1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

Pemilik Toko Online Harus Tau FB Ads Tipe “Promote”

Discussion in 'Facebook' started by Khalid Blend Abdullah, Jan 8, 2013.

  1. Khalid Blend Abdullah

    Khalid Blend Abdullah Super Hero

    Joined:
    Feb 15, 2010
    Messages:
    3,336
    Likes Received:
    2,393
    Location:
    Tangerang, Indonesia
    Apa Itu Promote?

    Promoted post adalah salah satu tipe dari FB Ads. Yaitu mengiklankan sebuah updatean. Entah dalam bentuk status, gambar, ataupun video. Dalam hal ini, untuk sebuah Fan Page.

    Penampakan:

    [​IMG]

    Pembayaran:

    Sebelum lebih hopeless lagi. Ane kasih tau nih ya. Kalo untuk “promote”, bisa bayar make paypal. Gak harus make kartu kredit. Jadi bisa langsung terapkan tekhnik atau mungkin kalau bisa dinaggap ilmu, ya ilmu yg ada di thread ini.

    Jenis:

    Nah ane kasih tau nih ya. Promote post itu ada 2 tipe.

    * People who like your page and their friends

    * People who like your page

    People who like your page

    Ini adalah tipe promo yang dihadirkan oleh FB untuk ngebuat seluruh orang yg udah ngelike FP kita jadi ngeliat postingan tersebut.

    Mungkin agan bertanya: “Ngapain gw bayar untuk diliat sama fans FP gw?! Kan kalo gw posting mereka pasti ngeliat lahh!”

    Ane jawab: “siapa bilang gan?! Anggeplah agan FPnya likenya 100K, emangnya kalo agan posting sesuatu yg ngeliat ada 100K gitu? Iya kalau dulu. Kalo sekarang udah enggak. Karena FB udah ngeluarin algoritmanya yang bernama edgerank.”

    Lebih jelas tentang edgerank, silahkan baca thread ane yg ini: Apa Itu Edgerank? Dan Bagaimana Agar Skor Egderank Kita Tinggi?

    Kan banyak tuh FP yang habis dibuat terus didiemin gitu aja. Kalau gak ada interaksi, jarang ngepost, gak ada yang ngelike, maka FP agan bisa dibilang FP zombie. Ada doank. Tapi gak berarti apa-apa. Lah orang kalau agan post sesuatu juga gak ada yang ngeliat. Bahkan oleh fans FP agan itu sendiri.

    Hint: liat aja FP-nya JohnChow.Com. jumlah likenya sih sangar. Tapi talking about thisnya? Hahaha. Garing tuh FP.

    Okeh kembali ke topik!

    Nah promote tipe pertama itu sekali lagi ane sampaikan: “Memastikan updatean yg agan posting itu dilihat oleh semua fans FP agan.

    Biaya:

    Nah untuk biaya nih gan, agan gak bisa milih. Yang milihin pilihan biayanya ya si FB itu sendiri. Kalau FP agan udah banyak likenya, ya bakalan mahal. Nih ane kasih contoh untuk kasus yang ane jadikan SS, adalah FP ane yg sudah memiliki fans 94K.

    Ternyata pilihannya cuman 2 dari FBnya:

    [​IMG]

    Kalau gak bayar $100. Atau gak bayar $200. Dengan jangkauan reach yg dijanjikan oleh si FB itu sendiri.

    Point-Point Tipsnya:

    Bangunlah FP Branding Toko Online agan dengan Tertarget dan Natural.

    Tertarget

    Tertarget itu maksudnya adalah dapet like dengan target orang yg bener-bener tertarget! Cara yg paling tertarget menurut ane ya lewat FB Ads! ( FB Ads yang untuk dapetin like ke Fp yang dipojok sidebar FB agan tuhh )

    Okeh mungkin ada cara-cara laen, tapi FB Ads itu bagi ane & beberapa pakar FB Ads di bule sono, adalah cara paling tertarget untuk dapetin fans. Lah wong kita bisa sampe nargetin promosi ke cewe umur 30 tahun, suka film 3 idiots. Kurang tertarget apa coba?! ( baru satu contoh ya)

    Natural

    Natural itu ya maksudnya skill agan atau mimin FP agan dalam melebarkan marketing, sehingga orang yang memiliki minat sama bias ikutan ngelike FP agan. Dalam hal ini maksudnya adalah, skill dalam mengupdate FP agan. Ada tekhniknya tersendiri gimana tiap posting bisa dilike banyak org, dishare banyak org, atau di comment banyak orang.

