1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

Dagang Online Dimana Saja Kapan Saja Tanpa Harus Buka Laptop! Mungkinkah?

Discussion in 'Berbagi Pengalaman' started by Phonecompi, Feb 23, 2013.

  1. Phonecompi

    Phonecompi Super Hero

    Joined:
    Apr 18, 2010
    Messages:
    856
    Likes Received:
    290
    Location:
    Medan
    Bisa dibilang ane jarang banget bikin trit bermanfaat kayak gini. La wong walo member dari tahun 2010 tapi ane masih tergolong nubie. Meski nubie, gk papa n tetep harus disyukurin. Karna dari nubie lah semua berawal. Gk ada didunia ini yg begitu lahir langsung jadi mastah. La wong Albert Einstein aja baru lahir mewek karna gk pande jalan :lol:

    Ane gk tau apakah ini trit uda pernah dibikin sebelumnya apa belum. tapi ane rasa belum. Meski sebenarnya ini sudah menjadi rahasia umum bagi pebisnis yang sering berurusan dengan email. Emang dasar anenya aja yg terlalu gaptek. La wong kerjanya nyari dollar mulu. ampe2 jadinya "gajah depan mata gak keliatan tapi semut seberang pulau diliat-liat <-- :bener gak sih pribahasanya? :hmm2:
    Halah.. pokoknya selama ini ane terlalu terobsesi sama Dollar :mataduitan: sampe2 ane melupakan mata uang sendiri. Tapi sekaranglah saatnya kembali mencintai Rupiah. Yah, sejak ane buka online store. Meski orderan baru dikit sih.. Yaiyalah. La Wong baru buka :lol:. Moga aja ada mastah2 toko online and SEO yang mau ngajarin ane ilmu kanuragan buat menghadapi si penguin atau dinosaurus (menurut sang legendaris mastah Kodokoala dan para umat/pengikutnya).

    Cukup sudah meniru bahasa china, pake logat "La wong" :komunis:. sekarang saatnya ciyuuuzzz miappa? Ini trit berguna banget buat para pejuang toko online. Dengan trik ini kita bisa dagang kapanpun dimanapun dengan siapapun dan lagi ngapain-pun. Mo lagi direstoran, mo lagi konser, sampe mo lagi boker sekalipun:kaget:. Tapi ingat, jangan pas pacaran. Karna pasti bakal di :tampar: ma pacar karna bola mata kita berubah yang semula :jatuhcinta: menjadi :mataduitan:.

    Trik ini cocok buat toko online yang make cart untuk memudahkan pelanggan. Jadi, bagi yg make cart terus web kita ngirim email notifikasi ke email kita dan email pelanggan (invoice). Sebenernya sih, fitur ini udah disediakan sama Google sebagai penyedia Gmail, tapi cuma untuk beberapa negara. Indonesia kayaknya belum termasuk. Nah, fitur ini adalah notifikasi SMS langsung ke nomor ponsel kita saat ada orderan masuk (lebih tepatnya saat ada email masuk). Jadi, mo kita lagi ada warteg sekalipun kita tetep bsia jualan. Setelah ada notifikasi SMS, kita bisa cek email via hape (yg bisa buka email kayak android). Sebagai alternatif juga biar hape kita gak hidup terus koneksi atau jaringan internetnya. Jadi lebih hemat batere. Apalagi Android yg terkenal boros batre. So, koneksi internet dihidupkan saat ada SMS notifikasi orderan aja buat cek email. tapi bukan berarti ini cuma berguna buat yg punya hape canggih aja loh. buat yg masih ngandalin hape Nokia 1100 atau 2100 juga berguna banget kok. <-- gampang dicerna gk sih penjelasan ane diatas? :swt2:

    Fungsi lainnya adalah, untuk kita yang memang uda punya karyawan untuk ngurus toko online. Dengan begini kita gk perlu khawatir ninggalin toko online kita dan biarkan karyawan yg bekerja. Jadi dengan ada notifikasi SMS kita akan tau orderan apa aja yg masuk hari ini. Mereka gk bisa macem macem (Khusus buat toko online yg uda gede kayak Bhinneka.com dkk).:kebo:

    Okeh.. langsung aja step by stepnya:
    --> Dari sini ane copas aja deh. capek ketak ketik.

