1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

Banned from google? Tanya kenapa

Discussion in 'Chit Chat' started by wongngapak, Mar 6, 2011.

  1. wongngapak

    wongngapak Ads.id Pro

    Joined:
    Aug 26, 2010
    Messages:
    381
    Likes Received:
    1,124
    Location:
    Now at Gwangju
    Ass teman2 adsense-id. Salam sejahtera buat kita semua. Untuk mimin and momod numpang bandwith bentar buat share..

    Akhir-akhir ini banyak sekali thread yang membahas tentang ttg blognya yang kena deindex google (banned), new alghoritma 2011, dsb. Pernahkah kita cari tau mengapa ini terjadi?? Yupzz, Jawabannya tentu saja karena kita menyalahi aturan google (bukan faktor “garis tangan” loh). Tak dipungkiri bahwa kita sbg publisher mendapakan penghasilan dari google. Maka dari itu, ada baiknya kita baca-baca kembali aturan2 yang telah digariskan oleh google. Okay, kali ini saya akan share kenapa blog2 kena deindex google. Sumber ane dapatkan dari official google blog, mattcuts blog, google webmaster guidelines, youtube official google dan email-email ane dengan official google.

    Pertama-tama, bagaimana kita tau bahwa blog kita kena deindex or banned or penalti dari google?

    - Blog kita kena Index Removal

    Silahkan ke google terus ketik url agan lalu search. Atau juga site:url agan lalu search. Kalo hasilnya 0 result berarti kita kena deindex (banned) google.

    - Page Rank ga Naik2

    Sudah kita ketahui bersama kalo google punya award bagi blogger, yakni Site Ranking berupa Page Rank(PR). Kalo blog2 agan ga pernah pecah telor alias PR nya nol terus walaupun dah bebrapa kali musim update, maka bisa jadi blog agan kena penalti dari google. Begitupun sebaliknya jika blog agan punya PR tapi melorot jadi 0 itu juga tanda bhw blog agan ada something wrong with google rules, my guess.

    Okeh, kita mulai yo !!
    Kalo agan mensubmit blog ke google (http://www.google.com/addurl.html) dan sudah submit sitemap nggunain google webmaster, apalagi submit analytics maka agan sudah setuju bahwa pihak google boleh memata-matai blog agan. So baik cara, optimasi, content, link (upcoming link) yang ada di blog agan, google akan tau. Jika agan ketauan menyalahi aturan-aturan yang ada so pasti blog agan bisa kena banned. Nah loh, kejam amat ya!! Nah ini aturan-aturan google, monggo diresapi dengan baik2 ya.

    Apa sih penyebab blog kita kena de-index google?

    1. Don't use cloaking or sneaky redirects

    Jelas banget google nglarang teknik cloaking, ini source nya disini. Bagi agan belum tau apa itu cloaking ane coba jelasin sedikit yo. Cloaking adlh teknik buat memanipulasi konten website. ada dua halaman yang terpisah, satu dioptimalin bwt search engine (google) dan satu lagi dioptimalin untuk visitor. Sederhanya begini ada tag <noscript><a href=”http://www.namasitus.com”> namakeywordsitus</a></noscript>. Teknik cloaking lain berupa CGI script seperti PHP atau Perl. Script ini ga bisa diliat visitor (kecuali oleh “View Source” ya), tapi bisa ditelusuri oleh robot search engine. Teknik sederhana ini biasa dipake buat nyembunyiin keyword dan links dari mata visitor dengan tujuan untuk naiikin pencarian website pada search engine. Meskipun disearch, result keyword ditampilkan, namun jika kita membuka website tersebut, keyword yang kita cari tidak ada di situ. Oh ya, kalo agan nemuin tag ini harap ati2. Dua bulan lalu salah satu blog ane kena banned. Setelah ane analisis ternyata ane punya 2 kesalahan, penggunaan plugin STT2 dari ane yg ga bener (sneaky redirects, bahas nanti) dan di blog ane ada script cloaking. Ya, script cloak ini ternyata ada di bid*ert*ser. Its so damn serious!! Ini script bid*ert*ser yang bisanya dipasang di blog:
    <!– Begin bid*ert*ser code –>
    <SCRIPT LANGUAGE=”JavaScript1.1″ SRC=”http://bdv.bid*ert*ser.com/bid*ert*ser.dbm?pid=12610&bid=567754″ type=”text/javascript”></SCRIPT>
    <noscript><a href=”http://www.bid*ert*ser.com”>pay per click advertising</a></noscript>
    So temen-temen ati ya, delete aja tuh yang ane bold !! Periksa kembali blog agan jika ada script tsb (baik itu directory, program, dsb).

