1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

W3C Validasi untuk HTML dan CSS : mengapa kita harus peduli dan mengapa juga tidak

Discussion in 'SEO Articles' started by mastercdn, Mar 7, 2013.

  1. mastercdn

    mastercdn Banned

    Joined:
    Mar 3, 2013
    Messages:
    278
    Likes Received:
    26
    Location:
    Bekasi
    W3C Validasi untuk HTML dan CSS : mengapa kita harus peduli dan mengapa juga tidak terlalu perlu.

    Apakah anda pernah menguji kualitas html coding anda dan kualitas coding css anda menggunakan validator w3c ?

    Bagaimana hasilnya, apakah valid atau malah invalid dan banyak error. Kemudian bagaimana menurut anda tentang pengujian validasi w3c ini apakah penting atau tidak dan apakah ada pengaruhnya terhadap SEO?

    Beberapa rekan seringkali bertanya tentang validasi html dan validasi css ini apakah penting atau tidak, apakah memang harus dikejar untuk valid atau tidak. Mereka khawatir karena sebagian besar website yang ada, bisa saya katakan hampir 80 persen website yang ada di dunia ini tidak lolos validasi html apalagi untuk situs situs besar dengan beragam fitur yang tentunya pemprograman html dan css nya pun menjadi sangat rumit.

    Pertanyaan yang lebih spesifik yang biasa ditanyakan adalah apakah validasi html dan validasi css ini berpengaruh terhadap SEO atau tidak. Jika iya, bagaimana cara untuk mendapatkan validasi html dan css nya. Biasanya saya akan jawab validasi w3c ini penting tapi bukan yang paling penting. Dalam artian ini penting tapi bukan sesuatu yang mutlak harus dikejar. Semua bergantung pada kemauan individu masing masing apakah punya waktu untuk itu atau tidak. Saya selalu menyarankan kepada rekan rekan untuk bersabar dan pelan pelan diperbaiki struktur programnya. Karena penting atau tidak penting, validasi w3c html ini tentunya akan meningkatkan performa dan kualitas dari website kita terutama terkait acceptabilitas dan performa kualitas onpage yang tentunya akan jauh lebih efektif saat struktur html dan css nya memenuhi kriteria pemprograman yang baik dan benar.

    Kalau ditanyakan seberapa penting validasi ini untuk website kita jawabannya adalah relatif, yang pasti valid w3c ini merupakan salah satu kriteria dalam penilaian SEO score, dengan menggunakan coding yang valid tentunya juga akan lebih optimal websitenya karena tidak ada celah untuk script program yang useless atau tidak ada gunanya. Unicorn validator ini merupakan tools yang dapat digunakan untuk mengetahui validasi website kita ditinjau dari empat faktor berikut ini :

    1. w3c HTML validator
    2. w3c CSS validator
    3. w3c Internalization checker
    4. w3c Feed validator

    Untuk menguji validasi website anda silahkan kunjungi httpx://validator.w3.org/unicorn/

    Berikut saya lampirkan screenshot untuk validasi website speedseo fastload

    View attachment 27676

    Semoga tulisan ini bermanfaat.

    salam,
     
  2. alhijr

    alhijr Super Hero

    Joined:
    Feb 27, 2010
    Messages:
    4,392
    Likes Received:
    862
    Location:
    PIN : 7568977
    Re: W3C Validasi untuk HTML dan CSS : mengapa kita harus peduli dan mengapa juga tida

    keren gan. sangat bermanfaat
     

Share This Page