1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

Mengais Rejeki dari Bisnis Infomasi

Discussion in 'Berbagi Pengalaman' started by putihitam, Apr 14, 2013.

  1. putihitam

    putihitam Hero

    Joined:
    Dec 24, 2010
    Messages:
    601
    Likes Received:
    64
    Location:
    lebih sering dibandung
    ini cuma sekedar sedikit cuplikan tentang pengalaman mengais rejeki dari bisnis informasi, kalo isinya sama dengan sharing yang lain maaf ya...


    sharing ini tidak ada tujuan lain (ujungnya kaya jualan ebook atau apapun) murni cuman ingin berbagi, Semoga bisa menjadi bahan masukan, terutama untuk yang baru mau terjun di bisnis infomasi.


    Kata Pengatar :


    Kalo mau diterawang bisnis informasi sangat menggiurkan dan terus berkembang hingga detik(bukan promosi website ya) ini.
    mungkin bisa saya contohkan dalam premis seperti ini ---> "orang yang memiliki informasi, adalah orang terkaya didunia, dan juga orang yang paling berbahaya di dunia"


    Kok bisa? bisa dong
    misalnya ada orang yang punya infomasi penting tentang sebuah data rahasia(contohnya terlalu mengada- ada ya, hehehe kebanyakan nonton film intelegen nih). orang ini pasti dianggap berbahaya, dan pasti di cari-cari sama intel(bukan indomie telor ya)


    atau misalnya ada orang yang punya infomasi tentang cara menghasilkan bibit unggul tanaman buah yang tidak busuk tanpa bahan pengawet, orang ini bisa jadi kaya raya. Dan pasti dicari-cari sama tukang buah sedunia


    Konten Utama :


    Nah dari premis pada kata pengantar diatas, saya mencoba untuk berkecimpung ( belum sampe nyelem sih, masih berkecimpung di permukaan aja) di bisnis infomasi ini


    untuk ruang lingkup saya yang menggunakan media "Blog", dan mendapat rejekinya dari "Adsense"(walaupun belum banyak tapi lumayan lah, dapur masih bisa ngebul, untuk ss nanti ya di update), dan mengadopsi tehnik topi putih (white hat)


    Secara garis besar Saya Membagi Jenis Blog menjadi 2
    1. Blog Follower
    2. Blog Trendsetter


    Apa lagi tuh follower dan trendsetter ? hehehehe....sabar ( orang sabar ------nya lebar)


    1. Blog Follower


    Maksudnya blog ini dibangun berdasarkan dari sebuah referensi, dan menyajikan informasi hampir menyerupai sumbernya (seperti kata kunci yang dibahas oleh sumber)


    Pertanyaannya Gimana Cara Membuat Blog Follower (saya bahas dasarnya dulu aja ya)


    - Riset Kata Kunci dan menentukan sumber referensi (bisa blog atau website atau apapun)
    untuk riset keyword, Pertama tentukan niche ( ato sebuah topik umum). misalnya udah dapet niche "obat kuat" ( kenapa milih niche ini, soalnya kemaren ads-id banyak yg jualan obat kuat hehehehe)


    Setelah itu, coba deh cari di google dengan kata kunci "obat kuat", Sortir dari index yang ada di halaman pertama. check DA/PA(domain authority / page authority) dan alexanya


    Kalo DA/PA nya tinggi, dan alexanya langsing, itulah yang bisa kita jadikan sumber referensi


    kalo udah dapat websitenya (contoh : obatkuattetapteganggaturunturun.com, emang ada? ini kan contoh)
    pergilah ke website itu, perhatikan infomasi yang ditawarkan oleh website sumber tersebut (dari kata kunci yang ditembak, bentuk penyajian infomasinya). dan kalo jeli, temukan pertanyaan besar dari kata kunci yang paling dicari oleh visitor di dalam website tersebut (caranya? cek satu-satu dari judul posting yang ada di website sumber ke mbah google, cari related keywordnya di bagian paling bawah index, atau bisa juga dari keyword suggestion mbah google) atau bisa juga di google trend


    misalnya dapat kata kunci yang paling dicari(contoh lagi : efek obat kuat). Nah gunakan kata kunci ini, coba cari turunannya seperti, efek obat kuat pada jantung, efek obat kuat pada kemal*an.


