1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

Minta Nasehat, Sy Mahasiswa yg Putus Harapan

Discussion in 'Chit Chat' started by doflamingo, Jan 31, 2013.

  1. doflamingo

    doflamingo Hero

    Joined:
    Apr 8, 2012
    Messages:
    527
    Likes Received:
    191
    Terimakasih banget tread http://www.ads-id.com/forums/showthread.php/148251-Full-Time-Blogger-Apa-Bisa-Hidup
    Membaca komen2nya banyak opini bagus dan menginspirasi tentang blogger dan kuliah

    Nasibku begini
    Masuk di kuliah di jurusan yg kusukai, univ pilihan dan udah niat banget untuk sukses di kampus ini
    Namun, smester demi smester muncul kendala yaitu betapa beratnya dosen di kampus ini, nilai D dan C menjadi makanan
    Bagaimana ga berat sistem nilai mengunakan statistik kelas, nilai tertinggi, rata2 dan terendah sementara 90% anak2 di sini pandai2, alhasil saya kerap menjadi yang terendah/rata2 saja dikelas.
    Saya selalu masuk kuliah dan berusaha untuk belajar, menaati peraturan, ga pernah titip absen, namun karena IQ ku terbilang rendah dibanding teman2 di kampus,
    hari ini akhir smester 7 berharap ip bagus, malah dapat IP 1,5, IPK turun lagi :nangis:

    Nah, untuk dapat IPK standar selamat 2,75 aja susah banget, sementara itu adalah IPK minimal untuk bisa dapat kerja, jika saya wisuda dg ipk seadanya udah pasti ga bisa daftar kerja dg ijazah, paling cuma ada sdikit skill saja dr kampus. Jika saya mengejar IPK standar, ga tau sampai kapan harus berkutat di kampus.

    Di kampus dan lingkungan kos saya ga ada orang2 Imers, sy seperti bergerak sendiri, bahkan sy ga berani menunjukan aktivitas ini karena kebnyakan mereka pasti mencibir... jelas ga ada motivasi di lingkungan kampus dan kos, selain di forum tercinta ini :nangis: sangat ingin punya teman2 dekat satu hobi di dunia Imers ini, tapi ane masih newbie

    Secercah harapan saya cuman 1, berwirausaha mulai dari sini bloggers, ijazah cuma jd pajangan ga laku ditawarkan (tp sampai sekarang masih bingung)
     
    Last edited: Jan 31, 2013
    prakoso02, anonym, januaranas and 7 others like this.
  2. shiningallspark

    shiningallspark Hero

    Joined:
    Jul 31, 2012
    Messages:
    673
    Likes Received:
    17
    Location:
    semarang
    memang ijazah masih dominan saat kita mencari kerja. Namun banyak juga kok orang yang bekerja tanpa membutuhkan ijazah, terutama dalam bidang-bidang kreatifitas. Mungkin mastah2 di sini dapat membantu lebih bijak.

    Agan TS kuliah di UGM kah?
     
  3. doflamingo

    doflamingo Hero

    Joined:
    Apr 8, 2012
    Messages:
    527
    Likes Received:
    191
    Iya broww, setahu ane dunia kerja dg gaji lumayan harus punya IPK bagus :suram:
     
  4. jeehan

    jeehan Super Hero

    Joined:
    Aug 16, 2011
    Messages:
    968
    Likes Received:
    132
    gan, banyak orang yang sukses walau ga lulus kuliah...
    BILL GATES..
    itu contohnya.. sukses walaupun harus Out dr kampus..
    jangan nyerah gara2 ga sukses di bangku kuliah...
    tapi jadikan semangat untuk terus berusaha sukses di bidang lain yang agan kuasai..
    Tuhan memberikan kesempatan sukses bagi siapapun..
    tinggal usaha kita, seberapa besar perjuangan kita untuk menggapainya..
    ======================================================
    jadi orang yang KUAT dan TEGAR gan...
    Yakinkan diri anda, SAYA PASTI SUKSES KALO SAYA BERUSAHA KERAS..

    MAN JADDA WA JADDA.. Barang siapa berusaha maka dia akan mendapatkannya..
    ============================================================
    kALO mau mendapatkan komunitas khusus, mastah2 sini baik2 kok.. tinggal anda pm, mereka pasti balas..
    mulai dengan konsultasi masalah bisnis online, akhirnya akan menjadi temen akrab..
    so, mulailah dr sekarang...
     
