1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

[SHARE] Mengenai Website Flipping di DigitalPoint ++

Discussion in 'Online Earning' started by yumichan, Apr 5, 2013.

  1. yumichan

    yumichan May All Beings Be Happy

    Joined:
    May 19, 2011
    Messages:
    7,016
    Likes Received:
    847
    Halo semuanya,

    Thread ini merupakan kelanjutan dari thread gak jelas ane disini: http://www.ads-id.com/forums/showthread.php/153998

    Thread yang lama dah ane gembok, karena updatenya ada disini hehe..

    Ane mau mohon maaf sebelumnya tidak bisa buatkan ebook, terlepas dari teknisnya yang sebenarnya sangat simpel, ane gak tau napa malas banget buat nulis utk dijadiin ebook hehe. Maka lahirlah thread ini, semoga bisa bermanfaat bagi rekan-rekan sekalian.. Bagi mastah2 tlg jangan diketawain ya, earning memang tidak seberapa tapi ane yakin, ada potensi yang besar disini jika kita mau fokus, soalnya ibarat nasi sudah dihidangkan di meja, tinggal kita mau ambil atau gak utk dimakan :D

    Balik lagi, flippa alternative yang saya maksudkan di thread tsb adalah Digital Point forum, salah satu forum internet marketing skala internasional yang memdunia hehe.. Pasti banyak penonton yang kecewa nih, "Oh DP doang toh...? kalo itu juga ane tau :p".. Gapapa, faktanya setelah sempat listing2an disana, ane masih bisa menghitung jari para member DP yang list website dan berasal dari Indonesia..


    Ok, kita mulai yang basicnya dulu ya, biar thread ini benar2 friendly buat dibaca.

    Apa itu website flipping?


    Menurut saya, website flipping simpelnya adalah suatu profesi yang melibatkan bikin-jual-bikin-jual atau beli-jual-beli-jual website. Perlu ane cetak bold yang suatu profesi tersebut, karena harus dilakukan secara konsisten dan berulang2 baru hasilnya bisa bagus hehe..

    Dengan konsep multiply yang saya sebutkan di thread sebelumnya, website flipper bisa menghasilkan fast cash yang nantinya bisa dipake buat investasi untuk aset lainnya atau aset long term. Maaf mungkin udah bosan dibaca di thread sebelumnya, tapi bagi ane pribadi inilah jiwanya flipping sehingga ane masih mau bertahan utk fokus di jalur ini, jadi mungkin bisa bermanfaat kalo saya ulang2 hehehe..

    Kalo tidak punya website utk dijual, gimana dong?

    Ada 2 opsi:
    1. Bikin dulu, udah banyak share di forum tercinta ini bagaimana membuat website yang bagus
    2. Beli aja, tapi dengan catatan kita paling tidak harus mengerti secara garis besar hal-hal teknis misal apa itu backlink, sitelink, pagerank, cara liat analytic/stats lainnya, dll..

    Cuma menurut saya beli-jual lebih cepat perkembangannya, krn kita tidak stuck dengan "time". Kalo resource kita ada banyak dan bisa kita manfaatkan pasti hasilnya jauh lebih baik dibanding kita menjadi single fighter. Tapi ya itu tadi, jgn sampe beli2 tapi msh blm terlalu paham hal teknis secara garis besar.

    Bagaimana sih website yang bagus itu?

    Kalo ada website yang dijual, biasanya ane buka beberapa tool dan website sebagai berikut:
    -websitenya sendiri
    -histats/statcounternya atau kalo analytic suruh add email ane jadi user role
    -cekpr.com
    -archive.org (bila diperlukan)
    -copyscape.com
    -google.com / google.co.id (jika blog lokal)
    -opensiteexplorer.org (bila diperlukan)
    -SS earningnya (kalo ada earning)

    Dari websitenya kita bisa liat desainnya bagus atau gak, terus baca2 grammarnya bagus atau gak, dari sini bisa liat kualitas suatu website (sebut aja kualitas fundamental, ciee...) apakah ditulis manual dan high quality content atau malah generated by robot, atau hanya tulis title tapi templatenya agc! hehe..