    Cara ini sebenarnya kita juga masih make produk Google. tapi karena kebanyakan penyedia layanan email gratis lainnya juga punya fasilitas forward email, jadi bisa jg untuk semua email kayak yahoo dan hotmail dll. tapi kasus tertentu, pihak penyedia jasa sering membatasi jumlah untuk email forwarding (tidak bisa forward semua email). Repot? Kalau ga mau repot ya pakai saja Gmail sebagai email utama Anda :). Oh ya, untuk email forwarding gak ane bahas di sini, silahkan coba sendiri ya..

    Oke, cara kerjanya simpel, yang kita butuhkan hanyalah sebuah akun Google. Intinya, kita akan membuat sebuah Spreadsheet di Google Drive, lalu memasang script di dalamnya. Sehingga nantinya, tiap ada email masuk, script ini akan menuliskan di Google Calendar sebagai event baru dengan judul = judul email, dan lokasi = pengirim email. Nah langkah selanjutnya, google akan mngirimkan pesan ke HP kita sebagai reminder dari Google Calendar.


    Langsung saja, begini ceritanya:

    1. Konfigurasi Google Calendar agar memberikan pesan reminder berupa SMS


    • Login ke Google Calendar hxxp://www.google.com/calendar
    • Klik icon Gerigi di pojok kanan atas, pilih settings
    • Klik tab Mobile Setup
    • Pilih Country (negara) , masukkan nomer HP Anda, dan klik Send Verivication Code. tunggulah beberapa saat hingga Anda menerima kode dari Google, lalu masukkan kode tersebut untuk verivikasi
    • Sekarang pada Notification, pilih SMS sebagai default notification, jika sudah klik save
    NOTE: disini saat mulai masuk ke Google Calender, google secara default di awal juga uda nyaranin ini. nyaranin masukin nomor. tapi lebih baik cancel aja dulu. kita main manual aja, jgn ikut panduan Google.

    2. Membuat Spreadsheet yang sudah diisi script


    • Untuk mempermudah, saya sudah siapkan scriptnya, tinggal copy saja. _https://docs.google.com/spreadsheet/ccc?key=0Asz2AcsfIzXidFFrV3JkMHVOZW0tLVVkUG1rUlVpdlE&newcopy=true
    • Klik Yes, make a copy =========>>> Disini, Spreadsheet di sett ke Publik ya. Publik tapi masih punya tautan ke kita. Jangan ke publik seluruhnya karna kita kan gk mau privasi kita diliat dunia, tapi jgn pilih biar bisa diliat kita sendiri juga. tar triknya gk bakal kerja.
    • Klik Tools-> Script Editor kemudian Resources-> Current script's triggers
    • Klik click here to add one, settinglah agar Time-Driven, minutes timer, every minute lalu simpan ==> Note : jangan aktifkan "Notification error message"
    • Klik Authorize, jika sudah berhasil akan muncul tulisan "Now you can add the triggers" lalu klik close saja
    • Balik ke triggers klik save

    Perlu dilakukan juga aksi tambahan buat kamu yang akun gmailnya make fitur keamanan ekstra. itu tuh, yg klo login msuti pake password yang diberikan google ke nope kita. kayak token gitu. itu harus di nonaktifkan.

    Kalo uda selesai. coba deh order toko online nya. tar pasti bakal ada SMS.



    Tambahan buat toko online yang branding-nya emang kuat. Yaitu make domain sendiri untuk emailnya kayak "[email protected]" dan pake Google Apps buat hosting emailnya (setau ane sih dah berbayar yah untuk make ini. tapi ane bersyukur tadi ane juga sekalian daftar Google Apps buat email ane dan allhamdulillah masih bisa free). tapi klo gini, kita harus bikin email satu lagi yg pake Gmail ([email protected]) dan kita harus forward email kita yg pake "email domain sendiri" ke akun gmail kita. karna akun Google Apps yg free gk bisa pake google calender.