  5. fikrionline

    fikrionline PASTI SUKSES

    Joined:
    Jan 2, 2010
    Messages:
    1,354
    Likes Received:
    146
    Location:
    Indonesia
    Ikutan curhat juga, tapi versi curhatnya beda :)

    Nama saya Fikri, lahir di sebuah desa kecil di salah satu kecamatan di Pasuruan. Orang tua saya adalah adalah orang tua kurang mampu, dulu pada saat SMP dan SMA hampir pernah putus asa untuk tidak ngelanjutin sekolah karena kekurangan biaya. Tetapi, emak saya (Baca IBU) menguatkan saya agar terus sekolah meskipun masih banyak kekurangan.

    Saat SD hampir tidak ada perbedaan dengan yang lain. Tetapi pada saat SMP mulai ada banyak perbedaan. Di saat teman-teman pergi ke kantin, beli makan (jajan) dengan lahapnya, saya cuman bisa melihat saja karena bisa dibilang saat pergi ke sekolah minim uang saku. Kalaupun ada uang saku, saya lebih memilih untuk menabung dan menggunakannya untuk keperluan yang lain daripada harus dengan membeli jajan.

    Perlu diketahui juga, karena rumah ortu agak pelosok, jarak sekolah SMP pun lumayan jauh. Jarak rumah dengan sekolah SMP sekitar 3,5km, setiap hari saya tempuh dengan jalan kaki, pulang pergi. Bukan karena tidak ada kendaraan umum (Baca ojekan), tetapi karena memang tidak ada biaya. Alhamdulillah, tiga tahun bisa saya lalui dengan baik.

    Di SMA juga begitu, saya harus jalan kaki ke jalan raya (Jaraknya hampir sama, sekitar 3,5km) kemudian baru naik angkot ke kecamatan lain. Jadi sewaktu SMA, uang saku lebih banyak digunakan untuk naik angkot. Di SMA juga begitu, ketika teman-teman lain banyak beli jajan, kalau ada uang lebih biasanya saya gunakan untuk kebutuhan lain yang lebih bermanfaat. Alhamdulillah, sekolah SMA pun bisa aku lalui tanpa harus putus di tengah jalan.

    Dengan banyaknya fasilitas yang dimiliki oleh TS dari orang tua (Biaya sekolah, biaya kuliah, koneksi internet berlimpah, fasilitas bisa ngerasain kuliah/menimba-ilmu dijurusan favorit dan fasilitas-fasilitas lain), kenapa masih mengeluh? Andai saja saya bisa bertukar kehidupan dengan TS, mungkin saya akan sangat bersyukur sekali karena bisa mendapatkan anugrah yang begitu melimpah. Tapi kalau beneran bertukar kehidupan, mungkin TS nya tidak bakalan kuat dengan kehidupan yang saya jalani dan memutuskan untuk nyebur ke laut :D

    Selepas SMA saya memang ingin sekali mengenyam bangku kuliah. Tetapi karena kondisi seperti ini, saya memutuskan untuk mencari pekerjaan dan berfikir, toh kuliah bisa ditempuh di lain waktu jika sudah ada penghasilan lebih yang bisa digunakan untuk kuliah. Tetapi prioritas utama saat mencari pekerjaan bukan karena ingin melanjutkan kuliah, tetapi ingin membalas jasa orang tua, terutama jasa emak yang telah begitu besar memberikan yang terbaik untuk saya.

    Untuk riwayat pekerjaan, sebenarnya bisa dikatakan mulai belajar kerja pada saat masih SD. Di kampung saya, bersama teman-teman SD yang lain biasa mencari barang bekas (Barang rongsokan). Jika sudah terkumpul banyak, biasanya dijual ke pengepul dan ditukar dengan barang lain (Biasanya barang tersebut berupa mangkok, gelas, piring dan barang lain untuk tambahan perabotan di rumah). Bisa dikatakan, profesi/pekerjaan pertama saya sebelum menjadi (Yang biasa orang bilang) IMERS adalah pencari barang rongsokan.

    Saat SMP saya memilih untuk masuk sekolah swasta yang masuk sore. Dengan begitu waktu pagi bisa dimanfaatkan untuk yang lain. Karena kebetulan ada tetangga ada yang punya usaha kerajinan tangan, saya ikut bantu-bantu mereka. Dan memang sudah menjadi kebiasaan, hampir semua anak SMP di sini ikut bantu orang tua dengan bekerja paruh waktu. Pagi sekolah, sore kerja sambilan atau pagi kerja sambilan sorenya sekolah. Memang yang didapat itu tidak banyak, tetapi minimal sudah bisa belajar mandiri dan tidak selalu "meminta pada orang tua".

    Dan dari kerja sambilan itulah saya mulai bisa beli barang kebutuhan, mainan, buku untuk sekolh dan hal lain yang bisa meringankan beban orang tua. Yang paling saya ingat adalah, pada saat SMP saya sudah bisa membeli sepeda mini (Sepeda pancal) sendiri dari hasil bekerja paruh waktu. Jadi, profesi kedua saya sebelum menjadi IMERS adalah kuli dari pengusaha kerajinan tangan. Profesi ini pun berlanjut ketika sekolah di SMA.