    - Membangun sebuah blog follower
    yang pasti, biar mudah bersaing coba cari domain yang masih berhubungan dengan obat kuat, mau EMD(nama domainya sama persis dengan keyword) juga boleh.


    Setelah itu, buatlah sebuah konten(postingan) dari kata kunci yang kita dapat ( kata kunci : efek obat kuat)
    jelaskan sejelas-jelasnya dalam konten, kalo bisa lagi, membahas semua kata kunci turunan yang ada. untuk bentuknya bisa divariasikan (maksundnya kalo isi content dirasa terlalu banyak, dapat dipecah-pecah menjadi beberapa postingan)


    - Mengelola Blog Follower
    untuk mengelolanya, kita harus terus mendapatkan update dari website sumber, seperti kata kunci apa yang sedang dibahas


    Cara Mendapatkan update
    - berlangganan feed website sumber
    - ato cari index terakhir dari website sumber (di google search, caranya ketik --> site:websitesumber.com , trus sortir index untuk 24 jam terakhir, kalo ga ada, coba untuk range waktu yang lebih besar lagi)


    Setelah itu posting, menggunakan keyword dari index terakhir website tersebut (saya selalu menggunakan gaya bahasa saya sendiri, walaupun intinya infomasinya sama)


    Saran :


    1. Gunakan Platform blog yang paling dikuasai, dan gunakan template ato themes yang sederhana tapi tidak membosankan, loadingnya cepat, usahakan dapat dinavigasi dengan baik (seperti sajikan related konten, ini bisa memperbesar jumlah page view, dan mengecilkan bounch rate)

    2. Bila menggunakan adsense untuk penghasilan, letakan adsense hanya pada single post ( yang kaya akan konten, untuk posisinya saya biasanya di bawah judul dan di akhir posting), syaratnya visitor minimal udah 100an ya, dan pageview minimal 2 kali lipat visitor


    Kekurangan dari Blog Follower:


    1. Gampang Jenuh
    ini yang paling sering saya rasakan, mungkin karena topic yang dibahas bukan sesuatu yang kita senangi (tapi kalo earningnya gede biasanya dibela-belain hehehehehehe)


    2. Lebih sering Mendapat Potongan Kue yang Kecil
    maksudnya kue disini adalah traffik, karena kita selalu tertinggal satu langkah dengan website sumber (tapi terkadang bila konten kita lebih bermutu, bisa jadi kita yang dapat traffic paling besar, soalnya nongkrong diurutan pertama)

    --sedikit tambahan sebelum update blog trendsetter--


    Tips untuk bisa tetap bersaing dengan website sumber


    # pendekatan visitor
    maksudnya saya coba menganalisa dari sudut pandang visitor(jadi saya coba bayangkan saat menjadi visitor)


    saya akan coba memberikan sebuah contoh kasus : mungkin kita pernah ingin mencari sebuah informasi tentang sesuatu produk atau apapun yang nama ato jenis kita tidak tahu, contoh saya mau mencari mainan cubic (tau ga? mainan kotak-kotak yg ada 6 warna itu) nah, karena saya tidak tau namanya, jadi yang saya ketikan di google adalah mainan kotak-kotak 6 warna.


    jadi, maksud saya, penggunaan keyword mentah-mentah pada judul posting tidak salah, cuman ada baiknya dipikirkan juga psikologi visitor
    tipsnya : buatlah judul postingan yang bersahabat dengan synonim atau definisi sebuah keyword


    contoh lagi deh(biar tambah binggung), untuk kata kunci "efek obat kuat", sebelum saya membuat sebuah judul postingan, saya akan riset, kira-kira frase apa saja yang sering digunakan oleh visitor untuk mencari informasi tentang efek obat kuat (misalnya : suplement hubungan intim)


    jadi mungkin judulnya akan menjadi seperti ini : "Efek Obat Kuat Sebagai Suplement Hubungan Intim" (gmn keren ga? ga ya? ya udah ga pa2)


    o iya ini ss adsense hanya dari 1 blog aja ya (kesannya sombong ya? padahal maksudnya, karena yang baru menghasilkan memang baru 1 blog aja, hahahaha, yg lain belum menghasilkan)
    [​IMG]

    kok earningnya turun, iya saya orangnya gampang jenuh, untuk jenis blog follower ya, jadi karena saya ga update jadinya traffic turun

    --akhir dari tambahan dikit--


    yang Blog Trendsetter nanti diterusin, di update berikutnya ya


    nb: untuk optimasi offpage saya standar kok, cari bakclink juga ga terlalu maksain, yang penting submit aja ke google sama bing yang gratis hehehehe...