    Oiya, kenapa ane pake Google Apps untuk email ane ya karna toko online ane pake blogcepot. Jadi ya terpaksa deh pake Google APps. lagian ane lebih suka email di Google Apps dari pada yang biasa ada di cPanel hosting. Lebih familiar Google dan lebih mudah plus lebih ringan untuk koneksi ane yg lelet.


    Note : Lakukan triknya dengan pelan dan pastikan gk ada yg kelewat biar jalan triknya. Karna ane juga gk selalu punya waktu buat mantau nih thread. Okebro??? Usahakan "Berusaha dulu sebelum bertanya". Jadi pecahkan sendiri problem yg kalian hadapi. kalo da mentok baru tanya. :semangat!:

    Kekurangan dari trik ini, kadang SMS yang dikirim double - double gitu. kalo ada yg bisa ngatasi tolong dishare ya.:monyong:
    Kekurangan lainnya, format SMS nya gk keren banget. kayak karakter Hacker gitu :pusing:. Gimana ya cara ngubahnya? Klo ada yg tau bisa dong share caranya.


    Sekian dulu bro. dengan begini kita bisa mantau toko online kita kapanpun dimanapun dengan siapapun dan lagi ngapainpun. Selamat mencoba...

    Note: Buat yg nyari tombol thanks, ntuh Tombol Thanks nya dibawah. :lol:

    :nyerah:Eheheheee.... Gomenasaii... Gomen... Gomen... buat om momod and warga ads-id. Pas bangung tidur baru keinget ada link kecil di artikel yg ane kopas. saking kecilnya ampe lupa. :hmm:jadi nambah-nambahin kerjaan om pedurungan buat mbersihin Link. Arigatoi senseii... :lovekiss: Oiya, ada URL blog juga disana, di dokumen scriptnya. Maaf, ntu bukan blog ane, berani sumpah pocong deh.... Piss.... :peace:
     
    Last edited: Feb 23, 2013
    ambari, nawustik, mujali and 9 others like this.
  2. ndeni

    ndeni Ads.id Starter

    Joined:
    Dec 9, 2012
    Messages:
    65
    Likes Received:
    0
    wah mantep nih sharenya...tp sayang toko online ane mash sepi btw thanks atas sharenya like meluncur gan :D
     
  3. mermanarts

    mermanarts Super Hero

    Joined:
    Dec 20, 2012
    Messages:
    2,184
    Likes Received:
    130
    Location:
    bandung
    trit penting nih, ane like dan ane subscribe :D
     
  4. Phonecompi

    Phonecompi Super Hero

    Joined:
    Apr 18, 2010
    Messages:
    856
    Likes Received:
    290
    Location:
    Medan

    gk papa mas bero... toko online ane juga masih baru jalan kok. masih sepi. dan kita harus yakin and focusssssssssss......... Satu penyemangat buat ente, biasanya artikel ttg "Jual" gitu masih dikit banget pesaingnya. jadi kita masih berpotensi dapet pejwan. Oiya, sedikit mengadopsi ilmu amazon, sedikit visitor lebih berarti asal tertarget daripada banyak tapi tahafahafa yang dicari.

    Silahkan mas browww...
     
  5. wawan555

    wawan555 Ads.id Pro

    Joined:
    Jun 29, 2011
    Messages:
    469
    Likes Received:
    12
    Location:
    cilacap
    Tipsnya keren nih, tapi sayang ane lon punya toko online beneran. mudah2an besok2 bisa bikin beneran n bisa praktekin nih tips
     
  6. AgungAlive

    AgungAlive Banned

    Joined:
    Feb 23, 2013
    Messages:
    16
    Likes Received:
    0
    ijin bookmark mastah, ilmunya mantep nih kayaknya
     
  7. pencari

    pencari Bypass Marketer

    Joined:
    Jul 31, 2009
    Messages:
    2,875
    Likes Received:
    135
    mastah Gandensang itu juga memulai semuanya berawal dari telepon genggam. :)

    semangat ya mas TS.. meskipun ngakunya newbie, di mata kita semua mas TS adalah mastah. :)
     
  8. cupuonline

    cupuonline Super Hero

    Joined:
    Dec 29, 2012
    Messages:
    1,087
    Likes Received:
    231
    Location:
    Indonesia
    Ini materi nya GBG - GOOGLE BUSINESS GROUP.

