1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

SEO Buat AJAX - Web Developer / Programmer Please Help

Discussion in 'SEO' started by monty, Jun 26, 2011.

  1. monty

    monty Hero

    Joined:
    Jul 21, 2010
    Messages:
    532
    Likes Received:
    72
    Halo rekan2 adsense id,

    Memang banyak yang bilang kalo SEO buat Ajax agak sulit and nearly impossible. Tapi mudah2an ada dari rekan2 yang udah pernah punya pengalaman dengan SEO'ing for AJAX. Programmer temen saya punya sedikit masalah tentang ini.

    Saya bukan programmer tapi kalo ga salah dia bilang masalah utamanya itu dia ingin get require php dari javascript berdasarkan # variable

    Dia sudah mencoba untuk :

    1. Put local storage dalam javascript
    2. Set cookies dari javascript lalu di akses oleh php pada file yang sama tapi juga gagal karena cookies cannot be retrieve from php
    3. Menggunakan AJAX to require php page

    Mudah2an rekan adsense bisa bantu. Terima kasih.


    Salam,

    Monty


    EDIT : Maaf untuk momod kalau saya salah kamar. :hmm:
     
  2. dinafebriana

    dinafebriana Newbie

    Joined:
    Apr 5, 2011
    Messages:
    33
    Likes Received:
    2
    Location:
    Jakarta, Bogor, Bandung
    Saya tertarik dengan pertanyaannya, dan coba jawab sebisanya :D

    Solusi SEO untuk website yang menggunakan ajax atau cuma sekedar javascript biasa ( misal show popup frame login form, etc ), yaitu dengan membuat website dengan berpikiran tidak semua browser javascriptnya di enable. Dengan kata lain, saat membuat web, pastikan user dengan javascript enabled maupun disabled tetap dapat menggunakan seluruh fitur website dengan optimal.

    Misal untuk kasus show popup frame login form, yaitu ketika user meng-klik link login, akan tampil form login ( ifame dari halaman lain ), nah kalau javascript disabled tentu saja iframe login tidak tampil. Solusinya adalah dengan menggunakan fungsi event pada javascript untuk handel user dengan javascript enabled, dan tetap gunakan href ke halaman login untuk handel user dengan javascript disabled. Misal kita menggunakan jQuery:

    <a href="login.php" id="doLogin">Login</a>

    $('#doLogin').click(function() {
    //Lakukan perintah open popup di sini..
    return false;
    });

    Dengan fungsi event onClick ini, kita bisa juga set halaman target yang berbeda, misal halaman aslinya untuk non javascript adalah login.php sementara untuk yang javascriptnya enabled adalah iframe-login.php

    Lalu bagaimana kalau user klik kanan | open link in new tab? Tentu user akan mengarah ke halaman login.php

    Tapi jika Anda ingin agar user dengan javascript enabled tetap klik dan tidak bisa klik kanan | open link in new tab, maka bisa gunakan lagi fungsi dari jQuery yaitu remove Attribut, dalam kasus ini, id doLogin di remove attribut href-nya, sehingga tidak dianggap link.

    Kembali ke persoalan ajax, yaitu misal mengirimkan data ke server atau menerima data dari server, bagaimana jika javascript disabled? Tentu fitur tersebut jadi tidak berjalan, dan tentu Anda tidak menginginkannya. Jadi, intinya, tetap pastikan bahwa web tetap berjalan bagus di browser dengan javascript enabled ataupun disabled.

    Misal ajax untuk form login, jika javascript enable, ya langsung saja perintah post ke halaman executor-nya, sementara default script javascript kita set ketika ada perintah post maka kirim data ke executor ajax-nya.

    Hal yang sama berlaku untuk navigasi halaman, misal jika javascript enable, ketika kita klik tombol "Next" akan muncul konten baru di halaman yang sama, tapi jika javascript disabled, dengan pengaturan seperti yang saya sebutkan di atas ( href tetap ada, halaman non-ajax disediakan ), maka ketika user klik tombol "Next" akan dibawah ke halaman baru yang lain.

    Contoh: <a href="halaman-2.html" id="goNext">Next</a>
    search engine akan baca link halaman-2.html, sementara dengan javascript kita set load content dengan ajax dari halaman-2 tersebut ( hanya content saja ).

    Karena search engine tidak bisa membaca javascript, maka handel javascript untuk user dengan javascript enabled dan handel non-javascript untuk user dengan javascript disabled atau search engine, adalah solusinya.

    Semoga penjelasan yang ga jelas ini membantu :D Hehe..
     
    monty likes this.
  3. monty

    monty Hero

    Joined:
    Jul 21, 2010
    Messages:
    532
    Likes Received:
    72
    Terima kasih banyak gan! Saya langsung share ama temen saya nih tips2nya... :D
     

Share This Page