1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

Share: List sumber berita tech/technology dan cara memanfaatkannya

Discussion in 'SEO' started by mojorisin, Sep 13, 2011.

  1. mojorisin

    mojorisin Ads.id Fan

    Joined:
    Mar 24, 2011
    Messages:
    104
    Likes Received:
    38
    Location:
    jogja, denpasar, tangerang, indonesia, internet
    Selamat pagi, siang, sore dan malam, sobat-sobat adsenser Indonesia. Pro mimin n momod: ane udah kenalan lho, baru posting thread pertama kali ini karena sebelumnya ane cuma bisa membaca artikel dan diskusi di sini. Baru sekarang saya punya sesuatu untuk di-share – setelah mempraktekkan ngelmu yang didapat dari sini, plus belajar sepanjang jalan blogging. Mudah-mudahan thread ini bermanfaat. Kalau temanya sudah pernah dibahas adsenser lain, thread ini dihapus juga tak apa. Oya, saya tidak berniat menggurui lho, cuma sekadar share pengalaman nge-blog.

    Langsung saja. Ini list sumber berita bertema teknologi (dalam arti luas, mulai dari gadget, smartphone, tablet dan sebagainya) dan target pembaca utamanya. Semua berita di situs-situs/blog-blog ini dijamin fresh, terbaru, ter-updated dan bisa memberikan inspirasi untuk mengisi konten blog kita (tentu dengan cara re-write). Mereka ini sebenarnya sudah sangat terkenal – saya daftar di sini kalau-kalau ada ada adsenser yang belum tahu.

    1. CNET.com (consumer electronics, gadget dan lain-lain) – target pembaca Asia, US
    2, ZDNet.com (umum) -- US
    3. Pocketnow.com (khusus phones terbaru) -- US, UK
    4. Gizmag.com (umum, camera, new ideas) – US, UK
    5. Trustedreviews.com – UK (kok tahu? Mereka nulis “colour”, bukan “color”, man!)
    6. BGR.com – US
    7. TechCrunch.com – US (Wordpress juga, man)
    8. Technobuffalo.com – US, UK
    9. PCMag.com – US
    10. Slashgear.com – US
    11. Mashable – US
    12. PCWorld.com – US

    Ini list akan bermanfaat buat blogger n adsenser yang punya website bertema berita teknologi (umum atau spesifik) dan target pembacanya US dan/atau UK.

    Sebenarnya ada cara lain dan lebih cepat untuk memperoleh sumber berita teknologi yang bisa kita re-write, yaitu dengan mengetikkan kata kunci (misal tablet, technology, latest smartphone, new feature phone dan semacamnya) di kolom pencarian Google News. Di Google News sendiri, secara default sudah disetel kategori Technology, yang akan menampilkan berita-berita terbaru bertema teknologi jika diklik, dan ditampilkan keterangan waktu saat pertama kali berita itu ditayangkan (1 hour ago, 35 minutes ago, 2 days ago dan semacamnya). Dengan cara ini juga kita bisa masuk ke big players yang menerapkan subscription, seperti the New York Times dan the Wall Street Journal).

    Hanya saja, kadang-kadang snippet berita yang ditampilkan sudah kadaluwarsa (sering sudah dipublikasikan 23 hours ago, 1 days ago dan semacamnya) – ini biasanya terjadi pada situs-situs “kecil”, walaupun big boys seringkali juga begitu.

    Nah, list sumber berita teknologi yang saya berikan di atas bisa membantu kita memperoleh sumber berita yang benar-benar fresh. Kalau kita kunjungi situs-situs itu, maka kita bisa lihat mereka biasanya menayangkan posting-posting terbaru dalam jumlah banyak dalam sehari, dan tidak semua posting-posting fresh itu ditampilkan oleh Google News. Kalau kita mengejar akurasi content (saya selalu berpegang pada prinsip useful, informative and rich content), kuantitas content, kebaruan content dan kualitas content, situs-situs itulah yang bisa kita andalkan.