    Siiiiip, semangat sharing gan

    Sent from my GT-I9100 using Tapatalk 2
     
  9. cakumam

    cakumam Ads.id Pro

    Joined:
    Oct 24, 2012
    Messages:
    271
    Likes Received:
    5
    Location:
    Raman Utara, Lampung Timur
    Mantab Mastah triknya Siap langsung praktek, Plus Tidak lupa pencet Jempol hehehe
     
  10. krozbonek

    krozbonek Krozden

    Joined:
    May 28, 2010
    Messages:
    394
    Likes Received:
    7
    Location:
    Surabaya
    Wah keren gan, jadi ga perlu mantau tiap hari untuk cek orderan
     
  11. northpole

    northpole Hero

    Joined:
    Dec 5, 2012
    Messages:
    693
    Likes Received:
    141
    bisa sih gak buka laptop
    bukanya pc atau tablet :senyum:
     
  12. bintangkejora

    bintangkejora Ads.id Fan

    Joined:
    Jun 28, 2012
    Messages:
    195
    Likes Received:
    5
    waduh nie mastah gak cocok untuk jadi penulis konten, kebanyakan basa basi zzzzzzzzzz,,,, jd males bacanya.....
     
  13. Phonecompi

    Phonecompi Super Hero

    Joined:
    Apr 18, 2010
    Messages:
    856
    Likes Received:
    290
    Location:
    Medan
    emg om gandensang bisnisnya toko onlen juga ya?? boleh liat toko onlennya?? kali aja tertarik belanja disana. hehee...


    Masa sih?? BTW, Google bisnis grup ntu apa ya? hihiii..


    sumimaseenn.. maaf gan... lagian ane juga gk mau jadi penulis konten. heheee...
     
  14. gozimm

    gozimm Newbie

    Joined:
    Feb 13, 2013
    Messages:
    19
    Likes Received:
    0
    mantep ni gan.
    cek dulu.
    :D
     
  15. vinamayang

    vinamayang Ads.id Fan

    Joined:
    Jan 21, 2013
    Messages:
    185
    Likes Received:
    20
    Location:
    Surakarta
    wah gan makasih ilmunya, ane juga mau rencana bikin toko online tp ilmu ane masih cetek
    lumayan dpt tambahan plajaran lagi :semangat!:
     
  16. rizky tian

    rizky tian Ads.id Pro

    Joined:
    Nov 17, 2011
    Messages:
    254
    Likes Received:
    6
    Location:
    BK SHE City of Mall
    Thx share'a gan.save dl d cb nnt.lg fokus jualan d BB n socmed smbil trial n eror bkn toko online.
     
  17. GentZu AoZora

    GentZu AoZora Forbidden

    Joined:
    Nov 28, 2010
    Messages:
    2,932
    Likes Received:
    275
    Location:
    Bandung City
    Toko OLnya pakek blogcepot?
    Apa bisa model sistem cart?

    Sent from my MK16i using Tapatalk 2
     
  18. Phonecompi

    Phonecompi Super Hero

    Joined:
    Apr 18, 2010
    Messages:
    856
    Likes Received:
    290
    Location:
    Medan
    Hahahahaaaaa... :lol: Hari gini bro... Yg bisa dimanfaatkan ya manfaatkanlah. Satu pribahasa pebisnis yang jadi acuan ane "Modal sekecil2nya, Untung segede2nya" :mataduitan:. dan allhamdulillah uda lumayan banyak yg order di TOKOL ane. meski gak rutin tiap hari.

    Seiring perkembangan Blogcepot juga bakal bersaing dengan Wordpress
     
  19. iidbae

    iidbae Super Hero

    Joined:
    Nov 12, 2012
    Messages:
    2,314
    Likes Received:
    168
    Location:
    Pusdai-Bandung
    Om, ada contoh toko yang sudah jadinya gak.. :D?
     
  20. Phonecompi

    Phonecompi Super Hero

    Joined:
    Apr 18, 2010
    Messages:
    856
    Likes Received:
    290
    Location:
    Medan
    ada. ente searching aja di Google "djualmurah".
     
    iidbae likes this.

Share This Page