    Okeh kenapa ane bilang harus tertarget dan natural? Ya simple aja. Biar kalo agan misalkan tiba-tiba pengen make “promote” biaya agan gak terlalu besar.

    Gak kebayang agan ngebangun tuh FP lewat beli like atau salprom, eh taunya pas agan udah ngabisin duit untuk biaya “promote”, eh gak ada yg beli barang dagangan agan.

    Ya jangan bilang “promote” itu gak guna, kalau agan ngebangun fansnya dengan beli like atau salprom.
    Nawarin jilbab dgn harga diskon ke fans yg isinya cuman bisa comment: “add me”. Hahaha!

    Ya gak bakalan ada yang beli! Ya rugilahhh! Okeh ada yg beli, tapi untuk mengukur efektif atau tidaknya promosi agan, jadi susah kalau FP yang agan bangun dari awal tidaklah tertarget fansnya.

    Guru:


    Ini ane cantumin aja,s tudy case dari guru ane yg bernama James Penn. Dia memiliki FP tentang obat herbal atau aromatheraphy gitu deh. Jumlah fansnya: 80K! ( saat ini ditulis )

    Ini perlu dicatat fansnya adalah tertarget dan natural ya! Bukan hasil dari beli like ataupun salprom.

    *Salprom: agan saling ngiklanin ke sesame FP. Salprom yg baik adalah yg ngiklanin ke FP dengan niche sejenis. Itu baru salprom yg baik. Yg sering beredar di FP Indonesia kan, FP ttg jilbab salpromnya sama FP FP boal misalnya, ya gak nyambung!

    Nah si james penn ini bocahnya woles bgt kalau cerita.

    Ada barang baru, misalkan cream yg bisa dicampur sama lavender, dan bisa bikin kepala jadi hilang stress. Dan produknya ada di amazon. Reviewnya tinggi. Yaudah tinggal posting dia!

    Abis diposting. Dia diemin sejam. ( biar nyebar dulu ). Hasilnya komisi yg dia dapatkan dr postingan sejam yg lalu dia pake buat make biaya “promote”. Dia pilih yg paling murah dulu. Ntar hasil keuntungan dr “promote” pertama, dia itung-itung. Dapet untung gak? Kalau dapet, dia terusin dah tuh ke promote yg lebih mahal.

    Mungkin agan bertanya, gampang benerrrrrrr! Yaiyalahhh! Target dia orang beneran yg suka aromatheraphy sob! Dan yg ngelike FP dia beneran yg suka sama FP dia, yailahhh tinggal dia bacot dikit seperti:
    “Click Here to Get Discount 10% From Good Product For Make Your Face Smooth”

    Jebret! Dateng tuh semua fansnya ke link yg dia tuju ke blog miliknya yg intinya ngereview sebentar terus diarahin deh ke amazon. Khakh! Ganteng bgt nih orang!

    Kata dia, emang gak selalu semua postingan yg dia promote-in tuh menghasilkan sales lebih tinggi dari biaya untuk “promote”. Tapi biasanya dia ngeluarin $100, terus dapet untungnya sekitar $300 - $500.
    Hetdahhhhhh!!!
    Enak Ye!

    Udah gitu ajaaa tuh terus hidupnya. Test and trial. Butuh google? Gak. Butuh backlink-backlinkan? Gak juga. Traffik ke blog dapet? Dapet lahh. Nambah fans? Ya nambahlahhhh.

    Intinya: Bangun FP dengan tertarget dan natural. Kalau udah, maka “promote” adalah “maenan” yg bisa agan iseng-iseng maenin :)

    Lah terus kalo untuk toko online atau dropshipping gimana gan?

    Ya samaaa. Bedanya keuntungan lebih bisa agan dapatkan lebih! Krn itu produk anda sendiri.
    Contoh agan jualan jilbab lewat FP nih. Dan FP agan tuh tertarget dan natural. Yaudah misalkan agan ada jilbab baru model A warna item, agan pake “promote” deh.

    Jangan lupa tawarin diskon. Biar mancing!

    Mancing ngeshare! Orang gak beli tapi ngeliat ada diskon, dia bisa jadi ngeshare ke temennya lohh. Okeh dia gak beli, temennya tapi yg beli. 10 orang! Hahaha. Mantep kan?

    Tinggal agan test and calculate deh. Profit apa enggak. Kalau untung ya terusin kayak si james penn. Kalau enggak ya coba yg produk lain. Inget ya FP tertarget natural + promote = mantep!

    Kalau enggak tertarget dan natural, yahhh gak usah make promote deh. Boleh sihhh untuk ngetest-ngetest, tp jangan ngambek yg kalau misalkan malah gedean biaya iklannya.