    2. Avoid "doorway" pages created just for search engines

    Source disini. Apa itu doorway pages? Doorway Pages seperti Cloaking tapi ga manipulasi konten, namun membuat banyak halaman web yang me-link ke suatu halaman web yang diinginin. Biasanya digunakan redirecting atau dengan trik supaya pengunjung mengklik link. Ada banyak koq script yang dijual. Tapi ada resiko penggunaan cloaking and doorway pages: jika IP spider (google) diperbarui , dan database script cloak Anda belum up to date, maka pastinya usaha anda akan sia-sia. He he, kena banned lah.

    3. Hidden Text and Hidden Link

    Bagi agan yang suka nyembunyiin keywords dengan jalan membuat warna font yang sama dengan warna background (misalnya teks putih pada latar belakang putih), harap menjadi perhatian. Hidden link juga mempercepat blog agan masuk kriteria banned.

    4. Copy another site’s content

    Ini kayanya jelas deh. Tapi banned google juga bisa dikasih kepada blog yang bener2 punya konten original. Kenapa? Ya, karena konten aslinya dah dicopy oleh blog lain. Robot google ga mau tau masalah ini (ya iyalah cuma robot). Tapi mbah google ngasih solusi :
    Tapi menurut ane kasih tau baik2 dulu lewat email, siapa tau yang ngecopy khilaf. Tuhan aja maha pemaaf. /:) Kalo dalam jangka waktu tertentu tetap “ngeyel” ga mau remove, yau dah kita lapor DMCA. Banned tuh blog sampah, lapor sini juga. So pastiin bener2 blog kita ga di copy paste orang yo. Kita akan rugi sendiri. Oh ya cek juga jangan2 duplicate content terjadi di blog agan sendiri.

    5. Link Farms


    Maksud dari Link farms adalah halaman yang berisi daftar link dengan tujuan mencapai PR tinggi. Nah, halaman daftar link sering dianggap link farms oleh mbah Google. Jadi berhati-hatilah dengan link anda yo!

    6. Spamming Email

    Ha ha ha nulis spamming email jadi inget masa lalu ane. Ini nih yang buat salah satu blog ane dulu banget kena banned. Ane dulu beli software pengirim email massal. Trus juga beli ribuan email aktif di forum bawah tanah. Niat nya sih supaya trafik ningkat. Tapi jadinya banned. Mungkin yang nerima email confirm ke google. lol

    7. Selling PR

    Semakin banyak iklan di situs Agan menunjukkan bahwa Agan punya blog PR tinggi, dan ini memberi peluang untuk “dibeli” oleh situs lain untuk meningkatkan PR situs tersebut. Tapi hati-hati untuk menjual link agan. Mbah google bilang gini:
    Saran saya: Ga salah jual link asal di privacy policy or advertise with us tercantum statement bahwa blog ini menerima advertising dengan tidak ada tujuan increasing google PR. Jujur aja! Insya allah aman. Wajar koq, blogger juga butuh duit kan, google juga meng"amin"i koq ngejual link coba agan baca disini tapi inget ada rulesnya. Silahkan baca.

    8. Excessive Link

    Oh ya ane mbaca di official google blog ternyata mbah Google cuma rekomendasiin agar setiap halaman tidak memiliki lebih dari 100 link. Memiliki lebih dari 100 link tidak akan membuat Anda kena banned tetapi dapat membuat PR Anda turun atau tidak meningkat. So ati2 ya jika salah satu page blog agan lebih 100 link.

    9. Wrong Robots Txt and Meta Tags

    Robots txt emang penting buat ngeblock sesuatu yang tidak kita inginkan buat di index mbah google. Tapi hati-hati jika anda salah kode, ini bisa menjadi penyebab blog agan de index. Salah tanda (/ atau *) fatal akibatnya. Ada koq pentunjuknya dari google untuk membuat robots txt yang benar disini. Untuk meta tag yang perlu digaris bawahi adalah penggunaan meta name <meta name="ROBOTS" content="NOINDEX"> If you see this, you are blocking your site from Google. Pokoknya baca ya..