    Jawaban untuk Pertanyaan :

    blog saya, lebih banyak bahasa linggis
     
    Last edited: Apr 15, 2013
  2. putihitam

    putihitam Hero

    Joined:
    Dec 24, 2010
    Messages:
    601
    Likes Received:
    64
    Location:
    lebih sering dibandung
    Nah kita ketemu lagi, sekarang kita update ya...

    sebenernya masih banyak tips untuk blog follower, tapi pelan-pelan aja, takutnya nanti malah muntah kebanyakan informasi

    kita lanjut aja dulu ke Blog Trendsetter

    Definisi dulu : pasti udah pada nebak? blog trendsetter ya website sumber, contohnya seperti forum ads-id ini, forum ini bisa menjadi trendsetter, forum ini selalu membuat trend untuk keyword yang datangnya dari user, seperti pertanyaan ato sharing yang dibuat user forum ini.

    Kehebatan blog/website trendsetter

    1. Punya nilai yang tak terhingga (nilai disini bebas ya, bisa diartikan harga, ato kredibilitas)
    maksudnya? iya maksudnya website ini berdiri sendiri, tidak bergantung dari keyword website lain, website ini selalu menciptakan trendnya sendiri, bahasa marketingnya : menciptakan pasarnya sendiri. eit... tunggu dulu, jangan lupakan proses (maksudnya kondisi ads-id bisa seperti sekarang ini butuh proses yang tidak sebentar)

    2. Memiliki peluang yang sangat besar untuk di rangkul sama google menjadi premium publishernya (saya sendiri juga lagi nunggu nih, kapan ya... hehehehe, minta doanya ya, Kalo rejeki ga kemana, nanti kalo saya udah jadi premium publisher, saya traktir deh, makan cilok)

    dua aja ya, kehebatannya (kalo ada yang mau nambahin boleh kok, reply aja dibawah, nanti saya tempel di page 1)

    Mau dong punya blog/website trendsetter? ya bikin sendiri, hehehehehe

    Bentuk dari website trendsetter lebih beragam, karena idenya original datang dari si pembuatnya (bisa forum, portal berita, sosial media, dan masih banyak lagi)

    Tapi, ada tapinya untuk bisa hingga menciptakan pasarnya sendiri, memang memakan waktu yg lama, dan modal(uang, tenaga, pikiran) yang relatif (cuman kalo memang idenya sangat brilian, mungkin bisa untuk waktu yg lebih sebentar), yang pasti perlu waktu, kalo mau sekejap ya beli aja (itu juga kalo ada yang jual)

    Bagaimana Membuat Website trendsetter?
    1. yang pasti perlu ide, nah ide kreatif sangat dibutuhkan, saya kasih contoh kasus ya
    misalnya kita hanya tau membuat blog, jadi ide sederhananya kita buat blog aja yang menawarkan informasi berharga kepada visitornya

    berharga disini maksudnya informasi ini memang berguna bila diketahui dan diterapkan oleh orang yang membacanya, nah contoh lagi, misalnya saya, selain bisa membuat blog juga tau cara membuat tas kamera (hehehe promosi dikit ya, soalnya saya juga jualan tas kamera).

    bisa disimpulkan, saya buat aja website/blog yang memberikan review tentang kualitas tas kamera (ah itu mah basi, yang namanya juga contoh). Tapi walaupun misalnya idenya basi, jangan takut, coba aja dulu, kalo memang ga ada yang nyari, ya namanya bukan rejeki hehehehehehe...

    2. siapkan elemetnya, setelah dapet ide ya action (jangan kebanyakan bengong) ato kelamaan nokrong di forum ini, hehehehehe... (kalo saya ga pa2 karena lagi nulis konten untuk thread, alasan! hehehehe, saya lagi pengen berbagi aja, jadi nokrong dulu di ads-id)

    apa elementnya? ya yang dibutuhkan untuk membuat blog tersebut (domain, hosting, bahan untuk konten)

    Kalo dirasa perlu untuk membeli sebuah tas untuk direview, ya beli (nanti misalnya ga dipake, jual aja lagi)

    segitu dulu ah, mau ujan(jemuran belum diangkatin, nanti diterusin ya)

    Kesimpulan sementara : memang ada harga yang harus dibayar untuk membuat website trendsetter ini, tapi kalo sudah seperti ads-id, tinggal konsisten dan menikmati hasilnya deh
     
    Last edited: Apr 15, 2013
    autocontent and Xemulator like this.
  3. Cendol

    Cendol Ini Bisa Sampai Berapa Kata ?