    People who like your page and their friends​


    Bedanya sama yg promote jenis pertama adalah, yg tipe ini, sekaligus ngiklanin ke temen-temennya dari para fans agan.

    [​IMG]

    [​IMG]

    Yang ini silahkan di test and trial juga. Si james penn make ini juga. Untuk ngelebarin perkembangan fans FPnya. Si A suka aromatheraphy dan udah ngelike FP dia. Siapa tau dengan promote jenis kedua ini, bikin 20 temen-temennya si A jadi ikutan gabung. Dan dimulailah scenario mencari untung seperti yang sudah dijelaskan diatas. Dan selamat bersenang-senangggggg.



    1) Mulai sekarang, FP dibikin tertarget dan naturallah dalam menjaring fansnya.

    2) FP baru, mulai menjaring fansnya gimana? Yaudah mulai dari FB Ads. Emang kenapa? Baca di thread ini: Perbedaan FP yang Dibangun Dengan FB Ads

    3) Fp udah sekitar 5K Fansnya? Boleh dicoba nyambi dagangannya dengan memakai tipe “promote” ini.

    P.S: Tolong jangan Tanya-tanya ke ane ttg FP untuk toko online. Maaf bgt ya kalau ane gak jawab. Krn Ane gak punya pengalaman langsung ngembangin toko online lewat FP, ngeri salah ngasih nasehat. Kalaupun Yang ane sharing ttg pemasaran toko online lewat FP itu adalah hasil belajar dr para pakar fb ads bule sono.

    Ane saat ini yg SEDIKIT ngerti adalah cara beriklan FB yg baik dan benar dan High CTR. Itupun masih belajar ane. Ane aja gak punya toko online kok. Lagi nyari-nyari partner bahkan kalau emang ada yg mau ngajakin ane mah.

    Eh iya, Add FB ane ya. Linknya di Signature ane :)
     
    Last edited: Jan 8, 2013
  2. autocontent

    autocontent Robbi Yatsir

    Joined:
    May 10, 2012
    Messages:
    1,982
    Likes Received:
    47
    pagi2 uda dikasih yang anget2 kek gini, ijin mempelajari dulu gan khalid the best :)
     
  3. supriyadieka

    supriyadieka Super Hero

    Joined:
    Aug 11, 2010
    Messages:
    6,612
    Likes Received:
    378
    Location:
    Gunungkidul
    banyak ilmu baru yang saya dapat mastah. terima kasih
     
  4. northpole

    northpole Hero

    Joined:
    Dec 5, 2012
    Messages:
    693
    Likes Received:
    141
    setau ane jangkauan “promote” itu seluruh dunia..gak bisa targeted
    beda dengan facebook ads biasa
    kalo facebook ads biasa..tentu bisa misal Indonesia aja, atau bahkan 1 kota aja misal Jakarta, atau 2 kota..misal Jakarta dan Bandung atau varian lain.
    keuntungan "promote"…iklan kluar di mobile version..facebook ads biasa..setau ane gak keluar..hanya keluar di pc/notebook…ane gak perhatiin kalo tablet..apa dia masuk ke mobile atau seperti pc/notebook
    "promote" di page ane keluar dari $20 sampai $1,5k
    jelas ane lebih suka facebook ads biasa dibanding ‘promote’ itu kalo ane..gak tau kalo yang lain, tergantung kebutuhan juga sih :senyum:
     
    Khalid Blend Abdullah likes this.
  5. im-januardi

    im-januardi Hero

    Joined:
    Sep 11, 2011
    Messages:
    508
    Likes Received:
    66
    Location:
    KALBAR
    wow, super mastah,... i LIKE it. btw PM ane yang kemarin nggak di bales, ya udah ngak apa2 mastah ane ngerti. Over all , ni ilmu worth banget mastah. Cius, kalau mastah mau jual ebook ttg ni FB ads,..insyaallh ane beli deh,..he,..

    Tapi, emang dasar newbie ane,.. ane nggak bisa pakai Paypal, nggak bisa sama sekali untuk beriklan di FB. ni karena akun klonengan FB ane dulu ane mau pakai buat iklan ,tapi data FB beda ama PP ,..ya..jadinya ke block ,meski Fans page itu udah ane pindahin ke yang asli,. Duh,..tatep aja nggak bisa buat iklan. cuma ada pilihan pakai CC. Nyesel ane waktu itu seng-iseng buat iklan di akun klonengan. malah berakibat fatal kyk gini. sebelumnya ane nggak tahu sih kalau fans page bisa di pindahi, n tu akun klonengan ane buat gara2 ane nggak mau Fans page itu muncul di profil, padahal emang nggak muncul di Bio profil asli kita. Du,..culun ane,..

    eh, sorry curhat..