    Dari statsnya (analytic, histats, dan statcounter) bisa kita lihat beberapa poin penting:

    1. Lihat trafficnya organic apa gak (kalo di analytic : bagian landing page, queries, dll, pkoknya bagian search2 dan SE itu lah.. kalo di histats : liat di panel sebelah kiri, pilih "search engines", kalo di statcounter "keyword", dll).

    *NB: disini juga kita bisa liat, websitenya itu ngerank utk keyword apaan, apakah musiman (trending saat ini tp sewaktu2 bisa ditelan bumi) atau keyword abadi atau evergreen.. Evergreen ini nilainya lebih mahal, krn lebih stabil. Tapi kalo musiman tertentu, biasanya banyak incoming traffic dan variasi keywordnya tapi bisa jadi kalo topiknya dah mati, habis juga deh trafficny. (tapi kalo blognya dah authority gpp, nembak kw trend lainnya jg pasti serp bagus mnurut ane).

    2. Lihat referring sitesnya, ini penting, selain biar kita tau berapa porsi traffic dan perbandingan antara referral dan trafik yang benar2 organik, kita juga bisa meminimalkan risiko ditipu dengan fake traffic modus iframe seperti yang pernah ane tuliskan disini: http://www.ads-id.com/forums/showthread.php/134578

    3. Lihat geolocation, traffic dari negara2 premium sperti US, UK, Canada, Germany, atau malah dari negara mana.. Utk harga jelas yang dari negara premium lbh bagus hehe..

    4. Lihat bounce rate, berapa pageview per visit, dll. Semakin rendah bounce rate semakin bagus, semakin banyak pageview per visit semakin bagus.

    5. Lihat trennya. Ini yang paling penting menurut ane. Kita tidak bisa mengetahui secara pasti bagaimana masa depan blog yang bersangkutan, tapi at least kita bisa ramalkan dengan adanya pengetahuan tentang tren ini. Cara lihatnya, liat aja, dari hari ke hari, month to month, apakah tren traffic nya naik atau merendah atau stagnan. Usahakan beli yang naik dan stagnan (dalam long term). Tapi bukan berarti website yang trennya turun adalah website yang jelak. Semuanya relatif hehe..

    Dari cekpr.com, kita bisa liat PR, Alexa Rank, Doman Authority, dan umur websitenya. Ane paling suka cekpr.com karena menampilkan info2 ini yang sangat penting kita ketahui, krn menyangkut performa blog tersebut.

    Kalo ada pageranknya, kita bisa cek PR itu natural dari google atau hasil FTV (fake to valid), bisa lgs dicek di archive.org

    Dari copyscape, kita bisa liat isi kontennya itu unik atau ada hasil yang nyangkut.. Hasil yang nyangkut juga perlu kita telusuri, bukan berarti website itu yang copas, bisa saja dia dicopas oleh blog lainnya. Ane pernah nemu satu dua kasus ginian..

    Dari google.com dan google.co.id utk ngecek beberapa hal:
    1. Bisa cek site:namadomain.tld kalo misal ragu diindex atau gak atau sekadar liat index berapa
    2. Cek sitelink. Sitelink menurut ane pertanda google melihat site kita ini hirarki bagus atau gak, authority apa gak..

    Kalo ada earning, earning (disertai bukti SS, kalo skala besar minta sekalian buat video atau teamviewer biar minimalisir risiko) bisa jadi acuan kita untuk harga suatu website. Bisa berkisar antara 3x earning sebulan (average) s/d 10x earning sebulan. (utk perkaliannya ini bergantung dari budget buyer dan seberapa potensial website tersebut).

    Dan salah satu hal khusus yang biasanya ane lakukan khusus utk blog2 yang listing di ads-id, coba klik "what is the main function of bla bla bla" pokoknya kw yang long tail gak jelas. ini untuk testing aja, website nya itu agc search apa gak hehe..