    Cara memanfaatkan sumber-sumber informasi itu? Pertama-tama, kita setel playlist dangdut koplo dan pasang headset di kuping biar lebih konsen n happy :D. Kedua, kita harus sadar waktu. Ambil contoh US. Kita tinggal di zona waktu WIB, jadi selang waktu dengan US sekitar 22-25 jam (di US juga ada zona-zona waktu, jadi waktu di New York akan selisih kira-kira 3 jam dengan California – markas Google dan lain-lain). Nah, para penulis blog atau situs di list di atas biasanya, tapi tidak selalu, akan bekerja dengan jam kerja US. Jadi, mereka akan mulai kerja sekitar jam 7, 8 atau 9 pagi. Sejak jam itu sampai sekitar jam 3 sore waktu US, situs-situs itu akan terisi dengan informasi teknologi terbaru. Dus, kalau kita konversikan ke waktu WIB, kita akan bisa membaca posting-posting terbaru mereka bila kita di zona WIB mulai online sekitar jam 9, 10 atau 11 malam sampai jam 3 maleman WIB.

    Nah, pada jam-jam malam WIB itulah kita bisa ambil sumber-sumber berita itu. Soal berapa pembaca yang nyangkut, itu akan tergantung pada ketekunan kita dalam mengelola kata kunci. Kalau kita menerapkan rumus menaklukkan Google Panda – sudah dibahas di forum ini juga --, tentu ada satu atau dua atau dua puluh atau seratus pengunjung yang nyangkut ke blog kita – pengunjung yang berkualitas, maksudnya datang dari AS atau English-speaking countries. Pengunjung berkualitas inilah yang bisa memberikan klik berkualitas pada iklan Adsense yang dipasang di blog kita – demikian kata mastah-mastah Adsense di forum ini :-B.

    Sebagai gambaran, saya baru pasang Adsense di blog tech news saya sejak awal Agustus (akun adsense dibikin dengan bantuan om Trianoraga, kenal di froum ini juga, sedangkan blog went live starting in July). Hingga thread ini saya tulis, total earning sekitar $25 (jadi malu sama yang udah pada gede-gede earningnya) – saya pasang Adsense itu cuma di satu blog doang. Note: Rumus menaklukkan Panda update baru saya terapkan sejak awal September ini – thx, om Scarface n mastah2 yang lain.

    Studi kasus: Beberapa hari yang lalu, beredar kabar bahwa Barnes and Noble akan mengeluarkan eReader terbaru, codenamed Nook Color 2. Konon eReader baru ini akan di-release bulan ini, tapi tanggal pastinya belum diketahui. Tanpa menggunakan Google Keywords Tool, saya langsung pilih kata kunci utama “Barnes and Noble Nook Color 2 release date”, dengan kata-kata kunci sekunder eReader, eBook, Nook Color 2, dan specs. Rumus Google Panda diterapkan. Demi kode etik, saya tetap sertakan sumber berita saya (di-link pada kata yang relevan, bukan dengan membubuhkan “Source: BGR” di akhir posting, agar rumus Google Panda tetap dapat berjalan sesuai nasehat para empu SEO). Submit ke social bookmarks (Digg, Del, Twitter, Facebook, Stumble Upon, kasih Plus 1 pake akun-akun Gmail yang ada :=;).

    Voila: posting saya itu muncul di pegwan SERP, bertahan di sana selama berhari-hari. Seratusan lebih pengunjung dari US datang ke blog saya sejak saya posting tentang Nook Color 2 itu.

    Ini screenshot Google Analytics untuk kata kunci “Nook Color 2 release date” (ane belum integrasiin adsense ke analytics, masing bingung):

    [​IMG]

    Uploaded with ImageShack.us

    Titip ask buat para mastah: saya cek visibility posting saya itu di beberapa warnet, dengan browser berbeda-beda, dan posting saya tetap di pagewan Google (.com langsung atau .com yang diubah dari co.id), atau paling melorot ke pegtu or pegtri kalau di IE or Firefox (saya kerja pakai Chrome). Cuma sampai sekarang saya bertanya-tanya apakah penampakan di pegwan itu disebabkan karena posting itu dibuat di Indonesia dan di-search dari geo Indonesia, makanya ketika saya search dari Indonesia ditampilkan di pegwan. Gimana ya? Mohon keterangannya dong, para empu.