    10. Terlalu banyak Optimasi Keyword (Keyword Spamming)

    Kata mbah google:
    So jauhi deh penggunaan seperti contoh ini (baik di meta tag, alt tag, title tag, coment tag) : graphic, graphics, graphic design, graphics design, graphic designs, graphicdesign, graphicdesigns, designgraphic, designgraphics, design graphic, design graphics designs graphic, design, designs, etc.

    Google doesn't like this, and it really does you no good either - so try and avoid doing this. okay:D

    Masih Ada Sob, Ane Belum Cape Nulis Lanjut Bawah Ya...
     
  2. wongngapak

    wongngapak Ads.id Pro

    Joined:
    Aug 26, 2010
    Messages:
    381
    Likes Received:
    1,124
    Location:
    Now at Gwangju
    11. Linking dari dan ke situs-situs yang ga disetujui Google

    Dalam istilah google di guidelines, ini dinamakan link dari bad neighborhoods. Bad neighborhoods kriteria mbah google:
    - Ga ke index oleh google.
    - Blog yang nggunain teknik spamming.. (hati2 kalo tuker link atau beli link juga, jangan asal)
    - Blog berisi link farms (baca diatas lagi)
    - Blog Lendir, sob..(BB++):D
    - Gambling

    12. Mensumbit multiple URL di blog sama

    Maksudnya gini, sob. Agan ga boleh masukin banyak url sama di satu tempat (database google misalnya). Jika agan udah mensubmit www.wongndablegbanget.com ke database google, lalu suatu saat agan mensubmit www.wongndablegbanget.com/ganteng.html lagi maka blog agan dianggap oleh google spam. Baca guidelines lebih lanjut.

    13. SEO Software

    Ini juga salah satu penyebab blog agan kena de index. Google udah wanti-wanti begini:
    So bagi agan minat pake software atau tools baca kembali system kerjanya. Oh ya, satu lagi ini, ini baru desas-desus aja, google juga bakal nge-deindex blog yang artikel hasil rewrite pake tools tertentu. Entah ini benar atau ga ane dapet info bahwa yang suka nge-spin jadi artikel unik, google juga sudah tau. Google di algoritma terbaru bisa mendeteksi thesaurus (apa itu thesaurus? Cari google) tools2 itu.
    14. Bagi Yang Suka Main affiliate (Amazone, dsb)

    How to Make Google Friendly Site?

    Oh ya, google juga punya guide buat ngebangun blog yang google friendly, baca disini.

    How to Remove ban from google?

    Bisa koq gan, silahkan menuju kesini. Lain kali ane akan post tips-tips rekonsiderasi biar google cepat ngromeve ban blog agan. Ane lelah nulis nih.


    Nb: Banned google bisa kita minimalisir jika kita paham google rules. Namun rules tersebut janganlah membuat kita panik,terlalu hati-hati, bingung, patah semangat, dsb.. lah kan masih ada bing dan yahoo. Google hanyalah sebuah sistem algoritma saja yang bisa saja luput dalam pengecekan. Kalaupun kita sudah maksimal tapi tetap di banned juga, ya kita kembali lagi sadari bahwa ada X Factor yang lain. Ya, X Factor tersebut adalah Allah SWT. Kalo Allah sudah bilang kun fayakun, maka manusia tak bisa buat apa2. Yuk, mari kita perbaiki sholat kita (muslim). Silahkan bagi agan2 yang tidak sependapat atau ingin menambahkan bisa di share. Maaf kalo dari ane ada salah2 kata. Maaf juga jika ada kesan menggurui. Thanks for ur attention. bye all.I-)I-)I-)I-)I-)I-)I-)I-)I-)I-)I-)I-)I-)I-)I-)I-)I-)I-)I-)I-)I-)I-)I-)I-)I-)I-)I-)I-)I-)I-)I-)
     
    Last edited: Mar 7, 2011
    khomi, munars, infodeddy and 18 others like this.
  3. shelfie

    shelfie Super Hero

    Joined:
    Aug 3, 2010
    Messages:
    1,911
    Likes Received:
    301
    mantab banget sob sharenya
    cukup jelas dan padat bagi newbie seperti ane..
    ente muncul bawa sesuatu yang baru and beda..
    LIKE FOR YOU GAN
     
  4. maxall

    maxall Super Hero

    Joined:
    Mar 4, 2010
    Messages:
    2,381
    Likes Received:
    501
    di hi*tat juga ada gan kode tsb
     
  5. m.a.y.a

    m.a.y.a Super Hero

    Joined:
    Jan 8, 2011
    Messages:
    3,011
    Likes Received:
    75
    bookmark dulu nihhhh.... :)
     
  6. munafix

    munafix Ads.id Pro

    Joined:
    Oct 6, 2009
    Messages:
    313
    Likes Received:
    19
    Share yang tepat disaat banyak yang pusing kena deindex.. :D
     
  7. rambut_pirang

    rambut_pirang Ads.id Pro

    Joined:
    Jun 23, 2010
    Messages:
    458
    Likes Received:
    8
    Location:
    Sumatra Utara, batu baru, kota indrapura
    makasi infonya gan, perlu disimpen nh..
     