    Itu kan tips buat yang mau beli-jual-beli-jual, kalo yang mau bikin sendiri lalu jual gimana?
    Tips2 diatas bukan hanya berguna bagi Anda yang mau beli website utk dijual lagi di DP, tapi buat yang mau bikin websitenya, takaran di atas adalah acuan para buyer, jadi maksimalkan setiap poin diatas agar website Anda semakin bagus poin2nya. Maka valuenya bisa lebih tinggi..

    Ok, sudah soal websitenya.. Skg melangkah ke DP nya..

    Di DP, ada banyak bule dari berbagai negara yang online untuk mengecek website2. Kuncinya disini: Mereka ready to buy, dan pasar sudah disiapkan untuk kita. Sisa kita ambil sendok nasi utk senggol, lalu angkat nasinya ke piring kita masing2 hehe..

    Langkah2 listing di DP (ane gak terlalu bahas krn pasti smua dah ngeh, krn bentuknya cuma forum doang kek ads-id!):

    1. Register/Sign up

    2. Buat akun dan verifikasi email

    3. Edit profil, makes it look as the most professional it can be.

    Dalam mengedit profil, hal yang terpenting adalah kejujuran. Jangan tulis tinggal di NYC atau Los Angeles tp ternyata tinggal di Makassar hehehe.. Ingat, dalam bisnis apapun, kejujuran adalah nomer 1.

    Kalo gak mau repot bisa beli akun orang aja, apalagi yang sudah ada feedback, cuma harganya rada mahal, apalagi transaction feedback DP skg udah beda sama itrader rating system kek dulu..

    4. Seperti yang ane baca pagi ini, salah satu member menyebutkan Duit = Do It. Jadi, do your first listing! :)

    PS: Ingat aturan dan rule utk DP! Silahkan dibaca baik2 di DP semua aturannya. Dan perlu diketahui, rules di DP are very strict, jauh2 lebih ganas dibanding di ads-id (makanya ane suka heran liat orang protes ads-id, padahal banyak banget forum lainnya yang jauh lbh sadis dari om P3d, sorry ya om P3d wkkwkw). Sedikit salah bisa mengakibatkan kita banned. Dan bannednya gak main2, keknya 3 atau 6 bulan gitu :D, dah terlanjur tua di IM baru lolos lagi hehe..

    Untuk cara listing dan tips listing, silahkan dilihat di bawah, threadnya gak muat :))
     
    Last edited: Apr 5, 2013
  2. yumichan

    yumichan May All Beings Be Happy

    Joined:
    May 19, 2011
    Messages:
    7,016
    Likes Received:
    847
    Listingnya disini: hxxps://forums.digitalpoint.com/forums/sites.52/

    Sisa masukkan nama domain, isi keterangan lainnya, dll.. lalu yang paling penting di sales letter atau isi thread.

    Beberapa Tips:

    Buyer akan nyaman bertransaksi dengan orang2 yang bisa dipercaya, kalo ente adalah orang yang bisa dipercaya, +1 buat Anda, kita sisa menunjukkan kepada mereka bahwa kita adalah orang yang bisa dipercaya! Apalagi DP sangat rawan sama yang namanya scamming. Gimana cara nunjukinnya? Dengan feedback!

    Usahakan setiap auction Anda memenuhi syarat agar penjual dan pembeli bisa meninggalkan feedback, syaratnya cuma satu, yaitu pada saat membuat lelang, aktifkan "Instant Payment". Jika diaktifkan, kalo ada buyer yang mau beli website, dia sisa pencet "Buy Now" lalu langsung terkirim utk melakukan pembayaran dan payment lgs masuk ke akun paypal yang kita integrasikan dengan akun DP kita.

    Ketika suatu transaksi dengan instan payment selesai, maka penjual dan pembeli bisa mengunjungi hxxps://forums.digitalpoint.com/marketplace/feedback utk mensubmit feedback tentang bagaimana dengan transaksinya. Ini adalah kesempatan buat kita untuk bisa menunjukan seberapa besar kita bisa dipercaya.

    Untuk masalah harga, ini hal yang sangat relatif untuk didiskusikan. Tidak ada harga yang benar dan tidak ada harga yang salah. Coba aja, seberapa mahal website Anda sendiri Anda nilai, coba jual dengan harga itu (expected price). Tidak ada rule pasti "kalo UV begini, harganya brp dll..", sangat relatif, bergantung pada kualitas website tersebut.