    Waduh, kepanjangan gak sih ya? Sori kalau kepanjangan. Sudah dulu ya. Teman-teman Adsenser silakan berkomentar. Kalau ada yang mau nambahin list-nya silakan. Atau mau bantai share-nya juga silakan. Tararenkyu….
    *
    *
    *
    Dikit lagi: Kalau kita mau lebih tekun lagi, bookmark saja Website resmi big tech companies such as Motorola Mobility, AT&T, HTC, Apple, Barnes & Noble, Samsung dan semacamnya, atau lebih spesifik lagi di section media center-nya, lalu periksa tiap hari – kayaknya itu bisa membuat kita jadi yang pertama memberitakan informasi terbaru dari perusahan-perusahaan itu. Habis itu, laik-nya di trit ini dipijit juga boleh. hehehe.

    Titik. :D
     
    mau_sukses, aziz36, fidub and 14 others like this.
  2. Prast Putra

    Prast Putra Ads.id Pro

    Joined:
    May 1, 2011
    Messages:
    394
    Likes Received:
    15
    Location:
    Antara Sindoro dan Sumbing
    PERTAMAX gan, Bookmark dulu, nice info :gembira:
     
  3. bunda3k

    bunda3k Hero

    Joined:
    Oct 28, 2009
    Messages:
    539
    Likes Received:
    13
    Location:
    depok
    ane bukmark, pencet like, and baca baca lagi :) thanks anyway...
     
  4. bill_gates

    bill_gates Bismillah

    Joined:
    Dec 19, 2010
    Messages:
    1,507
    Likes Received:
    43
    Location:
    Redirect 301
    thanks inspirasinya :D
     
  5. attametro

    attametro Super Hero

    Joined:
    Feb 18, 2010
    Messages:
    1,754
    Likes Received:
    50
    Location:
    Metro, Di Kamar Kos
    waw,, kayanya udah master neh..... tapi baru join disini..
     
  6. dianaza

    dianaza Ads.id Fan

    Joined:
    Jun 7, 2011
    Messages:
    179
    Likes Received:
    4
    Location:
    Mantani
    Wah super info nya gan ijin nyimak ya :gembira:
     
  7. pocong

    pocong Ads.id Starter

    Joined:
    Sep 12, 2011
    Messages:
    96
    Likes Received:
    39
    artikel yang bagus kang, gak kepikiran seperti ini :D
     
  8. anisku11

    anisku11 Super Hero

    Joined:
    Jun 28, 2011
    Messages:
    1,627
    Likes Received:
    179
    Location:
    Semarang
    ,wah manteb gan
    sharenya :D:D
    :gembira:
    for Ask : msi bingung juga tuh
    kalo masalah GEO nya
    tpi kmrn ad yg blng
    klo pke IP USA ntar yg muncul beda HASIL Searchnya daripada IP INDO
    (re : dapet IP USAnya ---> pake VPS)

    kebanyakan mastah cuma pake tool/plugin buat ngecek
    bisa di page one atau gag
    :swt2:
     
    Last edited: Sep 13, 2011
  9. mojorisin

    mojorisin Ads.id Fan

    Joined:
    Mar 24, 2011
    Messages:
    104
    Likes Received:
    38
    Location:
    jogja, denpasar, tangerang, indonesia, internet
    weleh. ane mah masih nubitol bgtz, master... :malu:

    ---------- Post added at 04:56 PM ---------- Previous post was at 04:43 PM ----------

    oooooo giyu ya. tapi, ehm, VPS itu apa ya? dan gimana cara mendapatkannya? sori, ane gak ngerti kalo udah tul-tulan yang canggih2...:ha?: misi bentarm ane uplek2 forum ini dulu.... :kacapembesar:
     
  10. randompage

    randompage Ads.id Fan

    Joined:
    Jun 12, 2007
    Messages:
    154
    Likes Received:
    2
    kalo mau pakai geonya amrik pakai aja proxy, vpn, dlsb.. kalo mau check ip apa yg dilihat google bisa pakai gmail di menu details (pojok kanan bawah). utk checking ip pakai gmail, gunakan gmail akun abal2 supaya aman. :)
     
  11. mojorisin

    mojorisin Ads.id Fan

    Joined:
    Mar 24, 2011
    Messages:
    104
    Likes Received:
    38
    Location:
    jogja, denpasar, tangerang, indonesia, internet
    thx, gan. cek lewat gmail udah ane coba. hasilnya: IP Indonesia. :D. ni lagi baca2 tentang vpn....