    Singkat cerita, sebelum menjadi IMERS, saya pernah berprofesi sebagai pencari barang rongsokan, kuli dari pengusaha kerajinan tangan, tukang ojek, buruh pabrik, operator warnet, teknisi komputer dan yang terakhir adalah menjadi pegawai kantoran. Dengan profesi sebanyak itu, saya sendiri sampai saat ini belum pernah merasakan yang namanya kuliah.

    Intinya, JANGAN PERNAH MENYERAH dan ALL OUT di bidang yang anda kerjaan. Jangan lupa banyak sedekah dan berdo'a agar semua bisa berjalan maksimal.
     
    Last edited: Jan 31, 2013
  6. doflamingo

    doflamingo Hero

    Joined:
    Apr 8, 2012
    Messages:
    527
    Likes Received:
    191
    Thanks broooww, ane juga punya semangat, bahkan IM ini yang bisa membesarkan hati saya dari keterpurukan
    Kalo out kuliah ga brani, mati aja di tg orang tua

    Terimakasih mastah, ane jadi tambah semangat untuk berjuang:malaikat:"nangis2""nangis2"
     
    Last edited: Jan 31, 2013
  7. mafialink

    mafialink Super Hero

    Joined:
    Jan 8, 2010
    Messages:
    2,600
    Likes Received:
    230
    ada baiknya harus di buat community di tiap daerah, betul kata ts, oraganisasi sangat mendukung serta faktor lingkungannya
     
    PengaduKopi likes this.
  8. jeehan

    jeehan Super Hero

    Joined:
    Aug 16, 2011
    Messages:
    968
    Likes Received:
    132
    kalo TS di jogja, sebenarnya itu sorganya IMers.. jagoannya ngumpul disitu semua gan... silahkan add friend om rhecko, om yuniico dll ... selesai maslah..
    bener kata fikrionline... jangan mengeluh terus...
    langsung action...
    gabung di Kelompok Diskusi "KR" nya om recko... sayangnya ane di jkt..
    kalo ga, udah ikutan juga disitu..
    tp di jkt ada juga, bahkan lg mo gathering di SMK 57 Ragunan ...
    mau ikut?
    add fb nya om mame...
     
    laguboti likes this.
  9. pras1

    pras1 Ads.id Pro

    Joined:
    May 13, 2011
    Messages:
    382
    Likes Received:
    10
    Sependapat dengan mas fikri baru dapat masalah segitu aja dah pusing ,jalani aja belajar bener2 biar lulus dengan nilai yg baik,banyak lho yang pengen kuliah tapi ortu orang ga punya >> contohnya ya ane sendiri :(
     
  10. Abdul Rosid

    Abdul Rosid Ads.id Fan

    Joined:
    Oct 4, 2012
    Messages:
    111
    Likes Received:
    6
    Location:
    Kota Bekasi, Indonesia
    allah bersama orang yg sabar dan taat terhadapnya gan, ngga usah takut gan.. pasti ada jalannya, Allah ngga tidur gan .
    usaha mpe mentok gan, panjer shodaqoh, doa, ibadah dari sekarang. insyaallah didepan allah ganti semuanya, Allah ngeluarin rejeki dari tempat yg ngga diduga duga,
    tenang gan :) jangan patah semangat.
     
  11. JSP Ciwind

    JSP Ciwind Ads.id Fan

    Joined:
    Jan 23, 2013
    Messages:
    107
    Likes Received:
    3
    Location:
    Bandar Lampung
    Ini nih ciri khas orang yang patah semangat, gak bleh gitu Gan... Emg nilai bisa beli pekerjaan ya Gan? terus misalnya nilai bagus udah pasti gitu dapet kerjaan? Pekerjaan gak berasal dari hanya nilai IPK Gan... tapi dari hati dan juga kemampuan.. mungkin kemampuan Agan gak disitu... cuma Agan nya terlalu maksain alhasil dari semester 1-7 IP cuma segitu2 aja... walaupun Agan suka dengan jurusannya namun itu gak jamin gan kalo bakalan berhasil disitu :)
     
  12. cupuonline

    cupuonline Super Hero

    Joined:
    Dec 29, 2012
    Messages:
    1,087
    Likes Received:
    231
    Location:
    Indonesia
    Masalah bukan lah Masalah, Cara Kita Memandang Lah Yang Menjadi Masalah.

    Ubah Cara Pandang nya mas.

    Saya selalu senang kalau dapat masalah, karena yang ada dipikiran saya kalau dapat Masalah Artinya saya mau naik kelas kehidupan.

    Fokus kan kuliah agan dulu, baru fokus ke online marketing.

