1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

[Share] Main Adsense Pake Situs Niche + Riset Keyword

Discussion in 'Bengkel AdSense' started by PHDLover, Oct 14, 2011.

  1. aksanza

    aksanza Super Hero

    Joined:
    Jun 21, 2010
    Messages:
    874
    Likes Received:
    34
    ayo om PHDlover,, uda banyak yang nunggu nih lanjutin sharenya,,

    akhirnya apa yang ane harapin dishare ama om PHDlover dah :gembira:
     
  2. syaik

    syaik Ads.id Fan

    Joined:
    Dec 24, 2010
    Messages:
    167
    Likes Received:
    3
    mancaaaaaaaaaaaaaap..... lanjutgggaaaaannn..... :D
     
  3. hciq22

    hciq22 Super Hero

    Joined:
    Jul 11, 2010
    Messages:
    1,328
    Likes Received:
    104
    wah keren juga nih

    jadi pengen beli sopwernya juga

    nyimak sampe akhir [kalo setengah2 bisa salah tangkep ntar]

    di tunggu updatenya ya gan :silau:
     
  4. PHDLover

    PHDLover Super Hero

    Joined:
    Mar 13, 2011
    Messages:
    752
    Likes Received:
    546
    ini sudah dijawab sama om yudi di quote di bawah ini. justru ga mungkin hanya bertahan beberapa hari, karena ini bukan postingan yang sekali dipublish bisa keindeks dalam 1 menit dan tampil di page one beberapa jam kemudian, tapi ini root domain. jadi pas keindeks, beberapa hari kemudian baru perlahan2 mulai naik SERP nya. sekali uda bertengger di posisi tetap, susah digesernya :D kecuali ada update algoritma medium.

    yup kuncinya exact match domain :D
     
  5. ardzcoholic

    ardzcoholic Ads.id Pro

    Joined:
    Aug 17, 2010
    Messages:
    382
    Likes Received:
    70
    Location:
    Earth
    gelar tiker gan, ane bukmark dulu
     
  6. PHDLover

    PHDLover Super Hero

    Joined:
    Mar 13, 2011
    Messages:
    752
    Likes Received:
    546
    Part 1 Finale

    Mari melangkah ke step berikutnya :))

    2. Riset Topik
    Nah setelah riset kw selesai, langkah selanjutnya adalah riset topik. :D

    inti dari riset topik -> keyword yang ditarget relevan ga untuk dituangkan jadi blog niche. Karena Keyword itu ada banyak macamnya, banyak kategorinya. Ada kategori kw yang cocok buat main Adsense, ada kategori kw yg cocok buat main affiliate, ada yg cocok buat optin, dll.

    Kalo contoh kw yang dipake di studi kasus ini, "pharmacian technician jobs" -> pada dasarnya kw ini ga cocok untuk dijadiin target kw blog niche kita. KW ini cocoknya untuk situs/blog model job search ato job listing :D Jadi keliatannya, kw dinyatakan tidak lulus sensor. Sayang sekali ya, baru 2 langkah kw nya uda gugur. Belum nyampe ke riset SERP eh uda gugur duluan :D Jadi sebelum cek kompetisi (SERP), perlu cek topik dulu. Keyword yang kita target itu cocok untuk main Adsense ato enggak. Kalo ga cocok sebenanrya masih ada 3 pilihan :
    1. maksa :lol:
    biarpun ga cocok buat blog niche, tapi kita paksain. kalo kayak gini blognya mungkin ga cocok pake style static page untuk homepage, jadi pake model blog biasa (latest post di homepage)

    2. riset ulang ambil related kw nya
    contoh related kw : pharmacy technician job description, pharmacy technician salary, dll.

    3. gausa bikin blog niche, bikin aja blog job search
    kyknya ada theme jobwp di forum trade. :D

    Langkah kedua selesai. Karena KW yang dipake di langkah 1 uda gugur, ane ambil KW baru aja, ambil dari poin nomor 2 (related keyword), jadi sekarang coba pake KW "pharmacy technician job description". cek lagi ulang step 1, riset domain pake KW "pharmacy technician job description", lalu lanjut ke langkah tiga, riset domain & SERP.