    Jadi, jangan trll banyak berpikir pantasnya brp dll... Just try it and then you will reveal! hehehe..

    Kesimpulan:
    1. Mohon maaf apabila hanya sedikit hal2 teknis mengenai listing di DP yang saya singgung disini, hal tersebut karena
    2. Teknis hanya memegang peranan paling kecil didalam setiap bisnis,
    4. Kalopun ada teknisnya, cuma ini kuncinya: bagaimana kita bisa meyakinkan buyer bahwa web kita potensial dan tunjukkan seberapa potensialnya website tersebut.
    5. Yang memegang peranan terbesar (sangat sangat besar) adalah kemauan dan impian kita, jadi
    6. Praktek,...praktek,...praktek! karena
    7. Tidak ada skema berhasil secara instan, semua harus ada prosesnya. Ups and downs mari kita sama2 jalani hehe..
    8. Kejujuran memegang peranan penting, dan jadi pribadi problem solver biar rejeki juga lancar, misalnya kalo ada masalah dengan website yang kita jual, kita segera perbaiki, dll.. Fokus maintain relationship dengan loyal buyer.


    Oh iya, bagi yang mau bertanya, silahkan reply thread ini. Tips ini saya anggap sudah sangat mewakili, tapi ane sangat open untuk hal2 yang bisa bikin thread ini semakin bermanfaat.

    Akhir kata, smoga thread ini bisa memberikan manfaat bagi kita semua.. Maaf kalo ada kesalahan atau sesuatu yang kurang berkenan..hehe..

    Salam dari ane, Thanks a lot
    :kembang:

    ---Update----

    Yap mas, salah satu kelebihannya dibandingkan flippa, bebas 100% alias free..

    Oh iya, saya lupa, ada kekurangannya, yaitu gak bisa relisting! hehehe.. kalo relist lgs dianggap double thread dan dupes rule ngeri banget, lgs diserbu infraction!
    Solusinya, kalo website kita belum laku, dibump. Lbh bagus lagi jadi premium member, ($25 per month kalo ambil 3bulan atau $125 per year sekaligus kalo gk salah cmiiw), bisa ngebump 7 hari sekali. Kalo member regular lupa ane brp hari sekali bump nya, mungkin 1 bulan satu kali
    :nangis2:

    Kalo soal member mungkin flippa jauh lbh banyak buyer yang aktif, tapi di DP juga not bad, dan ini potensi buat kita :D

    Oh iya mastah, ane lupa bagian ini.

    Sekarang mmg mesti dapat likes biar bisa jualan di marketplace, jadi utk awal2 disarankan kalo belum punya akunnya, register dan posting post2 bermanfaat bagi member lainnya untuk dapat like hehe.. (jgn pm orang minta like, ane pernah nemu beberapa orang lgs kebanned, momod sana ngeri super).

    Untuk feedback, balik lagi, kalo dah bisa jualan, cari web yang mau dijual, entah mau dijual murah aja atau kembali modal terserah yang penting setelah transaksi minta feedback hehe.. jadi bisa lebih trustable dimata calon buyer lainnya..

    Thanks mastah dah ngingetin
    :kembang:

    iya mod, scamming mmg salah satu risiko di DP, banyak terjadi scam dimana2..

    kalo ane pribadi jodohnya gak tau kenapa lebih ke DP, di flippa ane jual unsold terus :nangis2:

    utk menghindari scam yang ane lakuin selama ini:

    1. pilih2 buyer. kalo ada yang bid lalu ane liat country dari negara2 potensi scam, biasanya ane PM dl tanyakan, kalo misal responnya kurang bagus ane reject bid nya.