    Joined:
    Nov 6, 2012
    Messages:
    2,175
    Likes Received:
    270
    mantabs mastah :D
    ikutan menyimak buat tambah ilmu :D
    Thx u :D
     
  4. mbendoll

    mbendoll Blogcepoters

    Joined:
    Jan 30, 2013
    Messages:
    1,981
    Likes Received:
    1,141
    wah mantap gan.. ikut nyimak kelanjutannya deh :)
     
  5. kang28ivan

    kang28ivan Family Hero

    Joined:
    Jun 13, 2012
    Messages:
    925
    Likes Received:
    59
    Location:
    Tasikmalaya - Sunda, Palu - Kaili, Indonesia
    Mantap gan, nambah lagi ilmu dari sekolah ads-id :D
     
  6. supermance

    supermance Super Hero

    Joined:
    Jan 26, 2009
    Messages:
    2,099
    Likes Received:
    116
    Location:
    Mirrorcle World
    indonesia apa english gan bahasa blognya?
     
  7. Gale Deg

    Gale Deg Ads.id Pro

    Joined:
    Sep 10, 2012
    Messages:
    312
    Likes Received:
    12
    Location:
    Banjarnegara
    Mantapss mas bro...:mawar:

    Di tunggu nieh lanjutannya
     
  8. putihitam

    putihitam Hero

    Joined:
    Dec 24, 2010
    Messages:
    601
    Likes Received:
    64
    Location:
    lebih sering dibandung
    Tips Lagi untuk jenis BLOG FOLLOWER

    #Jangan Bertele-tele
    apa maksudnya? tips ini maksudnya, saat membuat konten yang mengandung nilai informasi, cobalah jangan bertele-tele.

    sering kali karena ingin nembak keyword di paragraf pertama, konten yang kita buat jadi tidak mengerucut ke inti informasi yang akan disajikan (maksudnya gimana sih? bikin bingguna aja)

    dikasih contoh ya (biar tambah bingung)
    misalnya kita ingin membuat sebuah post tentang resep membuat sebuah kue (contoh judulnya : Cara membuat donat agar tidak bantet)

    nah dari judul, visitor pasti datang karena ingin tahu caranya

    jadi jangan terlalu bertele-tele di awal konten, kalo bisa visitor dibimbing untuk lebih mudah mengerti cara membuat donat agar tidak bantet

    format isi contentnya :
    --pembukaan--
    bahas aja sedikit apa sih yang membuat donat jadi bantet?
    --akhir pembukaan--

    --gambar--
    kasih gambar untuk ilustrasi konten yang kita buat (bisa gambar donat lagi makan donat, ato apalah hehehehe...) jangan lupa alt text untuk gambar (sesuai judul aja)
    --akhir gambar--

    --gold information--
    kasih solusi : cara membuat donat agar tidak bantet (coba bikin lebih terstruktur, agar mudah dimengerti)
    --akhir gold information--

    --tambahan--
    suguhi visitor, dengan konten yang masih berhubungan dengan donat (atau bisa juga call to action)
    --akhir tambahan--
     
    Xemulator likes this.
  9. penoace

    penoace Newbie

    Joined:
    Oct 4, 2012
    Messages:
    19
    Likes Received:
    0
    mantap master ,
    penjelasan simple tapi kena ...
    BTW untuk follower itu gak beda jauh dengan makelar ya ? :D
    trus untuk jadi follower apakah harus baca semua artikel sampai selesai ?

    maap newbie banyak tanya :p
     
  10. aquila10

    aquila10 Hero

    Joined:
    Apr 25, 2012
    Messages:
    541
    Likes Received:
    4
    Location:
    di depan laptop :D
    Panjang banget gan penjelasannya....

    tapi emang benar gan, orang yang googling itu sebenarnya cari informasi juga.... jadi kalau blog kita content nya bagus (banyak informasinya) + SEO = $$$ :p
     