    3. Riset Domain & SERP
    Biar lebih mudah ningkatin SERP nya, jelas harus pake exact match domain. :D Karena ane modalnya dikit, jadi pemilihan domain TLD urutannya gini : pertama .com, kedua .info, ketiga .net/.org. Yang .info jadi urutan kedua (misal .com uda diambil) karena harganya lebih murah. Harus hemat gan, kondisi ekonomi ga memungkinkan kalo harus beli domain seharga $9 terus2an.. :))

    Riset domain bukan hanya ngecek domain TLD yang tersedia, tapi juga jadi pertimbangan KW yang kita pilih itu worth it (pantes, layak) ga buat dijadiin blog baru. Karena misal ternyata .com sama .net uda diambil, berarti dengan berat hati mungkin kita harus cari KW lain. Karena KW yang kita target bisa jadi uda identik sama domain .com nya. Tapi cek dulu domainnya, live domain ato cuma diparkir. Kalo ternyata live domain, liat2 situsnya bagus ato ga, dia main Adsense juga ato ga. Kalo agan ngerasa agan bisa bikin blog yang lebih bagus dari dia, baru deh boleh kejar KW nya.
    [​IMG]

    Jangan beli domain dulu, karena kita belum riset kompetisi SERP nya..


    3a. Riset SERP
    Ini mungkin yang paling bikin keder. Karena kita uda capek2 riset KW dan domain eh ternyata persaingan SERP nya uda ketat saling sikut. Untuk riset SERP ini bisa pake tool masing2. Untuk detailnya bisa cek di blog yang ada di signature ane.

    Tapi intinya yang harus jadi pertimbangan :
    - jumlah search resultnya, pake intitle:KW, jumlah kompetitor, dll
    terlalu panjang kalo dijelasin ualng, langsung ke threadnya om Khalid aja ya.. :D
    Yang perlu diinget : Jumlah search result (kompetitor) sebenarnya sama sekali ga penting, yang penting liat page one resultnya. Jadi biarpun search result ada ratusan juta ga perlu takut dulu :D

    - page one result
    ini yang paling penting, cek page one result dari KW yang mau ditarget. Intip situs2 yang ada di page one, apa mereka situs Adsense juga ato ga, cek backlinknya, Pageranknya, dll. Kalo banyak situs Adsense juga berarti kita harus hati2 kalo mau ikutan saling sikut. Ntar malah GA nya diusilin. :D

    Contoh page one yang bagus :
    - halaman yang ada di page one banyak yang bukan top level domain
    misal di contoh ini kan KW nya "pharmacy technician job description", cek di Google page one nya banyak halaman/postingan biasa ato malah banyak top level domain nya (pharmacytechnicianjobdescription.com, pharmacytechnicianjobdescription.co.uk, dll).

    - Selain itu liat SERP nya, ada embel2nya ga (misal di SERP nya disertain juga Video, Map, Shopping result, dll). kalo banyak embel2nya berarti pertanda kurang bagus, misal ada shopping results, berarti KW yang kita target itu bisa jadi ga cocok untuk main Adsense. Kalo ada Map Result, juga susah nembus page one nya.
    [​IMG]
    Hindari juga KW yang hasil SERP nya banyak situs yang nampilin embel2 rating/review (contoh keyword2 tentang recipe/review), kecuali kita juga mau bikin blog yang bisa tampilin search engine snippet. Kalo hasil riset SERP sama riset domainnya oke, berarti KW boleh kita kejar. Langsung beli domainnya.

    Berdasarkan studi kasus diatas, KW yang dipilih kan "pharmacian technician job description", ane liat SERP resultnya ga terlalu sulit dan tiga situs dengan domain TLD nya (.com, .net, .org) juga ga terlalu bagus. Jadi ane bakal ambil domain .INFO nya dan kejar KW ini :D

    Ini hasil dan contohnya, blog niche ane kebanyakn seperti ini : http://pharmacytechnicianjobdescription.info

    Tapi ini cuma site contoh, jadi ga akan ane kembangin. Kenapa kejar KW ini, karena hasil page one resultnya sesuai sama yang kita harapin :
    - sedikit root domainnya
    - sedikit embel2nya
    - pas pake tag intitle, situs di posisi nomor 1 & 2 mungkin situs gede, tapi silakan dicek, mereka ada yang kurang beres. :silau:

    4. Bikin Blognya
    Simpel, install Wordpress, install plugin (ane biasa cuma install 2 plugin : Platinum SEO sama WordPress Stats). Ga perlu STT2 sama Sitemap plugin karena postingannya cuma sedikit. Kalo pake model 3 artikel (1 artikel utama, 1 artikel privacy policy sama 1 artikel contact us) berarti malah gaada postingan sama sekali. Jadi Add new page -> masukkin artikelnya, terus Settings -> Reading -> Static page -> pilih Page yang isinya artikel utama kita.

