mengharapkan apapun ? :)

    TuanBeruang
     
    abizard likes this.
  13. abizard

    abizard Graphic Designer

    Joined:
    Jun 20, 2013
    Messages:
    163
    Likes Received:
    12
    Location:
    Yogyakarta
    Saya adalah sebagian orang yang percaya bahwa sedekah itu selain sebagai pembersih harta juga bisa melipat gandakan rejeki.
    Saya sudah mengalami dan merasakannya.. meski masih kecil tiap bulan, semoga terus istiqomah

    Ilmu sedeekah ini tentu tak bisa dibuktikan secara sistematis dgn ilmu akuntansi.
    karena ini hanya bisa dipahami oleh orang yang beriman dan percaya akan keajaiban sedekah.
    Ilmu Allah sangat tinggi dan akal kita tak mampu menggapainya..

    Makasih udah share bro, sangat bermanfaat :)
     
  14. taufikarmand

    taufikarmand Hero

    Joined:
    Jun 30, 2012
    Messages:
    539
    Likes Received:
    4
    Location:
    Jakarta
    Ceritanya cukup menginspirasi kalo boleh usul dikumpulin aja tuw member ads-id yg bisa jd true story
     
  15. jasaweb

    jasaweb Ads.id Fan

    Joined:
    Aug 8, 2013
    Messages:
    136
    Likes Received:
    7
    Location:
    Karawang Jawa Barat
    amien gan. mudah mudahan bisa ikutin sharenya
     
  16. khansa1997

    khansa1997 Newbie

    Joined:
    Mar 26, 2013
    Messages:
    21
    Likes Received:
    0
    mimpi + action = kenyataan | kenyataan - action = NGIMPI!!
     
  17. nabihan

    nabihan Newbie

    Joined:
    Aug 15, 2013
    Messages:
    18
    Likes Received:
    0
    patut ditiru dan dilaksanakan nih si budi.. mantap gan
     
  18. Vernet

    Vernet Ads.id Fan

    Joined:
    Aug 7, 2013
    Messages:
    236
    Likes Received:
    8
    Location:
    Bali - Indonesia
    jadi sumber inspirasi nih :)
     

Share This Page