    Saya kuliah sampai selesai ipk lulus 3.3, ijazah sampai hari ini tidak pernah saya ambil. Dan tidak sekali pun saya ngelamar kerja.

    Kerjaan saya sekarang online dari rumah dan ada bisnis offline juga. Penghasilan cukupan lah, tiap bulan bisa nabung emas 100gram.

    Teman saya yg dari semester 1 sampai selesai IPK nya 4.00 terus, sekarang juga bisnis online sama saya :) . Intinya selesaikan kuliah, jadikan kebanggaan karena bisa agan selesaikan, bukan karena Ipk nya.

    Sent from my GT-I9100 using Tapatalk 2
     
    newbiepermanen likes this.
  13. qomareza

    qomareza Newbie Level 3

    Joined:
    Dec 24, 2012
    Messages:
    2,409
    Likes Received:
    121
    Location:
    Kota Tanah Air
    lakukan aja yang nurani agan katakan.. kita para pemain di dunia internet pasti bisa bertahan :D
     
  14. mycrohosting

    mycrohosting Super Hero

    Joined:
    Oct 22, 2009
    Messages:
    2,636
    Likes Received:
    138
    Location:
    MycroWeb.Com
    Curhat juga ah..

    Semester 1 : IP 2
    Semester 2 : IP masih skitar 2 an
    Semester 3 : IP masih skitar 2 an
    Semester 4 : IP 2,95
    Semester 5 : IP masih skitar 2 an
    Semester 6 : IP lupa.. yg jelas pas wisuda cuma 2,67 :D

    Pas kuliah ngapain aja?

    Tidur, ngurusin order via YM.

    Sekarang ngapain?

    Pengangguran.. :gembira:
     
    BigHarry likes this.
  15. az4net

    az4net Super Hero

    Joined:
    Jul 1, 2010
    Messages:
    1,340
    Likes Received:
    34
    Location:
    Di zona oksigen
    Semangat gaannn..
     
  16. ibnu andhika

    ibnu andhika Banned

    Joined:
    May 30, 2008
    Messages:
    7,644
    Likes Received:
    632
    Location:
    Tempat Tenang dan Nyaman
    jika sudah semester akhir dan masih banyak nilai D atau C kalau kampus saya dulu harus ambil lagi , saran saya usahakan atur waktu dan banyak berdoa karena walau kita IQ pas-pasan jangan takut jika sudah niat apalagi minta doa dari orang tua akan terjadi sesuatu yang tak terduga . masalah dunia kerja ubah cara berpikir bukan sebagai pencari kerja tapi sebagai pemberi kerja , lagian jika kita memiliki usaha dalam mengurus ijin atau bertemu klien tidak di tanyakan IPK kok :senyum:

    salam sukses sobat .
     
  17. engkoh

    engkoh Super Hero

    Joined:
    Dec 30, 2009
    Messages:
    5,177
    Likes Received:
    591
    coba nonton video, googling di youtube:
    "3 idiots english sub"
    (bukan promo)
    selain nilai matkul, ada yg sangat dicari2 perusahaan n tidak bisa dibeli dgn uang, yaitu:
    tonton aja gan, biar nemu makna tersirat n tersuratnya.
     
    naufalrasyid and flipitup like this.
  18. febrilatif

    febrilatif Super Hero

    Joined:
    Jun 12, 2010
    Messages:
    1,704
    Likes Received:
    34
    Location:
    New york
    Kadang pgen tertawa klo ada yang masih mengeluh di dunia ini ,anda sempet ngeluh , liat mereka yang tertimpa musibah tapi tidak sempet mengeluh/curhat , jgan selalu memandang ke atas gan , sekali" tengoklah ke bawah , lagian klo ente dapat musibah anggap itu cobaan , tetap bersyukur + sedekah ,




    ingat ini

    ane yakin suatu saat nanti , 10 atau 20 tahun lagi anda akan bersyukur karena mendapat musibah ini , karena smua ini pasti ada hikmahya
     
  19. badboys

    badboys Super Hero

    Joined:
    Aug 8, 2007
    Messages:
    1,420
    Likes Received:
    50
    Location:
    Di dalem kamar

    LanjutGAN
     
  20. tanpatinta

    tanpatinta Ads.id Pro

    Joined:
    Nov 5, 2008
    Messages:
    374
    Likes Received:
    16
    Location:
    Solo Surakarta
    apaun alasamu kawan
    WISUDAH ADALAH SEBUAH KEBERHASILAN
    entah nanti ijasah lagu atau tidak, entah ipk berapa namuan
    WISUDAH ADALAH 1 permasalahan hidup terselesaikan
    ingatkah ketika pamit dari rumah niatnya untuk apa
     

Share This Page