    4a. Artikel Utama
    Untuk artikel utamanya usahain jangan sembarang artikel. Kalo pake content writer, jangan pesen artikel biasa. Tapi minta content writer untuk bikin article research, bahasa kerennya well-researched article. Jadi artikel yang mereka bikin itu mereka riset dulu, sesuai kenyataan. Bukan hanya artikel biasa, opini, yang 24 jam jadi, dll. Kalo pesen artikel, bilang gini sama orangnya "I need a well-researched article about ... . Should be minimum 400-500 words and bla bla bla .. "

    Tempat nyari content writer :
    - greenlightarticles.com, textbroker.com -> ini yang recommended, tapi agak mahal
    - contentsumo.com -> masih baru, murah tapi hasilnya agak pas2an
    - iwriter.com -> masih baru juga, kualitasnya sedikit dibawah contentsumo. Jadi kalo pesen artikel harus pesen langsung ke writer yang berkualitas, liat homepagenya, bisa pilih writer yang kita mau. cek statistik writernya karena biarpun ada beberapa yang masuk kategori top writer tapi ternyata banyak dapet review yang kurang bagus.:D
    Kalo pake model 5-10 artikel, artikel utama jadiin static di Homepage. Artikel lainnya posting biasa lewat Add new post ato Add new page. Artikel2nya bisa seputar KW turunan dari KW utama.

    5. Bangun Backlink
    Karena ane pengennya cepet beres, jadi begitu bangun blog selesai hari itu juga langsung dikasih backlink :D Suka2 agan aja terserah kalo khawatir sandbox dll. Untuk backlink ini kayaknya yang paling penting rutin aja dikasi backlink tiap bulan.

    Terserah agan aja mau pake apa, AMR, blog network, social bookmark, press release. Kalo pake blog network, aktifin trackback. Supaya kita bisa tau livelinknya (karena blog network biasanya ga nyediain report) dan bisa diblast lagi pake AMR biar keindeks.

    Selama ini untuk backlink ane baru nyoba pake AMR, social bookmark, blog network sama postlinks.com. Ga perlu jauh2 & repot2, untuk bagian bangun backlink ini outsource aja ke para freelancer yang ada di forum Trade -> Service. Rata2 harga disana sekitar $6-$10.
    Nah yang ane posting disini cuma sekitar 10% dari yang ane dapet di nichepursuits.com/?p=387, untuk lebih lengkapnya langsung kesana aja. Sembari action, hilangin hambatan seperti ini :
    - ga bisa bahasa inggris
    karena kita ga bikin konten, tapi kita outsource ke orang lain
    - beli domain dan hosting mahal
    domain .info hanya sekitar $2 di Name.com dan $1 di Godaddy. Ane sampe berhenti ngerokok buat berhemat uangnya untuk beli domain. Kalo hosting sebaiknya jangan langsung di hostgator, mahal dan jelek : loading lambat, blog kita ditaro di satu tempat bareng 2.000 domain lebih. Lebih bagus ke subforum Hosting karena banyak resellernya hostgator. Sama kuat kayak hostgator tapi harga lebih murah, loading lebih cepet plus blog kita cuma dijadiin satu sama ratusan domain lain :D
    - linkbuilding nya bingung, mahal
    di forum Trade - Service berjibun jasa backlink. kalo mahal ya mau gimana lagi.
    - malas
    sama kayak ane, pemalas :lol: tapi bikin blog niche cuma lama di riset2nya aja kok. Setting blognya sendiri hanya 30 menit juga uda kelar, kan cuma taro artikel, install theme & plugin, selesai.. :D
    Segini dulu, maaf klo banyak kekurangan. ane ga ambil kredit untuk share ini karena semuanya ada di nichepursuits.com/?p=387, hanya ane tambahin sedikit karena ada beberapa bagian yang ga dibahas detail ato hanya disebut tapi ga dibahas sama sekali. Kalo hasil share ane ini pernah agan baca di suatu ebook, sebelumnya ane minta maaf tapi ane ga pernah beli2 ebook jadi ga nyolong karya siapa2.. Kebetulan aja step nya sama. :D
    Part 1 segini dulu, part selanjutnya akan ane bahas di lain thread setelah pengalaman ane cukup :D Siapin akun adsense minimal ada 3 akun. :)
     
  7. si3mon

    si3mon Ads.id Pro

    Joined:
    Jan 16, 2010
    Messages:
    383
    Likes Received:
    8
    Re: Part 1 Finale

    akhirnya dilanjut jg threadnya:D
    gak sekalian ditaroh di Page One bro?