    2. memprioritaskan buyer dari US, Eropa, Australia, dan Singapore.

    kalo dari segi paypal, pernah kena dispute beberapa kali, tapi sampe skg (syukurlah) ane msh menang banding terus, uang dibalikin ke rek paypal. Kita sisa banding ke paypal dengan menyertakan bukti bahwa domain sudah dipush dan files/db telah dipindahkan ke server buyer. Ambil SS nya, termasuk SS chat dan jg SS dari PM digitalpoint. Waktu jaman itrader dl ane malah ambil SS kalo dia sudah submit positive itrader ke ane tapi eh beberapa hari kemudian ngaku kl blm masuk domainnya :D

    thanks mod atas masukannya :kembang:
     
    Last edited: Apr 6, 2013
    fikrionline, dotyahoo, gelas and 3 others like this.
  3. supriyadieka

    supriyadieka Super Hero

    Joined:
    Aug 11, 2010
    Messages:
    6,612
    Likes Received:
    377
    Location:
    Gunungkidul
    Terima kasih udah share ilmu berharga ini masatah. Saya ikut pelajari lagi.
     
  4. adhi88

    adhi88 Super Hero

    Joined:
    Sep 25, 2009
    Messages:
    1,222
    Likes Received:
    50
    Location:
    CILACAP
    thanks tipsnya masbro
    sayangnya inggris ane masih pas-pasan jadi rada ragu listing disana
     
  5. xavierix

    xavierix Super Hero

    Joined:
    May 22, 2011
    Messages:
    1,705
    Likes Received:
    166
    Location:
    makassar
    mantep ilmunya..
    ane setuju soal kejujuran di sini, bisnis offline aja yang bisa ketemu muka orang bisa baku tipu, lebih-lebih untuk jual beli web antar benua yang hampir mustahil ketemu offline.
     
  6. acilz

    acilz Super Hero

    Joined:
    Dec 9, 2011
    Messages:
    1,231
    Likes Received:
    127
    Location:
    bandung
    Hmm.. tempatnya gak asing,, tapi metodenya yang asing :D.. mantap.. BTW di listing di DP emang gratis ya mastah??
     
  7. yumichan

    yumichan May All Beings Be Happy

    Joined:
    May 19, 2011
    Messages:
    7,016
    Likes Received:
    847
    sama2 mastah.. Ane msh sangat jauh dari mastah, kang Pri hehe.. soal belajar, sama2 belajar dong jgn sndr hehehe :peace:
    seperti yang ane bilang diatas mastah, teknis gak jadi soal hehhehe.. pake google translate kan bisa :D

    :kembang:
    terimakasih dah mampir mastah Xavierix.. btw waktu itu mastah Nardi mampir di makassar, gak sempat bkin kopi2 utk beliau :nangis:
     
  8. yumichan

    yumichan May All Beings Be Happy

    Joined:
    May 19, 2011
    Messages:
    7,016
    Likes Received:
    847
    Yap mas, salah satu kelebihannya dibandingkan flippa, bebas 100% alias free..

    Oh iya, saya lupa, ada kekurangannya, yaitu gak bisa relisting! hehehe.. kalo relist lgs dianggap double thread dan dupes rule ngeri banget, lgs diserbu infraction!
    Solusinya, kalo website kita belum laku, dibump. Lbh bagus lagi jadi premium member, ($25 per month kalo ambil 3bulan atau $125 per year sekaligus kalo gk salah cmiiw), bisa ngebump 7 hari sekali. Kalo member regular lupa ane brp hari sekali bump nya, mungkin 1 bulan satu kali
    :nangis2:

    Kalo soal member mungkin flippa jauh lbh banyak buyer yang aktif, tapi di DP juga not bad, dan ini potensi buat kita :D
     
  9. az4net

    az4net Super Hero

    Joined:
    Jul 1, 2010
    Messages:
    1,340
    Likes Received:
    34
    Location:
    Di zona oksigen
    ilmu baru nih thanks mastah yumi
     
  10. yumichan

    yumichan May All Beings Be Happy

    Joined:
    May 19, 2011
    Messages:
    7,016
    Likes Received:
    847
    sama2 mastah..
    smoga bisa bermanfaat bagi rekan2 ads-id :nangis:
     
  11. assyams

    assyams Pengangguran

    Joined:
    Oct 21, 2010
    Messages:
    2,281
    Likes Received:
    112
    Location:
    Pulau Giligenting
    Share mantabs! sayang... ane ndak bisa bahasa inggris, jadi ndak sanggup dalam hal komunikasinya :(
    Btw, ada bagian pejelasan yang biasa ane pake keknya
    :lol:
     
  12. yumichan

    yumichan May All Beings Be Happy

    Joined:
    May 19, 2011
    Messages:
    7,016
    Likes Received:
    847
    :lol:
    kalo mmg gak bisa banget nanti ane bisa bantu gampang lah mstah hehe..
     