  11. putihitam

    putihitam Hero

    Joined:
    Dec 24, 2010
    Messages:
    601
    Likes Received:
    64
    Location:
    lebih sering dibandung
    malu ah, dibilang master(biasa aja, master mah yg udah jadi premium publisher)
    mungkin bisa juga dibilang makelar kali ya, bebas deh
    untuk baca semua boleh, nggak juga boleh, tapi kalo sudah terbiasa, biasanya tau kok gold infomasinya terletak di mana


    kepanjangan ya? hehehehe... (itung-itung latihan nulis aja om)

    tips lagi ya, skalian nunggu posting ke index, jadi nokrong lagi di ads-id (hehehe alasan lagi ya)

    untuk trendsetter,

    #berusaha menjadi profesional
    Karena namanya bisnis, harus profesional

    jadi gini, contoh lagi : setelah mendapat ide akan membuat apa, cobalah dibuat jadwal waktunya

    untuk saya, saya belum bisa bekerja sendiri, saya biasanya membuat sebuah tim(yg udah-udah sih paling banyak 3 orang : saya, istri, dan 1 orang teman)
    dan tempatkan orang tersebut sesuai keahliannya (ini misalnya project buat blog review tas ya)

    saya : menempatkan diri di bagian mengurus konten dan optimasi
    istri : riset
    teman: karena dia jago fotografi, jadi saya tempatkan di bagian moto untuk ilustrasi konten

    buatlah jadwal waktu untuk setiap perkerjaan tersebut(sebelumnya tentukan target dulu ya)

    cth : targetnya kita akan launching blog review tas bulan mei ini
    nah buat lah (misalnya untuk minggu pertama apa aja yang perlu dipersiapkan untuk setiap jenis pekerjaan), dari pengalaman yang memakan waktu lebih lama itu riset sih, jadi coba alokasikan waktu lebih lama untuk riset.

    misalnya lagi, kalo ada yang melanggar time linenya, kasih konsekuensi misalnya dipotong bagi hasilnya nanti ato apalah, buat aja supaya masing-masing ada tanggung jawabnya.

    gitu tipsnya, tips yg lain nanti menyusul ya, mau jalan-jalan dulu di ads-id
     
  12. bibib

    bibib Ads.id Pro

    Joined:
    Mar 8, 2012
    Messages:
    324
    Likes Received:
    5
    Location:
    di hatimu
    panjang bgt tapi mantep gan ..semua butuh perjuangan dan proses :D
     
  13. anegaptek

    anegaptek Banned

    Joined:
    Apr 23, 2013
    Messages:
    167
    Likes Received:
    1
    Tambahan dari ane gan...
    Kalau mau tipe pertama ambil sumber dari blog bule aja.
    Terus translate deh ke Indo.

    Ya tapi emang buat Indo juga sih targetnya :D
     
  14. putihitam

    putihitam Hero

    Joined:
    Dec 24, 2010
    Messages:
    601
    Likes Received:
    64
    Location:
    lebih sering dibandung
    sambil nunggu yg jual paypal bisa ngecer $7, saya update lagi ah thread ini

    sub-judul : pengalaman blog follower menjadi blog trendsetter

    awal 2009 saya membangun sebuah blog follower (nichenya kasih tau ga ya?)
    nah berbekal ilmu yg saya dapat di ads-id ini saya buatlah sebuah blog, dengan menetapkan sebuah web referensi(web trendsetter), setelah berjalan 3 bulan, ada perkembangan yang signifikan dari jumlah traffic yang datang ke blog saya ini ( baru lah saya pasang adsense)

    bulan ke lima sudah bisa mencicipi hasil dari adsense ga banyak (tapi cukup, alhamdulilah deh).

    karena saya sudah terbiasa dengan mengikuti dan membaca konten dari web sumber, saya jadi bisa memproyeksikan kira-kira kata kunci apa yang akan menjadi trend untuk sebulan ke depan. (tapi keahlian ini saya dapat setelah kurang lebih 1 tahun ya - mungkin karena saya aja yg lemot).

    dari situ saya mencoba (trial and error). untuk lebih dulu membahas sebuah keyword yang akan menjadi trend sebulan ke depan, tapi jangan salah, tidak semua prediksi saya tentang keyword ini 100% benar, tapi paling ga mendekati 80% lah kebenarannya.