  8. ilham33

    ilham33 Trusted Web Hosting

    Joined:
    Feb 16, 2010
    Messages:
    2,785
    Likes Received:
    227
    Location:
    The North |
    mantap gan..sayang q dah trauma dgn GA
     
  9. nncjn

    nncjn Hero

    Joined:
    Nov 9, 2009
    Messages:
    608
    Likes Received:
    15
    Mantap banget,
    Bro ane belum ngerti yang nomor 14, maklum inggris nya kurang bagus
    14. Bagi Yang Suka Main affiliate (Amazone, dsb)

    Bisa diperjelas bro?
    like meluncur
     
  10. arifbolang

    arifbolang Super Hero

    Joined:
    Oct 4, 2009
    Messages:
    3,500
    Likes Received:
    245
    Location:
    http://sukses.info
    mantab neh numpang baca dulu om
     
  11. JhezeR

    JhezeR Super Hero

    Joined:
    Dec 14, 2009
    Messages:
    1,356
    Likes Received:
    59
    Location:
    Universe
    wew... banyak amat syarat mw dijadiin korban banned gugel
     
  12. azunna

    azunna Super Hero

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    1,526
    Likes Received:
    364
    Mungkin gini, meskipun kita main affiliate tetapi kualitas konten tetap harus diperhatikan, jgn cm asal nulis aja shg konten km tidak memberikan informasi atau masukan yang berguna untuk pembeli sehingga dia memutuskan untuk mau membeli produk yang kamu tawarkan. Intinya review produk yang kita sajikan harus benar2 memberikan informasi yang berguna buat pembeli atau pembaca, mgkn kalau bisa unik dan tidak kopas. CMIIW

    Google emang banyak maunya ya :D
     
    wongngapak likes this.
  13. nncjn

    nncjn Hero

    Joined:
    Nov 9, 2009
    Messages:
    608
    Likes Received:
    15
    Thanks bro jawabannya
     
  14. tukang

    tukang Ads.id Pro

    Joined:
    Nov 26, 2010
    Messages:
    464
    Likes Received:
    27
    Location:
    Bandung - Kediri
    tolong jelasin untuk pemakaian STT2 yang over gmn sob, n bagusnya yg bagaimana..
     
  15. BruceLee

    BruceLee Super Hero

    Joined:
    Nov 15, 2010
    Messages:
    2,164
    Likes Received:
    227
    Location:
    Kangean
    dibuang juga om..
    punya ane it's ok ko tanpa itu.. tetep jalan histats-nya..:D
     
  16. net4idi

    net4idi Super Hero

    Joined:
    Feb 3, 2010
    Messages:
    799
    Likes Received:
    23
    Location:
    Medan, Indonesia
    mantap gan..thanks bnget gan.
     
  17. qcle87

    qcle87 Ads.id Fan

    Joined:
    Dec 25, 2010
    Messages:
    113
    Likes Received:
    1
    Location:
    Lg numpang hidup d jogja
    Like PERTAMAX ane buat agan dah..
    Info penting bgt ne gan..
     
  18. SanGan

    SanGan Ads.id Starter

    Joined:
    Oct 24, 2010
    Messages:
    95
    Likes Received:
    1
    Thanks om infonya,,terjawab deh kenapa akhir2 ini byk yg kena de-index..
     
  19. bintang_kecil

    bintang_kecil Super Hero

    Joined:
    Jun 3, 2010
    Messages:
    1,266
    Likes Received:
    56
    Wah mantap sharenya, salam kenal utk TS, apakah kita sedaerah ya ane ngapakers juga :D
     
  20. cutlem2009

    cutlem2009 Super Hero

    Joined:
    Nov 30, 2009
    Messages:
    3,578
    Likes Received:
    713
    Andai semua thread seperti ini :tepuktangan:
     

Share This Page