  13. gelas

    gelas Ads.id Fan

    Joined:
    Aug 22, 2012
    Messages:
    236
    Likes Received:
    26
    kalau ane punya blog bagus boleh tipip di jualin gak om Yumichan?....sapa tau aja nanti ane ada blog yang mantep
     
  14. yumichan

    yumichan May All Beings Be Happy

    Joined:
    May 19, 2011
    Messages:
    7,016
    Likes Received:
    847
    silahkan mas.. nanti dibicarakan di belakang aja.. ini ada jg beberapa yang pm mau titip jualan hehe..
     
  15. pyurtube

    pyurtube Super Hero

    Joined:
    Feb 19, 2011
    Messages:
    1,804
    Likes Received:
    70
    Location:
    Senen Jakarta Poesat
    ini share mantaf bgt nih ,tuk cr $$$ ,thank berat,
    moga rezeki lancar barokah,
    thumbs up ,
     
  16. flipitup

    flipitup New Comer

    Joined:
    Jun 28, 2012
    Messages:
    596
    Likes Received:
    102
    oh DP toh, kirain tempat lain om :D

    bukannya kalo disitu kebanyakan reseller, broker, flipper juga? jadi secara harga jual juga ga bisa maksimal dibanding flippa.
     
  17. soniwidiyanto

    soniwidiyanto Newbie

    Joined:
    Dec 22, 2012
    Messages:
    22
    Likes Received:
    3
    Waduh cara aman jual web di flippa gmn sih om?
    ane newbie :D
     
  18. be_honest

    be_honest Super Hero

    Joined:
    Jun 2, 2009
    Messages:
    1,836
    Likes Received:
    246
    Location:
    cockpit
    Yang penting nih mastah
    Share cara dapatkan feedback agar bisa jadi establish member, semua itu ga jalan kalo ga establish member, right? dulu enak banget tinggal create aja, nunggu 3-7 hari closed tran$action, sekarang mesti establish dulu , hadehh
     
  19. yumichan

    yumichan May All Beings Be Happy

    Joined:
    May 19, 2011
    Messages:
    7,016
    Likes Received:
    847
    makasih mastah atas supportnya, buat mas Pyurtube juga smoga rejeki lancar barokah.. thanks mas
    hmm kalo ane pribadi ada beberapa bule langganan ane adalah customer ane yang juga adalah buyer dari flippa,
    jadi tidak semuanya middle man kok, banyak juga yang end buyer mnurut ane
    :senyum:
    thread ini membahas soal di DP mas, bukan flippa hehhee..
    Oh iya mastah, ane lupa bagian ini.

    Sekarang mmg mesti dapat likes biar bisa jualan di marketplace, jadi utk awal2 disarankan kalo belum punya akunnya, register dan posting post2 bermanfaat bagi member lainnya untuk dapat like hehe.. (jgn pm orang minta like, ane pernah nemu beberapa orang lgs kebanned, momod sana ngeri super).

    Untuk feedback, balik lagi, kalo dah bisa jualan, cari web yang mau dijual, entah mau dijual murah aja atau kembali modal terserah yang penting setelah transaksi minta feedback hehe.. jadi bisa lebih trustable dimata calon buyer lainnya..

    Thanks mastah dah ngingetin
    :kembang:
     
  20. peipoll

    peipoll Ads.id Pro

    Joined:
    Apr 6, 2011
    Messages:
    320
    Likes Received:
    121
    Location:
    Antah Berantah
    Keren boss, Nambah wawasan nih, biar nggak stag cuman buat blog aja.
     

Share This Page