    Eh...udah ding:D
     
  8. be_honest

    be_honest Super Hero

    Joined:
    Jun 2, 2009
    Messages:
    1,836
    Likes Received:
    246
    Location:
    cockpit
    Bener gan, bertahan bgt tu kalo maen long tail keyword, ane punya 1 blog yg long tail keyword, smpe sekarang ga disentuh2, masih ada di page 1 google urutan bwh hihihi
    ga ane optimize jadi klik bru dikit :D

    liat thread ini jadi semangat lagi incer kata kunci puanjang :komunis:
     
  9. hendra78

    hendra78 Newbie

    Joined:
    Apr 24, 2011
    Messages:
    36
    Likes Received:
    0
    :tepuktangan::tepuktangan: Terima kasih sharing nya mastah!!
     
  10. andyrodick

    andyrodick Ads.id Pro

    Joined:
    Nov 19, 2010
    Messages:
    328
    Likes Received:
    10
    kalo ane baru cek ternyata pesaing ane backlinknya byk trus PR5 lagi...gimana ya caranya bisa dapat page one
     
  11. computeraholic

    computeraholic Ads.id Pro

    Joined:
    May 2, 2010
    Messages:
    328
    Likes Received:
    73
    Rate bintang lima buat thread ini...
    keren banget!!

    Makasih banyak buat TS :)
     
  12. ado_ado83

    ado_ado83 Hero

    Joined:
    Apr 24, 2009
    Messages:
    727
    Likes Received:
    81
    Location:
    Pentium 4
    Tips beginian memang mantabh sob - Gaya micro niche site Xfactor! Saya sudah mencobanya puluhan kali. Kelemahannya: Gampang banget deindex!
     
  13. gryvendore

    gryvendore Ads.id Pro

    Joined:
    Nov 1, 2010
    Messages:
    331
    Likes Received:
    9
    Location:
    Bandung
    wah memang mantap mastah yg satu ini,.bikin trit aja udah bisa bikin orang betah lama lama baca trit nya,.kayaknya si bule nya juga betah baca blog nya ya mastah, makasih atas sharing ilmu nya mastah,.sukses terus
     
  14. Khalid Blend Abdullah

    Khalid Blend Abdullah Super Hero

    Joined:
    Feb 15, 2010
    Messages:
    3,336
    Likes Received:
    2,393
    Location:
    Tangerang, Indonesia
    gan gan!!! ane udah baca sampe part 2 3 dan 4. mantep banget gan! kalo bisa ngasih langsung 10 like, ane pengen kirim dah buat agan! :)sama gan, ane juga pemain micro niche gan. lebih tepatnya ane baru mulai maen gan. lagi develop satu blog micro niche gan ane. doain ya... udah bosen sama maen big site. lebih enakann micro niche..., oia maksih jg gan udah promosiin thread ane dgn berkata: "baca aja thread om khalid" uhuyyyy :)
     
  15. biza_aza

    biza_aza Super Hero

    Joined:
    Jan 1, 2008
    Messages:
    1,736
    Likes Received:
    126
    Location:
    Bantul - Jogja
    Wah ko bisa deindex gan? Pake maen google adsense juga yak?

    Kalo agan TS gimana pendapatnya, pernah ada pengalaman deindex juga pake teknik ini?
     
  16. red army

    red army Dalih Webmaster Hangout team

    Joined:
    Mar 20, 2011
    Messages:
    1,653
    Likes Received:
    45
    Location:
    lagi bertapa
    mas, mo tanya, klo situ biasa hire content writer cuma buat nulis di artikel utama (biar manteb) ato sama artikel2 pendukungnya jg waktu build sebuah blog niche? makasih..
     
  17. pradiszwardhana

    pradiszwardhana Ads.id Starter

    Joined:
    Feb 18, 2011
    Messages:
    90
    Likes Received:
    1
    Mantapss.. ijin bookmark.. like dah,,,
     
  18. Ali Yusrie

    Ali Yusrie Ads.id Starter

    Joined:
    Mar 8, 2009
    Messages:
    94
    Likes Received:
    1
    Location:
    Berau
    thanks sharenya gan, kirain sudah ada lanjutan PRT 2, 3, dst. ternyata sampai page terakhir belum nongol juga, Ijin menyimak deh sambil nunggu Part selanjutnya
     
  19. biza_aza

    biza_aza Super Hero

    Joined:
    Jan 1, 2008
    Messages:
    1,736
    Likes Received:
    126
    Location:
    Bantul - Jogja
    Ente kelewatan gan, ada dihalaman 7 tuh updatenya. Di halaman 1 juga udah dikasih tau
     
  20. riyannurbowo

    riyannurbowo Super Hero

    Joined:
    Jan 23, 2010
    Messages:
    835
    Likes Received:
    28
    Mantap banget bahasannya. Benar-benar berbobot. :kembang:
     

Share This Page