    Over all ,that was amazing post,..
     
    Khalid Blend Abdullah likes this.
  6. fgupari

    fgupari Super Hero

    Joined:
    Oct 28, 2010
    Messages:
    844
    Likes Received:
    31
    Location:
    Yogyakarta
    Ane setuju banget sama bang TS , kebetulan ane juga coba coba untuk promote satu post ane, al hasil yg tadi like nya cuma 2 naik jadi 40++ dan ada yang komen juga, kebetulan fp ane masih 2,7k aja like nya jadi masih ada plihan promote $5 . Memang sie yg $5 jangkauannya lebih sedikit dari yg 10-xxx usd , tp dah lumayan bagus kalau menurut ane

    View attachment 25993
     
    Khalid Blend Abdullah likes this.
  7. masrimanas

    masrimanas Super Hero

    Joined:
    Oct 18, 2010
    Messages:
    1,612
    Likes Received:
    106
    Location:
    Kampar, Riau
    wah, keren post nya gan..
    like kepencet :)
     
  8. bed_boy

    bed_boy Twitter ADDICT

    Joined:
    Nov 11, 2009
    Messages:
    2,055
    Likes Received:
    132
    Location:
    Jogjakarta
    $100 minimal? :nangis: masih berat om TS, walau pasti hasilnya menggiurkan tapi nabung dulu deh biar kesampaian.
     
  9. samuelfernando13

    samuelfernando13 Ads.id Fan

    Joined:
    Jan 1, 2013
    Messages:
    206
    Likes Received:
    2
    Location:
    Balikpapan
    Thanks sharingnya gan....
     
  10. dimasku

    dimasku Super Hero

    Joined:
    Aug 6, 2012
    Messages:
    1,296
    Likes Received:
    151
    Location:
    Surabaya
    thx infonya mastah
    dr kmrn bingung mau praktek ngiklan
     
  11. bill_gates

    bill_gates Bismillah

    Joined:
    Dec 19, 2010
    Messages:
    1,507
    Likes Received:
    43
    Location:
    Redirect 301
    liked O:-)
    inspiring banget nih, kbetulan lg ada niat ngiklan jg di fb. thanks mastah
     
  12. sfash

    sfash Ads.id Starter

    Joined:
    Dec 11, 2012
    Messages:
    67
    Likes Received:
    1
    like udh dipencet
    sampe gak bisa komen lagi saking udah lengkapnya
     
  13. ifvan17

    ifvan17 Ads.id Fan

    Joined:
    Oct 29, 2012
    Messages:
    246
    Likes Received:
    1
    good shared mastah,..
    tapi sama mastah lum pnya toko online nih,..
    mudah2 bermanfaat dilain waktu,..
     
  14. emha_xp

    emha_xp Super Hero

    Joined:
    Jul 14, 2010
    Messages:
    808
    Likes Received:
    177
    Location:
    Dunia Lain
    bnran nih bos uda bisa pakek paypal ??
     
  15. jakweb

    jakweb Ads.id Fan

    Joined:
    Sep 19, 2012
    Messages:
    188
    Likes Received:
    1
    keren gan, memang yang natural itu mahal ya.. terutama biaya untuk ads nya.. heheh
     
  16. sathreea

    sathreea Super Hero

    Joined:
    Jun 13, 2011
    Messages:
    7,719
    Likes Received:
    1,001
    Location:
    Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia
    Cetar! Bisa jadi patokan buat FP baru ane nih :salaman: :gembira:
     
  17. muslimovic

    muslimovic Ads.id Pro

    Joined:
    Dec 16, 2010
    Messages:
    351
    Likes Received:
    7
    mantap gan share nya.. :silau:
     
  18. minasan

    minasan Newbie

    Joined:
    Dec 21, 2012
    Messages:
    13
    Likes Received:
    0
    ini ilmu yang ane cari...mastah satu ini memang ruar biasa....
     
  19. park3r

    park3r Super Hero

    Joined:
    May 25, 2008
    Messages:
    4,967
    Likes Received:
    628
    wow penjelasannya mantep nih
    ane juga pernah ngiklan seperti ini dan dapet liker ribuan, ratusan komen, dan ratusan share :D
     
  20. Husanto

    Husanto Newbie

    Joined:
    Jul 18, 2012
    Messages:
    33
    Likes Received:
    16
    Location:
    Jakarta
    Tips yang mantab!!
     

Share This Page