    jadi hingga sekarang blog saya sudah bertransformasi menjadi blog trendsetter, tidak bergantung lagi dari blog referensi, dan kebetulannya lagi nichenya memang bidang yg saya geluti. kalo ditanya penghasilannya brp (malu), tapi yg pasti belum jadi premium publisher sampe detik ini

    jumlah visitor pun semakin bertambah, karena visitor selalu haus untuk hal yg baru....

    untuk tipsnya : sederhana sih, atau mungkin basi, yaitu fokus dan coba dengan sesuatu yg anda senangi, sehingga ada tidak dibebani dengan kejenuhan...


    nb: semoga ada yang jual paypal eceran, ga nyambung ya (hehehehehe... ngarep ya, iya nih buat bayar tagihan hosting, kurang $7 lagi)
     
  15. reff_master

    reff_master Ads.id Pro

    Joined:
    Feb 7, 2013
    Messages:
    384
    Likes Received:
    9
    Location:
    Batu, Malang
    kalimat terakhir paling berkesan gan buat ane

    blognya bahasa linggis he...he...he...

    ane juga ingin [unya blog yg bahasa linggis
     
  16. aka_omerta

    aka_omerta Hero

    Joined:
    Feb 4, 2012
    Messages:
    722
    Likes Received:
    61
    Location:
    Bekasi - Subang - Yogya
    Postingan yang bergizi, sPenjelasan dan pemaparannya berbeda dari yang selama ini saya temukan...
    Selama ini ane hanya mengikuti alur dari apa yang sudah ada...:-$
    Sementara TS, out of the box...
     
  17. putihitam

    putihitam Hero

    Joined:
    Dec 24, 2010
    Messages:
    601
    Likes Received:
    64
    Location:
    lebih sering dibandung
    hehehe... iya, sebenernya saya juga ga bisa bahasa linggis om, cuma bisa yes dan no (dipake kalo malem jumatan, eit jangan ngeres... malem jumat saya belajar bahasa inggris sama istri lo...)

    saya awalnya juga ikut alur yang ada (bahkan sampe sekarang kok om), tapi kadang diimprove aja sedikit, hehehehehe....

    Update lagi ya,

    sub judul : enaknya punya web/blog trendsetter

    yang pasti kita tidak lagi disetir oleh pasar(maksudnya visitor), kok bisa, iyalah karena kita sendiri yang menentukan keyword apa yang mau kita bahas di web/blog kita. jadi visitor sudah menjadi loyal untuk datang ke website kita, tanpa harus melalui search engine, untuk mendapatkan informasi yang terbaru, yang kita suguhin.

    contohnya : saya loyal untuk dateng ke forum ini, untuk mendapatkan sebuah informasi baru seperti share themes, template, backlink, tehnik seo, hosting gratis, tips dan trik (pokoknya banyak deh yg sy dpt dari forum ini, makasih ya temen2, momod, mimin)

    dampaknya dari loyalitas visitor untuk website trendsetter kita, website jadi ga pernah sepi hehehhehehe (otomatis earning juga nambah). dan si embah juga memberikan kredit positif (seperti botnya yg sering dateng, index ga pernah telat) - (tapi ngomong2 si embah kapan nih ngundang jadi premium publisher, hehehehe masih ngarep nih)

    tips: supaya mendapatkan loyal visitor
    sederhana kok, terus update informasi yg memang dibutuhkan oleh visitor (kalo perlu berikan kemudahan buat visitor untuk mendapatkan informasi tersebut, bisa bikin versi pdf ato bikin app ato apalah)

    enakan... :D

    nb: o iya, untuk cari ide bikin web/blog apa, coba aja maen ke flippa(udah pernah ada yg bahas kok), ato bisa juga ke blogspot adsense (lihat cerita sukses publisher) trus coba cari tau webnya ngebahas apa...
     
  18. dudev

    dudev Super Hero

    Joined:
    Feb 13, 2013
    Messages:
    750
    Likes Received:
    20
    sgt inspiratif bwt nubie kyk ane, thx
     
  19. tiket

    tiket Ads.id Fan

    Joined:
    Dec 8, 2012
    Messages:
    117
    Likes Received:
    1
    Mantab Om... semoga nubi bisa nyusul :D
     
  20. alfian354

    alfian354 Newbie

    Joined:
    Jul 24, 2013
    Messages:
    12
    Likes Received:
    1
    mantabs bro
    ikutan menyimak buat tambah ilmu di adsid
    Thx u :D
     

Share This Page