    ---------- Post added at 06:28 PM ---------- Previous post was at 05:30 PM ----------

    ah, mastah ini, bikin ane malu... :D ane dah lama join kok, tapi cuma baca2 terus kalau pas di sini.... masih nubitol....
     
  12. anisku11

    anisku11 Super Hero

    Joined:
    Jun 28, 2011
    Messages:
    1,627
    Likes Received:
    179
    Location:
    Semarang
    kesini gan Insyaallah lumayan mudeng tentang VPS dan VPN
    _http://www.adsense-id.com/forums/showthread.php/91840
    :peace:
     
  13. pinginsehat

    pinginsehat Banned

    Joined:
    Jul 27, 2010
    Messages:
    3,151
    Likes Received:
    279
    Location:
    Surabaya
    mantap sharenya bro..
    cobah ntar malam..
     
  14. Mazz TM

    Mazz TM Super Hero

    Joined:
    Feb 14, 2011
    Messages:
    1,582
    Likes Received:
    160
    Location:
    Magelang-Semarang (PP)
    Untuk yang SERP...
    Kalau kita login ama ga login hasilnya beda...
    Kalau browser cache dan cookies belum dibersihin ama yang bersih beda...
    IP juga berpengaruh...

    Kalau ane gak tahu caranya pake proksi dan lain-lain...
    Ane seringnya make web google position checker...
    Ada yang valid ada yang enggak...
    Ane cobain satu-satu mana yang paling bener yang diambil...
     
  15. qcle87

    qcle87 Ads.id Fan

    Joined:
    Dec 25, 2010
    Messages:
    113
    Likes Received:
    1
    Location:
    Lg numpang hidup d jogja
    Mantap sharenya om sangat membantu..
    like meluncur..
    Klo masuk kriteria ane tambahin om listnya..
    hxxp://www.engadget.com/
    hxxp://www.gsmarena.com/
    hxxp://www.gadget.com/
    hxxp://www.t3.com/
     
  16. vanmovic

    vanmovic Super Hero

    Joined:
    Feb 25, 2010
    Messages:
    1,700
    Likes Received:
    29
    Location:
    Yogyakarta
    mantah masbro share-nya :3
    like penceted
     
  17. mojorisin

    mojorisin Ads.id Fan

    Joined:
    Mar 24, 2011
    Messages:
    104
    Likes Received:
    38
    Location:
    jogja, denpasar, tangerang, indonesia, internet
    kayaknya yang paling menentukan adalah IP, gan. ane dah coba bersihin cuki plus history from beginning of time di Chrome ane, n clear cookies di FF, tetap aja nongol di pegwan. masih mencoba memahami sarannya masta anisku11 nih. ruwet juga otak ane yg dedel ... :D

    ---------- Post added at 12:40 AM ---------- Previous post was at 12:36 AM ----------

    thx tambahannya, om. itu situs2 emang ane lirikin terus tiap malem. hehehe. plus Gizmodo.com tentunya, musuh bebuyutannya si Endgadget. East Coast vs West Coast, katanya - gak ngerti, :)
     
  18. awikw80

    awikw80 Ads.id Fan

    Joined:
    Feb 10, 2011
    Messages:
    109
    Likes Received:
    1
    wah... mantap. Tambah lg dah koleksi ilmu ane. Trims mastah!:D
     
  19. Mazz TM

    Mazz TM Super Hero

    Joined:
    Feb 14, 2011
    Messages:
    1,582
    Likes Received:
    160
    Location:
    Magelang-Semarang (PP)


    Ada beberapa Google Position Checker yang kita bisa milih location kita....
    Mungkin ini bisa jadi alternatif kalau bingung main proksi dll...
     
  20. amixpamot

    amixpamot Super Hero

    Joined:
    Jun 20, 2010
    Messages:
    966
    Likes Received:
    24
    Location:
    Ngarep Komputer
    sip mas bro..saya juga sering berkunjung ke portal2 berita2 luar negeri kaya CNN, BBC, dan Guardian buat cari sumber bahan artikel...
     

Share This Page